Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Asam Manis. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Asam Manis. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial

Resep Hari Ini | Aneka Masakan Lauk-Pauk, Resep Daging Asap Asam Manis. Coba deh sesekali buat menu lauk pauk yang beda bunda, jangan melulu ayam goreng biar nggak bosen. 

Resep Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial
Resep Bumbu dan Cara Memasak Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial

Sebagai variasi menu, saya sarankan untuk mencoba Daging Asap Asam Manis ini untuk menu lauk pauk hidangan spesial makan malam bunda bersama keluarga. Dijamin enak deh! Cara memasaknya juga gampang banget kok, seperti ini resep dan cara memasaknya.. 

Bahan-bahan Masakan Daging Asap Asam Manis:

  • 350 gr daging sapi, potong balok kemudian rebus dalam air agar empuk
  • 100 gr kacang mede sangrai
  • bawang bombay cincang kasar


Bahan Bumbu Halus Untuk Daging Asap Asam Manis:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir tomat
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe merah
  • gula merah secukupnya
  • garam secukupnya


Cara Membuat Hidangan Lezat Daging Asap Asam Manis:

  • Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga layu
  • Masukkan daging, tumis, tambahkan air dan biarkan bumbu meresap.
  • Masukkan kacang mede dan tumis hingga bumbu kental


Hidangkan bersama nasi panas dan taburi dengan bawang goreng supaya lebih sedap. Yummi.. Nyam.. Nyam...!

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial

Resep Masakan Harian | Cara Membuat Ayam Saus Padang - Masakan ini begitu nikmat dan lezat saat disantap, bumbu rempah-rempah khas nusantara yang komplit mampu menyatu kedalam celah daging ayam yang empuk. Ditambah kombinasi bumbu masakan asli yang pas dapat menciptakan rasa nikmat tiada tara. Ayam Saus Padang menjadi salah satu kuliner favorit yang layak dan wajib dicoba dirumah.

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial
Berikut ini adalah Artikel berisi resep ayam saus padang, resep ayam saus padang asli, resep ayam saus asam manis, cara membuat saus padang, resep saus padang asli, resep ayam saus pedas, resep masakan saus, resep ayam saus kecap, resep ayam bumbu saos padang.

Untuk membuat masakan Ayam Saus Padang yang enak dan lezat ini sebenarnya tidak susah, hanya saja diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk hasil masakan yang sempurna. Soal apa saja resep bumbu Ayam Saus Padang ini, bunda tak perlu lagi bingung, masakan Ayam Saus Padang sebenarnya resepnya sangan mudah dan sederhana lhoo. Bunda pasti langsung bisa praktek membuat sendiri dirumah. Seperti ini resep dan cara membuat Ayam Saus Padang Spesial Enak dan Lezat..

Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Saus Padang:

  • 250 gram dada ayam. 
  • Iris tipis atau potong dadu.


Bahan Pelapis Ayam Saus Padang:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tapioka
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 30ml air matang


Bahan saus Ayam Saus Padang:

  • 1/2 buah bawang bombay, iris kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 sdm sambal balado siap pakai
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • (Garam, gula pasir, kaldu bubuk secukupnya *optional)


Cara Membuat Ayam Saus Padang :

  1. Campur bahan pelapis menjadi satu aduk rata. Masukkan potongan dada ayam aduk rata. *jika ternyata tepung tidak menempel sempurna pada permukaan ayam, boleh ditambah air sedikit demi sedikit dengan cara dipercikkan keatas campuran ayam lalu aduk sambil ditekan2 agar tepung menempel pada ayam. 
  2. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya, setelah minyak benar2 panas masukkan potong ayam berbalut tepung 


Cara Membuat saus Ayam Saus Padang:

  1. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga wangi dan matang. 
  2. Masukkan sambal balado, saus tomat, saus sambal, saus tiram, 1/4 sdt lada bubuk kemudian aduk rata (boleh ditambahkan garam, gula dan kaldu bubuk jika suka). 
  3. Masak hingga saus mengental (boleh ditambah sedikit air jika suka) kalau saya g ditambah air lagi. Setelah saus mengental matikan api masukkan ayam goreng aduk hingga rata.
  4. Dan ayam goreng saus padangpun siap disantap dengan ditemani salad sayur mayyonaise.


Nah seperti seperti itulah Resep rahasia Bumbu Ayam Saus Padang yang enak, lezat, dan nikmat. Sangat mudah dan sederhana bukan? Semoga bunda bisa membuat sendiri Ayam Saus Padang dirumah yaa. Jika bunda sukses membuat masakan ini, jangan sungkan untuk membagikan resep ini ke teman dan kerabat terdekatmu yaa.. Selamat Masak.. 

Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap

Ayam Bakar Wong Solo Asli dan Khas

Resep Masakan Nusantara - Siapa yang tak kenal dengan Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia karena citarasa yang khas Solo banget. Tak heran jika menu ayam bakar ini banyak diburu oleh kalangan pecinta kuliner. 

Jika dilihat dari bahan dan bumbunya, proses dan cara untuk membuat ayam bakar wong solo ini tidaklah terlalu sulit,  Anda pun bisa mencobanya sendiri dirumah. Yang jelas memasak itu memerlukan ketelatenan dan kesabaran, serta dilakukan dengan hati yang penuh cinta.. :D

Untuk mengetahui apa saja bahan dan bumbu ayam bakar wong Solo yang enak dan praktis? Mari simak resep rahasia dan cara membuatnya berikut ini..! :

Resep Bumbu Rahasia dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Wong Solo Asli 

Alat dan Perlengkapan Dapur

Panci Oxone 23Pcs Travel Cookware Set - Hijau


  • Full Stainless Steel Body
  • Aluminium Capsuled Bottom
  • Tutup gelas kaca dengan handle stainless steel
  • 23Pcs Panci Set
  • Mirror polish interior & exterior

Original Price:
RP 1.290.000
Discount: 44% by UOB
Rp 725.000
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn


Bahan Baku Ayam Bakar Khas Wong Solo:
  • 1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 menjadi 6 bagian
  • 500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa tua
  • 2 btg sereh, dimemarkan
  • 10 sendk mkn kecap manis
  • 4 cm lengkuas, gemperek memar
  • 1 sendk mkn air asam jawa
  • 4 lembr daun salam
  • 35 g gula merah

Bumbu Rahasia Ayam Bakar Wong Solo :

  • 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  • 12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
  • 6 butr kemiri
  • 1/4 sendk teh jinten
  • 1 sendk teh ketumbar
  • 4 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1/2 sendk mkn garam

Langkah-langkah cara membuat ayam bakar khas Solo asli yang praktis dan spesial:

1. Tumislah semua bumbu halus khas ayam bakar wong solo. Jgn lupan masukkan juga batang  sereh, lengkuas dan daun salam sampai bahan bumbu rahasia memunculkan aroma sedap.

2. Jika tumisan bumbu sudah siap , selanjutnya masukkanlah potongan-potongan ayam tadi sembari diaduk agar bumbu tercampur. Tambahkan air asam jawa, kecap dan juga gula merah, aduk2.  Jangan sampai ketinggalan, air kelapa dimasukkan juga ya? Masak terus potongan-potongan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, pisahkan potongan ayamnya dari kuahnya. Nantinya kuah ayam tadi bisa digunakan sebagai bahan bumbu bakar.

3. Langkah paling akhir adalah bakar ayam yang sudah dimasak tadi menggunakan bara api sampai daging ayam menjadi berubah warna cokelat. Angkat dan baluri potongan ayam dengan kuah yang sudah dipisahkan tadi. Bakar kembali matang dan bumbu meresap. 

4. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat.

Seperti itulah Resep Rahasia Ayam Bakar Khas Wong Solo Yang Enak Dan Lezat. Sangat mudah untuk diikutikan resep masakan diatas? Baca juga : Kategori Resep Masakan Daerah dan Resep Aneka Kue Lengkap. Atau baca juga Resep Sahabat kami DISINI.

Resep Masakan Sambal Jamur Spesial

Resep Bumbu Masakan Sambal Jamur Spesial Yang Enak Dan Mudah

Cara Membuat Sambal Jamur Spesial:

  1. Campurkan semua bahan bumbuulek / blander hingga halus
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan jamur tiram, masak sampai layu dan matang. Cicipi lalu Angkat.
  4. Sajikan Masakan Sambal Jamur dengan nasi panas.

 Bahan Dan Bumbu

Bahan Sambal Jamur
- Jamur tiram
250 gr
- Bawang merah
2 siung
- Bawang putih
1 siung
- Cabai merah
3 buah
- Cabai rawit
7 buah
- Gula
1 sdt
- Garam
1/4 sdt
- Minyak untuk menumis
Secukupnya


Resep dan Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas Super Lezat

Kering Tempe, Resep Masakan Sehari-Hari - Siapa yang nggak suka tempe? Rugi banget deh kalo kamu nggak suka tempe, karena didalamnya tersimpan banyak banget manfaat sehat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, tempe juga menjadi salah satu bahan masakan yang memiliki rasa super lezat, kaya akan protein, gizi dan yang pasti menjadi sumber makanan paling hemat dan murah. 

Resep Kering Tempe Spesial

Saking banyaknya penggemar tempe, beragam kreasi olahan tempe pun banyak dibuat. Seperti dibuat untuk cemilan gorengan yang lezat, misalnya keripik tempe, Tempe Mendoan, dan masih banyak lagi olahan lain dari tempe. Olahan sayur dan lauk dari tempe juga tak kalah nikmatnya lho.. Salah satu menu masakan tempe yang paling saya suka adalah kering tempe saus kecap pedas manis.

Proses pembuatan kering tempe saus kecap pedas manis ini tidak sulit lho, cukup dengan bahan dan bumbu sederhana olahan kering tempe yang lezat pun sudah bisa dibuat. Seperti ini resep dan cara membuat kering tempe saus kecap pedas manis yang bisa kamu coba..

Bahan Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • 250 gram tempe (iris tipis panjang atau iris korek api, goreng kering)
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 5 cm jahe (memarkan)
  • 5 cm lengkuas (memarkan) 
  • 1 batang daun seledri
  • 4 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • Bawang merah goreng (secukupnya, untuk taburan)

Bumbu Halus Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • Garam (secukupnya)
  • Ketumbar (secukupnya)
  • 7 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 buah cabai rawit 
  • 1/2 sdt asam jawa
  • 2 sdm irisan gula jawa
  • Kecap (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  1. Tumis bumbu berupa bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Jika kedua bumbu tersebut telah harum, tambahkan cabai rawit, cabai merah besar, garam dan merica secukupnya. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan daun jeruk, daun salam, irisan gula merah, daun seledri, jahe dan lengkuas. Aduk-aduk sampai bumbu mendidih. 
  4. Masukkan tempe dan kacang tanah yang telah digoreng lalu aduk hingga rata. 
  5. Tambahkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis lalu aduk rata dan masak hingga matang. 
  6. Beri taburan bawang merah goreng agar kering tempe saus kecap pedas manis ini semakin nikmat dan sedap. 
  7. Segera angkat kering tempe yang telah matang dan sajikan bersama nasi hangat.

Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap

Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial - Biasanya kalo memilih resep menu makanan buka puasa, lebih suka yang praktis, simpel dan menu yang bisa menggugah selera kan gaes..? Nah, salah satu menu masakan yang bisa kamu coba adalah tumis ayam saus jeruk. Selain resepnya mudah dibuat, menu ini juga memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan dan pasti bisa menggugah selera deh...! Lebih lengkapnya, yuk lihat resep dan cara membuatmnya di bawah ini.

Bahan-Bahan
  • 700 g daging ayam, potong dadu
  • 1 1/2 sdm minyak canola
  • 70 cc + 2 sdm kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 3/4 sdt bubuk bawang bombay
  • 2 sdt zest jeruk (atau irisan kulit jeruk)
  • 100 cc air perasan jeruk
  • lada hitam bubuk
  • 1/4 sdt jahe parut kering
  • 2 sdm cuka
  • 3 sdm kecap
  • 3 sdm madu
  • 2 1/2 gula 
  • 2 sdm tepung maizena
  • daun bawang dan biji wijen sebagai taburan


Cara Membuat

1. Tumis daging ayam menggunakan minyak canola, tambahkan garam dan lada bubuk. Masak sampai daging ayam matang, sisihkan.

2. Untuk membuat sausnya, tumis terlebih dahulu bawang putih, matikan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis, zest jeruk, 70 cc kaldu ayam,  bubuk bawang bombay, madu, kecap, gula,jahe, dan juga cuka. Tambahkan sedikit garam dan lada. Nyalakan api sedang. Selanjutnya, campurkan tepung maizena dengan 2 sdm kaldu ayam, lalu masukkan dalam campuran saus. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. 

3. Masukkan potongan daging ayam yang sudah matang diatas, campurkan hingga rata dengan saus.

4. Menu Masakan Tumis ayam saus jeruk bisa dihidangkan dengan potongan daun bawang dan taburan biji wijen diatasnya. Yummi..!

Kalau kamu pengen rasa yang lebih pedas untuk resep menu buka puasa hari ini, kamu juga bisa kok menambahkan sendiri saus sambal atau cabai di masakan kamu. Selamat memasak, Ladies!

Resep Cara Memasak Gulai Daging Kambing Yang Enak

Resep Gulai Kambing - Gulai menjadi primadona kuliner khas masakan Nusantara karena diolah dengan kombinasi bumbu rempah yang pas. Sehingga membuat masakan ini menjadi menu makanan yang lezat saat disantap dalam kondisi apapun.

Resep Masakan dan Cara Memasak Gulai Kambing
Proses memasak masakan jenis gulai ini pun tergolong sangatlah mudah dan tidak ribet, bumbu dan bahannya pun sangat mudah untuk kita dapat. Nah, jika Anda ingin mengetahui apa saja bumbu dan bahan gulai kambing serta cara membuatnya bagaimana? Yuks simak dan praktekin resepnya berikut ini :

Bahan Dan Bumbu Gulai Daging Kambing
Proses Cara Memasak Gulai Daging Kambing

Bahan dan Bumbu :
  • 500 g daging kambing, potong kecil-kecil
  • 1 buah kelapa, parut ambil santanya kurang lebih 1 ltr
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 2 cm kayu manis
  • 1 btg serai, pipihkan
  • 4 bh kapulaga
  • 5 btr cengkih
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lbr daun jeruk purut
  • 1 lbr daun salam

Bumbu Yang Dihaluskan:
  • 3 bh cabai merah keriting / rawit
  • 6 btr bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 btr kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/4 sdt klabet
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt adas
  • 1/4 sdt jintan
  • 1 sdt asam Jawa
  • 1 sdt garam


Cara Membuat:
  1. Langkah awal, panaskan minyak goreng 3 sdm, Kemudian tumislah bumbu yang sudah di haluskan tadi bersama bumbu rempah yang lain sampai tercium aroma bumbu harum dan matang.
  2. Selanjutnya, masukkan potongan daging kambing kedalam tumisan bumbu, aduk-aduk sampai bumbu tercampur dan masak hingga berubah warna.
  3. Setelah itu, Tambahkan santan dan masak di atas kompor dengan api kecil sembari diaduk sekali-sekali sampai bumbu meresap dan daging matang empuk .
  4. Terakhir, Angkat dan sajikan bersama acar atau lalapan.

Waktu pembuatan gulai kambing diatas cukup membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit. Cukup simple kan? Jangan lupa praktekin resep dari Resep Hari Ini yah... :D

Resep Sate Goreng Daging Sapi Spesial Masakan Hari Ini

Resep Sate Goreng Daging Sapi Spesial - Selain daging sapi sangat lezat dijadikan steak, rendang dan juga empal. Daging sapi juga  dibuat menjadi sate goreng daging sapi yang enaknya gak ketulungan. Masakan yang merupakan kuliner khas Jawa Tengah ini selain lezat rasanya, juga cara memasaknya gampang banget kok. Beda cara pengolahanya dengan sate ditusuk dan dibakar. 
Resep Sate Goreng Daging Sapi Spesial
Resep Cara Memasak Sate Goreng Daging Sapi Spesial

Mau tau resep dan cara membuatnya? Catat deh resep ini biar kamu nggak lupa, atau kamu juga bisa share ke wall facebookmu biar nggak ilang.. :)

Bahan-bahan:


  • 500 gr daging sapi, potong-potong dadu
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula jawa, sisir
  • 2 sdm air asam jawa
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus untuk Sate Goreng :


  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar butir
  • 1 sdt garam

Cara membuat Sate Goreng Daging Sapi yang Enak dan Lezat:


  1. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  2. Masukkan irisan daging dan aduk bersama bumbu hingga tercampur rata. Masak hingga daging matang. Gunakan api kecil hingga sedang agar tidak gosong.
  3. Masukkan gula merah dan air asam. Jika terlalu kering, bisa ditambah sedikit air. Masukkan kecap dan garam. Masak sambil diaduk-aduk hingga kuah kering dan matang.

Selesai memasak dengan resep rahasia, saatnya disajikan deh sate goreng daging sapi spesialnya. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal. Yummi.. Lezatnya..!! Catat juga Resep Sop Buntut dengan Citarasa Bidadari ini. Selamat Mencoba..!!

RESEP AYAM BAKAR SPESIAL

Kumpulan Resep Masakan Nusantara -
Bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Kampung Bakar Spesial: 
  • 1 ekor ayam kampung dipotong menjadi 4 bagian
  • 3 biji asam jawa, seduh menggunakan air panas
  • 300 ml air
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 lembar daun salam
Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt gula pasir
  • 1,5 sdt garam
Cara Memasak Ayam Kampung Bakar Spesial:
  1. Baluri ayam dengan bumbu yang sudah di haluskan, diamkan selama 30 menit.
  2. Masukkan ayam yg telah dibaluri bumbu kedalam wajan yang berisi air, daun salam, kecap manis dan air asam. Masak sampai daging empuk dan kuah berkurang, angkat.
  3. Kemudian bakar ayam kampung di atas bara api sampai kering.
  4. Angkat dan sajikan bersama sambal dan lalapan.

Selamat mencoba Resep Ayam Kampung Bakar Spesial ala Resep Hari Ini..!!

Resep Bebek Bakar Bumbu Bali Enak dan Empuk

Resep Bumbu dan Cara Membuat Bebek Bakar Bumbu Bali yang Enak dan Empuk

Bingung gimana caranya membuat Bebek Bakar Bumbu Bali yang Enak dan Empuk? Kabar baiknya, bunda nggak perlu lagi bingung nyari-nyari resepnya dimana. Cukup bunda baca resep dan cara mudah membuat bebek bakar bumbu bali yang enak berikut ini.

Bahan dan bumbu masakan Bebek Bakar Bumbu Bali ini sangat sederhana dan bisa kita dapat disekitar kita. Tinggal praktek dan nyobain resepnya.. Yuk masak-masak..

Bahan Bebek Bakar Bumbu Bali :

  • 1 ekor bebek, siangi, potong 4 bagian
  • ½ sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm kecap manis
  • ¼ sdt garam
  • 4 buah ruas bambu untuk penjepit


Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 sdm gula merah
  • 3 cm kemiri
  • 1 cm jahe
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 1 batang serai
  • 1 biji asam jawa


Cara Memasak Bebek Bakar Bumbu Bali Enak Empuk:
  1. Rendam potongan bebek kedalam wadah berisi  air perasan jeruk nipis, kecap manis, dan juga garam selama kurang lebih 25 menit.
  2. Sementara itu, tumis bumbu halus sampe harum, disusul dengan memasukkan bebek yang sudah direndam. Ungkep.
  3. Masak bebek selama 10 menit-an atau setengah matang, sisihkan.
  4. Siapkan bara api atau pemanggang. Jepit bebek yang sudah setengah matang menggunakan potongan banbu, lalu bakar diatas bara api sampai matang.
  5. Resep Bebek Bakar Bumbu Bali pun siap disantap dengan sambal bawang atau sambal mentah. Nyam.. Nyam..
Cukup untuk 4 orang

Resep dan Cara Membuat Sayur Oyong Bumbu Manis


Resep dan Cara Memasak Sayur Oyong - Sayur gambas atau dalam bahasa sunda di kenal dengan sebutan sayur oyong ini biasanya sering dimasak untuk campuran sayur sop. Kesegaran dan kenikmatan sayur oyong ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh loh bunda. 

Ternyata, sayur gambas (Oyong) memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya, seperti vitamin A, B dan C. Selain itu, gambas atau oyong juga sangat rendah kadar gulanya, sehingga  cocok untuk yang diabetes.

Nah.. Bagi bunda yang sedang menyusui, sayur gambas ini juga sangat baik untuk membantu meningkatkan air susu ibu (ASI) lhoo.. Jadi, tunggu apa lagi.! Yuk segera memasak sayur oyong menjadi masakan yang lezat seperti Sayur Oyong Bumbu Manis berikut ini;

Bahan-Bahan Sayur Oyong:

  • 3 buah oyong muda, kupas, potong-potong
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 buah cabai merah besar, iris tebal
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gr udang, kupas
  • 1 liter air kaldu daging
  • 50 gr jamur merang, iris
  • 50 gr melinjo
  • 50 gr kapri
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula merah, serut
  • 3 sdm kecap manis
  • 100 ml santan kental
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu Sayur Oyong yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • ½ sdt terasi
  • ½ sdt biji ketumbar

Cara Memasak Sayur Oyong Menjadi Olahan yang Lezat dan Sehat:

  1. Kupas oyong, potong-potong. Sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabai merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan udang, masak sebentar hingga udang berubah warna. Angkat dan sisihkan.
  3. Didihkan air kaldu daging, masukkan tumisan, oyong, kapri. Tambahkan garam, gula merah, kecap dan santan, aduk rata hingga semua bahan matang.
  4. Matikan api, beri air asam jawa, aduk. Angkat.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *