Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ayam Kecap. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ayam Kecap. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap Pedas Pilihan

Resep Masakan Harian | Resep Masakan Ayam Kecap Bumbu Sederhana - Siapa sih yang nggak suka sama yang namanya masakan olahan daging ayam? Bisa dipastikan hampir semua orang suka dengan masakan daging ayam yaa... 

Bukan hanya daging ayamnya saja yang lembut dan gurih untuk dimasak menjadi lauk yang lezat, sayap ayam pun ternyata enak banget kalau dimasak kecap. Gurihnya sayap ayam ini menjadi masakan kesukaan setiap orang.

Oh iya, ngomongin soal masakan daging ayam dan khususnya sayap ayam, kali ini Resep Masakan Harian punya resep sayap ayam bumbu kecap yang pedas super lezat yang bisa kamu coba. Masakan lauk pauk dengan rasa manis kecap yang kuat, ditambah lagi dengan kombinasi bumbu rempah sederhana yang komplit membuat masakan ini menjadi lebih istimewa.
Resep Cara Membuat Sayap Ayam Bumbu Kecap
Aneka Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap
Untuk membuat masakan lauk pauk sederhana ini bahan dan bumbu yang digunakan juga sangat simple. Proses dan cara membuatnya juga sangat praktis, nggak ribet dan cukup hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Selengkapnya mengenai resep dan cara membuat masakan sayap ayam bumbu kecap yang enak dan lezat bisa kamu lihat pada resep berikut ini..

Jika kamu pengen membuat lauk pauk sayap ayam yang enak dan lezat, Cara Membuatnya cukup mudah kamu hanya perlu melakukan langkah seperti ini:
  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum (kecuali, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan kecap).
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, jahe dan lengkuas. 
  3. Masukkan sayap ayam ke dalam bumbu lalu aduk rata. 
  4. Tambahkan sedikit air dan masukkan garam, gula, kaldu ayam bubuk serta kecap secukupnya. 
  5. Masak hingga daging sayap ayam benar-benar matang dan bumbu meresap ke dalamnya. 
  6. Angkat sayap ayam bumbu kecap dan segera sajikan di piring saji setelah matang. Taburkan irisan daun bawang di atasnya agar sajiannya semakin menarik.


Selengkapnya untuk bahan baku yang dipakai adalah sebagai berikut:
  • 10 buah sayap ayam (cuci bersih, goreng setengah matang)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 4 cm jahe (memarkan)
  • 4 cm lengkuas (memarkan)
  • 1 buah bawang bombay (iris halus tipis)
  • Air (secukupnya)


Sedangkan Bumbu Halus yang dipakai untuk masakan sayam ayam bumbu kecap lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 3 buah kemiri 
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Kecap manis (secukupnya)
  • 20 buah cabai rawit 
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi)

Nah, itulah resep membuat sayap ayam bumbu kecap pedas dan nikmat yang menggugah selera. Resepnya yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka.

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial

Resep Masakan Harian | Cara Membuat Ayam Saus Padang - Masakan ini begitu nikmat dan lezat saat disantap, bumbu rempah-rempah khas nusantara yang komplit mampu menyatu kedalam celah daging ayam yang empuk. Ditambah kombinasi bumbu masakan asli yang pas dapat menciptakan rasa nikmat tiada tara. Ayam Saus Padang menjadi salah satu kuliner favorit yang layak dan wajib dicoba dirumah.

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial
Berikut ini adalah Artikel berisi resep ayam saus padang, resep ayam saus padang asli, resep ayam saus asam manis, cara membuat saus padang, resep saus padang asli, resep ayam saus pedas, resep masakan saus, resep ayam saus kecap, resep ayam bumbu saos padang.

Untuk membuat masakan Ayam Saus Padang yang enak dan lezat ini sebenarnya tidak susah, hanya saja diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk hasil masakan yang sempurna. Soal apa saja resep bumbu Ayam Saus Padang ini, bunda tak perlu lagi bingung, masakan Ayam Saus Padang sebenarnya resepnya sangan mudah dan sederhana lhoo. Bunda pasti langsung bisa praktek membuat sendiri dirumah. Seperti ini resep dan cara membuat Ayam Saus Padang Spesial Enak dan Lezat..

Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Saus Padang:

  • 250 gram dada ayam. 
  • Iris tipis atau potong dadu.


Bahan Pelapis Ayam Saus Padang:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tapioka
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 30ml air matang


Bahan saus Ayam Saus Padang:

  • 1/2 buah bawang bombay, iris kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 sdm sambal balado siap pakai
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • (Garam, gula pasir, kaldu bubuk secukupnya *optional)


Cara Membuat Ayam Saus Padang :

  1. Campur bahan pelapis menjadi satu aduk rata. Masukkan potongan dada ayam aduk rata. *jika ternyata tepung tidak menempel sempurna pada permukaan ayam, boleh ditambah air sedikit demi sedikit dengan cara dipercikkan keatas campuran ayam lalu aduk sambil ditekan2 agar tepung menempel pada ayam. 
  2. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya, setelah minyak benar2 panas masukkan potong ayam berbalut tepung 


Cara Membuat saus Ayam Saus Padang:

  1. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga wangi dan matang. 
  2. Masukkan sambal balado, saus tomat, saus sambal, saus tiram, 1/4 sdt lada bubuk kemudian aduk rata (boleh ditambahkan garam, gula dan kaldu bubuk jika suka). 
  3. Masak hingga saus mengental (boleh ditambah sedikit air jika suka) kalau saya g ditambah air lagi. Setelah saus mengental matikan api masukkan ayam goreng aduk hingga rata.
  4. Dan ayam goreng saus padangpun siap disantap dengan ditemani salad sayur mayyonaise.


Nah seperti seperti itulah Resep rahasia Bumbu Ayam Saus Padang yang enak, lezat, dan nikmat. Sangat mudah dan sederhana bukan? Semoga bunda bisa membuat sendiri Ayam Saus Padang dirumah yaa. Jika bunda sukses membuat masakan ini, jangan sungkan untuk membagikan resep ini ke teman dan kerabat terdekatmu yaa.. Selamat Masak.. 

RESEP AYAM MASAK KECAP

Resep Ayam Masak Kecap - Resep masakan yang itu-itu saja sering kali membuat kita dan keluarga menjadi bosan, harus ada selingan menu setiap harinya agar tidak merasa bosan. Memasak dan berburu Resep Masakan adalah hobi bagi para ibu rumah tangga, tak heran jika banyak artikel tentang Resep Masakan paling banyak dikunjungi.

Nah, Resep yang akan ResepHariini bagikan adalah Resep Cara Memasak Ayam Goreng  Masak Kecap

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Masak Kecap:
    Resep Ayam Masak Kecap
  • 1 ekor ayam, dipotong-potong
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 buah cabe merah, iris memanjang
  • 1 buah tomat merah, belah 4
  • 100 ml kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram 
  • Merica, gula, dan garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat ayam masak kecap:
  1. Langkah pertama lumuri potongan ayam dengan garam, merica, dan bawang putih, kemudian aduk sampai rata, dan diamkan apotongan ayam tadi beberapa saat.
  2. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan margarin, lalu tumis semua bumbu hingga harum.
  4. Masukkan ayam goreng dan kecap manis kedalam tumisan bumbu dan aduk hingga rata.
  5. Tambahkan air, merica, gula, dan garam, masak hingga semuanya menyerap, angkat, dan sajikan.

Demikianlah Resep Ayam Masak Kecap ala Resephariini, Mudah bukan..??? Semoga Resep Masakan Indonesia ini menjadi menu faforit bagi anda dirumah.
Selamat Mencoba.

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kecap Manis

Aneka Masakan Ayam - Jika membahas tentang makanan nusantara rasanya gak ada habisnya, karena bumi kita terdiri dari berbagai macam suku, etnik dan budaya. Resep makanan yang disajikan berbeda pula dari daerah satu ke daerah yang lain. Namun okelah, kita musti bangga dengan kekayaan kuliner yang kita miliki. Pada Artikel resep masakan kali ini resephariini akan membagikan resep masakan ayam untuk anda semua, yaitu Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kecap yang tentunya enak banget...
Langsung aja yah  ? :D

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • Merica bubuk. 1/2 sendok teh 
  • Air jeruk lemon. 1 sendok makan
  • Garam. 1.1/2 sendok teh 
  • Minyak goreng untuk menggoreng 

Bumbu Saus:

  • Margarin untuk menumis, 100 gram
  • Gula pasir, 1.1/2 sendok makan 
  • Bawang bombay, potong panjang, 1 buah 
  • Bawang putih, memarkan dan cincang kasar, 3 siung 
  • pekak, 1 buah
  • Garam, 1/2 sendok teh teh
  • Kecap manis, 4 sendok makan
  • Air 200 ml 
  • Air jeruk lemon, 1 sendok teh 
  • Daun bawang, iris miring. 1 batang 

Bahan Pelengkap:

  • Jeruk limau. 1 buah

Cara Membuat Ayam Goreng Kecap :


  1. Daging ayam di lumuri air jeruk lemon, garam dan merica, dan diamkan kurang lebih 30 menit.
  2. Goreng ayam menggunakan minyak panas di atas api sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan margarin hingga meleleh, kemudian masukkan gula pasir, biarkan sampai larut dan kecoklatan.
  4. Tumis bawang bombay, bawang putih dan pekak sampai beraroma harum.
  5. Tambahkan kecap manis dan garam, aduk sampai rata. Masukkan air beserta air jeruk lemon, masak hingga kental dan bumbu meresap.
  6. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam terbalut bumbu. Tambahkan daun bawang sebelum diangkat kemudian aduk rata.
  7. Sajikan dengan nasi hangat dan jeruk limau.
Untuk menambah perbendaharaan resep masakan bisa anda baca juga di blog sahabat saya  tentang Resep Rahasia Masakan

Resep Cara Membuat Ayam Kecap Yang Lezat

Download Gambar Resep Ayam Kecap

Masakan Ayam Kecap - Resep ayam kecap ini dikombinasikan dengan bumbu rempah yang pas, menjadikan cita rasa masakan ayam menjadi nikmat dan lezat. Penasaran seperti apa resep dan cara membuatnya? Berikut adalah resepnya..


Bahan dan Bumbu Masakan:
  • 1/2 ekor ayam, potong jadi 6 bagian 
  • 1/2 btr bawang bombai, iris panjang
  • 2 tangkai daun bawang, potong serong
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 1/2 ruas jari jahe, memarkan
  • 1 buah tomat, potong panjang
  • 5 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupknya untuk menggoreng
  • 1 sdm margarin, untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Lumuri daging ayam dengan 1/2 sendok teh garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis, aduk merata
  2. Goreng ayam kedalam minyak panas sampai matang namun tidak kering, angkat, sisihkan.
  3. Panaskan margarin, lalu tumis bumbu seperti jahe dan bawang putih sampai harum, selajutnya masukkan irisan bawang bombai, tumis hingga layu.
  4. Masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk sebentar.
  5. Tambahkan kecap manis, air, lada, dan garam. Tumis hingga matang dan masukan irisan tomat dan daun bawang, aduk sebentar saja lalu angkat.
  6. Sajikan masakan ayam kecap selagi hangat

Resep Semur Ayam Sedap Spesial

Resep Semur Ayam

Resep Semur Ayam Sedap - Masakan ini merupakan masakan khas nusantara. Rasa yang sangat khas dan citarasa rempah yang begitu kental membuat masakan ini menjadi menu masakan yang patut di acungi jempol.

Perlengkapan Dapur dan Alat Masak

Maxim Teflon Classic Convenience - Sauce Pot & Fry Pan Set 5 Piece


  • Lapisan Anti Lengket Berkualitas Produksi Maspion
  • Mudah Digunakan Dan Dibersihkan
  • Dengan Tutup Kaca Dan Handle Tahan Panas
  • Model Exclusive
  • Cocok untuk Hadiah


Original Price:
RP 657.000
Discount: 71% by UOB
Rp 188.000
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn

Bahan Dan Bumbu:
  • 500 gr ayam, potong-potong 6 bagian, goreng setengah matang
  • 300 gr kentang, potong kotak, goreng hingga matang
  • 1 ltr air
  • 100 ml Kecap Manis 
  • 1 bks kaldu ayam Royco
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 btr pala, diparut halus
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • Bumbu halus
  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara memasak:
  1. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus bersama batang serai hingga harum.
  2. Kemudian masukkan potongan ayam goreng, masak sampai bumbu menyatu dan meresap.
  3. Tambahkan kentang goreng, beri kecap manis, air, garam, gula, lada, Royco dan pala parut, masak terus dengan api kecil sampai air surut dan agak mengental.
  4. Terakhir, tambahkan bawang merah goreng, aduk-aduk, diamkan sebentar. Cicipi!
  5. Angkat dan sajikan resep masakan semur ayam yang selesai Anda buat tadi selagi hangat.
Baca Juga Resep Masakan Lainya:


7 Resep Ayam Rica Rica Spesial Pilihan Bunda

Kumpulan Resep Pilihan Rica-rica Ayam Istimewa - Resep ini adalah resep ayam masak rica-rica pilihan. Buat bunda yang pengen memasak ayam dengan menu yang berbeda, bisa deh ini dijadikan bahan pertimbangan yang tepat. Berikut adalah kumpulan resep ayam rica pilihan yang bisa dicoba..


1. Rica Rica Ayam potong




Resep ini adalah kreasi dari dapurnya bunda Ana Rahma asal kota semarang, Bunda bisa ikuti resep beliau seperti ini:

Bahan dan Bumbu:

  • 500 gr ayam potong
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 1/2 ruas jarijahe
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jarilengkuas (memarkan)
  • 2 buah   sereh ( memarkan )
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 6 sdm kecap
  • 500 ml air kelapa
  • 600 ml air
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • minyak goreng untuk menggoreng ayam


Langkah Cara Membuatnya:

  1. Daging ayam dipotong kecil - kecil lalu beri perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit. Biar daging ayam tidk hancur ketika di masak, goreng dulu setengah matang daging ayam yg telah di potong kecil2.
  2. Haluskan bumbu2 ayam rica-rica dengan cara diulek menggunakan cobek. 
  3. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan daun salam, lengkuas yg telah di memarkan, cabe rawit, dan juga daun jeruk hingga tercium bau dan bumbu berwarna kecoklatan.
  4. Masukkan ayam yang sudah di goreng setengah matang kedalam bumbu sambil di aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Masukkan air kelapa aduk, masukkan garam, merica bubuk dan kecap aduk hingga medidih.  
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih


2. Rica Rica Ayam Kampung


Resep rica rica ayam kampung dibawah ini merupakan resep kiriman dari mbak Puspa Ayu Mulatsih, Bunda bisa ngikutin resep beliau dibawah ini..

Bahan-bahan:

  • 1 kg Ayam Kampung (potong kecil-kecil)
  • 1200 ml air
  • 11 bh bawang putih
  • 11 bh bawang merah
  • 3 btr kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 btg sere (memarkan)
  • 3 ruas jari laos ( memarkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • gula dan garam secukupnya
  • 10 sdm Kecap manis
  • 19 bh cabai rawit orange
  • minyak goreng secukupnya


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Haluskan sumua bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan jahe.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama laos, sere, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging ayam, gula dan garam, aduk-aduk.
  4. Tambahkan air, merica bubuk, dan juga kecap manis. Masak sampai daging ayam empuk dan bumbu meresap. 
  5. Bila sudah masak dan kuah mulai sedikit berkurang, angkat dan hidangkan.


3. Dada Ayam Masak Rica-Rica

Resep Rica dada ayam ini berasal dari bunda Devyna asal Samarinda, Kaltim. Seperti ini resep cara membuatnya:

Bahan-bahan dan bumbu:

  • 1 ekor Ayam Ambil Bagian Dada
  • 6 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 10 buah cabe
  • 1 cm Kunyit
  • 2 cm Lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • Lada Bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • 1 batang Sereh (digeprek)
  • 2 lembar Daun Jeruk
  • Daun Kemangi
  • 1 bungkus royco ayam
  • Gula dan garam 


Langkah dan Cara Mebuatnya:

  1. Potong dan Cuci bersih dada ayam, beri garam lalu sisihkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe, jahe, kunyit, lengkuas jadi satu sampai halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukan sereh dan daun jeruk beri air sedikit lalu masukan dada ayam yg sudah diberi garam.
  4. Terakhir masukan lada, ketumbar, gula dan royco lalu aduk sebentar tutup selama 10menit sampai airnya mengental.
  5. Cicipi rasanya setelah itu masukan daun kemangi, angkat dan sajikan.


4. Ayam Rica bumbu kuning



Resep Ayam Rica Bumbu kuning ini adalah kiriman dari bunda Fithriana Nur asal Sampit, Kalteng. Seperti ini resep masakanya..

Bahan dan bumbu masakan:

  • 1/2 kg ayam (ambil dagingnya saja)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas/laos
  • 8 buah cabe
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdm lada bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdm gula
  • 1/4 sdm bumbu penyedap (saya pakai masako rasa ayam)
  • 1 batang serai (digeprek)
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 3 sdm minyak untuk menumis 


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Potong dadu daging ayam yang sudah dibersihkan. bumbui dengan garam dan gula, diamkan dan sisihkan
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas/laos dan cabe. (saya blender dengan sedikit air biar gak macet saat di blender)
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, masukan serai dan daun jeruk. tumis sampai harum (dengan api kecil ya)
  4. Masukan ayam yang sudah dipotong dadu kedalam tumisan bumbu, aduk2 sebentar, masukan lada bubuk, ketumbar dan bumbu penyedap lalu tutup wajan penggorengan kira2 10 menit sampai bumbu dan ayam meresap.
  5. Cek apakah sudah matang, wajan yang ditutup akan berair. aduk2 sebentar untuk mengurangi air. 
  6. Jika air sudah berkurang, ayam siap disajikan


5. Resep Rica-rica Tulang Ayam Spesial


Bahan dan Bumbu:

  • 1 kg tulang ayam
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Kunyit + Merica bubuk+jahe secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 batang sereh
  • Lengkuas secukupnya


Tutorial Cara Memasaknya:

  1. Rebus air sampai mendidih kemudian masukan 1 kg tulang ayam, rebus sampai 5 menit, buang air dan tiriskan tulang ayamnya.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, jahe kemiri kemudian tumis sampai baunya harum kemudian masukan sereh, daun salam dan daun jeruk. setelah itu tambahkan sedikit air.
  3. Setelah bumbu halus tercampur, masukan tulang ayam, kemudian tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. ungkep sampai bumbu meresap. angkat dan siap disajikan


6. Resep Rica-Rica Ceker Ayam


Bahan-bahan dan Bumbu:

  • 10 pasangceker ayam
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir cabe rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada butiran
  • 2 batangserai, ambil putihnya, iris tipis agar mudah dihaluskan


Bahan lainnya:

  • 4 lbr daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lbr serai, geprek
  • Garam, gula, dan penyedap
  • 1 butirtomat, iris
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis 


Cara Mudah Membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai hingga wangi bumbu tercium.
  2. Tambahkan garam, gula, penyedap dan tomat, aduk rata
  3. Masukkan ceker, tambahkan air hingga ceker terendam, masak hingga air menyusut dan ceker empuk. Angkat dan sajkikan.


7. Resep Rica Ayam Belimbing Wuluh Enak dan Sedap

Resephariini.blogspot.com
Bahan-bahan:

  • 6 potong Ayam, bagi 2
  • 8 buah Belimbing Wuluh, belah tengah
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, ambil putihnya
  • Garam Secukupnya


Bumbu  Halus:

  • 8 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas 


Cara Memasak Mudah:

  1. Tumis Bumbu Halus hingga harum, masukkan sereh, daun salam & daun jeruk. Aduk rata.
  2. Tambahkan sedikit air Dan masukkan Ayam beserta Belimbing Wuluh. Masak hingga matang Dan kuah agak menyurut.
  3. Tambahkan Garam Dan matikan api, sajikan dengan nasi hangat


Itulah ke 7 kumpulan resep masakan ayam rica-rica pilihan yang bisa bunda coba dirumah.. Selamat memasak..

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering - Resep Masakan Indonesia Asli

Resep Opor Ayam Masak Kering - Pengen nyoba masakan opor ayam di masak kering tanpa kuah? Jika Anda ingin mencoba resep opor ayam masak kering ini bisa langsung di praktekin dirumah. Mengapa harus dimasak kering? Cara masak ini bisa membuat opor yang  anda masak bertahan lebih lama dan awet pun masakan Anda tidak cepat basi.

Proses pembuatan Masakan Opor Ayam Masak Kering ini hampir sama dengan Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Spesial. Yang membedakan adalah opor ayam masak kering dimasak tanpa kuah, sedangkan opor ayam biasa dimasak berkuah.

Nah, untuk mengetahui proses cara pembuatan dan bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat opor ayam masak kering, ikuti langkah demi langkah pembuatan berikut ini

Resep Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering Agar Tidak Cepat Basi

Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering  - Resep Masakan Indonesia Asli

Bahan dan Bumbu Opor Ayam Masak Kering
Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering
Bahan-Bahan :
  • - 1 kg daging ayam, potong potong dan bersihkan
  • - 2 lembar daun jeruk nipis
  • - 3 lembar daun salam
  • - 6 sendok makan kecap manis merk bango/ apa aja.
  • - 2 batang serai, Pipihkan
  • - 65 miligram santan kara
  • - 1 liter santan encer
  • - garam dan masako atau royko rasa sapi sesuai selera
  • - minyak goreng untuk menumis


Bumbu Halus :
  • - 6 butir bawang merah, kupas
  • - 4 siung bawang putih, kupas
  • - 10 cm lengkuas
  • - 2 cm jahe
  • - 1 sendok teh merica
  • - 1 sendok teh pala
  • - 6 butir kemiri
  • - 1/2 sendok teh ketumbar
  • - 1/2 sendok teh terasi
  • - 1 buah tomat
  • - 1 sendok teh gula merah/ gula aren                             



Cara Memasak Opor Ayam :
  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa masukkan batang serai, daun salam dan daun jeruk nipis, tumis hingga harum.
  2. Selanjutnya masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan dan aduk sampai semua bumbu tercampur dengan rata.
  3. Masukkan santan encer dan masak sembari di aduk sesekali sampai ayam menjadi lunak serta kuah menyusut
  4. Setelah kuah opor menyusut, tuangkan santan kental dan kecap manis. Lalu tambahkan garam dan royco rasa sapi secukupnya, tunggu hingga kuah menjadi kering. Angkat dan siap disajikan.

Simpel dan mudah bukan Resep Membuat Opor Ayam Masak Kering diatas? Bisa diikuti kan? Kalo begitu, silahkan dicoba dirumah masing-masing.

Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap

Ayam Bakar Wong Solo Asli dan Khas

Resep Masakan Nusantara - Siapa yang tak kenal dengan Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia karena citarasa yang khas Solo banget. Tak heran jika menu ayam bakar ini banyak diburu oleh kalangan pecinta kuliner. 

Jika dilihat dari bahan dan bumbunya, proses dan cara untuk membuat ayam bakar wong solo ini tidaklah terlalu sulit,  Anda pun bisa mencobanya sendiri dirumah. Yang jelas memasak itu memerlukan ketelatenan dan kesabaran, serta dilakukan dengan hati yang penuh cinta.. :D

Untuk mengetahui apa saja bahan dan bumbu ayam bakar wong Solo yang enak dan praktis? Mari simak resep rahasia dan cara membuatnya berikut ini..! :

Resep Bumbu Rahasia dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Wong Solo Asli 

Alat dan Perlengkapan Dapur

Panci Oxone 23Pcs Travel Cookware Set - Hijau


  • Full Stainless Steel Body
  • Aluminium Capsuled Bottom
  • Tutup gelas kaca dengan handle stainless steel
  • 23Pcs Panci Set
  • Mirror polish interior & exterior

Original Price:
RP 1.290.000
Discount: 44% by UOB
Rp 725.000
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn


Bahan Baku Ayam Bakar Khas Wong Solo:
  • 1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 menjadi 6 bagian
  • 500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa tua
  • 2 btg sereh, dimemarkan
  • 10 sendk mkn kecap manis
  • 4 cm lengkuas, gemperek memar
  • 1 sendk mkn air asam jawa
  • 4 lembr daun salam
  • 35 g gula merah

Bumbu Rahasia Ayam Bakar Wong Solo :

  • 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  • 12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
  • 6 butr kemiri
  • 1/4 sendk teh jinten
  • 1 sendk teh ketumbar
  • 4 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1/2 sendk mkn garam

Langkah-langkah cara membuat ayam bakar khas Solo asli yang praktis dan spesial:

1. Tumislah semua bumbu halus khas ayam bakar wong solo. Jgn lupan masukkan juga batang  sereh, lengkuas dan daun salam sampai bahan bumbu rahasia memunculkan aroma sedap.

2. Jika tumisan bumbu sudah siap , selanjutnya masukkanlah potongan-potongan ayam tadi sembari diaduk agar bumbu tercampur. Tambahkan air asam jawa, kecap dan juga gula merah, aduk2.  Jangan sampai ketinggalan, air kelapa dimasukkan juga ya? Masak terus potongan-potongan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, pisahkan potongan ayamnya dari kuahnya. Nantinya kuah ayam tadi bisa digunakan sebagai bahan bumbu bakar.

3. Langkah paling akhir adalah bakar ayam yang sudah dimasak tadi menggunakan bara api sampai daging ayam menjadi berubah warna cokelat. Angkat dan baluri potongan ayam dengan kuah yang sudah dipisahkan tadi. Bakar kembali matang dan bumbu meresap. 

4. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat.

Seperti itulah Resep Rahasia Ayam Bakar Khas Wong Solo Yang Enak Dan Lezat. Sangat mudah untuk diikutikan resep masakan diatas? Baca juga : Kategori Resep Masakan Daerah dan Resep Aneka Kue Lengkap. Atau baca juga Resep Sahabat kami DISINI.

Share Yukk..! Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon - Menu Spesial Malam Tahun Baru 2017

Resep Ayam Bakar Mercon - Ayam bakar adalah salah satu menu masakan yang nikmat disajikan untuk menikmati suasana malam tahun baru. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2017. Hemm.. Momennya pas banget kalo kita ngadain ritual bakar-bakar ayam bareng temen-temen dan keluarga tercinta sembari menunggu pesta kembang api. Semoga saja pas malam tahun baru nanti tidak hujan yaa..? Hehe
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon - Spesial Menu Masakan Tahun Baru 2017

Ngomongin soal bakar-bakar ayam, sudah punya resep ayam bakar andalan kamu yang enak dan lezat belum? Kalau belum, ada saran dari Resep Hariini yang wajib kamu coba. Coba deh buat masakan ayam bakar kamu lebih spesial dengan Resep Ayam Bakar Mercon Bumbu Sederhana berikut ini. Dijamin Enak deh..!

Bahan-Bahan Ayam Bakar Bumbu Mercon :

  • 500 gr daging ayam (bisa bagian sayap atau paha)
  • 8 btr bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ons cabai rawit (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 1 btg serai, digeprek
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm margarin
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 buah gula jawa, diserut
  • 5 sdm minyak goreng
  • 2 liter air

Cara Membuat Ayam Bakar Mercon yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih daging ayam, tiriskan lalu rebus dengan 2 liter air sampai airnya menyusut. Air hasil rebusan bisa untuk air kaldu, jadi jangan dibuang.
  2. Ulek/haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tambahkan sedikit minyak goreng biar cepat halus.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan 2 sdm margarin. Masukkan serai, daging ayam, dan tuang air kaldu. 
  4. Masak dengan api sedang hingga air mendidih.
  5. Masukkan garam, gula, lada hitam, kaldu ayam, gula jawa, dan kecap asin.
  6. Masak sampai air menyusut. Angkat, dinginkan sejenak.
  7. Siapkan alat panggang, bakar hingga agak kecokelatan.


Akhirnya resep cara membuat ayam bakar mercon dengan bumbu sederhana diatas sudah selesai yaa.. Semoga malam tahun baru nanti lebih happy, dan Planning GOAL Tahun depan dapat terwujud yaa..! Happy Masak-Masak and Happy New Year..!

Resep Ayam Bumbu Serai Khas Thailand, Resepnya Ternyata Gampang!

Masakan Khas Thailand - Pernah coba masakan khas thailand yang satu ini bunda? Yups Ayam Bumbu Serai, masakan ini sangat populer di negara asalnya. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan menu masakan ini melekat di lidah para penikmatnya.. 
Sebagai gambaran saja, masakan Ayam Bumbu Serai ini diolah kering atau goreng dengan kombinasi bumbu rempah yang khas. Tapi sebenarnya, untuk resep Ayam Bumbu Serai khas Thailand juga tak beda jauh dengan menu ayam goreng yang lain, hanya saja ada beberapa proses dan bumbu yang ditambahkan untuk memperkuat rasa gurihnya. Penasaran bagaimana cara membuat Ayam Bumbu Serai ini? Yuk ikuti step by step tutorial memasak berikut ini:

Bahan dan Bumbu Ayam Bumbu Serai :

  • 500 gr daging ayam, potong-potong
  • 10 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
  • 3 batang serai, potong-potong
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada hitam

Cara membuat Ayam Bumbu Serai :

  1. Ulek serai, garam dan lada hitam hingga halus dan serai hancur.
  2. Campur bumbu ulek dengan saus tiram, kecap asin, gula, daun jeruk dan tepung. Masukkan daging ayam dan biarkan terendam bumbu kurang lebih selama 30 menit.
  3. Goreng ayam dan bumbunya hingga matang. Angkat  dan tiriskan dari minyak (Biasanya bumbu lebih cepat matang)
Selesai sudah cara membuat masakan khas thailand-Ayam Bumbu Serai yang renyah dan garing. Tingga menikmati hasil masakan yang sudah kita buat tadi.. Nyam..Nyam.

Link Selanjutnya: Spesial Resep Praktis Kari Kambing Pedas Gurih Sederhana dan Resep Gulai Ikan kakap Ala Masakan Padang

Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap

Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial - Biasanya kalo memilih resep menu makanan buka puasa, lebih suka yang praktis, simpel dan menu yang bisa menggugah selera kan gaes..? Nah, salah satu menu masakan yang bisa kamu coba adalah tumis ayam saus jeruk. Selain resepnya mudah dibuat, menu ini juga memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan dan pasti bisa menggugah selera deh...! Lebih lengkapnya, yuk lihat resep dan cara membuatmnya di bawah ini.

Bahan-Bahan
  • 700 g daging ayam, potong dadu
  • 1 1/2 sdm minyak canola
  • 70 cc + 2 sdm kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 3/4 sdt bubuk bawang bombay
  • 2 sdt zest jeruk (atau irisan kulit jeruk)
  • 100 cc air perasan jeruk
  • lada hitam bubuk
  • 1/4 sdt jahe parut kering
  • 2 sdm cuka
  • 3 sdm kecap
  • 3 sdm madu
  • 2 1/2 gula 
  • 2 sdm tepung maizena
  • daun bawang dan biji wijen sebagai taburan


Cara Membuat

1. Tumis daging ayam menggunakan minyak canola, tambahkan garam dan lada bubuk. Masak sampai daging ayam matang, sisihkan.

2. Untuk membuat sausnya, tumis terlebih dahulu bawang putih, matikan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis, zest jeruk, 70 cc kaldu ayam,  bubuk bawang bombay, madu, kecap, gula,jahe, dan juga cuka. Tambahkan sedikit garam dan lada. Nyalakan api sedang. Selanjutnya, campurkan tepung maizena dengan 2 sdm kaldu ayam, lalu masukkan dalam campuran saus. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. 

3. Masukkan potongan daging ayam yang sudah matang diatas, campurkan hingga rata dengan saus.

4. Menu Masakan Tumis ayam saus jeruk bisa dihidangkan dengan potongan daun bawang dan taburan biji wijen diatasnya. Yummi..!

Kalau kamu pengen rasa yang lebih pedas untuk resep menu buka puasa hari ini, kamu juga bisa kok menambahkan sendiri saus sambal atau cabai di masakan kamu. Selamat memasak, Ladies!

RESEP CARA MEMBUAT MIE AYAM SPESIAL


Kumpulan Resep Masakan Nusantara - Hampir di setiap wilayang banyak dijumpai warung-warung Mie Ayam, mulai dari yang sederhan hingga yang modern, dari yang murah sampai harga yang lumayan mahal. Mengingat Mie Ayam sudah populer di kalangan masyarakat, kali ini kami akan berbagi resep cara membuat mie ayam spesial untuk anda.

Bahan - bahan untuk membuat Mie Ayam: 
  • 1/2 kg mie basah 
  • 100 ml Minyak ayam 
  • 100 ml Kecap asin 
  • 300 gram daging ayam, rebus dan potong kotak 
  • 3 sendok makan kecap manis 
  • 2 sendok makan kecap ingris 
  • 2 batang daun bawang, iris 
  • Daun Caisin 
  • Penyedap rasa 
  • Bawang goreng secukupnya.
Mie Ayam SpesialBumbu Mie Ayam yang di haluskan  :
  • 4 siung bawang putih 
  • 4 buah bawang merah 
  • 1 sendok teh Ketumbar 
  • 3 cm Kunyit 
  • 3 cm Jahe 
  • 4 butir Kemiri
Bahan untuk membuat Kaldu Mie Ayam:
  • 2 liter air 
  • 1/2 kg Tulang ayam 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
Cara Membuat Mie Ayam Spesial :
  1. Kaldu Mie Ayam: Rebus air hingga mendidih, masukan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu mengeluarkan aroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam secukupnya. 
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daging ayam, tumis sampai bumbu menyerap ke dalam daging ayam, tambahkan penyedap rasa, tumis sebentar, angkat, sisihkan. 
  3. Masukkan 2 sendok makan minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sendok teh penyedap rasa. 
  4. Rebus mie basah dan daun caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan dalam mangkuk berisi bumbu, masukkan daging ayam tadi 2 sendok makan. 
  5. Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.
  6. Mie Ayam siap untuk di hidangkan.
Selamat mencoba Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Spesial dari kami. 
Semoga bermanfaat..


Resep Tongseng Kambing Pedas Spesial

Resep Tongseng Kambing

Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Yang Mudah dan Enak - Kelezatan rasa tongseng kambing ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Kombinasi bumbu dan rempah yang pas menjadikan masakan ini sebagai masakan Nusantara yang khas dan sangat kental dengan nuansa Indonesia.

Perlengkapan Dapur & Alat Masak

Maxim Wajan Venice Set - Teflon + Gratis Penjepit Gorengan Stainless Steel


  • Teflon berkualitas
  • Anti lengket
  • Anti karat
  • Mudah dibersihkan
  • Brand terjamin

Original Price:
RP 426.000
Discount: 61% by UOB
Rp 167.500
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn

Bahan dan bumbu Tongseng:
  • 400 gr daging kambing, potong-potong
  • 800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 150 gr kol, potong kotak
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 3 siung bawang merah, iris
  • 4 buah cabe rawit merah, iris
  • 1 ltr air
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, disangrai
  • 3 cm kunyit, dibakar
  • 4 butir lada
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara Memasak Tongseng Kambing:
  1. Daging kambing dan daun salam direbus terlebih dahulu kedalam air mendidih, tunggu hingga daging kambing matang. Angkat dan tiriskan, kemudian potong-potong dagingnya menjadi kecil-kecil.
  2. Sementara itu, rebuslah santan dan masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sembari diaduk, tunggu hingga santan mendidih. Setelah semua mendidih, sisihkan.
  3. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu seperti bawang merah dan cabe rawit merah. Masukkan daging kambing sampai aroma harum muncul.
  4. Selanjutnya, tambahkan irisan kol ke dalam tumisan, tumis hingga layu.
  5. Masukkan Kecap Manis, aduk hingga rata.
  6. Tuangkan kuah santan tadi, tunggu sejenak sampai mendidih.
  7. Setelah mendidih, jangan lupa tambahkan irisan daun bawang dan potongan tomat, masak sampai tongseng kambing matang. Angkat.
  8. Sajikan Tongseng Kambing Pedas buatan Anda selagi masih hangat... Yummi, lezattt..!

Baca Resep Bumbu Masakan lainya:

Resep dan Cara Mudah Membuat Sapo Tahu Spesial

Sekilas tentang Menu Masakan Sapo Tahu, Sapo tahu merupakan salah satu hidangan asal negeri Cina. Tercatat masakan Asia ini makin popular di kalangan masyarakat Indonesia. 

Nama sapo muncul karena proses memasaknya menggunakan panci 'sapo' alias claypot yang biasa digunakan sebagai alat memasak hidangan ini. Claypot sebenarnya berbeda dengan mangkok pada umumnya karena claypot ini terbuat dari bahan keramik. Keunggulan dari claypot kramik ini adalah dapat menyimpan panas lebih lama dibandingkan dengan panci biasa, sehingga hidangan yang disajikan bisa tetap hangat hingga waktu yang lama.

Resep Sapo Tahu Istimewa
Resep Sapo Tahu Istimewa

Selain Sapo tahu, biasanya masakan sapo memiliki banyak jenisnya seperti sapo ayam, sapo seafood, dll. Sapo biasanya langsung dimasak dan disajikan dalam claypot dengan menggunakan bahan masakan egg tofu alias tahu Cina yang memiliki tekstur yang halus dan lembut. Agar tofu nantinya tidak hancur biasanya digoreng terlebih dahulu.

Ada satu resep rahasia cara membuat Sapo tahu yang enak dan lezat dengan memanfaatkan bumbu sederhana. Seperti apa resep bumbu dan cara membuat Sapo tahu yang mudah dan enak? Yuk simak resepnya berikut ini:

Resep Cara Membuat Masakan Sapo Tahu Yang Enak dan Mudah


BAHAN DAN BUMBU SAPO TAHU: 

  • 2 buah tahu sutra, potong potong
  • 200 gram udang, buang kepala dari kulit, sisihkan ekor
  • 250 ml air kaldu ayam
  • 50 gram jamur shitake, iris tipis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok makan minya wijen
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 batang daun ketumbar, iris-iris
  • 2 sendok makan wijen, sangrai
  • Minyak goreng untuk menggoreng


CARA MEMBUAT SAPO TAHU YANG ENAK
  1. Goreng tahu hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, masukan udang, masak hingga berubah warna.Tuang kaldu. Masukkan jamur, kecap asin, kecap manis, minyak wijen dan saus tiram. Masak hingga mendidih
  3. Masukkan tahu, tuang larutan maizena, Masak hingga mengental.
  4. Sesaat sebelum diangkat, beri daun bawang, daun ketumbar dan wijen. Angkat dan sajikan resep masakan sapo tahu hangat
Hasil: 3 porsi

Resep dan Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas Super Lezat

Kering Tempe, Resep Masakan Sehari-Hari - Siapa yang nggak suka tempe? Rugi banget deh kalo kamu nggak suka tempe, karena didalamnya tersimpan banyak banget manfaat sehat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, tempe juga menjadi salah satu bahan masakan yang memiliki rasa super lezat, kaya akan protein, gizi dan yang pasti menjadi sumber makanan paling hemat dan murah. 

Resep Kering Tempe Spesial

Saking banyaknya penggemar tempe, beragam kreasi olahan tempe pun banyak dibuat. Seperti dibuat untuk cemilan gorengan yang lezat, misalnya keripik tempe, Tempe Mendoan, dan masih banyak lagi olahan lain dari tempe. Olahan sayur dan lauk dari tempe juga tak kalah nikmatnya lho.. Salah satu menu masakan tempe yang paling saya suka adalah kering tempe saus kecap pedas manis.

Proses pembuatan kering tempe saus kecap pedas manis ini tidak sulit lho, cukup dengan bahan dan bumbu sederhana olahan kering tempe yang lezat pun sudah bisa dibuat. Seperti ini resep dan cara membuat kering tempe saus kecap pedas manis yang bisa kamu coba..

Bahan Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • 250 gram tempe (iris tipis panjang atau iris korek api, goreng kering)
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 5 cm jahe (memarkan)
  • 5 cm lengkuas (memarkan) 
  • 1 batang daun seledri
  • 4 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • Bawang merah goreng (secukupnya, untuk taburan)

Bumbu Halus Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • Garam (secukupnya)
  • Ketumbar (secukupnya)
  • 7 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 buah cabai rawit 
  • 1/2 sdt asam jawa
  • 2 sdm irisan gula jawa
  • Kecap (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  1. Tumis bumbu berupa bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Jika kedua bumbu tersebut telah harum, tambahkan cabai rawit, cabai merah besar, garam dan merica secukupnya. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan daun jeruk, daun salam, irisan gula merah, daun seledri, jahe dan lengkuas. Aduk-aduk sampai bumbu mendidih. 
  4. Masukkan tempe dan kacang tanah yang telah digoreng lalu aduk hingga rata. 
  5. Tambahkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis lalu aduk rata dan masak hingga matang. 
  6. Beri taburan bawang merah goreng agar kering tempe saus kecap pedas manis ini semakin nikmat dan sedap. 
  7. Segera angkat kering tempe yang telah matang dan sajikan bersama nasi hangat.

Resep Ayam Istimewa : Ayam Goreng Spesial Ala Korea

Resep Ayam Goreng Korea
Ayam Goreng Korea
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Korea Yang Enak - Kamu suka makan ayam goreng gaes? Atau kamu pengen membuat sendiri menu masakan ayam goreng yang lebih istimewa dari biasanya? Yuk, coba bikin sendiri menu spesial ayam goreng saus pedas ala Korea atau dalam bahasa aslinya sering disebut yangnyeom super lezat ini. 

Dari segi tampilannya aja udah menggoda selera, hmm... membayangkan rasanya pun sudah bikin perut lapar gaes. Apalagi saat menyantapnya ya gaes? bikin merem melek pastinya, Hehe.. Udah deh, langsung aja praktek.. 


Bahan Bumbu Ayam Goreng Korea
  • 900 gram daging ayam 
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 140 gram tepung kentang atau tepung maizena
  • minyak untuk menggoreng


Resep Bahan Saus Ayam Goreng Korea
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdm kecap manis
  • 2-3 sdm saus sambal super pedas
  • 4 sdm saus sambal biasa
  • 2 sdm gochujang (pasta cabai ala Korea)
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm minyak sayur
  • Bahan Garnish
  • 1/2 sdt biji wijen


Cara Membuat Ayam Gereng Korea

1. Cuci daging ayam sampe bersih lalu dicampur dengan garam, lada bubuk, serta jahe parut. Rendam ayam dan diamkan selama 20 hingga 30 menitan atau sampai bumbu meresap.

2. Nah, untuk cara membuat saus, panaskan saucepan memnggunakan api sedang. Masukkan minyak sayur diatas sucepan, tumis bawang bombay cincang, bawang putih cincang, dan juga jahe parut. Tumis semua bumbu hingga mengeluarkan bau harum. Tambahkan semua bahan untuk saus. Aduk perlahan hingga mengental sekitar 4-5 menit. Matikan api.

3. Baluti daging ayam menggunakan tepung kentang atau bisa juga tepung maizena. dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan.

4. Agar ayam korea lebih krispy, goreng lagi daging ayam sampai benar2 matang sempurna. Setelah itu, panaskan lagi saus dengan api sedang. Masukkan ayam goreng dan aduk rata. Taburi biji wijen diatasnya dan ayam goreng siap dihidangkan.

Yummi, Sedapnya Resep Istimewa Ayam Goreng Korea siap untuk disantap saat perut lapar seperti ini..  

RESEP CARA MEMBUAT SATE KAMBING KECAP PEDAS

Resep Hari Ini - Siapa sih yang tidak suka sate? Sate merupakan menu favorit bagi banyak kalangan, kenikmatan rasanya membuat lidah enggan untuk berpaling darinya.

Sate sendiri memiliki aneka jenis bahan baku untuk olahan, saat ini telah banyak resep menu olahan sate, mulai dari sate kambing, sate ayam, sate kelinci dll. Namun, kali ini saya akan berbagi sedikit resep cara membuat sate kecap pedas untuk anda coba dirumah.

Bahan Untuk Membuat Sate Kambing :
  • 750 gram daging kambing, potong dadu
  • 15 buah stik tusuk sate, cuci bersih
Bumbu Sate :
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 10 butir bawang merah, cincang halus
  • 1 sendok makan merica bubuk
  • 100 ml kecap manis
  • 2 sendik makan air jeruk nipis
Resep Cara Membuat sate kambing Kecap pedasBahan Pelengkap:
  • 40 gram kol, iris halus
  • 3 buah tomat, iris tipis
  • 6 sendok makan bawang goreng sebagai taburan
  • 15 buahh cabai rawit, iris halus
  • 10 butir bawang merah, cincang halus
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan air jeruk limau
Cara Membuat Sate Kambing Kecap Pedas :
  1. Tusuklah daging dengan stik tusuk sate, setiap tusuk isi dengan 5 potong daging.
  2. Untuk bumbu semua bahan dicampur menjadi satu.
  3. Masukkan tusukan sate kedalam bumbu tadi dan bakar sate diatas bara api sambil diolesi sisa bumbu sampai matang.
  4. Sajikan sate bersama pelengkapnya.
Mudah bukan Bumbu Resep Cara Membuat Sate Kambing Kecap Pedas.. Semoga resep ini membantu anda untuk semakin berkreasi dalam mengolah menu masakan anda dirumah.



SELAMAT MENCOBA...!!


Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa

Masakan Harian Nusantara |Cara Membuat Sate Ayam Khas Madura - Sate madura memang sudah sangat populer bagi para pecinta kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir diseantero Nusantara tersebar banyak sekali warung sate madura yang menjajakan kuliner lezat ini, bahkan kuliner khas ini juga sudah menjelajah hingga lintas negara lho.. 
Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa
Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa
Sate Ayam Madura identik dengan bumbu kacang sebagai bumbu utamanya, ini yang menjadikan sate ini khas. Kombinasi bumbu kacang dan daging ayamnya yang empuk membuat makanan ini menjadi nikmat dan lezat. Pengen tau apa saja bumbu sate Madura dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resepnya berikut ini.

Bahan Baku Sate:

  • 1/2 ekor Ayam (dibuang kulit dan tulang dagingnya lalu dipotong dadu)
  • 5 sendok makan Kecap manis
  • 2 sendok makan Margarine (dilelehkan)
  • 2 buah Jeruk limau (optional)
  • Tusukan sate secukupnya

Bahan Bumbu Kacang Sate Ayam Madura:

  • 1/2 kilo kacang tanah
  • 5 butir Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 buah Cabai merah
  • 2 butir Kemiri
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Bahan Pelengkap Sate Ayam Khas Madura:

  • Irisan tomat secukupnya
  • Irisan cabai rawit secukupnya
  • Irisan bawang merah secukupnya
  • Ketupat atau lontong secukupnya

Cara Membuat Bumbu Sate Madura:

  1. Siapkan wajan penggorengan yang sudah dikasih minyak goreng secukupnya. Lalu panaskan di atas api sedang sampai minyak gorengnya panas.
  2. Kemudian masukkan kacang tanah, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam blender. Haluskan.
  3. Masukkan semua bahan bumbu kacang yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan juga kemiri ke dalam wajan penggorengan. Tumis semua bahan tadi sampai tercium bau yang harum.
  4. Selanjutnya kacang yang sudah diblender tadi dimasukkan ke dalam wajan penggorengan berisi tumisan bumbu. Aduk dan biarkan hingga mendidih dan bumbu mengental.
  5. Jangan lupa tambahkan merica bubuk, garam, dan kecap manis. Lalu aduk lagi sampai tercampur secara merata dan angkat.

Cara membuat Sate Ayam Khas Madura:

  1. Cici potongan daging ayam hingga bersih, jika sudah lalu tiriskan.
  2. Setelah potongan daging ayam kering, tusuk potongan daging ayam menggunakan bambu tusuk sate, sisihkan.
  3. Siapkan wadah, lalu tuangkan kecap manis dan juga margarine kedalam wadah, aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata.
  4. Oleskan campuran kecap dan margarine pada setiap tusukan sate ayam yang sudah dibuat tadi.
  5. Selanjutnya tinggan di proses panggang sate ayam di atas bara api sampai terlihat setengah matang, angkat sate ayam tersebut dan celupkan ke dalam bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Panggang lagi sate ayamnya sampai matang secara sempurna dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan letakkan sate ayam di atas piring saji.

Yummi..! Hidangkan sate ayam khas madura yang sudah selesai kita buat tadi bersama dengan bumbu kacang, dan biar rasanya makin enak dan lezat tambahkan perasan air jeruk limau. Untuk mempercantik tampilan sate maduranya kamu bisa menambahkan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan ketupat atau lontong. Hemmm Uenak bangettt! Nyam.. Nyam...!

RESEP AYAM BAKAR SPESIAL

Kumpulan Resep Masakan Nusantara -
Bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Kampung Bakar Spesial: 
  • 1 ekor ayam kampung dipotong menjadi 4 bagian
  • 3 biji asam jawa, seduh menggunakan air panas
  • 300 ml air
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 lembar daun salam
Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt gula pasir
  • 1,5 sdt garam
Cara Memasak Ayam Kampung Bakar Spesial:
  1. Baluri ayam dengan bumbu yang sudah di haluskan, diamkan selama 30 menit.
  2. Masukkan ayam yg telah dibaluri bumbu kedalam wajan yang berisi air, daun salam, kecap manis dan air asam. Masak sampai daging empuk dan kuah berkurang, angkat.
  3. Kemudian bakar ayam kampung di atas bara api sampai kering.
  4. Angkat dan sajikan bersama sambal dan lalapan.

Selamat mencoba Resep Ayam Kampung Bakar Spesial ala Resep Hari Ini..!!

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *