Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Berkuah. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Berkuah. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Aneka Masakan Ayam Yang Enak - Waduh! Kalo membahas soal masakan rica-rica, pasti bikin perut keroncongan ya bund... Apalagi rica-ricanya dimasak pedes sedikit berkuah, hemm.. makin bikin nggak nahan deh. 
Resep Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat
Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Ngomongin soal masakan rica-rica nih, kalau bunda punya sayap ayam didapur dan bingung mau dimasak apa yang enak dan lezat, mending dibikin rica-rica sayap ayam aja. Dijamin maknyuss deh! Jelas masakan ini sangat sederhana banget, resep dan bumbunya juga simple kok. Yuk coba resep sayap ayam yang disajikan dengan bumbu rica-rica ini bunda.. 

Bahan Sayap Ayam Rica-rica:

  • 500 gram sayap ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam dan gula secukupnya

Bumbu Rica-rica Halus:

  • 10 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt merica
  • 1 butir kemiri
  • 2 cm jahe

Cara Memasak Sayap Ayam Rica-rica Super Lezat:

  1. Potong sayap jadi dua dan bersihkan.
  2. Rendam sayap ayam dalam air panas selama kurang lebih 3 menit.
  3. Buang airnya dan tiriskan sayap ayam.
  4. Marinasi sayap ayam dengan jeruk nipis dan garam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Tumis semua bumbu halus dan tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai.
  6. Masak sampai harum lalu masukkan sayap ayam.
  7. Aduk rata dan beri sedikit air.
  8. Masak sampai air menyusut.
  9. Matikan api, sayap ayam siap disajikan.

Resep Penang Asam Laksa Rasamalaysia

Resep Cara Membuat Penang Asam Laksa - Jenis masakan ini merupakan kuliner khas negara tetangga yaitu Malaysia, rasa Penang Asam Laksa begitu khas dan nikmat setiap kali kita mencobanya. Untuk membuat Asam laksa bumbunya pun sangat mudah diracik, adapun bahan bumbu yang dipakai untuk memasak asam laksa antaralain adalah sebagai berikut: bunga kecombrang, serai, lengkuas, asam jawa, asam gelugur, cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya. Dan jika bahan-bahannya masih kurang lengkap itu pun tidak menjadi masalah karena toh hanya sebagai pelengkap saja. Ada satu jenis rempah yang menjadi ciri khas Penang asam laksa, namanya daun kesum atau kesom (Polygonum minus), namun jika daun ini tidak ada bisa kita ganti dengan daun kemangi.

resep penang assam laksa, laksa penang asli, resep masakan laksa malaysia, resep laksa singapura, resep mie laksa melayu, laksa penang paling sedap di pulau pinang, resep laksa betawi enak, laksa ikan
Berikut ini ulasan lengkap mengenai resep penang assam laksa, laksa penang asli, resep masakan laksa malaysia, resep laksa singapura, resep mie laksa melayu, laksa penang paling sedap di pulau pinang, resep laksa betawi enak, laksa ikan

Bumbu rempah yang menjadi ciri khas asam laksa lainya adalah bunga kecombrang atau ada juga yang menyebutnya bunga kantan. Jenis rempah ini akan memberikan aroma harum pada masakan dan direbus bersama ikan saat proses membuat kuah laksa. Nah, yang membedakan antara asam laksa dengan kari laksa adalah terletak pada bahan dasar kuahnya, jika kari laksa kuahnya dibuat dengan bahan dasar santan sedangkan asam laksa berkuah bening dengan rasa agak asam yang diperoleh dari asam jawa.

Nah, agar kita bisa langsung memulai memasak Penang Asam Laksa dan tak ragu-ragu lagi. langsung saja ikuti panduan resep masakan yang ada dibawah.. Silahkan langsung dipraktekkan..

Resep hasil modifikasi JTT

Bahan:
  • 1000 gram kwetiaw basah
  • 1 kg ikan kembung, siangi dan cuci bersih
  • 2 liter air


Bumbu merebus ikan:
  • 1 kuntum bunga kecombrang/bunga kantan/kincung, belah menjadi 6 bagian
  • 2 buah serai ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 3 cm lengkuas, belah memanjang dan memarkan
  • 3 sendok makan air asam Jawa
  • 3 buah asam gelugur


Bumbu dihaluskan:
  • 8 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 1/2 cm lengkuas
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 2 sendok teh terasi
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam


Bahan pendamping:
  • 1 kuntum bunga kecombrang, rajang halus
  • 2 buah ketimun, kupas, buang bijinya dan rajang tipis memanjang
  • 1 batang daun selada, rajang kasar
  • 4 siung bawang merah, rajang tipis
  • 5 tangkai kemangi atau daun kesum, ambil daunnya saja
  • beberapa tangkai daun mint, ambil daunnya saja
  • 1/4 buah nanas, rajang tipis memanjang
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • irisan jeruk nipis


Cara Membuat atau Memasak Penang Asam Laksa:
  1. Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, tandanya bumbu menjadi lebih gelap warnanya. Angkat dan sisihkan. 
  2. Siapkan panci, masukkan 1/2 bagian bunga kantan dan semua bumbu untuk merebus ikan. Rebus dengan api sedang hingga mendidih. Tambahkan ikan dan rebus hingga ikan matang. Matikan api kompor, angkat ikan dari kuah. Saring kaldu ikan, buang bumbu rebusannya, dan kembalikan kaldu ke panci. 
  3. Cabik-cabik daging ikan menjadi serpihan kasar. Masukkan ikan dan bumbu tumisan ke dalam kaldu dipanci. Tambahkan setengah bagian rajangan bunga kecombrang, rebus dengan api kecil hingga kuah mendidih. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasanya, dan air asam jawa jika kurang asam. Matikan api. 
  4. Siapkan mangkuk saji, tata kwetiaw ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah laksa dan ikan, sajikan bersama bahan pendamping lainnya. Jika kurang asam kucuri dengan air jeruk nipis, dan tambahkan cabai rawit jika ingin rasa yang lebih pedas. Super yummy!


Sumber:

Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering - Resep Masakan Indonesia Asli

Resep Opor Ayam Masak Kering - Pengen nyoba masakan opor ayam di masak kering tanpa kuah? Jika Anda ingin mencoba resep opor ayam masak kering ini bisa langsung di praktekin dirumah. Mengapa harus dimasak kering? Cara masak ini bisa membuat opor yang  anda masak bertahan lebih lama dan awet pun masakan Anda tidak cepat basi.

Proses pembuatan Masakan Opor Ayam Masak Kering ini hampir sama dengan Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Spesial. Yang membedakan adalah opor ayam masak kering dimasak tanpa kuah, sedangkan opor ayam biasa dimasak berkuah.

Nah, untuk mengetahui proses cara pembuatan dan bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat opor ayam masak kering, ikuti langkah demi langkah pembuatan berikut ini

Resep Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering Agar Tidak Cepat Basi

Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering  - Resep Masakan Indonesia Asli

Bahan dan Bumbu Opor Ayam Masak Kering
Cara Membuat Opor Ayam Masak Kering
Bahan-Bahan :
  • - 1 kg daging ayam, potong potong dan bersihkan
  • - 2 lembar daun jeruk nipis
  • - 3 lembar daun salam
  • - 6 sendok makan kecap manis merk bango/ apa aja.
  • - 2 batang serai, Pipihkan
  • - 65 miligram santan kara
  • - 1 liter santan encer
  • - garam dan masako atau royko rasa sapi sesuai selera
  • - minyak goreng untuk menumis


Bumbu Halus :
  • - 6 butir bawang merah, kupas
  • - 4 siung bawang putih, kupas
  • - 10 cm lengkuas
  • - 2 cm jahe
  • - 1 sendok teh merica
  • - 1 sendok teh pala
  • - 6 butir kemiri
  • - 1/2 sendok teh ketumbar
  • - 1/2 sendok teh terasi
  • - 1 buah tomat
  • - 1 sendok teh gula merah/ gula aren                             



Cara Memasak Opor Ayam :
  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa masukkan batang serai, daun salam dan daun jeruk nipis, tumis hingga harum.
  2. Selanjutnya masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan dan aduk sampai semua bumbu tercampur dengan rata.
  3. Masukkan santan encer dan masak sembari di aduk sesekali sampai ayam menjadi lunak serta kuah menyusut
  4. Setelah kuah opor menyusut, tuangkan santan kental dan kecap manis. Lalu tambahkan garam dan royco rasa sapi secukupnya, tunggu hingga kuah menjadi kering. Angkat dan siap disajikan.

Simpel dan mudah bukan Resep Membuat Opor Ayam Masak Kering diatas? Bisa diikuti kan? Kalo begitu, silahkan dicoba dirumah masing-masing.

Resep Sup Ayam Enak Untuk Menu Sarapan Anak

Resep Menu Sarapan Anak - Anak biasanya suka makanan yang berkuah. Untuk mensiasati agar nafsu makan anak bertambah, coba deh bunda sajikan masan sup ayam kesukaannya. Selain agar nafsu makan buah hati bunda meningkat, masakan sup ini juga dapat mensuplai gizi dan nutrisi yang cukup karena ada bahan sayur didalamnya.

RESEP SUP AYAM UNTUK MENU SARAPAN ANAK
Resep Sup Ayam Enak Untuk Menu Sarapan Anak | Foto: resepkoki.co

BAHAN SUP AYAM:
  • 2 potong dada ayam masak lalu potong
  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • 2 batang selederi
  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/8 sdt garam
  • 1/8 merica (optional)
  • Bumbu kaldu secukupnya

CARA MEMBUAT SUP AYAM UNTUK MENU SARAPAN ANAK:
  1. Potong-potong kecil daging ayam beserta sayuran yang sudah dibersihkan sesuai selera . Tiriskan. 
  2. Panaskan air lalu kemudian rebus potongan daging ayam hingga matang. Masukkan potongan wortel dan kentang. Rebus hingga matang.
  3. Selanjutnya, tumis bahan bumbu bawang putih, garam, dan juga merica sampai harum, angkat. 
  4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam baskom berisi kuah sayur dan ayam, aduk rata. 
  5. Tambahkan bumbu kaldu dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya.
  6. Angkat, dan sajikan selagi masih hangat.. Dijamin putra-putri anda bakalan suka.