Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Dari Telur. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Dari Telur. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Pepes Telur Ikan - Menu Masakan Unik dan Lezat

Resep Hari Ini: Resep Bumbu dan Cara Membuat Pepes Telur Ikan - Pengen nyoba masakan yang unik bunda? Hemm, nih ada satu resep unik tapi lezat menggoda, Pepes Telur Ikan. Namanya juga pepes telur ikan, pastinya bahan yang dipake juga telur ikan dong..  


Memang bahan dasar pepes telur ikan ini sulit ditemukan, tapi terkadang kalo bunda beli ikan dipasar dan nemu ikan yang ada telurnya jangan dibuang ya, karna telurnya ini masih bisa diolah. Gimana cara membuat pepes telur ikan dan apa aja bumbunya? Berikut resep rahasianya dari dapur masak kepunyaan Mba Estie

Bahan Pepes Telur Ikan: 
  • 250 gr telur ikan
  • 1 mangkuk nasi
  • 1 ikat kemangi
  • 1 sdm cuka
  • Garam secukupnya
  • Sereh secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Sejumput gula pasir
  • Penyedap jika suka
  • Daun pisang
  • Lidi/tusuk gigi utk menyemat


Bumbu Pepes Telur Ikan yang Dihaluskan: 
  • Sepotong kunyit
  • Sepotong kecil jahe
  • Bawang putih


Bumbu Pepes Telur Ikan yang Diiris: 
  • 10 btr bawang merah
  • 5 bh cabe merah
  • 1 bh tomat
  • 3 btg daun bawang


Cara Membuat Pepes Telur Ikan yang Enak:
  1. Campurkan telur ikan dan nasi aduk sampai rata.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus, bumbu iris dan juga bumbu2 lainnya, aduk kembali sampai rata dan bumbu meresap. 
  3. Bungkus seperti membungkus gado2 lalu kunci dengan lidi/tusuk gigi, kukus kira-kira 20 menit.
  4. Angkat dan sajikan. Yummi.


Selain telur ikan, telur ayam, telur puyuh dan telur-telur yang lain bisa juga dijadikan pepes lho.. Tinggal kreasikan masakan bunda di rumah. Selamat masak..!

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

7 Resep Aneka Pepesan Sederhana Ala Masakan Rumahan

Kumpulan Resep Pepes Rumahan - Biar bunda lebih gampang dan nggak perlu bolak balik lagi nyari Resep Aneka Pepesan, di artikel khusus resep ini kami rangkumkan kumpulan resep pepesan komplit dengan tutorial cara membuatnya secara lengkap. 

Resep pepes ini kami kumpulkan dari berbagai sumber resep sahabat blogger. Silahkan bunda bookmark untuk menyimpan resep ini atau share ke sosial media yang bunda miliki agar otomatis tersimpan dalam wall bunda.

Aneka Resep Pepes Sederhana
Kumpulan Aneka Resep Pepes Sederhana

1. RESEP PEPES HATI AYAM SPESIAL 

Resep masakan pepes hati ayam ini terasa spesial karena memakai bahan rempah khas nusantara yang sangat komplit. Citarasa pepes yang khas begitu terasa dan menggugah selera bagi penikmatnya.

Bahan2 Pepes Hati Ayam:
  • 5 btng serai, ambil putihnya, dipotong 4 cm
  • 2 sdm minyak tuk menumis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 5 lmbr daun salam, potong-potong
  • 10 buah hati ayam, potong-potong
  • 100gr kelapa parut kasar
  • 18 biji cabai rawit merah
  • 50ml santan kental instan
  • 1 buah telur ayam
  • Daun pisang secukupnya tuk membungkus

Bumbu-bumbu Pepes Hati Ayam:
  • bawang merah, 8 butir 
  • bawang putih, 3 butir 
  • cabe merah, 2 butir 
  • kemiri, 5 butir (disangrai)
  • 1/2 sdt terasi, dibakar
  • 2cm jahe
  • 2cm lengkuas


Cara Membuat Pepes Hati Ayam Yang Enak:
  1. Siapkan satu sendok teh air jeruk lemon serta 1,5 sendok teh garam lalu lumurkan pada hati ayam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus hingga harum. Lalu angkat.
  3. Masukan hati ayam, telur, kelapa parut, santan, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata.
  4. Selanjutnya ambil daun pisang secukupnya. Berikan campuran hati ayam. Selipkan cabe rawit, serai dan daun salam. Lalu dibungkus dan sematkan dengan lidi.
  5. Setelah itu tinggal dikukus hingga 30 menit di atas api sedang hingga matang.
  6. Angkat lalu sajikan.

2. RESEP PEPES TEMPE PEDAS SPESIAL

Tempe juga tak kalah nikmatnya jika dijadikan sebagai menu pepes andalan. Pepes tempe yang dibuat pedas akan menambah citarasa semakin nendang dan bikin menggoyang lidah siapapun yang menikmatinya. Cocok banget dijadikan menu masakan harian yang sederhana tapi tetap terkesan mewah. Sumber: kulinernusantara.com

Bahan2 Pepes Tempe Pedas:
  • 350 gr tempe putih
  • 3 buah cabe merah ( potong-potong )
  • 20 lembar daun kemangi segar
  • daun pisang untuk membungkus secukupnya

Bumbu Pepes Tempe Pedas yang dihaluskan :
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 batang serai iris tipis terlebih dahulu
  • 3 cm kencur
  • cabe rawit secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Pepes Tempe Pedas :
  1. tempe dihaluskan terlebih dahulu
  2. masukkan cabe merah yang sudah dipotong-potong dan daun kemangi yang sudah dicuci bersih
  3. tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan lalu diaduk sampai tercampur rata
  4. siapkan satu lembar daun pisang lalu ambil setiap 3 sendok makan tempe yang sudah dicampur dengan bumbu
  5. bungkus dan gulung memadat dengan daun pisang kemudian ujung-ujungnya disemat dengan sapu lidi yang sudah dipotong lancip atau dengan tusuk gigi ( lakukan sampai habis )
  6. panaskan kukusan lalu pepes tempe dikukus selama 25-30 menit sampai daun pisang layu dan berwarna kecoklatan
  7. angkat dan pepes tempe pedas siap disajikan

3. RESEP PEPES AYAM SPESIAL

Daging ayam yang memiliki rasa khasnya yang lezat ternyata jika dibuat menjadi olahan pepes terasa lebih nikmat. Daging ayam yang terbalut dengan bumbu masakan khas Nusantara dan dibungkus dengan daun pisang ini dapat memunculkan rasa yang lezat dan nikmat karena bumbunya yang merasuk kedalam daging dengan sempurna. Sumber resep anekaresepmasakan.info

Bahan2 Pepes Ayam Spesial:
  • 1 ekor ayam, potong menjadi 24 bagian
  • 6 potong ati ampela ayam, potong menjadi 2 bagian
  • 250 ml air
  • 6 tangkai daun kemangi
  • 12 lembar daun salam
  • 3 batang serai, potong menjadi 4 bagian
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt gula
  • 2 sdm minyak goreng
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus Pepes Ayam Spesial :
  • 10 siung bawang merah
  • 10 butir kemiri, disangrai
  • 4 buah cabai merah – atau sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit – dibakar

Bumbu Iris Pepes Ayam Spesial :
  • 4 buah cabai merah
  • 2 tangkai daun bawang, cincang

Cara Membuat Pepes Ayam Spesial :
1. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan bumbu iris, sambil aduk rata.
2. Masukkan ayam dan ati ampela yang sudah dipotong-potong, aduk hingga berubah warna. Tambahkan garam dan gula.
3. Tuangi air lalu masak hingga airnya kering dengan api kecil.
4. Siapkan selembar daun pisang, tambahkan daun salam dan sepotong serai, taruh 2 potong ayam dan ati ampela, tambahkan 2-3 lembar daun kemangi.
5. Bungkus bahan pepes dan sematkan dengan lidi.
6. Kukus hingga matang.

4. RESEP PEPES IKAN MAS SPESIAL 

Selain dibuat menu bakaran, ikan mas juga bisa diolah menjadi pepes yang mantap. Cukup dengan memberikan bahan dan bumbu sederhana olahan pepes ikan mas pun sudah bisa disantap bersama keluarga tercinta. Sumber resepkoki.co

Bahan2 Pepes Ikan Mas:
  • 1 kg ikan mas
  • daun pisang atau aluminum foil untuk membungkus ikan

Bumbu Pepes Ikan Mas yang dibutuhkan:
  • 2 buah tomat
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun serai
  • 5 lembar daun salam
  • 50 gram daun kemangi
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Pepes Ikan Mas yang dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 50 gram cabai merah
  • 5 butir kemiri
  • 5 gram asam jawa
  • ½ sdt. garam
  • 25 cc air

Cara membuat Pepes Ikan Mas Yang Enak:
  1. Buang sisik dan bersihkan ikan mas
  2. Keluarkan isi perut ikan tapi sisakan telur ikan mas jika ada
  3. Buat tiga irisan diagonal pada setiap sisi ikan agar bumbu lebih meresap
  4. Rendam ikan di dalam larutan garam dan asam jawa minimal 15 menit, cuci dengan semangkuk air untuk membuang kelebihan garam
  5. Tambahkan minyak goreng ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan, aduk
  6. Lumuri ikan mas dengan bumbu yang sudah dihaluskan
  7. Tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil, daun kemangi, daun salam, dan potongan daun serai
  8. Bungkus dengan daun pisang atau aluminum foil.
  9. Kukus dengan api sedang selama 30 menit atau gunakan panci bertekanan (presto) agar lebih cepat matang dan rasa yang lebih enak
  10. Dinginkan sebentar dan panggang di atas api, kalau bisa panggang di atas api arang supaya harum.

5. RESEP PEPES TAHU UDANG SPESIAL 

Pepes tahu ini bisa dibilang sangat sederhana, tapi jangan sangka rasanya nggak bisa menjadi jaminan. Kelezatan masakan rumahan ini tak perlu diragukan lagi, banyak ibu2 rumah tangga yang menjadikan menu masakan ini sebagai menu andalan harian mereka. Sumber resep resep-rahasia-masakan.com

Bahan-bahan Pepes Tahu Udang:
  • tahu putih 500gr, dihaluskan
  • jamur merang 250gr, potong-potong
  • udang 250gr, kulit udang dikupas lalu cincang kasar
  • telur 3 butir, dikocok lepas
  • santan kental 200ml, bisa memakai santan instan.
  • cabai merah 10 biji, iris-iris menyerong
  • daun pisang secukupnya

Bumbu yang dihaluskan;
  • bawang putih, 10 butir 
  • bawang merah, 10 butir 
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam

Cara Membuat Pepes Tahu Udang Yang Enak:
  1. Semua bahan dicampurkan termasuk bumbu yang sudah di haluskan di atas. Aduk hingga rata,
  2. Sediakan daun pisang secukupnya. Masukan dua sampai tiga sendok adonan udang. Bungkus dan semat dengan lidi.
  3. Setelah itu kukus dalam api besar hingga 30 menit.
  4. Angkat dan sajikan.

6. RESEP PEPES TAHU JAMUR LEZAT SPESIAL

Bedanya Pepes Tahu Jamur dengan menu pepes tahu biasa adalah pada penambahan bahan baku jamur didalamnya. Rasanya tentu lebih nikmat dan ada rasa kenyal didalamnya. Soal bumbu masakanya sih sebenarnya hampir sama antara menu pepes satu dengan yang lain. Sumber  resep kulinernusantara.com

Bahan-bahan Pepes Tahu Jamur:
  • Jamur merang, 100gr (iris-iris halus lalu tumis sebentar)
  • tahu cina, 275gr (haluskan)
  • tomat, 1 butir (buang bijinya kemudian potong kecil-kecil)
  • santan 50ml dr seperempat butir kelapa
  • kemangi, 5 tangkai (petiki daunnya)
  • 5 helai daun salam, (potong dua bagian)
  • 2 buah telur
  • 3 btng serai, (ambil putihnya lalu potong-potong)
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus 

Bumbu Halus Pepes Tahu Jamur:
  • 2 biji bawang putih
  • 6 biji bawang merah
  • 3 cabe merah keriting
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Pepes Tahu Jamur Yang Enak dan Mudah:
  1. Pertama-tama campurkan bumbu halus, jamur merang, tahu cinta, telur, tomat, daun kemangi dan santan. Aduk-aduk hingga rata.
  2. Siapkan selembar daun pisang. Sesuaikan ukuran daun pisang, masukan beberapa sendok campuran bahan-bahan tadi. Tambahkan juga dengan serai dan daun salam. Bungkus pepes, semat kedua ujung dengan lidi.
  3. Setelah itu, kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang dalam api sedang. Lalu bakar hingga harum.
  4. Pepes tahu jamur siap disajikan.

7. RESEP PEPES GURAMI BAKAR SPESIAL 

Ikan gurami bisa juga dibuat sebagai bahan menu pepes yang lezat lho.. Contohnya pada resep masakan harian berikut ini. Jelas rasanya bakal menggugah selera. Sumber resep Sajiansedap.com

Bahan Pepes Gurami Bakar Spesial:
  • 2 ekor (1.000 gram) ikan gurame, dicuci bersih, dikerat
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 lembar daun salam, dipotong-potong
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan minyak untuk menumis
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus Pepes Gurami Bakar:
  • 150 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 6 buah cabai merah besar
  • 4 cm kunyit, dibakar
  • 4 cm jahe

Bahan Lalapan Pepes Gurami Bakar Spesial:
  • 3 buah ketimun
  • 6 tangkai kemangi
  • 100 gram kol
  • 3 buah tomat


Cara Membuat Pepes Gurami Bakar Yang Enak dan Mudah :
  1. Lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Lumurkan ke ikan gurame. Bungkus dengan daun pisang. Semat dengan lidi.
  4. Kukus 30 menit sampai matang.
  5. Panggang ikan gurame sampai harum. Sajikan dengan lalapan.

Nah, inilah kumpulan Resep Aneka Pepes Sederhana ala masakan rumahan yang bisa bunda coba. Semoga dengan adanya kumpulan resep pepes ini baik pepes ikan, pepes ayam, pepes tempe dll ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Selamat masak bund.. Nyammm.. Nyammm..  

Resep Mie Goreng Ikan Tuna Spesial dan Cara Membuatnya

Resep  Spesial Hari Ini: Mie Goreng Ikan Tuna. Mie memang sangat mudah diolah menjadi apa aja, dan yang pastinya masakan ini disukai oleh semua anggota keluarga. Bahkan untuk membuat aneka olahan dari mie ini kamu tak butuh banyak bahan untuk memasaknya.

Mie Goreng Ikan Tuna

Emm, Ngebahas soal aneka masakan mie memang nggak ada habisnya. Terlebih masakan mie goreng, banyak banget masakan mie goreng yang bisa kita jumpai dan mungkin udah banyak juga yang mencobanya, seperti: Resep Mie Aceh, Resep Mie Jawa, Resep Mie Magelangan, dll.

Lalu gimana kalo membuat resep mie goreng ikan tuna? Resep ini sama seperti reseb mie lainya, berikut resep dan cara membuatnya..

Bahan-bahan Mie Goreng Ikan Tuna:


  • 1 kaleng ikan tuna, potong-potong 
  • 1 bungkus mie telor (sekitar 200 gr)
  • 100 gr udang kupas
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 ikat sawi, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • minyak goreng secukupnya


Bumbu Mie Goreng Ikan Tuna:


  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt lada hitam
  • garam secukupnya


Cara memasak Mie Goreng Ikan Tuna:


  1. Cara pertama rebus mie telur terlebih dahulu hingga matang. Tiriskan dan jangan lupa campur dengan sedikit minyak agar mie tidak lengket.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan ikan tuna dan tumis hingga harum. Beri daun bawang, tomat dan juga udang kupas. Tumis lagi sampai udang berubah warna.
  3. Selanjutnya, masukkan potongan sawi, tumis hingga sawi agak layu. Tambahkan kecap manis, kecap asin dan juga lada hitam. Aduk rata.
  4. Terakhir, masukkan mie kuning dan beri garam secukupnya. Masak hingga mie matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan... Yummi.


Bunda, itulah Tips masak dan resep cara membuat Mie goreng Ikan Tuna Spesial. Mie goreng ini bisa ditambahi kerupuk atau acar. Jika dirasa kurang pedas bunda juga boleh menambahkannya dengan cabai rawit. Selamat mencoba. Semoga resep masakan sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi masakan bagi Bunda-bunda yang lain. Jangan lupa bantu share resep masakan dari kami ya... :)

Resep Sate Telur Puyuh Enak Sederhana

Resep Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sate Telur Puyuh - Jika kamu pernah berkunjung ke Yogyakarta dan mampir ke warung kuliner Angkringan sederhana disana, kamu pasti sering menemui Sate Telur Puyuh ini. Ya, harga satu tusuk sate telur puyuh sekitar 2.000 ruapiah/tusuk, murah kan... 
Sate Telur Puyuh
Sate Telur Puyuh | Foto IG @tyasprabowo

Nah, buat kamu yang dirumah dan pengen buat sate telur puyuh sendiri juga bisa kok.. Resepnya sangat sederhana, telur puyuh direbus dahulu lalu dibersihkan dari kulitnya, dan tinggal diberi bumbu. Seperti ini resep lengkapnya..

Bahan Baku:

  • 30 btr telur puyuh
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris tipis
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 300 ml air
  • 10 tusuk satai

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 4 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 bh cabai rawit merah
  • 3 bh cabai merah keriting

Cara Membuat Sate Telur Puyuh:

  1. Rebus telur puyuh sampai matang. Angkat. Kupas kulitnya sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Masukkan telur, aduk hingga telur terbalut bumbu.
  3. Tambahkan kecap manis, garam dan gula merah, aduk rata. Tuang air, masak hingga bumbu meresap. Angkat.
  4. Tusuk setiap lima butir telur dengan tusuk satai. Siram dengan bumbu, sajikan.
Dengan memakai resep masakan diatas, kamu bisa membuat sate telur puyuh untuk 4 sampai dengan 5 orang.. Hemm, mau coba?

TIPS DAPUR: Cara Membedakan Telur yang Masih Baru dan Sudah Lama

Cara Memilih Telur yang Masih Baru dan Sudah Lama. Pernah tidak kamu teliti terlebih dahulu telur yang mau kamu beli? apakah telur itu masih bagus atau tidak? Mungkin bagi sebagian orang masih bingung untuk membedakan kondisi telur yang masih bagus (Baru) dan sudah lama, iya kan.? 


Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dan sangat mudah diolah jadi apa saja. Namun kadang sulit untuk menebak-nebak kesegaran isinya. Bahkan telur yang masih baru ataupun yang sudah busuk sepintas penampilan luar sama. Kadang ini membuat banyak orang bingung membedakan mana telur yang masih bagus, dan mana telur yang sudah tidak layak lagi untuk dimasak.

Sebenarnya cara memilih dan membedakanya itu cukup gampang kok. Cukup dengan menyediakan baskom yang diisi air cukup sampai semua bagian telur bisa terendam saat dimasukkan. Agar lebih jelas tentang cara memilih dan membedakan telur yang masih baru, simak infonya berikut ini:

Cara mudah untuk mengetahuinya yaitu masukkan telur ke dalam baskom yang sudah diisi air, perhatikan posisi telurnya. Kalo telur dalam posisi tidur, berarti telur itu masih seger. Kalo posisi telur agak miring berarti usianya sekitar 4 sampai 9 harian. Tapi, kalo telur yang direndam dalam baskom posisinya tegak, maka telur itu sudah disimpan lama, sekitar lebih dari 10 hari. 

Selain itu, cara yang bisa kamu lakukan saat memilih telur yang masih bagus adalah dengan cara meneropongnya menggunakan lampu (cahaya). Jika telur itu masih bagus, maka akan kelihatan bening. Sedangkan telur yang sudah lama dan bahkan busuk cenderung lebih gelap.

Nah, itu lah cara membedakan telur yang masih baru atau sudah lama yang bisa kamu lakuin. Semoga Tips Dapur Resep Hari Ini bermanfaat ya..

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Martabak Telur Dan Prospek Peluang Usahanya

Resep Martabak Telur dan Peluang Usahanya 

Martabak telor yang di buat dari bahan baku telur bebek dan daun bawang memang memiliki ciri khas dari martabak ini, Selain memiliki citarasa yang nikmat, Martabak telur juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan margin yang tinggi pula lho..! Ya, dengan modal awal yang minim, namun usaha ini mampu menghasilkan omset yang luar biasa.

Jika anda tertarik ingin membuka usaha Jualan Martabak Telur atau hanya berminat membuat martabak telur untuk keluarga anda, berikut Resephariini bagikan Resep Dan Cara Membuat martabak telur Spesial untuk anda :
Bahan Untuk Membuat Martabak Telor :
- Telur bebek 5 butir
- Daun Bawang 4 tangkai, diiris tipis
- Kulit lumpia, siap beli 30 lembar
resep cara membuat martabak telur- Minyak goreng, untuk menggoreng
Daging Tumis:
- Minyak goreng 2 sdm
- Bawang putih  3 siung , cincang
- Bawang bombai 50 gr, cincang
- Daging sapi giling 150 gr
- Bumbu kari bubuk 1 sdm
- Garam 1 sdt
- Gula pasir 1 sdt
Cara Membuat Martabak telur yang Enak:
1. Cara Membuat Tumis daging isi martabak telor : panaskan minyak goreng terlebih dahulu, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan daging giling, bumbu kari, garam dan gula pasir. masak hingga daging matang.
2. Kocok telur bebek, daun bawang, dan tumis daging. Aduk rata.
3. Ambil selembar kulit lumpia. Tambahkan campuran telur di bagian tengah. Lipat bentuk persegi.
4. Goreng dalam minyak panas sampai matang dan kecoklatan. Angkat.

Semoga Resep Dan cara Membuat Martabak Telor Spesial dalam artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dengan mudah dipraktekkan sendiri dirumah. Selamat mencoba..!!

Sumber Referensi : http://resep-rahasia-masakan.blogspot.com/

Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Enak Dan Mudah

Resep Martabak Telur Mini
Resep Martabak Telur Mini
Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Yang Enak - Martabak Telur tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Menu makanan ini sangat nikmat jika disantap selagi hangat dan memakai lalapan cabai rawit. 

Martabak Telur Mini dibuat dari bahan dan bumbu yang komplit, sehingga menghasilkan citarasa yang lezat. Untuk Resep dan cara membuatnya secara rinci bisa kamu simak resepnya berikut ini.


Bahan dan Bumbu Martabak Telur :
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 125 gr bawang bombay, cincang
  • 400 gr daging cincang
  • 1 sdt bubuk kari
  • ¼ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 6 butir telur bebek
  • 6 batang daun bawang, iris halus
  • 20 lembar kulit lumpia
  • 4 sdm margarin untuk menggoreng
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Martabak Telur:

1. Panaskan margarin kedalam wajan, tumislah irisan bawang bombay sampai keluar aroma harum dan layu. Selanjutnya masukkan daging cincang dan aduk sampai daging berubah warna.

2. Tambahkan bumbu-bumbu seperti lada bubuk, bumbu kari dan juga garam, aduk hingga daging matang dan mengering. Angkat, sisihkan.

3. Kocok lepas telur bebek dan masukkan tumisan daging dan irisan daun bawang, aduk sampai tercampur rata.

4. Ambil selembar kulit lumpia, beri 2 sdm kocokan telur dan campuranya, lipat kulit lumpia sampai adonan isi terletak di tengah bagian kulit.

5. Terakhir, panaskan margarin dan minyak goreng kedalam wajan datar, goreng sampai kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan. 

6. Resep Martabak Telur Mini pun siap untuk dihidangkan dengan acar mentimun dan cabai rawit.

Yuummi.. Lezatnya Martabak Telur karya masakan sendiri siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Martabak ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan lho.. Asal fokus dan konsisten. Selamat mencoba ya gaes..!

Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal

Resep dan Bumbu Risoles Mayonaise - Ada beberapa pertanyaan yang masuk di inbox fb @masakanharian, menanyakan bagaimana sih cara membuat risoles biar nggak pecah saat digoreng? Dan apa saja resep bumbu yang harus digunakan kok pas beli risoles kebetulan dapet yang rasanya enak banget, beda kayak yang biasanya?

Resep Risoles Yang Enak
Resep Cara Membuat Risoles Yang Enak Anti Gagal

Baiklah bunda, untuk menanggapi pertanyaan diatas ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah bahan untuk membuat kulit risoles harus benar-benar pas komposisinya agar bisa rapat dan tidak pecah saat digoreng. Nah, bunda bisa coba membuat risoles dengan Resep Risoles Mayonaise Anti Gagal seperti berikut ini. Silahkan dicoba ya..

Alat Yang Harus Disiapkan

Jika ingin membuat olahan risoles, alat yang perlu bunda siapkan adalah teflon. Teflon ini gunanya yaitu untuk membuat kulit risoles biar lebih gampang. Selain itu juga masih bisa digunakan untuk membuat jenis masakan yang lain.

Nah, kalau bunda pengen hasil yang sempurna, coba deh pakai Teflon AH Cookware Set. Kalau belum punya, beli deh..! Harganya murah kok, sekitar 60 ribuan untuk 3 buah teflonya. Bunda bisa BELI DISINI biar lebih hemat.

Bahan Kulit Risoles :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarin cair
  • garam secukupnya
  • air secukupnya (sekitar 300ml)
  • merica bubuk secukupnya

Bahan Isian Risoles :

  • mayonaise mayumi
  • telur rebus
  • smoked beef
  • saus sambal pedas

Bahan Lapisan Luar :

  • 1 butir telur
  • 1 ons tepung roti

Cara Membuat Kulit Risol:

  1. Campur semua bahan kulit risol sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian diadon agak encer.
  2. Panaskan teflon,olesi dengan minyak.
  3. Tuang adonan kulit risol secukupnya dari pinggiran teflon, bukan dari tengah teflon, miring2kan teflonnya untuk memperlebar kulit
  4. Setelah dirasa sudah cukup matang sisihkan,
  5. Ulangi cara nomer  3 sampai adonan habis

Cara Membuat Risol yang Enak dan Anti Gagal :

  1. Tata telur rebus, smoked beef mayonaise dan saus sambal diatas kulit risol, kemudian bungkus
  2. Celupkan risol ke dalam telur yang telah dikocok
  3. Balut risol yang sudah dicelupkan kedalam telur kocok dengan tepung roti
  4. Terakhir, goreng risoles hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat.

Dari resep risol diatas bunda bisa membuat 8-10 lembar kulit risol, resep dan cara membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal ini merupakan yang paling mudah dan simple. Semoga bisa diikuti ya bunda.. Selamat Masak..!

Resep Cara Membuat Kue Kastengel Keju Praktis Spesial

Resep Aneka Kue Lebaran | Cara Membuat Kastengel Keju - Nggak terasa ya sudah setengah bulan kita menjalankan ibadah puasa bunda. Nah, itu artinya kira-kira masih dua minggu lagi kita akan sampai kepada hari kemenangan yaitu Hari Raya Umat Islam yakni Idul Fitri Mubarok. Ketika merayakan momen Idul Fitri, sangat kurang lengkap rasanya kalau tidak ada hidangan kue lebaran atau sajian makanan ringan di meja rumah ya bunda.. 

Nah, untuk momen Hari Raya tahun ini yang bakal segera tiba, bunda kira2 sudah menyiapkan kue apa saja yaa? Kalau belum, Resep Masakan Harian punya resep kue lebaran yang enak nih bund, rasanya gurih dan pastinya sangat menggugah selera, Yaitu Kue kastengel keju. Cara membuat Kue kastengel keju itu sangat mudah kok, Bunda bisa  buat kapan saja dirumah... Yuk coba resep ini..!

Bahan Dasar Untuk Membuat Kue kastengel keju Renyah dan Enak Resep Masakan Harian menggunakan bahan seperti Berikut:
  • 200 gram terigu
  • 150 gram margarin (cairkan)
  • 150 gram keju parut
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur


Cara Membuat Kue kastengel keju Yang Enak Adalah Seperti Berikut Ini:
  1. Campur kuning telur bersama margarin yang telah dicairkan kemudian kocok lepas hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan keju parut. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang cukup kalis. 
  3. Cetak di loyang sesuai keinginan. 
  4. Panggang kastengel yang sudah dicetak hingga setengah matang kurang lebih selama 20 menit. Keluarkan kastengel setengah matang dari oven, oleskan bahan olesan di atasnya kemudian taburkan keju parut sesuai selera. 
  5. Panggang kembali kastengel kurang lebih selama 10 menit hingga matang. 
  6. Angkat kastengel yang telah matang dan siap untuk dihidangkan.


Sedangkan Sebagai Bahan Pelengkap dan hiasanya Disini menggunakan bahan seperti ini:
  • Olesan kastengel (dari satu butir telur, kocok lepas)
  • Keju parut (secukupnya, untuk taburan)


Seperti itulah resep dan cara membuat kue lebaran kering berupa kastengel dari Blog Resep Masakan Harian. Resepnya sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini ya bunda dan semoga keluarga serta sanak saudara yang berkunjung ke rumah kamu saat Idul Fitri suka dengan sajian kue yang barusan kita buat yaa...

Resep hari ini: Masakan Nugget Ayam Jamur Spesial dan Cara Membuatnya

Resep Nugget Ayam Jamur. Ada banyak varian nugget yang bisa bunda coba selain Nugget ikan, seperti Nugget ayam Jamur ini misalnya. Kombinasi bahan dari ayam dan jamur ini mampu menghasilkan citarasa khas yang lezat lho bund.. Penasaran pengen mencobanya? Yuk ikuti langkah cara membuatnya berikut ini:

Resep hari ini: Masakan Nugget Ayam Jamur Spesial

Bahan & Bumbu Nugget Ayam Jamur:
  • 70 gr tepung tapioka
  • 100 gr daging ayam tanpa lemak dan kulit
  • 100 gr jamur tiram
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt kaldu jamur (optional)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 50 ml air dingin
  • 1 sdt garam
  • minyak goreng secukupnya


Bahan pelapis dan pencelup Nugget Ayam Jamur:
  • tepung panir
  • 2 butir telur


Tutorial Cara Membuat Nugget Ayam Jamur:

  1. Blender jamur, daging ayam dan bawang putih satu per satu hingga halus. Kemudian campur semua bahan kedalam sebuah wadah. Tambahkan sedikit garam, telur, kaldu jamur, merica, tepung tapioka dan juga air secukupnya. Aduk merata sampai menjadi adonan padat.
  2. Selanjutnya, Siapkan loyang. Masukkan adonan Nugget kedalam loyang lalu kukus hingga matang. Keluarkan, biarkan dingin, potong-potong.
  3. Sementara itu, kocok lepas telur dan siapkan tepung panir. Celupkan nugget kedalam kocokanm telur, lalu guling2kan kedalam tepung panir. Goreng nungget hingga berwarna kecokelatan.
  4. Masakan Nugget ayam jamur pun siap untuk di sajikan dengan saus dan bisa juga dijadikan sebagai lauk nasi. 


Bunda juga bisa membuat nugget lain seperti Resep Nugget Ubi dan Abon Spesial, dan Resep Nugget Tempe. Selamat masak bunda..!

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Tumis Pare Telur Orak Arik

Resep Hari Ini, Tumis Pare Campur Telur. Selamat pagi bunda, sudah ada ide buat menu masakan hari ini? Kalo belum, coba masak tumis pare aja yuk..?! Kebetulan baru aja mimin selesai masak pare, dan ditumis dengan campuran cabai yang sedikit lebih berani dari biasanya.. hehe

Tumis Pare Telur

Resep ini awalnya mimin peroleh dari sahabat saya Marissa Putri A dari cookped, dan mimin praktekin.. Hasilnya cukup memuaskan, dan sekarang mimin bagikan di blog resep ini. Seperti ini resepnya:

Resep, Tutorial, Tips, dan Cara Memasak Tumis Pare Yang Enak dan Tidak Pahit 


Bahan dan Bumbu

  • 3 buah pare ukuran sedang (belah dua memanjang, buang biji iris tipis tipis)
  • 4 butir telur ayam (di goreng orak arik)
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai hijau besar
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 buah rawit merah
  • 1 ruas serai (geprek)
  • 1 lembar daun salam
  • garam secukupnya 
  • gula secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya 
  • 1/2 buah tomat 


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Iris bumbu bawang putih, bawang merah, cabe rawit merah, cabai merah keriring, cabai hijau, dan juga tomat.
  2. Panaskan minyak goreng, masukan irisan bumbu, salam dan lengkuas. Tumis sampai bumbu layu dan wangi.
  3. Kalau sudah, masukkan irisan cabai hijau, cabai rawit, dan cabai merah keriting beserta potongan tomat. tumis kenbali sampai layu.
  4. Setelah itu tambahkan air kira2 250ml. Tambahkan garam, gula, dan juga penyedap rasa (Jika suka). Selanjutnya masukkan pare yg telah di iris tipis. masak hingga air sedikit mengering.
  5. Kalau air sudah tersisa sedikit, masukan telur orak arik. masak hingga air habis.
  6. Angkat dan sajikan untuk menu sarapan pagi ini... Yummi..


========================================================
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Kue Dorayaki Kacang Merah Asli Jepang

Ganbar dan Resep Kue Dorayaki Kacang Merah
Resep dorayaki sebenarnya masuk dalam salah satu jajanan asli dari Jepang, mungkin sebelumnya anda sering mendengar resep kue dorayaki ini di film animasi Doraemon. Tapi kami tidak akan membahas mengenai si imut Doraemon akan tapi makanan kesukaanya yaitu dorayaki doraemon. Tidak hanya doraemon masyarakat Jepang juga banyak yang suka dengan kue dorayaki ini. Jika selama ini anda penasaran dengan rasa dari resep kue dorayaki akan kami gambarkan sedikit, kue dorayaki memiliki bentuk bulat, dengan tekstur lembut, dan memiliki rasa yang manis.

Daripada anda memikirkan yang tidak tidak tentang kue dorayaki, pada kali ini Resep Masakan Bagus tidak akan membahas tentang Doraemon melainkan kami akan membagikan Resep Cara Membuat Dorayaki kepada anda. Kue dorayaki ini terbuat dari bahan dasar adonan tepung terigu yang di masak dengan penggorenan dan diberi isian selai kacang merah. Jika anda sudah tidak sabar langsung saja ikuti cara membuat dorayaki di bawah ini dengan baik dan jangan ada langkah-langkah yang terlewatkan agar sukses membuat resep dorayaki kacang merah di rumah.

Bahan Membuat Isian  Kue Dorayaki
  • Kacang merah sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Garam sedikit saja

Cara Membuat Selai Kacang Merah (Bahan isi)
  • Cuci bersih kacang merah, selanjutnya rendam kacang merah dengan air bersih selama satu malam.
  • Rebus kacang merah yang telah direndam sekitar satu jam hingga kacang merah lunak.
  • Tambahkan garam dan juga gula pasir, kemudian aduk sampai merata.
  • Terakhir, Rebus hingga mengental

Bahan Membuat Kulit Kue Dorayaki
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 150 gram
  • Madu sebanyak 1 sendok makan
  • Air putih sebanyak 40~60 mili liter
  • Baking powder sebanyak 1/3 sendok teh

Cara Membuat Kue Dorayaki
  1. Ayak tepung terigu, hingga halus.
  2. Selanjutnya sipkan baskom sebagai wadah dan kemudian masukkan telur, gula, madu, baking powder, dan tepung terigu kedalam baskom.
  3. Setelah itu, aduk adonan kulit dengan menggunakan alat pengocok sambil ditambahkan air putih sedikit demi sedikit biar adonannya tidak terlalu lunak.
  4. Tutup adonan kulit dorayaki dengan plastik pembungkus dan diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.
  5. Setelah itu, panaskan penggorengan anti lengket (teflon), kemudian olesi permukaan teflon dengan minyak goreng. Setelah itu tuangkan adonan kulit ke dalam penggorengan dengan ukuran diameter kurang lebih sekitar 10 cm, lalu tutup dan panggang dengan api takaran kecil.
  6. Selanjutya tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaannya. Lalu dibalik dan panggang lagi kulitnya sebentar, baru kemudian di angkat.
  7. Terakhir, ambil dua kulit, kemudian oleskan salah satunya dengan selai kacang merah. Setelah itu tutup dengan kulit lainnya sampai menyerupai seperti burger, kemudian sajikan.

Cukup demikian resep dorayaki dari kami, semoga resep ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih anda telah berkunjung di Resep Hari Ini dan tunggu resep jajanan yang enak lainya dari kami lainnya seperti Resep Kue Dorayaki Kacang Merah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak

Resep Kue: Tips Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak


Resep Kue Menu Masakan Hari Ini - Pengen membuat menu apa yang cocok untuk hidangan arisan atau acara-acara tertentu? Tidak usah bingung-bingung bunda, buat kue pukis saja. Selain mudah dan praktis, resep ini juga sudah luwes utuk disajikan di acara2 penting. 


Bahan baku untuk membuat kue pukis juga tidak ribet, bahkan alat masaknyapun cukup sederhana. Maka kue ini sangat cocok dijadikan pilihan yang tepat. Seperti apa dan bagaimana resep cara membuatnya? Intip resepnya berikut ini..

Bahan-bahan Kue Pukis:
  • 125 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 2 butir telur
  • 150 ml santan dari 65 ml santan kara dididihkan dahulu
  • 35 gram keju cheddar diparut
  • margarin untuk mengoles cetakan
  • coklat meses untuk topping
  • 125 gr gula pasir
  • pasta pandan untuk kue pukis pandan


Cara Membuat Kue Pukis :
  1. Pertama, Kocok telur dan juga gula pasir (bisa pakai mixer / kocok manual) sampai adonan mengambang.
  2. Kemudian campurkan tepung terigu beserta ragi instan aduk merata. Masukkan tepung ke dalam panci berisi kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. 
  3. Tuang santan kelapa yang sudah dididihkan dan aduk sampai rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Selanjutnya, masukkan parutan keju serta pasta pandan kedalam adonan, aduk rata.
  5. Tuang adonan kue pukis ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan dan olesi margarin (Isi adonan jangan sampai penuh karena nanti akan mengembang). 
  6. Tutup dan masak hingga setengah matang, kemudian taburi dengan coklat meses atau topping yang lain, tutup kembali. 
  7. Masak hingga matang dan bagian bawah berwarna kecoklatan. Angkat.


Resep Kue Pukis ini selain untuk menu suguhan acara, bunda juga bisa memanfaatkanya sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan lho.. Tinggal kreasikan sesuai keinginan bunda. Yukk dicoba..!
------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Cara Membuat Perkedel Sayur Bayam Sehat dan Praktis

Resep Membuat Perkedel Sayur Bayam Sehat

Tips Cara Membuat Perkedel - I like Perkedel!. What it is? Perkedel merupakan salah satu olahan makanan yang pada umumnya dibuat dari bahan dasar kentang, makanan ini menjadi yang paling banyak digemari, baik oleh anak-anak hingga dewasa. 

Nah, edisi kali ini Resep Hari Ini akan coba hadirkan kreasi lain dari perkedel. Yaitu, resep perkedel kentang yang dikombinasikan dengan sayur bayam. Seperti apa ya rasanya? Biar tau seperti apa rasa perkedel sayur bayam, yuk coba bikin dirumah.. Pasti lezat, sehat, murah, dan yang jelas cara membuat perkedel ini sangat praktis dan mudah lho. Seperti ini resep cara pembuatan perkedel ala Resep Hari Ini :

Bahan dan Bumbu Perkedel Bayam:

  • 1 ikat bayam
  • 1/2 kg kentang
  • 2 butir telur
  • 3 sdm tepung maizena
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • garam dan lada secukupnya
  • mentega secukupnya

Cara Membuat Perkedel Rumahan Praktis:

  1. Kupas kentang dari kulitnya, bersihkan dan iris.
  2. Goreng potongan kentang tadi sampai matang dan sisihkan,
  3. Selanjutnya, cuci bersih bayam dan iris halus.
  4. Tumis dengan mentega sebentar dan sisihkan.
  5. Goreng bawang putih dan bawang merah dan haluskan bersama kentang.
  6. Tambahkan bayam, lada, dan garam. Aduk sampai rata.
  7. Tambahkan tepung maizena dan 1 butir telur. Uleni sampai kalis.
  8. Bentuk perkedel, masukkan dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Taraaa, perkedel siap disajikan.
Gampang sekali kan bunda bagaimana cara membuat perkedel sehat diatas? Lauk ini bisa dijadikan makanan sehat yang pas untuk si kecil biar mau makan sayuran segar lhoo. Selamat mencoba ya. Share dan Komen jika dirasa tips masakan ini bermanfaat.. :)
712 resep enak dan sederhana. Temukan juga resep terbaik Perkedel kentang kornet, Perkedel Kentang Kornet, cara membuat perkedel kentang agar tidak hancur, cara membuat perkedel kentang rebus, cara membuat perkedel kentang sederhana, resep perkedel kentang kornet, resep perkedel kentang kfc, resep perkedel kentang daging, 
cara membuat perkedel tahu, cara membuat perkedel jagung.

Resep Kue Muffin Keju Istimewa - Resep Sahabat

Resep dan Cara Membuat Kue Muffin Keju - Sebelum membahas soal resep muffin lebih jauh, alangkah baiknya kita ketahui dulu sejarahnya. Muffin merupakan salah satu kue khas negeri Inggris dan mulai muncul pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. Itulah sejarah kue muffin (wikipedia)

Sekilas tentang Sejarahnya kita sudah tau, sekarang tinggal gimana sih cara membuat kue muffin, dan apa saja bahan-bahanya? Oke bunda, langsung aja kita bahas yah.. 


Resep ini terinpirasi dari dapurnya sahabat kita, bunda cantik dengan nama akun Gplus +cahyani monalista harefa. Berikut adalah resep dan cara membuatnya.  

Bahan Muffin Keju: 

  • 260 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 13 gr (2 sdm) susu bubuk full cream 
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair 
  • 50 gr margarin, dilelehkan
  • 50 ml minyak sayur
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • 100 gr keju cheddar, parut


Bahan taburan Muffin Keju:

  • Sprinkle warna warni


Cara Membuat Muffin Keju:

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, baking powder, gula, susu bubuk,  dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Dalam wadah yang terpisah, telur dikocok lepas menggunakan garpu, tambahkan margarin leleh, susu cair, minyak sayur dan juga vanili bubuk. Aduk hingga rata.
  3. Tuangkan kocokan telur ke dalam wadah berisi campuran tepung terigu, dan bahanbahan lain diatas, aduk rata. ( tidak disarankan mengaduk terlalu lama) 
  4. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk merata.
  5. Tuang hingga penuh ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan kertas roti (paper cup).
  6. Taburkan sprinkle warna-warni.
  7. Panggang dalam oven selama 20 menit dengan api sedang (170°C). Lalukan tes kematangan dengan tusuk sate.
  8. Keluarkan dari oven dan siap dihidangkan.


Nah itu lah langkah mudah membuat kue muffin keju nikmat yang bisa bunda coba, resep ini gratis. Bunda tinggal ngikutin resepnya dan cara membuatnya.. Yuk masak-masak.. :)

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Sempol Ayam Wortel, Kreasi Resep Masakan Hari Ini

Resep Cara Membuat Sempol Ayam Wortel - Sempol adalah cemilan yang lagi ngehits beberapa waktu belakangan ini. Sebagai bahan pengetahuan buat kamu, Jajanan pasar ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur.  Sempol memang mempunyai rasa yang unik, enak dan sangat gurih, tak heran jika makanan ringan ini banyak digemari masyarakat. 


Untuk membuat cemilan Sempol yang enak sebenarnya tak terlalu rumit, cara membuatnya hampir mirip-mirip seperti membuat cimol, bakso, atau yang lainya, hanya saja bumbu yang dipakai sedikit berbeda. 

Nah, buat kamu yang pengen mencoba resep membuat Sempol yang enak dan lezat bisa ikuti resep berikut ini. Disini, Resep Masakan Hari Ini mengkreasikan dengan resep sempol ayam wortel yang super lezat untuk kamu coba sendiri di rumah, Selamat Mencoba ya..!

Bahan Baku Sempol:


  • 9 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gram daging ayam fillet
  • 1 butir telur
  • 1/2 batang wortel, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • tusuk sate
  • minyak untuk menggoreng


Bumbu halus Untuk Membuat Sempol:


  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng


Bahan Pelapis Sempol:


  • 1 butir telur kocok lepas


Cara Membuat Sempol Yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis.
  2. Haluskan daging ayam dan wortel serta bumbu halus dengan food processor. Jika tak ada bisa pakai blender.
  3. Campurkan sisa adonan lain dengan adonan ayam yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Lilitkan adonan pada tusuk sate.
  6. Rebus sempol selama 5-8 menit sampai matang dan tiriskan.
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Celupkan sempol dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Angkat dan sempol siap disajikan.


Makanan ringan khas Malang ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sore hari sambil menonton TV atau kumpul dan bincang santai bersama keluarga. Yuk masak..!

Resep Gurihnya Kue Kering Lidah Kucing Untuk Sajian Kue Lebaran


Resep Aneka Kue - Kue Lidah kucing memiliki ciri khas rasa yang tidak terlalu manis namun memiliki rasa yang  gurih, renyah dan enak. Dan kue ini banyak disajikan saat momen-momen besar seperti saat Lebaran.

Bahan baku untuk Membuat Kue Lidah Kucing Lebaran umumnya terdiri dari tepung terigu, telur, gula, keju, dll. Lebih jelasnya lihat tabel resep dibawah ini : (atau BACA : Resep Cara Membuat Kue Nastar Keju Yang Gurih dan Resep Kue Kacang Spesial sebagai kreasi hidangan lebaran Anda )

Resep Lengkap Cara Membuat Aneka Kue Kering Lidah Kucing Renyah Dan Gurih



Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lebaran Lidah Kucing Keju
Proses Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Keju Untuk Lebaran

Ingrediens / Bahan :
  • Tepung Maizena, 60 gram.
  • Tepung terigu, 225 grm
  • Putih telur ayam, 75 cc
  • Keju cheddar yang diparut, 150 gram
  • Mentega / Margarine, 250 gram
  • Keju parut sebagai taburan, 50 gram
  • Gula pasir halus,140 gram
  • Emplex, ½ sendok tej


Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing:
  1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengocok mentega dan gula sampai benar-benar mengembang, tambahkan emplex dan kocok kembali.
  2. Setelah itu, masukkan putih telur ayam, dan kocok sampai rata dan membusa.
  3. Masukkan tepung maizena, tepung terigu. Kocok pelan-pelan selama 1 menit sampai rata.
  4. Kemudian, Masukkan keju cheddar parut kedalam adonan dan aduk rata.
  5. Jika adonan sudah selesai, selanjutnya olesi loyang menggunakan mentega. Kemudian tuangkan bahan adonan dlm loyang, bagian atasnya jangan lupa ditaburi dgn keju parut.
  6. Terakhir, Pangganglah loyang dengan suhu 150'C selama ± 20 menit.
  7. Angkat dan simpan dalam wadah toples

Demikianlah Tips Mudah Cara Membuat Aneka Kue Untuk Lebaran yang dapat kami bagikan Untuk pembaca semua.. Semoga Resep Kue Lidah Kucing Keju diatas bermanfaat.. Dan jangan lupa terus simak Kumpulan Resep Masakan Indonesia dari kami..   

Resep Risoles Goreng Isi Sayur, Enak, Mudah dan Murah

Resep Mudah Cara Membuat Risol isi Sayur Yang Enak | Resep gorengan ini terinspirasi dari dapurnya Bunda cantik @Yuni Kitchen. Setelah resep ini dicoba, ternyata hasilnya luar biasa mantap. Lumayan, bisa nambah2 pengalaman masak dan nambahin koleksi resep dapurnya di blog Resep Hari Ini. Buat bunda yang lain, wajib coba juga resep Risoles dengan bahan isi Sayuran ini yah...


Inspirasi Resep dan gambar, By: @Yuni Kitchen

Bahan Baku untuk Kulit Risoles:

Bahan baku yang perlu bunda siapkan untuk membuat gorengan Risoles/Risol isi Sayur yang enak adalah seperti dibawah ini. Caranya, campur semua bahan dibawah menjadi satu. Aduk sampe encer dan licin, lalu saring. Selanjutnya panaskan teflon, buat dadar sebagai kulit reseoles tipis2.. sisihkan.


  • 250 gr Tepung Terigu
  • 1 sdm Susu bubuk
  • 2 sdm Tepung kanji/sagu
  • 2 sdm Margarin cair/minyak
  • 1 telur
  • 600 ml Air/susu cair
  • garam secukupnya



Bahan Baku Isian Risol:

Bahan isian Risol sebenarnya bisa bunda kembangin sesuai minat. Namun disini kami merekomendasikan untuk memakai bahan isian seperti yang ada dalam daftar bahan dibawah ini. Caranya, Tumis bahan yang ada di daftar seperti: bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan tumis bentar, masukan wortel dan kentang aduk rata. Masukan air aduk rata, lalu tutup sebentar dan beri bumbu. Cicipi rasanya apakah sudah enak apa belum, terakhir masukan daun bawang dan juga larutan maizena. Aduk rata dan angkat.

  • 1 wortel potong dadu kecil
  • 1 kentang potong dadu kecil
  • 100 gr daging ayam potong dadu kecil
  • 2 daun bawang potong2
  • 1 bawang putih cincang
  • Garam, gula, merica bubuk, royco secukupnya
  • Sedikit air
  • 1 sdt maizena dilarutkan


Cara Membuatnya:

Langkah dan cara membuat Risoles goreng yang memiliki citarasa yang nikmat dan renyah sebenarnya tidak sulit, bisa dibilang mudah banget bun. Seperti ini cara membuatnya..

  1. Ambil selembar kulit risoles yang sudah dibuat pada poin pertama.
  2. Isi bahan kulit tersebut dengan bahan isian yang sudah dibuat pada poin kedua.
  3. Proses selanjutnya, lipat kulit risoles yang sudah diisi menyerupai lipatan amplop. 
  4. Lalu celupkan ke dalam kocokan putih telur. 
  5. Baluri dengan tepung panir/roti
  6. Terakhir, goreng Risoles tadi sampai matang. 
  7. Angkat dan siap dihidangkan.. Yummi


Selain resep diatas, resep masakan ini juga sangat kami rekomendasikan untuk dicoba bunda..: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Kres-Kres Super Renyah - #Resep Tahu Isi (Isi Touge dan Wortel Spesial) dan Juga #Resep Membuat Lumpia Goreng Isi Daging Ayam 

Resep Kue: Cake Buah Mangga Manis Legit

Cara Membuat Kue Cake Dari Buah Mangga - Mangga nggak cuma bisa diolah menjadi jus aja lho bunda.. Namun, buah mangga ini juga bisa dibuat berbagai panganan yang lezat dan nikmat, salah satunya adalah dibuat kue cake yang nikmat. Pengen tau gimana cara membuat kue cake mangga yang enak? Yuk ikuti turorial dan resep cara masaknya kiriman dari bunda +Diah Aristi  berikut ini..

Resep Cara Membuat Kue Cake Dari Buah Mangga


Bahan Cake Buah Mangga:
  • 230 gr tepung terigu
  • 4 buah mangga, kupas dan haluskan
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt baking soda
  • 30 gr gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr margarin, lelehkan


Cara Membuat Kue Cake Buah Mangga:

  1. Siapkan semua bahan. Kocok telur dan gula sampai agak mengembang.
  2. Masukkan buah mangga yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan matikan mixer.
  3. Tambahkan tepung, baking soda, baking powder, vanili, garam dan aduk sampai rata.
  4. Masukkan margarin dan aduk lagi.
  5. Siapkan loyang dan tuangkan adonan.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu sekitar 140'C selama kira-kira 45 menit.
  7. Angkat dan kue siap disajikan.


Gimana bunda? Tertarik untuk mencoba membuat kue cake dari buah mangga? Yuk praktekin resepnya, jangan cuma dibaca ya.. hehe. Selamat masak dan jangan lupa bantu share ya bunda..!

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Cara Mudah Membuat Roti Donat Paha Ayam Yang Enak

Resep Cara Membuat Kue Donat Tusuk Paha Ayam

Kumpulan Resep Masakan Kue - Setelah beberapa waktu yang lalu ResepHariIni berbagi  Resep Kue Lumpur Kentang, kini giliran membahas tentang Resep Cara Membuat Kue Donat Paha Ayam Yang Mudah. Tema resep kue ini merupakan tanggapan respon atas permintaan dari pembaca setia kami yang dikirimkan melalui email.

Kue dengan bentuk yang unik, dan rasa yang gurih nikmat membuat mata dan lidah tergoda, kue ini menjadi jajanan yang juga disukai oleh anak-anak. Jika Anda ingin mengetahui proses dan cara membuat kue paha ayam yang simple, silahkan simak resep berikut ini :


Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Roti Donat Paha Ayam
Cara Mudah Dan Simpel Membuat Roti Paha Ayam Yang Enak

Bahan-bahan Donat Tusuk Paha Ayam
  • ·         500 gr tepung berprotein tinggi
  • ·         100 gram gula pasir
  • ·         3 sdm susu bubuk
  • ·         bks yeast
  • ·         225 ml air es
  • ·         butr kuning telur
  • ·         1 sdt vanilli
  • ·         100 gr margarin atau butter
  •  

Cara Membuat Roti Paha Ayam:

1. Campurkan semua bahan kering diatas sampai  tercampur rata

2. Tambahkan kuning telur dan uleni, beri air sedikit sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan rata dan kalis biasanya memerlukan waktu 18 - 20 menit

3. Diamkan sejenak adonan tadi selama 30 menit agar mengembang, lalu  bentik adonan seperti bola-bola kecil. Tarik dan bentuk memanjang lalu pipihkan.

Cara Membentuk Donat Paha Ayam

1. Lilitkan pipihan adonan pada langkah no 3 diatas ke tusuk sate, hingga adonan berbentuk seperti paha ayam.

2. Letakkan lilitan donat yang sudah jadi diatas wadah yg sudah diberi tepung dan biarkan selama 20 menit.

3. Selanjutnya, gorenglah kue donat paha Ayam dengan menggunakan api kecil, balok-balikan adonan sampai matang.

4. Angkat, dan diamkan donat goreng sampai dingin. Olesi donat dengan margarin atau butter lalu taburi dengan coklat meses.


Simple dan mudah bukan Resep Cara Membuat Kue Donat Tusuk diatas? Semoga bisa diikuti dengan mudah ya? Jangan lupa langsung dicoba.. :D

Artikel Resep Lainya :
1. Resep Kue Kering Lidah Kucing
2. Resep Kue Nastar Keju Manis
3. Resep Kue Bola-Bola Cokelat
4. Resep Roti Bolu Gulung Oreo