Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Daun Singkong. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Daun Singkong. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Tumis Daun Singkong Pake Ikan Teri Super Pedesss

Masakan Harian | Resep Tumis Daun Singkong Ikan Teri - Selamat pagi bunda, seneng banget nih bisa berbagi resep lagi di blog resep masakan tercinta ini. Kira-kira mau sharing tentang masakan apa yaa? Emmm.. kita masak yang sederhana saja ya, Sayur tumis daun singkong pake ikan teri. Daun singkong paling enak memang dimasak seperti ini, tapi kalau singkongnya ya enaknya dibuat Keripik Singkong Balado atau Singkong Keju+Susu Spesial.
Tumis Daun Singkong Ikan Teri
Tumis Daun Singkong Ikan Teri Spesial Pedas!
Kembali ke tumis daun singkong, resep ini gampang banget kok bunda.. Tinggal kita beli daun singkong yang masih muda di pasar dan jangan lupa beli juga teri putihnya (kalo sudah punya ya nggak usah beli .. hehe).  Soal bumbunya juga nggak ribet, bunda cukup menyiapkan bumbu dapur yang seperti biasa. Selanjutnya simak aja resep dibawah yaa... :)

Bahan :

  • 1 ikat daun singkong muda (rebus hingga empuk, peras airnya lalu tiriskan dan sisihkan)
  • 100 gram teri putih
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu :

  • 1 sdm terasi
  • Garam (secukupnya)
  • Gula putih (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 15 buah cabai rawit (iris serong)
  • 7 siung bawang merah (cincang halus)
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 2 batang serai (cincang halus)
  • 5 cm lengkuas (memarkan)

Cara Membuat Tumis Daun Singkong Ikan Teri:

  1. Tumis semua bumbu yang telah disiapkan hingga aromanya harum.
  2. Masukkan teri kemudian aduk rata dan masak hingga matang. 
  3. Masukkan daun singkong lalu aduk rata dan masak hingga bumbu rata serta matang. 
  4. Segera angkat tumis daun singkong yang telah matang lalu segera sajikan selagi masih hangat.

Resep ini nggak cuma enak dan menggugah selera lho bunda. Lebih jauh, resep ini juga sangat mudah untuk membuatnya. Nasakan ini juga merupakan masakan yang sehat serta kaya akan manfaatnya lhoo. Tapi inget, buat bunda yang punya riwayat darah tinggi, sebaiknya tidak mengkonsumsi  tumis daun singkong secara berlebihan yaa. [by: Diah Aristi]

Tips dan Cara Membuat Kue Lemet Singkong Super Gurih

Gambar Kue Lemet Singkong
Masakan Tradisional Kue Lemet Singkong
Resep dan Cara Membuat Kue Lemet dari Singkong sederhana - Masakan khas Jawa ini sebenarnya bahan dasarnya hampir sama seperti pada Resep Getuk Singkong, keduanya memang memiliki kesamaan sebagai menu Jajanan pasar. Soal rasa, Lemet ini bercitarasa gurih dan manis lho, sepertinya nggak ada masakan orang bule yang seenak lemet ini deh.. hehe

Nah, mengingat bahan baku singkong ini hampir selalu ada di setiap musimnya, kue lemet ini menjadi lebih mudah untuk dibuat. Kue tradisional ini juga sangat lues untuk disajikan sebagai menu jamuan acara seperti acara arisan, acara arisan, atau bisa juga untuk jamuan tamu istimewa..Hemm

Oke deh, biar nggak kelamaan ngobrol sana-sininya dan makin ngelantur ngomongin apa, mending langsung eksekusi resepnya aja yuukk..


Masakan Kue Lemet Singkong Khas Masakan Tradisional


Bahan | Ingredients

  • singkong
  • daun pisang

Cara Membuat | INSTRUCTIONS:

  1. Kupas singkong lalu parut. Jangan lupa untuk membuang bagian serat tebal yang ada di tengah batang. 
  2. Singkong yang sudah diparut bisa dilembutkan lagi dengan cara menekan-nekannya menggunakan garpu atau ulekan. 
  3. Ambil sekitar 1 sdm parutan singkong lalu bungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang.


Tips Membuat Lemet singkong  Yang Enak: Lemet ini bisa dinikmati dengan parutan kelapa. Bunda juga bisa menambahkan gula merah di dalam lemet untuk memperoleh rasa yang lebih manis dan legit. Nyam.. Nyam.. Selamat Masak..!

Resep Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional Warisan Kuliner Nusantara

Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sawut Singkong - Negara kita tercinta INDONESIA ternyata serba "Kaya" ya bund, nggak ada negara manapun yang bisa nyamain negeri Nusantara tercinta ini. Mulai dari sumber daya alamnya kita kaya, jumlah kepulauannya kita kaya, Jumlah propinsinya juga kaya, budayanya pun kita kaya, apalagi jenis kulinernya.. Wuuuiihhh Kaya banget! 
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional [foto IG: @hanhanny]

Nusantara nan indah ini punya seabrek jenis kuliner khasnya yang berbeda-beda (Istilahnya ke-BHINEKAAN dalam kuliner), kalo dibahas satu-persatu kuliner khas Indonesia pasti banyak banget, bayangin deh dari Sabang sampai Meuroke ada berapa banyak masakan khasnya? Duhh!. 

Contohnya saja kalau di daerah Jawa Tengah dan Jogja ada kuliner khas namanya Sawut Singkong, Jajanan pasar ini merupakan kuliner Tradisional yang saat ini mulai tersingkirkan oleh makanan-makanan modern. Bicara soal Sawut Singkong, yuk kita buat dan lestarikan jajanan pasar tradisional ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap warisan kuliner leluhur kita. Seperti ini resepnya..

Bahan-bahan Sawut Singkong:

  • 500 gr singkong, cuci bersih serut kasar
  • 150 gr gula merah/jawa, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • kelapa parut secukupnya

Cara membuat Sawut Singkong:

  1. Singkong serut dicampur dengan garam, aduk rata.
  2. Siapkan panci pengukus. Susun singkong, tabur gula merah dan pandan di atas singkong. Kukus hingga matang, atau kurang lebih selam 15 menit.
  3. Kukus juga kelapa parut kurang lebih 10 menit.
  4. Siap deh, sajikan sawut singkong yang manis dan hangat dengan taburan parutan kelapa. 

Nah, dengan cara inilah kita bisa ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia agar tidak tergerus oleh arus kemajuan jaman, dan sebagai wujud cinta kita terhadap kuliner Nusantara. 

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *