Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ebi. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ebi. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Tom Yam Kuah Bening | Resep Masakan Khas Negera Thailand

Aneka Resep Masakan Khas Thailan, Tom Yam - Salah satu kuliner yang menjadi makanan khas negeri Thailand paling populer adalah "Tom Yam". Masakan Tom Yam ini akan sangat nikmat jika disantap ketika masih panas dengan dilengkapi bahan pelengkap lainnya. 
Resep Tom Yam Kuah Bening
Resep Tom Yam Kuah Bening | Resep Masakan Khas Negera Thailand

Nah, jika bunda tertarik ingin mencoba membuat masakah khas Thailan, Tom Yam yang enak. Resep Hariini akan menawarkan resep tom yam kuah bening yang simpel namun tetap sedap yang bisa bunda coba. Sangat pas dijadikan sebagai hidangan makan siang atau malam keluarga bunda.

Bahan Dan Bumbu Untuk Membuat Tom Yam Kuah Bening:

  • 100 gr jamur shimeji cokelat, siangi
  • 200 gr ikan dori fillet, potong-potong
  • 1 Ltr kaldu ikan, dari air rebusan tulang ikan
  • 150 gr udang jerbung, kupas, belah punggungnya dan sisakan ekornya
  • 100 gr kerang dara, rebus hingga cangkang terbuka
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 7 bh cabai rawit hijau, memarkan
  • 2 btg serai, ambil putihnya, iris miring
  • 4 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 cm lengkuas, iris
  • 1 sdm ebi, seduh, sangrai
  • 2 sdm kecap ikan
  • 2 sdt garam
  • 1 ¼ sdt merica bubuk
  • ¾ sdt gula pasir
  • 2 sdm air lemon
  • 3 tangkai daun ketumbar, petiki untuk taburan

Cara Membuat Masakan Tom Yam Kuah Bening Yang Lezat:

  1. Rebus kaldu ikan, serai, daun jeruk, lengkuas, ebi, bawang putih dan cabai rawit hijau sampai harum.
  2. Tambahkan udang, kerang dara, ikan dori, jamur shimeji, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata. Masak sampai mendidih. Matikan api.
  3. Tambahkan air lemon, aduk rata. Sajikan dengan taburan daun ketumbar.


Dari Resep Masakan Tom Yam diatas bisa dibuat menjadi 6 porsi, dan waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun cukup cepat, yaitu hanya butuh waktu 35 menit masakan pun siap dihidangkan. Selamat mencoba bunda..!

Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Aneka Masakan Sayur Sehat | Resep Tumis Daun Pakis - Salah satu jenis sayur yang mudah didapat adalah sayuran daun pakis. Selain gampang ditemukan, daun pakis juga enak jika dimasak tumis pedas. Untuk membuat tumis pakis yang enak dan lezat pun sangat sederhana, bumbu dan bahan yang digunakan juga simpel.
Resep Tumis Daun Pakis Sederhana.jpg
Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Nah, jika bunda tertarik ingin memasak tumis pakis ebi seperti dibawah, buruan deh belanja bahan-bahanya dipasar tradisional terdekat. Kalau dirumah sudah punya daun pakis, bisa langsung eksekusi masak dengan resep masakan tumis enak seperti ini..

Bahan-Bahan dan Bumbu Masakan: 

  • 2 ikat sayur pakis
  • 1 sdm ebi
  • 1 siung bawang putih, dicincang
  • 2 buah cabai
  • 1/2 sdt garam
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Tumis Daun Pakis Super Enak :

  1. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan pakis, ebi dan cabai.
  3. Tambahkan sedikit air jika perlu.
  4. Masukkan garam.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Yummi, resep tumis pakis ebi pun selesai dibuat.. Praktis, sederhana, murah dan sehat pastinya.. Nyam.. Nyam..!

Resep Bakwan Jagung Rasa Ebi Enak Dan Mudah - Resep Hari Ini

Resep Bakwan Jagung

Resep Bakwan Jagung Yang Enak - Bingung bagaimana cara membuat bakwan yang enak? Nggak usah bingung, disini Anda akan menemukan berbagai resep masakan menarik secara lengkap.

Terutama Resep Bakwan Jagung Rasa Ebi yang bisa Anda jadikan sebagai menu gorengan yang pas untuk menemani waktu santai Anda.

Berikut ini adalah resep mudah, praktis dan simpel Bakwan jagung rasa ebi enak yang bisa Anda coba dirumah.

Bahan dan Bumbu-bumbu:
  • 75 gram tepung terigu 
  • 1 sendok makan tepung sagu 
  • 100 gram jagung manis serut 
  • 1 butir telur 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 buah cabai rawit hijau iris 
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:
  • 1 siung bawang putih 
  • 2 butir bawang merah 
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk 
  • 2 sendok teh ebi disangrai 

Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi Yang Mudah:
  1. Campurkan semua bahan seperti: Jagung manis yang sudah diserut, telur ayam, tepung sagu, tepung terigu,  merica bubuk, garam,cabai rawit hijau, daun bawang, dan bumbu halus.
  2. Ambil adonan bakwan satu sendok sayur. Lalu tuang kedalam wajan datar yang berisi minyak panas dengan temperatur api sedang. Lakukan hingga wajan sedikit penuh. Goreng sampai bakwan jagung matang.

Baca Aneka Resep Masakan Lainya:



Resep Spesial Tekwan Asli Palembang

Resep Cara Membuat Tekwan Palembang Yang Enak dan Mudah. Waktunya masak nih Bunda.. Kali ini kita coba membuat tekwan ya? Iya, tekwan yang dikenal sebagai sup khas Palembang itu lho..!

Ehh, ngomongin soal tekwan, ternyata panganan ini punya beberapa variasi lho, Bund. Ada yang tekwan asli palembang, dan ada juga tekwan modern yang sudah dikembangkan dan dimodifikasi dari aslinya. Nah, yang akan kita buat kali ini adalah gabungan dari keduanya, dan tidak meninggalkan estetika keaslian tekwan Khas palembang. 

Resep Tekwan Asli Palembang
(sumber resep: dapurumami.com)

Seperti yang kita tau kalo isian Tekwan biasanya adalah adonan bunga sedap malam kering, ebi sanrai, ikan yang dibulatkan, jamur,  atau udang kupas, bengkuang, dan bihun. Dan kita akan memakai bahan ini sebagian.

Bahan Dan Bumbu Tekwan


Bahan & Bumbu


Takaran Saji
daging ikan tenggiri
100 gr

tepung sagu
1 sdm

garam

2 sdt
jamur kuping
2 lbr

minyak goreng

2 sdm
bawang putih
4 siung

ebi kering

1 sdm
bunga sedap malam kering

8 ikat
bengkuang

50 gr
Penyedap, Jika suka
Secukupnya

air
800 ml

Bahan pelengkap :


Soun dan Bawang goreng



Cara Memasak:

  1.  Iris iris jamur kuping, potong bengkuang ukuran korek api, cincang ebi dan bawang putih sisihkan. 
  2. Campur ikan , ½ sdt garam, Penyedap rasa dan tepung sagu, sisihkan.
  3. Panaskan minyak , masukkan ebi cincang, bawang putih cincang. Kemudian tumis hingga harum, tambahkan air, 1½ sdt garam, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan adonan ikan tenggiri sesendok demi sesendok sampai adonan tekwan habis. Selanjutnya tambahkan bengkuang, jamur kuping, dan bunga sedap malam masak hingga matang dan tercampur rata. 
  5. Sajikan Tekwan buatan bunda selagi hangat, jangan lupa beri soun dan taburan bawang goreng. Yummi
Yummi, Resep dan Cara Mudah Membuat Tekwan Khas Palembang dengan Bumbu Sederhana pun siap dibuat. Yuk, Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! Jangan lupa di Share ya..? :*

RESEP PANGSIT GORENG PEDAS SUPER NIKMAT

RESEP CEMILAN PANGSIT GORENG PEDAS - Masih dengan aneka resep cemilan yang gampang gak pake ribet, gurih, renyah, pedas. Cemilan ini pas banget buat teman santai saat sore hari atau pas lagi musim hujan seperti ini.. hemmm nyam.. nyam..

RESEP PANGSIT GORENG PEDAS SUPER NIKMAT
RESEP CEMILAN PANGSIT GORENG PEDAS

Oke deh, biar tidak bosen dengan celotehan mimin, langsung aja ya intip bagaimana cara membuat cemilan enak PANGSIT GORENG PEDAS dan apa saja resepnya? Yuk simak resep dan tutornya berikut ini..

## Resep Pangsit Goreng Pedas Nikmat - Resep Dapur Rumahan sederhana


Bahan :

  • Kulit pangsit secukupnya ( saya beli kulit pangsit yg sudah jadi )
  • Kismis secukupnya ( tidak pakai isian juga bisa )
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
  • Pelengkap : Cabe bubuk 

Cara membuat Pangsit Goreng Pedas yg Enak:
  1. 1 lembar kulit pangsit dipotong menjadi 4 lembar
  2. Ambil 1 lembar yg sdh di potong2, isi 1 butir kismis letakan di bagian ujung sisi pojok lalu di gulung dan relatkan dengan putih telor ( untuk perekat bisa juga dgn bikin adonan terigu dicampur air ) 
  3. Panaskan minyak yg cukup banyak gunakan api sedang, goreng kulit pangsit hingga warna kuning kecoklatan, angkat , , tiriskan.
  4. Penyajian : masukan pangasit goreng dalam wadah baskom atau plastik, lalu taburkan cabe bubuk dan aduk2 sampai tercampur merata. Simpan dalam toples atau piring saji dan pangsit goreng pedas siap di nikmati.
Catatan : Untuk bahan isian pangsitnya sesuai selera saja , klo mau pangsit goreng yg tahan renyah isiannya pilih yg kering antaranya, isian kismis, saleh pisang, kacang2an, abon, ebi.
Klo mau yg langsung santap sekali habis bisa di isi dengan buah2an, nanas, apel,pisang, atau coklat, dan keju. Di tutorial resep masakan diatas saya kasih isian kismis

#Selamat masak #Jangan Lupa Bantu Share yaa,,

Resep Cara Membuat Bakso Loa Hoa - Resep Masakan Asia

Resep Bakso Loa Hoa - Kamu suka makan bakso? Pastinya suka dong...! Resep bakso Loa Hoa ini bisa kamu coba dirumah, dijamin bakal ketagihan deh kamu... :)
Penasaran bagaimana cara membuat Bakso Loa Hoa yang lezat? Cekidot simak resep dan cara membuatnya berikut ini..

Resep Dan Cara Membuat Bakso Loa Hoa

Bahan-Bahan :

  • 100 gr mie soun, rendam dengan air hangat sampai lunak, tiriskan, lalu potong-potong
  • 500 gr daging ayam, dicincang halus
  • 2 sdm tepung maizena
  • 50 gr ebi, rendam kedalam air hangat sampai lunak, lalu tumbuk halus
  • 2 batang wortel, potong-potong dadu
  • 50 gr jamur kuping, rendam kedalam air panas dan iris halus
  • 2 btr telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa, rasa ayam
  • 2 sdm bawang goreng, diremas-remas

Bahan Kuah Bakso:

  • 1,5 liter air kaldu ayam
  • 1 sdm margarine
  • 3 siung bawang putih, dimemarkan
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdt merica bubuk

Bahan Pelengkap:

  • Tongcai
  • Saus sambal
  • Irisan daun bawang 
  • Irisan daun seledri

Cara Membuat Bakso : 


  1. Campurkan ebi yang sudah ditumbuk halus dengan ayam cincang, aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya, Masukkan tepung maizena, garam, bawang goreng, merica bubuk, bumbu penyedap rasa serba guna rasa ayam, aduk kembali sampai rata.
  3. Lalu campurkan wortel, jamur dan soun, aduk hingga tercampur rata.
  4. Uleni bahan-bahan diatas sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  5. Bentuklah adonan menjadi bulatan sebesar bakso.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit sampai adonan matang, angkat.

Cara Membuat Kuah Bakso:

  1. Panaskan margarine dalam wajan
  2. Kemudian tumis bawang putih sampai harum, setelah itu masukkan ke dalam air kaldu.
  3. Selanjutnya tambahkan jahe, garam dan merica, masak sampai mendidih.
Untuk @6 orang


RESEP RAHASIA CARA MEMBUAT CUKA KUAH PEMPEK PALEMBANG

Resep Hari Ini - Menikmati Empek- Empek asli dari Palembang tidak lengkap dan nikmat jika dihidangkan tanpa Saus Cuka Empek-empek, Saus ini merupakan syarat utama yang menentukan kenikmatan dari menu masakan tradisional dari Palembang ini.

Jika anda penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut ini akan saya bagikan Resep Rahasia Membuat Saus Cuka Empek-empek Asli dari Palembang untuk anda.

Bahan :
Saos Cuka Pempek Palembang
  • 350 gram gula merah 
  • 2 sendok makan wortel parut 
  • 3 sendok makan asam kawak 
  • 650 ml air 

Bumbu Halus: 
  • 3 sendok makan ebi, seduh dengan air panas 
  • 1 sendok makan tongcai 
  • 7 siung bawang putih 
  • 15 buah cabai rawit merah 
Cara Membuat Cuka Kuah Pempek: 
  1. Masak gula merah dengan air dan asam kawak hingga mendidih dan asam kawak hancur. angkat kemudian saring. Didihkan kembali dengan api kecil 
  2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan  tadi ke dalam rebusan gula asam. masak sampai harum.
  3. Tambahkan wortel parut. didihkan sekali lagi, lalu angkat dan dinginkan.
Demikian Resep Rahasia Saus Cuka empek-empek Khas Palembang, Mudah bukan?? Untuk Resep Cara Membuat Empek-Empek Asli Palembang, Silahkan baca artikel Resep Masakan kami sebelumnya DISINI.

Selamat Mencoba...!!


Resep Tumis Labu Siam Untuk Menu Masakan Harian


Resep Masakan Harian, Sayur Tumis Labu Siam. Sebagai selingan menu harian dirumah, resep tumis ini bisa dijadikan pilihan yang nikmat juga lho.. Nggak perlu waktu lama untuk membuat tumis labu siam yang nikmat. Yuk intip resepnya Bund..

Bahan dan Bumbu:

  • 1 buah labu siam
  • 2 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • Garam secukupnya 
  • Penyedap secukupnya
  • air secukupnya 
  • minyak goreng untuk menumis 


Cara Memasak:

  1. Potong labu memanjang kecil-kecil, beri garam lalu aduk dan sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah iris.
  3. Kemudian Masukkan labu siam dengan diberi sedikit air, garam, penyedap rasa. Masak hingga matang.

* Biar lebih Nikmat bisa ditambahkan Ebi, dan dimasak jangan terlalu empuk dan biarkan renyah. 

Resep Sambel Kentang Tahu Goreng Enak

Resep Sambel Goreng Kentang - Sambel goreng kentang ngga basah ngga kering hehe..😁😁 Alhamdulillah..

Resep Sambal Kentang
Resep Sambal Kentang

Bahan:
  • 300 gram Kentang potong sesuai selera lalu goreng
  • 3 kotak kecil tahu potong sesuai selera lalu goreng
  • 2 lembar daun Salam
  • 1 ruas lengkuas keprek
  • 100 ml santan kental atau secukupnya sesuai selera
  • 2 biji cabe merah buang bijinya lalu potong halus
  • Kecap manis secukupnya saya pake sedikit aja


Bumbu halus:
  • 7 butir Bawang merah
  • 4siung Bawang putih
  • 4 biji Cabe merah besar
  • 10 biji Cabe rawit atau sesuai selera
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdk makan ebi yg sebelumnya di cuci dan rendam


Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, beri sedikit air masukan cabe, lengkuas, daun salam lalu biarkan hingga bumbu matang
  2. Kemudian masukan santan, kentang, tahu dan juga kecap manis, masak hingga santan menyusut dan agak kering, cek rasa dan matikan api
  3. Sambal goreng kentang siap di sajikan, boleh di tambah ati ayam, pete atau sesuai selera masing masing

Untuk tinggal kekentalan juga bisa sesuai..😀😀

Resep Bumbu Otak-Otak Jamur Tiram Goreng dan Cara Membuatnya

Resep Cara Membuat Otak-Otak Jamur Goreng Enak - Bukan hanya Menu Otak-otak Bakar saja yang lezat dan nikmat untuk disantap, Otak-otak Jamur pun menjadi menu pilihan yang nikmat dan lezat untuk menu makan siang atau makan malam anda dirumah.

Resepcara Membuat Otak-otak Jamur Tiram Goreng

Nah, bagaimana cara membuat Otak-otak Jamur yang lezat? Ikuti resep cara memasak berikut ini : 

Bumbu dan Bahan Otak-otak Jamur
Proses Cara Memasak Otak-otak Jamur

Bahan :
  • 100 g Daging Ayam, giling
  • 200 g Jamur Tiram, dihaluskan
  • 5 bh Jamur kuping, rendam air hangat, iris kecil.
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • ½ sdt merica bubuk instan
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 125 Tepung sagu
  • 25 ml air es
  • Minyak goring secukupnya

Bahan Kuah :
  • 1.1/2 sdm asam jawa
  • 225 gr gula merah, disisir
  • ½ sdm ebi sangria, haluskan
  • 8 buah cabai rawit hijau, ulek halus
  • 750 ml air
  • ½ sdt garam

( CATATAN : Semua bahan kuah direbus dengan api kecil sampai mendidih, angkat dan saring )


Cara Membuat :
  1.  Langkah pertama, campurkan daging ayam,  jamur tiram, irisan jamur kuping dan bawang putih halus sampai rata. Kemudian masukkan irisan daun bawang, merica, gula pasir, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  2.  Kemudian tambahkan tepung sagu dan air es seditit-sedikit sambil di uleni. Jika sudah,tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi minyak.
  3. Kukus adonan otak-otak jamur menggunakan dandang selama 25 menit dan benar-benar matang, angkat.
  4. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan. Goring otak-otak jamur sampai berwarna kuning agak kecokelatan. 
  5. Angkat dan sajikan otak-otak jamur tiram bersama kuahnya.



Estimasi waktu pembuatan membutuhkan waktu sekitar 45 menit, Resep Otak-otak diatas bisa untuk 5 porsi. Sehingga masakan ini bisa disantap bersama-sama keluarga tercinta anda dirumah... Selamat menikmati...! :D