Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ikan Tenggiri. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Ikan Tenggiri. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

RESEP SATE LILIT IKAN TENGGIRI ASLI BALI

RESEP SATE LILIT IKAN TENGGIRI ASLI BALI
RESEP MEMBUAT SATE LILIT IKAN ASLI BALI | pict via img.google.com

RESEP SATE LILIT IKAN TENGGIRI ASLI BALI. Resep Masakan lengkap terkait dengan resep sate lilit ikan Khas Bali ini bisa bunda coba dengan bahan-baahan dan bumbu yang sederhana. Bunda bisa mencobanya dengan menggunakan bahan baku seperti resep sate lilit ikan tuna, resep sate lilit daging sapi, resep sate lilit goreng, resep sate lilit daging, resep sate lilit udang, resep sate lilit ikan tenggiri, dan resep sate lilit ikan tongkol. (Pilih saja ikan yang akan bunda buat menjadi sate lilit).

Nah, disini kami menggunakan ikan tenggiri untuk membuat sate lilit khas Pulau Dewata ini, bunda bisa memilih ikan apa saja sesuai selera dan nggak harus pake ikan tenggiri.  Berikut adalah resep dan cara membuat sate lilit ikan tenggiri yang enak dan mudah..

RESEP DAN CARA MEMBUAT SATE LILIT IKAN TENGGIRI ASLI KHAS BALI 


Bahan Baku | Komposisi :
  • 500 gr ikan tengiri
  • 1/4 bh kelapa, parut
  • 65 ml santan
  • Tusuk sate lebar
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan Bumbu Halus:
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 bh cabai merah, buang isinya
  • 5 btr kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lbr daun jeruk purut
  • 3 cm serai
  • 1 1/2 – 2 sdt garam

Tutorial Cara Membuat Sate Lilit :
  1. Tumbuk ikan hingga halus. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, dinginkan. Campur dalam adonan ikan, aduk hingga tercampur rata.
  3. Siapkan sebatang tusuk sate, ambil satu sendok makan adonan ikan, lilitkan pada tusuk. Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Bakar sate lilit dengan bara kecil (supaya ngga cepet gosong) hingga matang. Sajikan dengan sambal matah.
Note: Untuk membuat sambal matah, bunda bisa lihat tutorialnya di Resep Sambal Matah
Tips: Kalau adonan tidak mau lengket di tusuk sate bisa ditambahkan sedikit tepung kanji

RESEP CARA MEMBUAT EMPEK-EMPEK PALEMBANG ASLI

Resep Masakan Hari Ini - Mungkin anda sudah tidak asing lagi kan dengan menu yang satu ini? Ya, Empek-empek dengan Saus Cuka merupakan ciri khas menu masakan dari kota Palembang. Disamping Kota Palembang terkenal dengan Jembatan Amperanya, ternyata kota ini juga terkenal dengan menu hasil olahan kulinernya, terutama Empek-empek yang merupakan ciri khas dari kota ini.
Ternyata, Cara membuat empek-empek yang lezat itu sangat mudah, Jika anda ingin mencobanya dirumah silahkan ikuti Resep Cara Membuat Empek-empek Palembang yang Lezat berikut ini, Gampang Koq..!!

Bahan :
    Resep rahasia Kuah empek-empek palembang
  • 600 gram ikan tenggiri segar
  • 300 gram sagu putih
  • 3/4 gelas air
  • Garam secukupnya
Cara membuat Empek-empek:
  1. Bersihkan ikan tenggiri segar dari sisik dan isi perutnya.
  2. Belah Ikan menjadi 2 bagian, buang tulangnya.
  3. Setelah ikan bersih dari sisik dan durinya, kemudian daging ikan di cincang sampai halus.
  4. Campur sedikit air, garam dan daging ikan yang sudah di haluskan tadi hingga rata.
  5. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk. 
  6. Bentuk adonan seperti bola lalu kukus dengan jumlah air yang banyak.
  7. Setelah itu, goreng adonan yang telah di kukus tadi hinga berwarna kecoklatan.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Empek-empek sudah selesai kita buat, Hidangkan dengan saos cuka 

Nah, Mudah bukan..?? Ikuti terus Kumpulan resep Masakan Nusantara di website kesayangan anda ini, dan kami akan selalu berbagi resep-resep menarik yang kami update setiap hari.

Selamat Mencoba...!!

Resep Spesial Tekwan Asli Palembang

Resep Cara Membuat Tekwan Palembang Yang Enak dan Mudah. Waktunya masak nih Bunda.. Kali ini kita coba membuat tekwan ya? Iya, tekwan yang dikenal sebagai sup khas Palembang itu lho..!

Ehh, ngomongin soal tekwan, ternyata panganan ini punya beberapa variasi lho, Bund. Ada yang tekwan asli palembang, dan ada juga tekwan modern yang sudah dikembangkan dan dimodifikasi dari aslinya. Nah, yang akan kita buat kali ini adalah gabungan dari keduanya, dan tidak meninggalkan estetika keaslian tekwan Khas palembang. 

Resep Tekwan Asli Palembang
(sumber resep: dapurumami.com)

Seperti yang kita tau kalo isian Tekwan biasanya adalah adonan bunga sedap malam kering, ebi sanrai, ikan yang dibulatkan, jamur,  atau udang kupas, bengkuang, dan bihun. Dan kita akan memakai bahan ini sebagian.

Bahan Dan Bumbu Tekwan


Bahan & Bumbu


Takaran Saji
daging ikan tenggiri
100 gr

tepung sagu
1 sdm

garam

2 sdt
jamur kuping
2 lbr

minyak goreng

2 sdm
bawang putih
4 siung

ebi kering

1 sdm
bunga sedap malam kering

8 ikat
bengkuang

50 gr
Penyedap, Jika suka
Secukupnya

air
800 ml

Bahan pelengkap :


Soun dan Bawang goreng



Cara Memasak:

  1.  Iris iris jamur kuping, potong bengkuang ukuran korek api, cincang ebi dan bawang putih sisihkan. 
  2. Campur ikan , ½ sdt garam, Penyedap rasa dan tepung sagu, sisihkan.
  3. Panaskan minyak , masukkan ebi cincang, bawang putih cincang. Kemudian tumis hingga harum, tambahkan air, 1½ sdt garam, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan adonan ikan tenggiri sesendok demi sesendok sampai adonan tekwan habis. Selanjutnya tambahkan bengkuang, jamur kuping, dan bunga sedap malam masak hingga matang dan tercampur rata. 
  5. Sajikan Tekwan buatan bunda selagi hangat, jangan lupa beri soun dan taburan bawang goreng. Yummi
Yummi, Resep dan Cara Mudah Membuat Tekwan Khas Palembang dengan Bumbu Sederhana pun siap dibuat. Yuk, Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! Jangan lupa di Share ya..? :*

RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN 2016

RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN
RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN

RESEP DAN CARA MEMBUAT TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN. Tongseng sate ternyata hingga saat ini masih menjadi menu masakan kesukaan masyarakat Indonesia, terlebih jika momen Idul Adha tiba. Banyak koki rumahan yang mengolah dan meracik bumbu tongseng spesial sesuai kreasi masing-masing. 

Kebanyakan tongseng dibuat dengan menggunakan santan kelapa dan beberapa resep rempah untuk menjadikan olahan semakin gurih dan lezat. Lalu bagaimana jika ada diantara anggota keluarga yang tidak suka dengan santan? Nah ternyata, untuk mendapatkan rasa lebih lezat dan nikmat dari Tongseng Kambing yang dibuat tidak harus bergantung pada santan lho.. 

Seperti apa resepnya, dan bagaimana cara membuat tongseng kambing tanpa santan yang enak? Yukk simak tutorial langkah demi langkah resep dan cara membuatnya berikut.. 

RESEP DAN CARA MEMBUAT TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN YANG ENAK DAN MUDAH


Bahan Baku | Komposisi :
  • 1/2 kg Daging kambing, potong kecil-kecil seukuran dadu
  • 200 g kubis, iris-iris dan hilangkan tulangnya
  • cabe rawit sesuai selera
  • 2 buah tomat , iris tipis
  • 1 siung bawang putih , iris tipis
  • 1 cm lengkuas , memarkan
  • 3 buah bawang merah , iris tipis
  • 1 cm jahe , memarkan
  • 5 sdm kecap manis 
  •  2 lembar daun jeruh
  • 1500 ml air 
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu untuk tongseng :
  • Merica bubuk 1,5 sdt
  • kunyit bubuk 1/2 sdt
  • bawang merah 5 buah
  • bawang putih 3 siung
  • gula pasir secukupnya
  • air jeruk nipis secukupnya


Tutorial Cara Membuat Tongseng Kambing Tanpa Santan :
  1. Panaskan minyak lalu timis bumbu halus ditambah lengkuas, daun jeruk dan jahe. Tunggu sampai harum.
  2. Masukan daging kambing yang telah dipotong-potong dan aduk sampai berubah warna menjadi agak gelap.
  3. Tambahkan air, masak sampai daging kambing empuk
  4. Gunakan wajan lain, lalu tumis bawang merah dan bawang putih. Setelah tercium harum tambahkan kubis,tomat, kecap, dan cabe rawit. Aduk sampai sayuran layu.
  5. Angkat dan masukan kedalam wajan yang berisi daging kambing.
  6. Masak samai mendidih beberapa saat.
  7. Jika daging kambing sudah empuk, angkat lalu sajikan
Note: Yang pengen nyobain resep sate lilit, Bunda bisa lihat Tutorial Memasaknya di RESEP SATE LILIT IKAN TENGGIRI ASLI BALI  

Resep Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Sehat Tanpa MSG!

Resep Hari Ini, Pempek Adaan Daging Ayam Enak - Aslinya, pempek kan dibuat dari ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Tapi disini kita coba memakai daging ayam sebagai pengganti tenggiri. Selain sebagai alternatif bagi yang tidak suka ikan, daging ayam juga cukup gampang dicari dan yang pasti lebih hemat dan murah.
Resep Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Sehat Tanpa MSG! | Foto by: Dabeldi Kitchen
Pempek Adaan Daging Ayam ini juga terkenal dengan rasanya yang maknyuss lhoo.. Selain enak dan lezat, masakan ini juga sehat karena kita akan memasaknya tanpa bahan pengawet dan MSG. 

Cara membuatnya pun gampang banget. Kamu cukup melakukanya dengan 8 cara mudah membuat Pempek Adaan Daging Ayam ini tanpa ribet ngurusin ini itu. Simak bagaimana cara bikin Pempek Adaan berikut ini.

Bahan dan Bumbu Pempek Adaan Daging Ayam:

  • 400 gram dada/paha ayam fillet 
  • 4 porsi
  • 6 siung bawang merah (iris tipis)
  • 2 sdm sagu tani
  • 2 putih telur
  • 1 bungkus santan kental ukuran 70 ml
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm air
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya 

Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Yang Enak:

  1. Cuci dan potong-potong daging ayam. Tambahkan garam, merica, putih telur, minyak. Haluskan dengan chopper / food processor.
  2. Kulit ayam nya juga aku haluskan. Karena salah satunya kulit ayam yang akan bikin gurih.
  3. Masukkan santan kental. Haluskan kembali hingga tercampur rata.
  4. Taruh didalam wadah. Lalu masukkan bawang merah yg telah diiris tipis. Disusul dengan sagu tani. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Jika adonan dirasa terlalu padat/keras, masukkan 1 sdm air putih.
  6. Panaskan minyak. Sambil menunggu panas, buat bola-bola adaan menggunakan tangan atau sendok.
  7. Goreng dalam api kecil supaya matang luar-dalam. Balik adonan jika sudah mulai kecoklatan.
  8. Setelah matang tiriskan. Bawang merah nya ikut kegoreng jd bikin gurih dan NO MSG.

Sederhana dan praktis kan? Langsung praktek yaa.. Dan jangan lupa disharee..