Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Jamur Kuping. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Jamur Kuping. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Spesial Tekwan Asli Palembang

Resep Cara Membuat Tekwan Palembang Yang Enak dan Mudah. Waktunya masak nih Bunda.. Kali ini kita coba membuat tekwan ya? Iya, tekwan yang dikenal sebagai sup khas Palembang itu lho..!

Ehh, ngomongin soal tekwan, ternyata panganan ini punya beberapa variasi lho, Bund. Ada yang tekwan asli palembang, dan ada juga tekwan modern yang sudah dikembangkan dan dimodifikasi dari aslinya. Nah, yang akan kita buat kali ini adalah gabungan dari keduanya, dan tidak meninggalkan estetika keaslian tekwan Khas palembang. 

Resep Tekwan Asli Palembang
(sumber resep: dapurumami.com)

Seperti yang kita tau kalo isian Tekwan biasanya adalah adonan bunga sedap malam kering, ebi sanrai, ikan yang dibulatkan, jamur,  atau udang kupas, bengkuang, dan bihun. Dan kita akan memakai bahan ini sebagian.

Bahan Dan Bumbu Tekwan


Bahan & Bumbu


Takaran Saji
daging ikan tenggiri
100 gr

tepung sagu
1 sdm

garam

2 sdt
jamur kuping
2 lbr

minyak goreng

2 sdm
bawang putih
4 siung

ebi kering

1 sdm
bunga sedap malam kering

8 ikat
bengkuang

50 gr
Penyedap, Jika suka
Secukupnya

air
800 ml

Bahan pelengkap :


Soun dan Bawang goreng



Cara Memasak:

  1.  Iris iris jamur kuping, potong bengkuang ukuran korek api, cincang ebi dan bawang putih sisihkan. 
  2. Campur ikan , ½ sdt garam, Penyedap rasa dan tepung sagu, sisihkan.
  3. Panaskan minyak , masukkan ebi cincang, bawang putih cincang. Kemudian tumis hingga harum, tambahkan air, 1½ sdt garam, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan adonan ikan tenggiri sesendok demi sesendok sampai adonan tekwan habis. Selanjutnya tambahkan bengkuang, jamur kuping, dan bunga sedap malam masak hingga matang dan tercampur rata. 
  5. Sajikan Tekwan buatan bunda selagi hangat, jangan lupa beri soun dan taburan bawang goreng. Yummi
Yummi, Resep dan Cara Mudah Membuat Tekwan Khas Palembang dengan Bumbu Sederhana pun siap dibuat. Yuk, Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! Jangan lupa di Share ya..? :*

Resep Bumbu Otak-Otak Jamur Tiram Goreng dan Cara Membuatnya

Resep Cara Membuat Otak-Otak Jamur Goreng Enak - Bukan hanya Menu Otak-otak Bakar saja yang lezat dan nikmat untuk disantap, Otak-otak Jamur pun menjadi menu pilihan yang nikmat dan lezat untuk menu makan siang atau makan malam anda dirumah.

Resepcara Membuat Otak-otak Jamur Tiram Goreng

Nah, bagaimana cara membuat Otak-otak Jamur yang lezat? Ikuti resep cara memasak berikut ini : 

Bumbu dan Bahan Otak-otak Jamur
Proses Cara Memasak Otak-otak Jamur

Bahan :
  • 100 g Daging Ayam, giling
  • 200 g Jamur Tiram, dihaluskan
  • 5 bh Jamur kuping, rendam air hangat, iris kecil.
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • ½ sdt merica bubuk instan
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 125 Tepung sagu
  • 25 ml air es
  • Minyak goring secukupnya

Bahan Kuah :
  • 1.1/2 sdm asam jawa
  • 225 gr gula merah, disisir
  • ½ sdm ebi sangria, haluskan
  • 8 buah cabai rawit hijau, ulek halus
  • 750 ml air
  • ½ sdt garam

( CATATAN : Semua bahan kuah direbus dengan api kecil sampai mendidih, angkat dan saring )


Cara Membuat :
  1.  Langkah pertama, campurkan daging ayam,  jamur tiram, irisan jamur kuping dan bawang putih halus sampai rata. Kemudian masukkan irisan daun bawang, merica, gula pasir, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  2.  Kemudian tambahkan tepung sagu dan air es seditit-sedikit sambil di uleni. Jika sudah,tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi minyak.
  3. Kukus adonan otak-otak jamur menggunakan dandang selama 25 menit dan benar-benar matang, angkat.
  4. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan. Goring otak-otak jamur sampai berwarna kuning agak kecokelatan. 
  5. Angkat dan sajikan otak-otak jamur tiram bersama kuahnya.



Estimasi waktu pembuatan membutuhkan waktu sekitar 45 menit, Resep Otak-otak diatas bisa untuk 5 porsi. Sehingga masakan ini bisa disantap bersama-sama keluarga tercinta anda dirumah... Selamat menikmati...! :D

Resep Masakan Khas Hari Raya Imlek - Mie Panjang Umur

Resep Hari Ini | Aneka Masakan Mie - Hari Perayaan Imlek (Tahun baru Imlek) tahun 2017 ini jatuh pada hari sabtu, tanggal 28 atau lebih tepatnya lagi kurang 2 hari lagi.. Umumnya, untuk meyambut hari raya ini masyarakat Tionghoa disibukkan oleh kegiatan menyiapkan perlengkapan perayaan ibadah dan penyajian hidangan untuk meyambut sanak saudara yang berkunjung kerumah. Ya, hampir sama tradisi bagi saudara kita yang muslim.
Resep Masakan Mie Pangjang Umur Khas Tahun Baru Imlek
Mie Pangjang Umur Khas Tahun Baru Imlek
Nah, bagi masyarakat Tionghoa Mie menjadi simbol kebahagiaan dan panjang umur bagi masyarakat yang merayakan Imlek. Mungkin saja ini karena bentuk mie sendiri yang panjang sehingga banyak yang menyebutkan bisa bikin panjang umur. Bukan hanya itu, mie juga jadi perlambang bahwa kebahagiaan di masa depan tidak akan pernah putus. Hemm, mau coba resep dan cara bikin Mie Panjang Umur khas Imlek ini biar kamu lebih bahagia? Yuk, ikuti resep ini.

Bahan-bahan Mie Panjang Umur khas Imlek :


  • 300 gr mie telur kuning
  • 100 gr jamur kuping, iris tipis
  • 10 butir telur puyuh (rebus dan kupas)
  • 100 gr sawi, potong-potong


Bumbu Mie Panjang Umur khas Imlek :


  • 4 buah cabai rawit, iris serong
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 cm jahe, iris tipis
  • 4 sdm saus tiram
  • minyak secukupnya


Cara membuat Mie Panjang Umur khas Imlek :


  1. Rebus mie hingga matang, tiriskan dan aduk dengan 2 sdm minyak agar tidak lengket.
  2. Tumis bawang putih, cabai dan jahe hingga harum. Masukkan jamur dan sawi, tumis hingga layu.
  3. Masukkan bumbu saus tiram, kecap dan telur puyuh. Tumis sebentar. Masukkan mie, aduk rata hingga bumbu meresap dan sedap.
  4. Mie panjang umur Imlek siap sajikan hangat dengan taburan bawang goreng deh.

Sepertinya gampang banget ya? Jelas gampang dong.. Udah ada caranya, tinggal ikutin dan praktekin sendiri dirumah.. Dijamin enak deh! Yummy.. Nyammm.. Nyammm...! 

Resep Cara Membuat Bakso Loa Hoa - Resep Masakan Asia

Resep Bakso Loa Hoa - Kamu suka makan bakso? Pastinya suka dong...! Resep bakso Loa Hoa ini bisa kamu coba dirumah, dijamin bakal ketagihan deh kamu... :)
Penasaran bagaimana cara membuat Bakso Loa Hoa yang lezat? Cekidot simak resep dan cara membuatnya berikut ini..

Resep Dan Cara Membuat Bakso Loa Hoa

Bahan-Bahan :

  • 100 gr mie soun, rendam dengan air hangat sampai lunak, tiriskan, lalu potong-potong
  • 500 gr daging ayam, dicincang halus
  • 2 sdm tepung maizena
  • 50 gr ebi, rendam kedalam air hangat sampai lunak, lalu tumbuk halus
  • 2 batang wortel, potong-potong dadu
  • 50 gr jamur kuping, rendam kedalam air panas dan iris halus
  • 2 btr telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa, rasa ayam
  • 2 sdm bawang goreng, diremas-remas

Bahan Kuah Bakso:

  • 1,5 liter air kaldu ayam
  • 1 sdm margarine
  • 3 siung bawang putih, dimemarkan
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdt merica bubuk

Bahan Pelengkap:

  • Tongcai
  • Saus sambal
  • Irisan daun bawang 
  • Irisan daun seledri

Cara Membuat Bakso : 


  1. Campurkan ebi yang sudah ditumbuk halus dengan ayam cincang, aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya, Masukkan tepung maizena, garam, bawang goreng, merica bubuk, bumbu penyedap rasa serba guna rasa ayam, aduk kembali sampai rata.
  3. Lalu campurkan wortel, jamur dan soun, aduk hingga tercampur rata.
  4. Uleni bahan-bahan diatas sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  5. Bentuklah adonan menjadi bulatan sebesar bakso.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit sampai adonan matang, angkat.

Cara Membuat Kuah Bakso:

  1. Panaskan margarine dalam wajan
  2. Kemudian tumis bawang putih sampai harum, setelah itu masukkan ke dalam air kaldu.
  3. Selanjutnya tambahkan jahe, garam dan merica, masak sampai mendidih.
Untuk @6 orang