Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Kacang Panjang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Kacang Panjang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Dan Cara Membuat Karedok Khas Sunda

Resep Masakan Sunda | Resep Cara Membuat Karedok

 Kemarin resep Hariini sudah membagikan resep aneka kue yang lengkap di postingan sebelumnya. Nah, pada postingan kali ini kembali resephariini bagikan resep masakan daerah sebagai wujud cinta akan kuliner nusantara.

Artikel berikut akan mengulas resep masakan sunda cara membuat karedok yang enak, berikut adalah resep rahasianya :
Bahan: 
    Resep Cara Membuat karedok
  • 100 gr taoge segar
  • 100 gr kacang panjang potong kecil
  • Daun kol iris halus
  • 100 gr terong
  • 100 gr bengkoang, potong 1/2 cm
  • 100 gr mentimun, belah, potong 1/2 cm
  • 25 gr daun kemangi
Bumbu kacang : 
  • 200 gr kacang tanah, goreng
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 sdt kencur cincang
  • 1/2 sdt terasi
  • 1-2 sdm cuka
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 150 ml air matang
Cara Membuat Karedok: 
1. Ulek semua bahan-bahan bumbu kacang hingga halus.
2. Campurkan semua bahan sayur-sayuran mentah dengan bumbu kacang, aduk rata.
3. Karedok siap untuk dihidangkan
Demikianlah resep lengkap cara membuat karedok khas sunda yang bisa anda coba dirumah, Semoga Menu Masakan Nusantara akan semakin mendunia dengan kita selalu melestarikanya.

Resep Sayur Oseng Oseng Kacang Ikan Tongkol Sedap

Resep Masakan Sederhana - Untuk menu masakan sehari-hari mungkin oseng-oseng kacang ikan tongkol spesial ini bisa menjadi pilahan bunda dirumah. Selain proses memasaknya mudah dan simple, bahan dari resep sayur ini juga sangat mudah ditemukan.

Resep cara Memasak oseng oseng ikan tongkol kacang
Bahan-Bahan Yang Diperlukan
Cara Memasak Sayur Oseng-oseng Kacang Yang Enak

Bahan dan Bumbu :
  • Ikan tongkol @100 gram
  • Kacang panjang @3 ikat, potong-potong
  • Lengkuas @2 ruas jari , digeprek
  • Daun salam @2 lembar
  • Petai @1 papan , kupas kulit arinya, lalu belah dua
  • Buah Tomat @1 buah , potong-potong
  • Jagung manis @4 buah, dipipil
  • Kecap manis @1 sendok makan
  • Garam dapur @¼ sendok teh
  • Gula pasir @1 sendok teh
  • Air @½ gelas
  • Minyak goreng secukupnya saja

Bumbu Iris :
  • Bawang putih @ 3 siung. Kupas
  • Bawang merah 3 butir , kupas
  • Cabai merah besar @ 2 buah


Cara Memasak:
  1. Langkah pertama, goreng ikan tongkol terlebih dahulu, kemudian dagingnya disuwir-suwir.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng kedalam wajan, tumis lah irisan bawang merah  dan bawang putih sampai tercium aroma harum. Masukkan semua bahan lengkuas geprek, daun salam, irisan petai, irisan kacang panjang, jagung, cabai merah, tomat, kecap manis, gula, garam, dan air. Aduk-aduk rata.
  3. Terakhir, masukkan daging suwiran ikan tongkol. lalu aduk sampai tercampur rata. Diamkan sejienak. Angkat dan sajikan



 Jangan lupa baca juga : Resep Orak Arik Tempe Spesial dan Resep Cara Memasak Gulai Kambing Spesial untuk pilihan masakan Anda untuk hidangan keluarga tercinta.

Resep Cara Membuat Gulai Nangka Khas Masakan Padang

Resep Gulai Nangka - Jika bunda punya nangka muda atau gori (jawa) dirumah, boleh juga nih dibuat masakan gulai. Walaupun sebenarnya bunda juga bisa membuat menu masakan yang lain, tapi menurut saya ini yang paling mudah untuk dibuat. Resepnya sangat simpel dan praktis, tinggal ulek bumbu dan masak, jadi deh gulai nangka yang super enak.. Seperi ini nih resep dan cara membuatnya..

Resep Cara Membuat Gulai Nangka

Atau bunda pengen nyoba aneka resep gulai lainya? Coba deh baca resep ini:

Panduan Cara Membuat Gulai Nangka  Khas Masakan Padang Yang Enak dan Lezat


Bahan :

  • sekitar 800 gram nangka muda, bersihkan potong2, rebus di air mendidih sampai empuk, tiriskan buang airnya 
  • Kacang panjang secukupnya potong2
  • 500 gram ceker ayam/daging tetelan
  • Secukupnya air untuk merebus ceker
  • 800 ml santan cair
  • 300 ml santan kental dari perasan pertama
  • Cabe rawit utuh sesuai selera
  • Garam, kaldu jamur, merica dan gula secukupnya.


Bumbu Tambahan :

  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk sobek2
  • 1 batang sereh memarkan
  • 3 cm kayu manis
  • 3 buah kapulaga
  • 1 buah bunga lawang/pekak .


Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • 1/4 sdt jinten bubuk .


Cara Membuat :

1. Rebus ceker dengan secukupnya air dulu sampai empuk.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan semua bumbu tambahan tumis lagi sampai bumbu benar2 matang dan mengeluarkan minyak.

3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, tambahkan santan cair didihkan.

4. Masukkan nangka dan kacang panjang serta cabe rawit utuh, bumbui garam, kaldu jamur, merica dan gula secukupnya, didihkan dan masak sampai bumbu meresap dengan api sedang sambil diaduk sesekali.

5. Terakhir tambahkan santan kental, masak dan didihkan sekali lagi, jangan lupa cek rasa, siap disajikan.

Resep Karedok Khas Asli Sunda Yummi Banget

Resep dan Cara Membuata Karedok Khas Sunda Yang Enak dan Mudah - Karedok akan lebih nikmat jika disantap pas musim hujan seperti sekarang ini. Yups, apalagi kalo dibuat pedas.. Yummi! Makin bikin tambah laper aja nih..

Nah, kalo bunda lagi pengen makan karedok tapi males beli diluar, lebih baik buat sendiri aja deh.. Cara membuatnya gampang kok, nggak pake ribet dan nggak pake lama, alias praktis banget. Seperti resep masakanya bunda cantik +Nuur Hayati berikut ini.. Dicoba Yukk..!


Bahan dan bumbu Karedok Sunda

  • Kacang panjang, potong kecil secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Cabe rawit secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Garam secukupnya


Bahan dan Bumbu Saus Kacang Karedok

  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • Cabe merah secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Jeruk limau secukupnya
  • Terasi bakar secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air asam secukupnya


Bahan Pelengkap Karedok

  • Tauge segar secukupnya
  • Kacang panjang, iris-iris kecil
  • Sayuran kol, iris-iris secukupnya
  • Terong bulat, iris-iris secukupnya
  • Daun kemangi, haluskan secukupnya
  • Mentimun, iris-iris secukupnya


 Cara Mudah Membuat Karedok Khas Sunda Yang Enak

  1. Haluskan semua bumbu saus kacang untuk karedok dengan cara diulek/digiling halus. 
  2. Lalu masukan sayuran segar yang sudah diiris dan direbus ke dalam ulekan berisi bumbu halus tersebut bersama dengan bahan pelengkap lainnya, aduk merata.
  3. Karedok pun siap disantap. Yummi


------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Sayur Lodeh Super Simple

Donload resep Sayur Lodeh Enak
Resep Sayur Lodeh Mantap, Resep Masakan Harian - Masak apa hari ini ladies? Atau masih bingung pengen masak apa untuk menu makan siang dan makan malam hari ini? tenang ladies, mungkin resep sayur lodeh ini bisa menjadi pilihan yang pas bagi kamu..

Lalu, seperti apa cara membuat sayur lodeh yang beda dan tentunya lezat? Oke, langsung saja yuk kita simak dan kita praktek masak langsung dirumah.. Resepnya udah ditulis lengkap dibawah ini, tinggal ikuti saja step by step cara membuatnya secara terurut..

Bahan – Bahan :

  • 150 gr daging tetelan. Rebus daging hingga lunak
  • 200 ml air kaldu hasilrebusan daging
  • 1500 ml santan cair
  • 300 ml santan kental
  • 100 gr labu siam, potong
  • 100 gr jagung putren, belah-belah
  • 100 gr wortel, potong-potong
  • 75 gr kacang panjang, potong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • minyak secukupnya
Bumbu Halus :
  • 3 buah cabai merah
  • 7 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sdt ketumbar, disangrai
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Sayur Lodeh:

  1. Rebus terlebih dahulu air kaldu, santan cair, daging dan lengkuas sampai benar-benar mendidih. Kemudian disusul dengan memasukkan potoga labu siam.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan santan kental, aduk aduk kemudian tuang bumbu kedalam panci rebusan daging.
  3. Jangan lupa masukkan potongan jagung putren, irisan wortel, dan kacang panjang. Masak sampai matang semua bahan matang benar.
  4. Angkat dan sajikan Resep Sayur Lodeh buatan sendiri dengan Nasi hangat.Yummi

Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Bawang yang Enak

Masakan Harian Aneka Resep Penyetan - Hai bunda.. Pernah nyoba bikin ayam penyet kalasan? Kalau belum pernah, bunda bisa coba resep cara membuat ayam penyet kalasan disini.  Ayam penyet kalasan umumnya memakai bumbu sambal limau untuk mengangkat citarasanya, sedikit beda dengan resep Ayam Penyet Sambal bawang. Ayam penyet ini lebih ke menonjolkan sambal bawang sebagai bumbu kudapanya, terkesan natural dan tradisional namun tetap menampilkan rasa yang lezat dan nikmat. Yuk coba resep Ayam Penyet Sambal bawang yang enak dan lezat berikut ini.
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial

Bahan - Bahan Ayam Penyet:

  • 1 kg daging ayam 
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdm ketumbar  
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 cm jahe memarkan
  • 5 cm lengkuas memarkan
  • 5 cm kunyit
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan Sambal Bawang Ayam Penyet:

  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • 4 siung bawang putih goreng hingga layu
  • 15 buah cabai rawit goreng hingga layu
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya, sedikit saja

Bahan Pelengkap

  • 1 buah mentimun buang kulitnya, iris tipis sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bunga kol secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya

Cara Membuat Ayam Peyet Sambal Bawang Yang Enak:

  1. Haluskan garam, ketumbar, bawang putih dan kunyit lalu tambahkan sedikit air.
  2. Masukkan gula dan kaldu ayam bubuk lalu masak bumbu ini bersama daging ayam. 
  3. Tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan. 
  4. Masak kira-kira selama 30 menit sampai daging ayam matang. Usahakan untuk menutup wajan saat memasak ayam ini agar air di wajan tidak asat dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. 
  5. Jika sudah matang, angkat daging ayam lalu goreng dengan minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. 
  6. Sisihkan sebentar dan buat sambal.

Cara Membuat Sambal Bawang

  1. Siapkan cobek lalu masukkan cabai rawit dan bawang putih yang telah digoreng.
  2. Tambahkan garam, gula dan sedikit kaldu ayam lalu ulek sampai halus. 
  3. Jika sambal bawang sudah halus, penyet-penyet daging ayam di atas sambal. 
  4. Sajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan pelengkap. 
  5. Ayam penyet sambal bawang pun siap untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Resep Sayur Urap - Resep Masakan Rumahan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Sayur Urap Yang Enak. Ada banyak aneka masakan sayur-sayuran lezat yang bisa bunda buat untk menu hidangan keluarga yang sehat. Seperti sayuran ini nih, selain dapat menggugah selera makan, sayuran ini juga memiliki gizi yang sehat. Apa itu? Ya, Sayur Urap-urap. Pengen tau kan apa saja bumbu dan bahan urap itu apa? Oke deh, langsung simak aja resep dan cara membuat urap urap yang enak berikut..  

Sayur Urap

Bahan Dan Bumbu Sayur Urap urap


Bahan-bahan:


Takaran saji
kelapa parut

200 gr
kacang panjang
1 ikat

wortel
1 buah

kecambah

1 bungkus

Bumbu kelapa urap:


bawang putih

2 siung
bawang merah

3 siung
cabai rawit

3 buah
cabai merah

3 buah
terasi

1 cm
kencur

1 ruas
daun jeruk

3 lembar
gula merah dan garam
secukupnya

daun pisang
secukupnya

Cara membuat urap:
  1. Haluskan semua bahan bumbu urap, campur dengan kelapa parut hingga semua tercampur. Bungkus bumbu dengan daun pisang. lalu kukus hingga matang atau kurang lebih 20 menit.
  2. Potong-potong sayuran yang mau dijadiin urap dan rebus hingga matang, sisihkan.
  3. Campur kelapa parut bumbu dengan sayuran yang sudah direbus tadi. Sayur urap-urap siap dinikmati dengan ikan asin dan nasi hangat. Yummi
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep dan Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas Super Lezat

Kering Tempe, Resep Masakan Sehari-Hari - Siapa yang nggak suka tempe? Rugi banget deh kalo kamu nggak suka tempe, karena didalamnya tersimpan banyak banget manfaat sehat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, tempe juga menjadi salah satu bahan masakan yang memiliki rasa super lezat, kaya akan protein, gizi dan yang pasti menjadi sumber makanan paling hemat dan murah. 

Resep Kering Tempe Spesial

Saking banyaknya penggemar tempe, beragam kreasi olahan tempe pun banyak dibuat. Seperti dibuat untuk cemilan gorengan yang lezat, misalnya keripik tempe, Tempe Mendoan, dan masih banyak lagi olahan lain dari tempe. Olahan sayur dan lauk dari tempe juga tak kalah nikmatnya lho.. Salah satu menu masakan tempe yang paling saya suka adalah kering tempe saus kecap pedas manis.

Proses pembuatan kering tempe saus kecap pedas manis ini tidak sulit lho, cukup dengan bahan dan bumbu sederhana olahan kering tempe yang lezat pun sudah bisa dibuat. Seperti ini resep dan cara membuat kering tempe saus kecap pedas manis yang bisa kamu coba..

Bahan Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • 250 gram tempe (iris tipis panjang atau iris korek api, goreng kering)
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 5 cm jahe (memarkan)
  • 5 cm lengkuas (memarkan) 
  • 1 batang daun seledri
  • 4 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • Bawang merah goreng (secukupnya, untuk taburan)

Bumbu Halus Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • Garam (secukupnya)
  • Ketumbar (secukupnya)
  • 7 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 buah cabai rawit 
  • 1/2 sdt asam jawa
  • 2 sdm irisan gula jawa
  • Kecap (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  1. Tumis bumbu berupa bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Jika kedua bumbu tersebut telah harum, tambahkan cabai rawit, cabai merah besar, garam dan merica secukupnya. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan daun jeruk, daun salam, irisan gula merah, daun seledri, jahe dan lengkuas. Aduk-aduk sampai bumbu mendidih. 
  4. Masukkan tempe dan kacang tanah yang telah digoreng lalu aduk hingga rata. 
  5. Tambahkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis lalu aduk rata dan masak hingga matang. 
  6. Beri taburan bawang merah goreng agar kering tempe saus kecap pedas manis ini semakin nikmat dan sedap. 
  7. Segera angkat kering tempe yang telah matang dan sajikan bersama nasi hangat.