Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Kerang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Kerang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas

Resep Kerang Hijau Buncis Saus TiramKalo bunda beli kerang hijau, kira-kira mau masak apa? Hemm, kayaknya lebih lezat dibuat menjadi menu masakan Kerang Hijau Saus Tiram ya.. Apalagi dimasak pedas dan dihidangkan saat musim hujan kayak gini.. Yummi, bikin tambah laper..

Kerang Hijau Buncis Saus Tiram

Ngomongin masalah masak-memasak kerang hijau ini, sebenarnya nggak susah-susah amat kok, bumbu dan bahanya juga gampang banget didapat. Biasanya si kalo masak kerang, mimin suka menambahkan dengan sayur sehat kacang buncis. Hemmm, rasanya nikmat banget pokoknya.. Pengen tau apa aja bahan, bumbu dan cara memasak Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram seperti yang mimin masak? Simak resep dibawah ini ya..


Bahan dan Bumbu Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram:


  • 1/2 kg Kerang Hijau
  • 1/2 kg Kacang Buncis
  • 2 helai Daun bawang
  • 1 buah Bawang bombay
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 buah Cabe
  • Saos tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula  secukupnya


Cara Memasak  Kerang Hijau Buncis Saus Tiram:


  1. Iris bawang putih dan juga bawang bombay, kemudian tumis sampai wangi. Masukkan potongan cabe.
  2. Beri kecap manis, kecap asin, saos tiram, merica dan juga gula. Tambahkan sedikit air. Aduk hingga rata.
  3. Sementara itu, masukkan kerang hijau yang sudah dicuci bersih kedalam saos bumbu. Masak sampai cangkang kerang terbuka.
  4. Masukkan potongan kacang buncis dan masak hingga buncis layu. Cicipi
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat masakan kerang hijau buncis saus tiram yang baru saja dibuat. Yummi
Gampang banget kan bunda, Resep Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram diatas? Yuk masak-masak. Jangan lupa Share resep ini ke temen yang lain ya.. Budayakan berbagi, karna berbagi itu indah.. Selamat masak..!

Resep Masakan Praktis Kerang Saus Asam Pedas Super Lezat

Aneka Resep Masakan Seafood - Selain rasanya yang lezat, kerang juga memiliki kandungan protein tinggi lho.. Pas banget untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Nah, untuk pengolahan praktisnya dimasak tumis kerang asam pedas aja biar enak. Bahan dan bumbu masakan yang dipakai juga sederhana banget, seperti ini nih resepnya.
Resep Masakan Kerang Asam Pedas
Resep Masakan Kerang Asam Pedas

Bahan-bahan:

  • 400 gr kerang tanpa kulit
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan hingga agak hancur

Bumbu iris:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah tomat

Bumbu saus:

  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Cara Memasak Kerang Saus Asam Pedas:

  1. Tumis bumbu iris hingga harum kecuali tomat dan daun bawang, masukkan daun salam dan lengkuas, tumis hingga harum.
  2. Masukkan kerang dan tumis sebentar bersama bumbu. Masukkan bumbu saus, merica, garam dan gula secukupnya. Tuang air kurang lebih 200 ml. Masak hingga mendidih. Terakhir masukkan tomat dan daun bawang, masak hingga air berkurang sehingga bumbu meresap. 
  3. Tumis kerang asam pedas siap sajikan bersama nasi hangat.

Resep Sate Kakul Nikmat Khas Bali

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali - Hai bunda, kemarin mimin sempet share resep masakan tradisional Plecing Kangkung Bumbu Kacang yang lezat. Edisi hari ini mimin akan berbagi resep sate unik, yaitu Sate Kakul. Apa itu sate kakul? Mungkin sebagian dari bunda-bunda disini udah pada tau apa itu sate kukul, yang belum tau simak ya penjelasanya..

Gambar Sate kakul

'Sate kakul merupakan jenis kuliner lezat khas pulau bali. Terbuat dari bahan utamanya kerang darah dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara. Bukan hanya terkenal dibali di beberapa daerah seperti Jawa dan Medan juga sebagian sudah populer dengan jenis masakan ini '.

Nah, sekarang sudah tau kan sate kukul itu apa? Tinggal bagaimana cara membuatnya dan resep bumbu-bumbunya apa saja. Yuk simak resepnya berikut ini:

Bahan Utama Sate Kakul :

  • 350 gram Kerang darah 
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 1 sendok makan Air asam jawa
  • 1 sendok teh Garam 
  • Tusuk sate secukupnya


Bumbu halus Sate Kakul :

  • 5 butir Bawang merah 
  • 2 siung Bawang putih 
  • 2 cm Jahe 
  •  2 cm Kencur
  • 3 butir Kemiri disangrai 
  • 1 sendok teh Terasi goreng 
  • 1 sendok teh Garam 


Langkah Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali :

  1. Rebus kerang bersama serai, air asam jawa, dan juga garam sampai mendidih, angkat lalu tiriskan.
  2. Campurkan bumbu halus dan kerang rebus, aduk  rata.
  3. Tusuk-tusuk kerang dengan menggunakan tusukan sate sampai habis. Lalu bakar di atas bara api hingga matang.
  4. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bersama saus / sambal kacang pedasnya.
Seperti itulah bunda resep dan cara membuat sate kukul / sate kerang, mudah dan praktis banget kan? Selain resep diatas, bunda juga bisa nyoba Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang yang tentunya lebih makyus lagi. Selamat masak..! 
------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Tom Yam Kuah Bening | Resep Masakan Khas Negera Thailand

Aneka Resep Masakan Khas Thailan, Tom Yam - Salah satu kuliner yang menjadi makanan khas negeri Thailand paling populer adalah "Tom Yam". Masakan Tom Yam ini akan sangat nikmat jika disantap ketika masih panas dengan dilengkapi bahan pelengkap lainnya. 
Resep Tom Yam Kuah Bening
Resep Tom Yam Kuah Bening | Resep Masakan Khas Negera Thailand

Nah, jika bunda tertarik ingin mencoba membuat masakah khas Thailan, Tom Yam yang enak. Resep Hariini akan menawarkan resep tom yam kuah bening yang simpel namun tetap sedap yang bisa bunda coba. Sangat pas dijadikan sebagai hidangan makan siang atau malam keluarga bunda.

Bahan Dan Bumbu Untuk Membuat Tom Yam Kuah Bening:

  • 100 gr jamur shimeji cokelat, siangi
  • 200 gr ikan dori fillet, potong-potong
  • 1 Ltr kaldu ikan, dari air rebusan tulang ikan
  • 150 gr udang jerbung, kupas, belah punggungnya dan sisakan ekornya
  • 100 gr kerang dara, rebus hingga cangkang terbuka
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 7 bh cabai rawit hijau, memarkan
  • 2 btg serai, ambil putihnya, iris miring
  • 4 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 cm lengkuas, iris
  • 1 sdm ebi, seduh, sangrai
  • 2 sdm kecap ikan
  • 2 sdt garam
  • 1 ¼ sdt merica bubuk
  • ¾ sdt gula pasir
  • 2 sdm air lemon
  • 3 tangkai daun ketumbar, petiki untuk taburan

Cara Membuat Masakan Tom Yam Kuah Bening Yang Lezat:

  1. Rebus kaldu ikan, serai, daun jeruk, lengkuas, ebi, bawang putih dan cabai rawit hijau sampai harum.
  2. Tambahkan udang, kerang dara, ikan dori, jamur shimeji, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata. Masak sampai mendidih. Matikan api.
  3. Tambahkan air lemon, aduk rata. Sajikan dengan taburan daun ketumbar.


Dari Resep Masakan Tom Yam diatas bisa dibuat menjadi 6 porsi, dan waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun cukup cepat, yaitu hanya butuh waktu 35 menit masakan pun siap dihidangkan. Selamat mencoba bunda..!

Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang

Resep Cara Memasak Seafood Kerang Saus Padang Yang Enak Dan Lezat

Cara Memasak Seafood Kerang Saus Padang Yang Enak

  1. Haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan jahe.
  2. Rebuslah kerang dengan air mendidih hingga cangkang terbuka, angkat dan tiriskan. Lepaskan daging kerang dari cangkangnya menggunakan tusuk gigi, kemudian cuci bersih.
  3. Selanjutnya masuk dalam tahap masakan. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan daging kerang, aduk rata.
  4. Tambahkan sedikit air masak hingga mendidih. Jangan lupa masukkan saus tomat, saus tiram, saus cabai, kaldu ayam bubuk, gula pasir , merica bubuk dan garam. Masak lagi hingga matang dan bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan Masakan Kerang Saus Padang selagi hangat.

Bahan Pudding Pandan
Quantity

- Kerang Hijau     
- Jahe      
- Air         
- Minyak Goreng
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Saus Tomat        
- Saus Tiram         
- Saus Cabai          
- Kaldu Ayam Bubuk         
- Gula Pasir           
- Merica Lada Bubuk   
- Garam    


1 kg
2 cm
Secukupnya
2 sendok makan
4 buah
2 siung
5 sendok makan
4 sendok makan
1 sendok teh
1 sendok teh
1 sendok makan
1 sendok teh
Secukupnya

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Pizza Tahu Enak Sederhana

Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Khas Dendeng Balado | Dendeng Balado adalah salah satu masakan pedas khas masakan Padang. Rasanya nikmat, pedas dan pasti sangat menggugah selera.

Resep masakan ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis dalam hal cara membuatnya. Bunda tinggal duplikasi resep dan cara membuat dendeng balado kering, basah dan pedas dibawah ini..

Resep Dendeng Balado Pedas

Bahan untuk membuat dendeng balado:


  • 400 gram daging gandik
  • 8 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng


Bahan Bumbu dendeng balado di tumbuk kasar:


  • 7 butir bawang merah
  • 9 buah cabe merah besar


Cara Membuat Dendeng Balado yang Enak:

Tutorial, tips dan cara mudah membuat dendeng balado yang enak dan mudah, bisa bunda simak seperti pada langkah memasak berikut..

  1. Daging di iris tipis searah dengan seratnya.
  2. Taruhlah irisan daging di loyang tanpa minyak. Masukkan ke oven dan panaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau hingga kering. Dinginkan
  3. Goreng irisan daging yang sudah di oven menggunakan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar, beserta daun jeruk, daun salam, dan juga serai hingga harum.
  5. Terakhir, masukkan daging dendeng, garam, dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok air asam, aduk sampai rata. 
  6. Angkat dan sajikan dendeng balado pedas yang baru dibuat.