Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Murah. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Murah. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana

Resep Menu Masakan Hari Ini, Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana. Masakan ini rasanya nikmat dan bikin selera makan makin bertambah, Resep masakan sambal goreng kentang ati ini cara membuatnya mudah lho bund. Bahan dan bumbunya pun sangat murah dan sederhana.


Bunda bisa membuatnya untuk berbagai sajian, misalnya untuk menu masakan harian, acara tasyakuran, acara hajatan, dll.

Baca Juga: RESEP ATI AMPELA BUMBU BALADO

Bahan sambal goreng kentang ati:


  • 2 buah kentang ukuran besar (kupas kulitnya, potong dadu)
  • 3 buah hati dan ampela ayam (potong dadu sesuai selera)
  • 200 ml santan kelapa 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 3 cm lengkuas (memarkan) 
  • Gula merah (secukupnya, sisir halus) 
  • 1 lembar daun salam 
  • Garam (secukupnya) 
  • Minyak (secukupnya) 
  • Air asam jawa (secukupnya)


Bumbu sambal goreng kentang ati:


  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • 1 buat tomat (belah 6)
  • 7 buah cabai merah besar (buang isi, haluskan)
  • 5 butir cabai rawit (haluskan) 
  • 5 siung bawang putih (haluskan) 
  • 7 siung bawang merah (haluskan) 
  • 2 cm jahe (haluskan) 
  • 5 butir kemiri (haluskan) 


Cara Membuat sambal goreng kentang ati:


  1. Pertama, goreng kentang sampai berubah warnanya menjadi kecokelatan. Hati dan ampela ayam pun digoreng dahulu hingga matang. Angkat.
  2. Kedua, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan air asam jawa, gula merah, daun salam, daun jeruk dan juga lengkuas.
  3. Ketiga, Masukkan kentang dan hati ampela goreng, lalu aduk hingga rata hingga bumbu meresap ke dalam masakan dengan baik.
  4. Keempat, Tambahkan santan kelapa, lalu masak hingga matang. Biarkan hingga air santan surut dan masakan mendidih.
  5. Angkat dan Sajikan


Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana pun selesai dibuat. Mudah dan praktis kan? Yuk masak...

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Masak Yuk! Cara Masak Sayur Tumis Tahu Brokoli Super Praktis dan Hemat

Aneka Masakan Sayur Hariini | Resep Tumis Tahu Brokoli - Brokoli adalah sayuran sehat yang kaya akan gizi. Pilihan tepat buat bikin menu masakan sayuran segar. Ditambah lagi dengan tahu yang sangat kaya protein, menjadikan menu masakan lebih lengkap sehatnya dan murah harganya. 
Resep Sayuran Sehat Tumis Brokoli Tahu
Resep Sayuran Sehat Tumis Brokoli Tahu
Nah, untuk hasil masakan yang super duper lezat dan segar, yuk bikin menu masakan Tumis Tahu Brokoli aja bunda. Selain sehat, praktis dan hemat, masakan ini juga gampang banget cara buatnya. Coba deh bunda bikin dengan resep masakan ini, dijamin ueenakk! hehe

Bahan dan Bumbu Sayur :

  • 1 buah brokoli potong kecil-kecil
  • 2 blok tahu potong dadu goreng setengah matang
  • 4 siung bawang putih memarkan, cincang halus
  • 2 siung bawang merah cincang halus
  • 1 buah bawang bombay iris tipis halus
  • 2 buah cabai merah besar buang isi, iris sering tipis
  • 1 buah tomat belah 4
  • Saus tiram secukupnya, kira-kira 1/2 sdt
  • Margarin secukupnya, untuk menumis
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk larutkan di setengah gelas air

Cara Membuat Tumis Tahu Brokoli yang Enak :

  1. Panaskan margarin hingga meleleh. Tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Tambahkan cabai merah dan sayur brokoli. Tumis hingga sayur brokoli sedikit layu. 
  3. Tambahkan tahu dan saus tiram, garam, gula serta lada bubuk. Aduk-aduk rata. 
  4. Agar brokoli matang sempurna dan bumbu meresap dengan baik, tambahkan setengah gelas air kaldu ayam. 
  5. Masak hingga mendidih dan airnya surut. Terakhir, tambahkan buah tomat agar rasa tumis tahu brokoli ini semakin lezat.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Murah dan Praktis

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Tahu Isi Telur  | Sebagai selingan lauk pauk, menu masakan tahu isi telur ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas buat keluarga bunda.. Selain itu, bunda juga bisa mencoba Resep Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT sebagai menu spesial.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Yang Enak

Nah.. Untuk resep dan cara mudah membuat tahu isi telur ini, bunda dapat mencobanya sendiri dirumah dengan mengikuti tutorial masakan langkah demi langkah memasak yang mudah berikut ini:

Bahan-bahan :


  • 1 buah tahu putih
  • 100 gram udang, cincang
  • 20 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 2 batang daun seledri, iris
  • 12 butir telur puyuh rebus matang, kupas
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng


Bumbu Halus:


  • 2 siung bawang putih, iris, goreng
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sdt garam


Saus cocolan :


  • 50 ml kecap manis
  • 1 sdm petis udang


Cara membuat :


  1. Tahu dihaluskan terlebih dahulu, lalu campur dengan udang, telur, tepung sagu, bawang merah halus, daun bawang, garam, merica, dan seledri, aduk merata. Buat jadi adonan.
  2. Sementara itu, ambil adonan sesendok demi sesendok. Lalu bentuk bulat menyerupai  bola, isi telur puyuh didalamnya, bulatkan lagi. Lalukan cara ini sampai habis..
  3. Panaskan minyak goreng, dan goreng hingga matang, angkat.
  4. Buat saus cocolan enak:  campur semua bumbu halus dengan petis udang, aduk rata, tambahkan kecap manis, lalu aduk rata.


Resep Lauk pauk selingan yang enak pun sudah selesai dibuat. Pilihan resep lain yang enak dan bisa bunda coba adalah : #Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Gurih - #Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap - #Resep Ayam Goreng Spesial Gaya Korea Super Murah

Resep Risoles Goreng Isi Sayur, Enak, Mudah dan Murah

Resep Mudah Cara Membuat Risol isi Sayur Yang Enak | Resep gorengan ini terinspirasi dari dapurnya Bunda cantik @Yuni Kitchen. Setelah resep ini dicoba, ternyata hasilnya luar biasa mantap. Lumayan, bisa nambah2 pengalaman masak dan nambahin koleksi resep dapurnya di blog Resep Hari Ini. Buat bunda yang lain, wajib coba juga resep Risoles dengan bahan isi Sayuran ini yah...


Inspirasi Resep dan gambar, By: @Yuni Kitchen

Bahan Baku untuk Kulit Risoles:

Bahan baku yang perlu bunda siapkan untuk membuat gorengan Risoles/Risol isi Sayur yang enak adalah seperti dibawah ini. Caranya, campur semua bahan dibawah menjadi satu. Aduk sampe encer dan licin, lalu saring. Selanjutnya panaskan teflon, buat dadar sebagai kulit reseoles tipis2.. sisihkan.


  • 250 gr Tepung Terigu
  • 1 sdm Susu bubuk
  • 2 sdm Tepung kanji/sagu
  • 2 sdm Margarin cair/minyak
  • 1 telur
  • 600 ml Air/susu cair
  • garam secukupnya



Bahan Baku Isian Risol:

Bahan isian Risol sebenarnya bisa bunda kembangin sesuai minat. Namun disini kami merekomendasikan untuk memakai bahan isian seperti yang ada dalam daftar bahan dibawah ini. Caranya, Tumis bahan yang ada di daftar seperti: bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan tumis bentar, masukan wortel dan kentang aduk rata. Masukan air aduk rata, lalu tutup sebentar dan beri bumbu. Cicipi rasanya apakah sudah enak apa belum, terakhir masukan daun bawang dan juga larutan maizena. Aduk rata dan angkat.

  • 1 wortel potong dadu kecil
  • 1 kentang potong dadu kecil
  • 100 gr daging ayam potong dadu kecil
  • 2 daun bawang potong2
  • 1 bawang putih cincang
  • Garam, gula, merica bubuk, royco secukupnya
  • Sedikit air
  • 1 sdt maizena dilarutkan


Cara Membuatnya:

Langkah dan cara membuat Risoles goreng yang memiliki citarasa yang nikmat dan renyah sebenarnya tidak sulit, bisa dibilang mudah banget bun. Seperti ini cara membuatnya..

  1. Ambil selembar kulit risoles yang sudah dibuat pada poin pertama.
  2. Isi bahan kulit tersebut dengan bahan isian yang sudah dibuat pada poin kedua.
  3. Proses selanjutnya, lipat kulit risoles yang sudah diisi menyerupai lipatan amplop. 
  4. Lalu celupkan ke dalam kocokan putih telur. 
  5. Baluri dengan tepung panir/roti
  6. Terakhir, goreng Risoles tadi sampai matang. 
  7. Angkat dan siap dihidangkan.. Yummi


Selain resep diatas, resep masakan ini juga sangat kami rekomendasikan untuk dicoba bunda..: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Kres-Kres Super Renyah - #Resep Tahu Isi (Isi Touge dan Wortel Spesial) dan Juga #Resep Membuat Lumpia Goreng Isi Daging Ayam 

Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Aneka Masakan Sayur Sehat | Resep Tumis Daun Pakis - Salah satu jenis sayur yang mudah didapat adalah sayuran daun pakis. Selain gampang ditemukan, daun pakis juga enak jika dimasak tumis pedas. Untuk membuat tumis pakis yang enak dan lezat pun sangat sederhana, bumbu dan bahan yang digunakan juga simpel.
Resep Tumis Daun Pakis Sederhana.jpg
Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Nah, jika bunda tertarik ingin memasak tumis pakis ebi seperti dibawah, buruan deh belanja bahan-bahanya dipasar tradisional terdekat. Kalau dirumah sudah punya daun pakis, bisa langsung eksekusi masak dengan resep masakan tumis enak seperti ini..

Bahan-Bahan dan Bumbu Masakan: 

  • 2 ikat sayur pakis
  • 1 sdm ebi
  • 1 siung bawang putih, dicincang
  • 2 buah cabai
  • 1/2 sdt garam
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Tumis Daun Pakis Super Enak :

  1. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan pakis, ebi dan cabai.
  3. Tambahkan sedikit air jika perlu.
  4. Masukkan garam.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Yummi, resep tumis pakis ebi pun selesai dibuat.. Praktis, sederhana, murah dan sehat pastinya.. Nyam.. Nyam..!

Resep Cara Membuat Perkedel Sayur Bayam Sehat dan Praktis

Resep Membuat Perkedel Sayur Bayam Sehat

Tips Cara Membuat Perkedel - I like Perkedel!. What it is? Perkedel merupakan salah satu olahan makanan yang pada umumnya dibuat dari bahan dasar kentang, makanan ini menjadi yang paling banyak digemari, baik oleh anak-anak hingga dewasa. 

Nah, edisi kali ini Resep Hari Ini akan coba hadirkan kreasi lain dari perkedel. Yaitu, resep perkedel kentang yang dikombinasikan dengan sayur bayam. Seperti apa ya rasanya? Biar tau seperti apa rasa perkedel sayur bayam, yuk coba bikin dirumah.. Pasti lezat, sehat, murah, dan yang jelas cara membuat perkedel ini sangat praktis dan mudah lho. Seperti ini resep cara pembuatan perkedel ala Resep Hari Ini :

Bahan dan Bumbu Perkedel Bayam:

  • 1 ikat bayam
  • 1/2 kg kentang
  • 2 butir telur
  • 3 sdm tepung maizena
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • garam dan lada secukupnya
  • mentega secukupnya

Cara Membuat Perkedel Rumahan Praktis:

  1. Kupas kentang dari kulitnya, bersihkan dan iris.
  2. Goreng potongan kentang tadi sampai matang dan sisihkan,
  3. Selanjutnya, cuci bersih bayam dan iris halus.
  4. Tumis dengan mentega sebentar dan sisihkan.
  5. Goreng bawang putih dan bawang merah dan haluskan bersama kentang.
  6. Tambahkan bayam, lada, dan garam. Aduk sampai rata.
  7. Tambahkan tepung maizena dan 1 butir telur. Uleni sampai kalis.
  8. Bentuk perkedel, masukkan dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Taraaa, perkedel siap disajikan.
Gampang sekali kan bunda bagaimana cara membuat perkedel sehat diatas? Lauk ini bisa dijadikan makanan sehat yang pas untuk si kecil biar mau makan sayuran segar lhoo. Selamat mencoba ya. Share dan Komen jika dirasa tips masakan ini bermanfaat.. :)
712 resep enak dan sederhana. Temukan juga resep terbaik Perkedel kentang kornet, Perkedel Kentang Kornet, cara membuat perkedel kentang agar tidak hancur, cara membuat perkedel kentang rebus, cara membuat perkedel kentang sederhana, resep perkedel kentang kornet, resep perkedel kentang kfc, resep perkedel kentang daging, 
cara membuat perkedel tahu, cara membuat perkedel jagung.

Resep Kue: Cake Karamel Singkong Spesial

Resep Kue Hari Ini - Resep kue kali ini kita akan mencoba kue cake spesial, bahan dasar yang akan kita gunakan adalah singkong. Tenang, rasanya pasti nggak bakal mengecewakan kok bunda. Selain praktis, murah dan mudah, cake karamel singkong ini juga sangat Lezat..


Penasaran kan gimana caranya membuat kue cake karamel singkong ini? Oke deh, langsung aja intip resep dan tutorial cara membuatnya..

Bahan-bahan Kue Cake Karamel Singkong:
  • 150 gram singkong parut, diperas 25 ml airnya dan buang
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram tepung maizena 
  • 2 sendok teh baking powder  
  • 400 gram gula pasir 
  • 400 ml air 
  • 6 butir telur 
  • 1/4 sendok teh garam 
  • 100 gram margarin, dilelehkan
  • 150 gram susu kental manis 


Cara Mudah Membuat Kue Cake Karamel Singkong:
  1. Langkah pertama, gosongkan gula pasir. Tuang air dan aduk hingga gula larut. Dinginkan dan takar 500 ml.
  2. Kocok telur dan juga garam. Kemudian masukkan tepung maizena,  tepung terigu, dan juga baking powder sembari diayak dan diaduk sampai rata bergantian dengan karamel.
  3. Tambahkan margarin leleh dan susu kental manis. Aduk rata. Masukkan singkong parut. Aduk rata.
  4. Tuang di loyang tulban diameter atas 24 cm, bawah 19 cm, dan tinggi 7 cm yang dioles margarin dan ditabur tepung.
  5. Oven 75 menit dengan suhu 160 derajat Celsius sampai matang.


Nah, itulah resepnya dan cara membuatnya bunda.. Bisa diikuti kan resep kue cake karamel singkong diatas? Yuk praktek..! dan jangan lupa Bagikan resep ini ke bunda-bunda yang lain ya... :)

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Sate Telur Puyuh Enak Sederhana

Resep Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sate Telur Puyuh - Jika kamu pernah berkunjung ke Yogyakarta dan mampir ke warung kuliner Angkringan sederhana disana, kamu pasti sering menemui Sate Telur Puyuh ini. Ya, harga satu tusuk sate telur puyuh sekitar 2.000 ruapiah/tusuk, murah kan... 
Sate Telur Puyuh
Sate Telur Puyuh | Foto IG @tyasprabowo

Nah, buat kamu yang dirumah dan pengen buat sate telur puyuh sendiri juga bisa kok.. Resepnya sangat sederhana, telur puyuh direbus dahulu lalu dibersihkan dari kulitnya, dan tinggal diberi bumbu. Seperti ini resep lengkapnya..

Bahan Baku:

  • 30 btr telur puyuh
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris tipis
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 300 ml air
  • 10 tusuk satai

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 4 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 bh cabai rawit merah
  • 3 bh cabai merah keriting

Cara Membuat Sate Telur Puyuh:

  1. Rebus telur puyuh sampai matang. Angkat. Kupas kulitnya sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Masukkan telur, aduk hingga telur terbalut bumbu.
  3. Tambahkan kecap manis, garam dan gula merah, aduk rata. Tuang air, masak hingga bumbu meresap. Angkat.
  4. Tusuk setiap lima butir telur dengan tusuk satai. Siram dengan bumbu, sajikan.
Dengan memakai resep masakan diatas, kamu bisa membuat sate telur puyuh untuk 4 sampai dengan 5 orang.. Hemm, mau coba?

Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal

Resep dan Bumbu Risoles Mayonaise - Ada beberapa pertanyaan yang masuk di inbox fb @masakanharian, menanyakan bagaimana sih cara membuat risoles biar nggak pecah saat digoreng? Dan apa saja resep bumbu yang harus digunakan kok pas beli risoles kebetulan dapet yang rasanya enak banget, beda kayak yang biasanya?

Resep Risoles Yang Enak
Resep Cara Membuat Risoles Yang Enak Anti Gagal

Baiklah bunda, untuk menanggapi pertanyaan diatas ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah bahan untuk membuat kulit risoles harus benar-benar pas komposisinya agar bisa rapat dan tidak pecah saat digoreng. Nah, bunda bisa coba membuat risoles dengan Resep Risoles Mayonaise Anti Gagal seperti berikut ini. Silahkan dicoba ya..

Alat Yang Harus Disiapkan

Jika ingin membuat olahan risoles, alat yang perlu bunda siapkan adalah teflon. Teflon ini gunanya yaitu untuk membuat kulit risoles biar lebih gampang. Selain itu juga masih bisa digunakan untuk membuat jenis masakan yang lain.

Nah, kalau bunda pengen hasil yang sempurna, coba deh pakai Teflon AH Cookware Set. Kalau belum punya, beli deh..! Harganya murah kok, sekitar 60 ribuan untuk 3 buah teflonya. Bunda bisa BELI DISINI biar lebih hemat.

Bahan Kulit Risoles :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarin cair
  • garam secukupnya
  • air secukupnya (sekitar 300ml)
  • merica bubuk secukupnya

Bahan Isian Risoles :

  • mayonaise mayumi
  • telur rebus
  • smoked beef
  • saus sambal pedas

Bahan Lapisan Luar :

  • 1 butir telur
  • 1 ons tepung roti

Cara Membuat Kulit Risol:

  1. Campur semua bahan kulit risol sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian diadon agak encer.
  2. Panaskan teflon,olesi dengan minyak.
  3. Tuang adonan kulit risol secukupnya dari pinggiran teflon, bukan dari tengah teflon, miring2kan teflonnya untuk memperlebar kulit
  4. Setelah dirasa sudah cukup matang sisihkan,
  5. Ulangi cara nomer  3 sampai adonan habis

Cara Membuat Risol yang Enak dan Anti Gagal :

  1. Tata telur rebus, smoked beef mayonaise dan saus sambal diatas kulit risol, kemudian bungkus
  2. Celupkan risol ke dalam telur yang telah dikocok
  3. Balut risol yang sudah dicelupkan kedalam telur kocok dengan tepung roti
  4. Terakhir, goreng risoles hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat.

Dari resep risol diatas bunda bisa membuat 8-10 lembar kulit risol, resep dan cara membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal ini merupakan yang paling mudah dan simple. Semoga bisa diikuti ya bunda.. Selamat Masak..!

Resep dan Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas Super Lezat

Kering Tempe, Resep Masakan Sehari-Hari - Siapa yang nggak suka tempe? Rugi banget deh kalo kamu nggak suka tempe, karena didalamnya tersimpan banyak banget manfaat sehat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, tempe juga menjadi salah satu bahan masakan yang memiliki rasa super lezat, kaya akan protein, gizi dan yang pasti menjadi sumber makanan paling hemat dan murah. 

Resep Kering Tempe Spesial

Saking banyaknya penggemar tempe, beragam kreasi olahan tempe pun banyak dibuat. Seperti dibuat untuk cemilan gorengan yang lezat, misalnya keripik tempe, Tempe Mendoan, dan masih banyak lagi olahan lain dari tempe. Olahan sayur dan lauk dari tempe juga tak kalah nikmatnya lho.. Salah satu menu masakan tempe yang paling saya suka adalah kering tempe saus kecap pedas manis.

Proses pembuatan kering tempe saus kecap pedas manis ini tidak sulit lho, cukup dengan bahan dan bumbu sederhana olahan kering tempe yang lezat pun sudah bisa dibuat. Seperti ini resep dan cara membuat kering tempe saus kecap pedas manis yang bisa kamu coba..

Bahan Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • 250 gram tempe (iris tipis panjang atau iris korek api, goreng kering)
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 5 cm jahe (memarkan)
  • 5 cm lengkuas (memarkan) 
  • 1 batang daun seledri
  • 4 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • Bawang merah goreng (secukupnya, untuk taburan)

Bumbu Halus Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  • Garam (secukupnya)
  • Ketumbar (secukupnya)
  • 7 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 buah cabai rawit 
  • 1/2 sdt asam jawa
  • 2 sdm irisan gula jawa
  • Kecap (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Kering Tempe Saus Kecap Pedas:

  1. Tumis bumbu berupa bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Jika kedua bumbu tersebut telah harum, tambahkan cabai rawit, cabai merah besar, garam dan merica secukupnya. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan daun jeruk, daun salam, irisan gula merah, daun seledri, jahe dan lengkuas. Aduk-aduk sampai bumbu mendidih. 
  4. Masukkan tempe dan kacang tanah yang telah digoreng lalu aduk hingga rata. 
  5. Tambahkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis lalu aduk rata dan masak hingga matang. 
  6. Beri taburan bawang merah goreng agar kering tempe saus kecap pedas manis ini semakin nikmat dan sedap. 
  7. Segera angkat kering tempe yang telah matang dan sajikan bersama nasi hangat.

RESEP CARA MEMBUAT MIE AYAM SPESIAL


Kumpulan Resep Masakan Nusantara - Hampir di setiap wilayang banyak dijumpai warung-warung Mie Ayam, mulai dari yang sederhan hingga yang modern, dari yang murah sampai harga yang lumayan mahal. Mengingat Mie Ayam sudah populer di kalangan masyarakat, kali ini kami akan berbagi resep cara membuat mie ayam spesial untuk anda.

Bahan - bahan untuk membuat Mie Ayam: 
  • 1/2 kg mie basah 
  • 100 ml Minyak ayam 
  • 100 ml Kecap asin 
  • 300 gram daging ayam, rebus dan potong kotak 
  • 3 sendok makan kecap manis 
  • 2 sendok makan kecap ingris 
  • 2 batang daun bawang, iris 
  • Daun Caisin 
  • Penyedap rasa 
  • Bawang goreng secukupnya.
Mie Ayam SpesialBumbu Mie Ayam yang di haluskan  :
  • 4 siung bawang putih 
  • 4 buah bawang merah 
  • 1 sendok teh Ketumbar 
  • 3 cm Kunyit 
  • 3 cm Jahe 
  • 4 butir Kemiri
Bahan untuk membuat Kaldu Mie Ayam:
  • 2 liter air 
  • 1/2 kg Tulang ayam 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
Cara Membuat Mie Ayam Spesial :
  1. Kaldu Mie Ayam: Rebus air hingga mendidih, masukan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu mengeluarkan aroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam secukupnya. 
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daging ayam, tumis sampai bumbu menyerap ke dalam daging ayam, tambahkan penyedap rasa, tumis sebentar, angkat, sisihkan. 
  3. Masukkan 2 sendok makan minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sendok teh penyedap rasa. 
  4. Rebus mie basah dan daun caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan dalam mangkuk berisi bumbu, masukkan daging ayam tadi 2 sendok makan. 
  5. Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.
  6. Mie Ayam siap untuk di hidangkan.
Selamat mencoba Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Spesial dari kami. 
Semoga bermanfaat..


Resep Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Sehat Tanpa MSG!

Resep Hari Ini, Pempek Adaan Daging Ayam Enak - Aslinya, pempek kan dibuat dari ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Tapi disini kita coba memakai daging ayam sebagai pengganti tenggiri. Selain sebagai alternatif bagi yang tidak suka ikan, daging ayam juga cukup gampang dicari dan yang pasti lebih hemat dan murah.
Resep Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Sehat Tanpa MSG! | Foto by: Dabeldi Kitchen
Pempek Adaan Daging Ayam ini juga terkenal dengan rasanya yang maknyuss lhoo.. Selain enak dan lezat, masakan ini juga sehat karena kita akan memasaknya tanpa bahan pengawet dan MSG. 

Cara membuatnya pun gampang banget. Kamu cukup melakukanya dengan 8 cara mudah membuat Pempek Adaan Daging Ayam ini tanpa ribet ngurusin ini itu. Simak bagaimana cara bikin Pempek Adaan berikut ini.

Bahan dan Bumbu Pempek Adaan Daging Ayam:

  • 400 gram dada/paha ayam fillet 
  • 4 porsi
  • 6 siung bawang merah (iris tipis)
  • 2 sdm sagu tani
  • 2 putih telur
  • 1 bungkus santan kental ukuran 70 ml
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm air
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya 

Cara Membuat Pempek Adaan Daging Ayam Yang Enak:

  1. Cuci dan potong-potong daging ayam. Tambahkan garam, merica, putih telur, minyak. Haluskan dengan chopper / food processor.
  2. Kulit ayam nya juga aku haluskan. Karena salah satunya kulit ayam yang akan bikin gurih.
  3. Masukkan santan kental. Haluskan kembali hingga tercampur rata.
  4. Taruh didalam wadah. Lalu masukkan bawang merah yg telah diiris tipis. Disusul dengan sagu tani. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Jika adonan dirasa terlalu padat/keras, masukkan 1 sdm air putih.
  6. Panaskan minyak. Sambil menunggu panas, buat bola-bola adaan menggunakan tangan atau sendok.
  7. Goreng dalam api kecil supaya matang luar-dalam. Balik adonan jika sudah mulai kecoklatan.
  8. Setelah matang tiriskan. Bawang merah nya ikut kegoreng jd bikin gurih dan NO MSG.

Sederhana dan praktis kan? Langsung praktek yaa.. Dan jangan lupa disharee..

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *