Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Nasi Kuning. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Nasi Kuning. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

RESEP DAN TUTORIAL CARA MEMBUAT NASI KUNING CEPAT SAJI, PRAKTIS..!

Gambar, Foto Resep Cara Membuat Nasi Kuning Cepat Saji

RESEP DAN TUTORIAL CARA MEMBUAT NASI KUNING CEPAT SAJI

Resep Menu Masakan Hari Ini - Mau tau gimana cara bikin nasi kuning cepat saji bunda? Mungkin bagi bunda yang pengen praktis memasak nasi kuning bisa coba tutorial cara memasak dibawah ini.. Lengkap dengan resep dan bumbunya lhoo.. Happy Cooking bunda..!

Bahan dan Bumbu
· 500 gr beras
· 3 siung bawang putih
· 5 siung bawang merah
· 1 sdt merica bubuk
· 2 sdt garam
· 1 sdt kunyit bubuk (larutkan dengan 50 ml air)
· 800 ml kaldu ayam
· 2 lembar daun salam
· 1 batang serai, geprek

Cara membuat | Cara Memasak:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, dan garam 
  2. Tumis bumbu halus, masukkan kunyit bubuk, daun salam, dan serai 
  3. Siapkan beras yang sudah dicuci bersih, beri air kaldu ayam sebagai pengganti air 
  4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis, aduk rata 
  5. Masak nasi kuning dengan ricecooker hingga matang 
  6. Beri abon lele sebagai pelengkap 

Resep Nasi Gurih Pandan Wangi Spesial

Resep Nasi Gurih Pandan Untuk Tasyakuran. Negara tercinta kita ini memiliki banyak budaya yang unik dan menarik, salah satunya adalah dalam hal nasi bancakan, nasi yang gurih dan wangi ini biasanya disajikan saat acara tasyakuran.


Nah, buat bunda yang pengen membuat nasi bancakan dengan rasa yang nikmat dan tak ada waktu membuat nasi kuning tetapi ingin menyuguhkan nasi putih yang berbeda? Bunda bisa mencoba resep ini nih, Namanya nasi gurih pandan. Seperti ini resep dan cara membuatnya..

Baca Juga: Resep Gado-Gado Pengantin Enak dan Mudah


Bahan Nasi Gurih Pandan:


  • 500 gr   beras 
  • 15 Helai daun pandan
  • 100 ml  santan kental
  • 500 ml  air
  • 1 sdm   garam


Cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi:


  1. Daun pandan di blander dengan dicampurkan setengah air dari 500ml, saring, lalu peras airnya. Aduk air perasan pandan bersama dengan santan, dan sisa air.
  2. Selanjutnya, kukus beras sampai panas dan juga masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Setelah itu, Campurkan beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat.


Nah itulah resep dan cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi yang cocok untuk acara syukuran keluarga.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning

Resep Masakan Lauk Pauk Harian | Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning - Untuk melengkapi gizi harian keluarga, salah satu menu lauk-pauk yang pas disajikan sebagai hidangan adalah Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning. Dimana kandungan gizi dan protein ikan mujahir sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh.

Gambar Resep Masakan Ikan Mujahir
Resep Masakan Ikan Mujahir

Adapun resep dan cara membuat masakan Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning yang lezat dan nikmat, ada beberapa bahan bumbu rahasia yang harus digunakan seperti lengkuas, serai, belimbing sayur dan masih banyak lagi. 

Rekomendasi resep lainya:

Bahan dan Bumbu:
  • 500 gr ikan mujair
  • 1 butir jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ikat daun kemangi, petik daunnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 350 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 buah belimbing sayur, potong bulat

Bumbu yg dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • ¼ sdt merica butir
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Memasak Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit. Bilas.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas dan serai hingga harum dan matang. Tuang air, masak hingga mendidih. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.
  3. Masukkan ikan, belimbing sayur dan cabai rawit. Masak hingga ikan matang. Matikan api. Masukkan daun kemangi aduk rata. Angkat.
  4. Sajian dengan nasi putih hangat sangat cocok untuk Ikan Kuah Acar Kuning ini, semoga resep di atas bisa menjadi pilihan saat memasak. Selamat mencoba :)

7 Resep Ayam Rica Rica Spesial Pilihan Bunda

Kumpulan Resep Pilihan Rica-rica Ayam Istimewa - Resep ini adalah resep ayam masak rica-rica pilihan. Buat bunda yang pengen memasak ayam dengan menu yang berbeda, bisa deh ini dijadikan bahan pertimbangan yang tepat. Berikut adalah kumpulan resep ayam rica pilihan yang bisa dicoba..


1. Rica Rica Ayam potong




Resep ini adalah kreasi dari dapurnya bunda Ana Rahma asal kota semarang, Bunda bisa ikuti resep beliau seperti ini:

Bahan dan Bumbu:

  • 500 gr ayam potong
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 1/2 ruas jarijahe
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jarilengkuas (memarkan)
  • 2 buah   sereh ( memarkan )
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 6 sdm kecap
  • 500 ml air kelapa
  • 600 ml air
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • minyak goreng untuk menggoreng ayam


Langkah Cara Membuatnya:

  1. Daging ayam dipotong kecil - kecil lalu beri perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit. Biar daging ayam tidk hancur ketika di masak, goreng dulu setengah matang daging ayam yg telah di potong kecil2.
  2. Haluskan bumbu2 ayam rica-rica dengan cara diulek menggunakan cobek. 
  3. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan daun salam, lengkuas yg telah di memarkan, cabe rawit, dan juga daun jeruk hingga tercium bau dan bumbu berwarna kecoklatan.
  4. Masukkan ayam yang sudah di goreng setengah matang kedalam bumbu sambil di aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Masukkan air kelapa aduk, masukkan garam, merica bubuk dan kecap aduk hingga medidih.  
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih


2. Rica Rica Ayam Kampung


Resep rica rica ayam kampung dibawah ini merupakan resep kiriman dari mbak Puspa Ayu Mulatsih, Bunda bisa ngikutin resep beliau dibawah ini..

Bahan-bahan:

  • 1 kg Ayam Kampung (potong kecil-kecil)
  • 1200 ml air
  • 11 bh bawang putih
  • 11 bh bawang merah
  • 3 btr kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 btg sere (memarkan)
  • 3 ruas jari laos ( memarkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • gula dan garam secukupnya
  • 10 sdm Kecap manis
  • 19 bh cabai rawit orange
  • minyak goreng secukupnya


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Haluskan sumua bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan jahe.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama laos, sere, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging ayam, gula dan garam, aduk-aduk.
  4. Tambahkan air, merica bubuk, dan juga kecap manis. Masak sampai daging ayam empuk dan bumbu meresap. 
  5. Bila sudah masak dan kuah mulai sedikit berkurang, angkat dan hidangkan.


3. Dada Ayam Masak Rica-Rica

Resep Rica dada ayam ini berasal dari bunda Devyna asal Samarinda, Kaltim. Seperti ini resep cara membuatnya:

Bahan-bahan dan bumbu:

  • 1 ekor Ayam Ambil Bagian Dada
  • 6 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 10 buah cabe
  • 1 cm Kunyit
  • 2 cm Lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • Lada Bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • 1 batang Sereh (digeprek)
  • 2 lembar Daun Jeruk
  • Daun Kemangi
  • 1 bungkus royco ayam
  • Gula dan garam 


Langkah dan Cara Mebuatnya:

  1. Potong dan Cuci bersih dada ayam, beri garam lalu sisihkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe, jahe, kunyit, lengkuas jadi satu sampai halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukan sereh dan daun jeruk beri air sedikit lalu masukan dada ayam yg sudah diberi garam.
  4. Terakhir masukan lada, ketumbar, gula dan royco lalu aduk sebentar tutup selama 10menit sampai airnya mengental.
  5. Cicipi rasanya setelah itu masukan daun kemangi, angkat dan sajikan.


4. Ayam Rica bumbu kuning



Resep Ayam Rica Bumbu kuning ini adalah kiriman dari bunda Fithriana Nur asal Sampit, Kalteng. Seperti ini resep masakanya..

Bahan dan bumbu masakan:

  • 1/2 kg ayam (ambil dagingnya saja)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas/laos
  • 8 buah cabe
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdm lada bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdm gula
  • 1/4 sdm bumbu penyedap (saya pakai masako rasa ayam)
  • 1 batang serai (digeprek)
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 3 sdm minyak untuk menumis 


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Potong dadu daging ayam yang sudah dibersihkan. bumbui dengan garam dan gula, diamkan dan sisihkan
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas/laos dan cabe. (saya blender dengan sedikit air biar gak macet saat di blender)
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, masukan serai dan daun jeruk. tumis sampai harum (dengan api kecil ya)
  4. Masukan ayam yang sudah dipotong dadu kedalam tumisan bumbu, aduk2 sebentar, masukan lada bubuk, ketumbar dan bumbu penyedap lalu tutup wajan penggorengan kira2 10 menit sampai bumbu dan ayam meresap.
  5. Cek apakah sudah matang, wajan yang ditutup akan berair. aduk2 sebentar untuk mengurangi air. 
  6. Jika air sudah berkurang, ayam siap disajikan


5. Resep Rica-rica Tulang Ayam Spesial


Bahan dan Bumbu:

  • 1 kg tulang ayam
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Kunyit + Merica bubuk+jahe secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 batang sereh
  • Lengkuas secukupnya


Tutorial Cara Memasaknya:

  1. Rebus air sampai mendidih kemudian masukan 1 kg tulang ayam, rebus sampai 5 menit, buang air dan tiriskan tulang ayamnya.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, jahe kemiri kemudian tumis sampai baunya harum kemudian masukan sereh, daun salam dan daun jeruk. setelah itu tambahkan sedikit air.
  3. Setelah bumbu halus tercampur, masukan tulang ayam, kemudian tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. ungkep sampai bumbu meresap. angkat dan siap disajikan


6. Resep Rica-Rica Ceker Ayam


Bahan-bahan dan Bumbu:

  • 10 pasangceker ayam
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir cabe rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada butiran
  • 2 batangserai, ambil putihnya, iris tipis agar mudah dihaluskan


Bahan lainnya:

  • 4 lbr daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lbr serai, geprek
  • Garam, gula, dan penyedap
  • 1 butirtomat, iris
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis 


Cara Mudah Membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai hingga wangi bumbu tercium.
  2. Tambahkan garam, gula, penyedap dan tomat, aduk rata
  3. Masukkan ceker, tambahkan air hingga ceker terendam, masak hingga air menyusut dan ceker empuk. Angkat dan sajkikan.


7. Resep Rica Ayam Belimbing Wuluh Enak dan Sedap

Resephariini.blogspot.com
Bahan-bahan:

  • 6 potong Ayam, bagi 2
  • 8 buah Belimbing Wuluh, belah tengah
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, ambil putihnya
  • Garam Secukupnya


Bumbu  Halus:

  • 8 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas 


Cara Memasak Mudah:

  1. Tumis Bumbu Halus hingga harum, masukkan sereh, daun salam & daun jeruk. Aduk rata.
  2. Tambahkan sedikit air Dan masukkan Ayam beserta Belimbing Wuluh. Masak hingga matang Dan kuah agak menyurut.
  3. Tambahkan Garam Dan matikan api, sajikan dengan nasi hangat


Itulah ke 7 kumpulan resep masakan ayam rica-rica pilihan yang bisa bunda coba dirumah.. Selamat memasak..

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Bawang yang Enak

Masakan Harian Aneka Resep Penyetan - Hai bunda.. Pernah nyoba bikin ayam penyet kalasan? Kalau belum pernah, bunda bisa coba resep cara membuat ayam penyet kalasan disini.  Ayam penyet kalasan umumnya memakai bumbu sambal limau untuk mengangkat citarasanya, sedikit beda dengan resep Ayam Penyet Sambal bawang. Ayam penyet ini lebih ke menonjolkan sambal bawang sebagai bumbu kudapanya, terkesan natural dan tradisional namun tetap menampilkan rasa yang lezat dan nikmat. Yuk coba resep Ayam Penyet Sambal bawang yang enak dan lezat berikut ini.
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial

Bahan - Bahan Ayam Penyet:

  • 1 kg daging ayam 
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdm ketumbar  
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 cm jahe memarkan
  • 5 cm lengkuas memarkan
  • 5 cm kunyit
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan Sambal Bawang Ayam Penyet:

  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • 4 siung bawang putih goreng hingga layu
  • 15 buah cabai rawit goreng hingga layu
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya, sedikit saja

Bahan Pelengkap

  • 1 buah mentimun buang kulitnya, iris tipis sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bunga kol secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya

Cara Membuat Ayam Peyet Sambal Bawang Yang Enak:

  1. Haluskan garam, ketumbar, bawang putih dan kunyit lalu tambahkan sedikit air.
  2. Masukkan gula dan kaldu ayam bubuk lalu masak bumbu ini bersama daging ayam. 
  3. Tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan. 
  4. Masak kira-kira selama 30 menit sampai daging ayam matang. Usahakan untuk menutup wajan saat memasak ayam ini agar air di wajan tidak asat dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. 
  5. Jika sudah matang, angkat daging ayam lalu goreng dengan minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. 
  6. Sisihkan sebentar dan buat sambal.

Cara Membuat Sambal Bawang

  1. Siapkan cobek lalu masukkan cabai rawit dan bawang putih yang telah digoreng.
  2. Tambahkan garam, gula dan sedikit kaldu ayam lalu ulek sampai halus. 
  3. Jika sambal bawang sudah halus, penyet-penyet daging ayam di atas sambal. 
  4. Sajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan pelengkap. 
  5. Ayam penyet sambal bawang pun siap untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Resep Tahu Goreng Bumbu Pedas | Sederhana Bumbunya, Istimewa Lezatnya!

Masakan Harian | Cara Membuat Cemilan Enak Tahu Goreng Bumbu Pedas - Hai bunda.. Kali ini kita akan sedikit berbagi resep masakan seputar tahu nih, lebih tepatnya sih cemilan sedap dari tahu goreng gitu.. hehe. Pas banget kan buat temen cemilan pas musim penghujan seperti ini, apalagi disantap dengan sambel pedes bareng keluarga tercinta.. Yummi banget! 
resep-praktis-tahu-goreng-bumbu-pedas-menggugah-selera
resep-praktis-tahu-goreng-bumbu-pedas-menggugah-selera
Oke deh, nggak perlu bicara "Ngalor" "Ngidul" lagi, langsung aja kita buat cemilan enak dan super sehat ini. Oya, bumbu tahu goreng yang akan kita pakai simpel banget. Seperti apa resepnya? Langsung simak deh resep dibawah ini. 

Bahan Tahu Goreng :

  • 1 kotak tahu potong dadu sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung bumbu serba guna secukupnya

Bumbu Tahu Goreng Pedas:

  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 3 siung bawang merah cincang halus
  • 15 buah cabai rawit cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Margarin secukupnya, untuk menumis

Cara Membuat Tahu Goreng Pedas:

  1. Bumbui tahu dengan tepung bumbu serba guna, kemudian goreng sampai warnanya menjadi kuning kecokelatan dan bagian luarnya kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit margarin, kemudian tumis bumbu berupa bawang putih, bawang merah dan juga cabai. 
  3. Tambahkan garam, gula dan kaldu ayam secukupnya lalu masukkan tahu ke dalamnya. 
  4. Tumis sampai bumbu meresap ke dalam tahu dengan baik dan segera angkat jika sudah matang.
  5. Sajikan selagi masih hangat.

Cemilan enak Tahu Goreng Bumbu Pedas ini nggak cuma bisa disajikan sebagai camilan saja lho bund. Lebih jauh, cemilan ini juga bisa disantap bersama nasi putih hangat dan sayur cah kangkung atau pun resep sayur tumis lainnya. Nyam.. Nyam!

Resep Tumis Daun Pepaya Enak dan Tidak Pahit

Resep Tumis Daun Pepaya

Resep Tumis Daun Pepaya - Biasanya daun pepaya sering dijadikan sebagai bahan kudapan, namun kali ini daun pepaya akan dimasak Tumis yang lezat sebagai menu sayur harian kamu. Seperti apa kelezatan dari Tumis daun pepaya ini? Yuk simak cara membuatnya agar enak dan tidak pahit seperti resep dibawah ini.

Bahan dan Bumbu Masakan:
  • 500 gr daun pepaya
  • 100 gram ikan teri, cuci bersih
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 6 buah cabai merah, iris
  • 1 sdt merica
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 cm terasi
  • 1 sdt gula
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Baca Juga : Resep Sayur Buncis Kuah Kuning Sedap Spesial

Cara memasak:
  1. Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya yaitu dengan di potong-potong memanjang terlebih dahulu, kemudian daun pepaya direbus dengan dicampur daun jambu biji sampai matang dan empuk. Buang airnya dan cuci sampai bersih.
  2. Jika sudah selesai, sekarang tinggal menumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai sampai harum.  Disusul dengn memasukkan ikan teri, lengkuas, terasi, merica, gula, dan juga garam. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan air secukupnya. Masukkan daun pepaya, lalu masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat dan sajikan


Yummi, Resep Tumis Daun Pepaya pun siap untuk dihidangkan bersama nasi hangat. Tentu saja Tumis daun pepaya ini rasanya tidak pahit lagi lho.. Makanya, coba deh..!