Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Oven. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Oven. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Kambing Panggang Oven Spesial

Resep Kambing Panggang Oven Spesial. Buat bunda yang sering kebingungan mau mengolah daging kambing jadi masakan apa, Resep kambing ini bisa bunda jadikan pilihan lho.. Tenang, resep dan bahan bumbunya sangat praktis dan simpel kok.. Berikut resep dan cara membuatnya..

Resep Kambing Panggang


Bahan-Bahan:


Jumlah
- Daging kambing
1 kg

- Kecap manis

5 sdm
- Saus barbeque
5 sdm

- Bawang putih halus
1 sdm

- Jahe halus

1 sdm
- Ketumbar bubuk
1 sdt

- Jintan bubuk

1 sdt
- Kunyit bubuk
1 sdt

- Cabai bubuk
1/2 sdt

- Garam
1 sdt

- Oven bag (plastik khusus untuk oven)

1 buah


Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging kambing.
  2. Masukkan semua bumbu dan campur rata dengan daging.
  3. Simpan daging dalam lemari es selama kurang lebih 2 jam.
  4. Masukkan daging dalam oven bag dan beri lubang kecil di empat bagian plastik.
  5. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 5-10 menit.
  6. Masukkan daging dalam oven dan panggang selama 30 menit.
  7. Angkat dan sajikan daging kambing.

Bagaimana Bunda? Resep masakanya sangat praktis bukan? Sekarang, memasak itu bukan lagi menjadi sesuatu hal yang susah. Bunda tinggal cari apa yang mau bunda masak di resep Hari Ini sudah lengkap.. 

Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Khas Dendeng Balado | Dendeng Balado adalah salah satu masakan pedas khas masakan Padang. Rasanya nikmat, pedas dan pasti sangat menggugah selera.

Resep masakan ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis dalam hal cara membuatnya. Bunda tinggal duplikasi resep dan cara membuat dendeng balado kering, basah dan pedas dibawah ini..

Resep Dendeng Balado Pedas

Bahan untuk membuat dendeng balado:


  • 400 gram daging gandik
  • 8 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng


Bahan Bumbu dendeng balado di tumbuk kasar:


  • 7 butir bawang merah
  • 9 buah cabe merah besar


Cara Membuat Dendeng Balado yang Enak:

Tutorial, tips dan cara mudah membuat dendeng balado yang enak dan mudah, bisa bunda simak seperti pada langkah memasak berikut..

  1. Daging di iris tipis searah dengan seratnya.
  2. Taruhlah irisan daging di loyang tanpa minyak. Masukkan ke oven dan panaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau hingga kering. Dinginkan
  3. Goreng irisan daging yang sudah di oven menggunakan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar, beserta daun jeruk, daun salam, dan juga serai hingga harum.
  5. Terakhir, masukkan daging dendeng, garam, dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok air asam, aduk sampai rata. 
  6. Angkat dan sajikan dendeng balado pedas yang baru dibuat.

Resep Cara Membuat Kue Kastengel Keju Praktis Spesial

Resep Aneka Kue Lebaran | Cara Membuat Kastengel Keju - Nggak terasa ya sudah setengah bulan kita menjalankan ibadah puasa bunda. Nah, itu artinya kira-kira masih dua minggu lagi kita akan sampai kepada hari kemenangan yaitu Hari Raya Umat Islam yakni Idul Fitri Mubarok. Ketika merayakan momen Idul Fitri, sangat kurang lengkap rasanya kalau tidak ada hidangan kue lebaran atau sajian makanan ringan di meja rumah ya bunda.. 

Nah, untuk momen Hari Raya tahun ini yang bakal segera tiba, bunda kira2 sudah menyiapkan kue apa saja yaa? Kalau belum, Resep Masakan Harian punya resep kue lebaran yang enak nih bund, rasanya gurih dan pastinya sangat menggugah selera, Yaitu Kue kastengel keju. Cara membuat Kue kastengel keju itu sangat mudah kok, Bunda bisa  buat kapan saja dirumah... Yuk coba resep ini..!

Bahan Dasar Untuk Membuat Kue kastengel keju Renyah dan Enak Resep Masakan Harian menggunakan bahan seperti Berikut:
  • 200 gram terigu
  • 150 gram margarin (cairkan)
  • 150 gram keju parut
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur


Cara Membuat Kue kastengel keju Yang Enak Adalah Seperti Berikut Ini:
  1. Campur kuning telur bersama margarin yang telah dicairkan kemudian kocok lepas hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan keju parut. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang cukup kalis. 
  3. Cetak di loyang sesuai keinginan. 
  4. Panggang kastengel yang sudah dicetak hingga setengah matang kurang lebih selama 20 menit. Keluarkan kastengel setengah matang dari oven, oleskan bahan olesan di atasnya kemudian taburkan keju parut sesuai selera. 
  5. Panggang kembali kastengel kurang lebih selama 10 menit hingga matang. 
  6. Angkat kastengel yang telah matang dan siap untuk dihidangkan.


Sedangkan Sebagai Bahan Pelengkap dan hiasanya Disini menggunakan bahan seperti ini:
  • Olesan kastengel (dari satu butir telur, kocok lepas)
  • Keju parut (secukupnya, untuk taburan)


Seperti itulah resep dan cara membuat kue lebaran kering berupa kastengel dari Blog Resep Masakan Harian. Resepnya sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini ya bunda dan semoga keluarga serta sanak saudara yang berkunjung ke rumah kamu saat Idul Fitri suka dengan sajian kue yang barusan kita buat yaa...

Resep Ayam Goreng Mentega Saus Madu Super Lezat dan Murah

Pernah coba masakan Ayam Goreng Mentega Saus Madu bunda? Masakan ini akan mudah kita jumpai di restoran-restoran oriental dengan banyak perpaduan saos yang bisa bikin lidah bergoyang. Masakan ini memiliki aroma sedap serta citarasa lezatnya sangat tajam. 

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu

Ayam goreng spesial ini dibuat dengan memadukan dua bahan istimewa untuk menciptakan rasa yang spesial, yaitu dengan dua perpaduan mentega dan madu sebagai sausnya. Bunda bisa bikin sendiri ayam goreng saus madu yang lezat dirumah layaknya ayam goreng ala resto oriental, jelas lebih hemat dan murah. Untuk resepnya bunda bisa ikuti panduan resep masakan dibawah ini.


Bahan Masakan Ayam Goreng Mentega Saus Madu:
  • 4 potong paha ayam (bisa diganti dengan bagian ayam lainnya)
  • 2 sdm kecap asin
  • 5 sdm madu
  • 2 sdm saus sriracha (bisa diganti saus sambal bangkok)
  • Wijen, secukupnya
  • ½ biji jeruk nipis
  • 4 biji bawang putih
  • Daun cilantro, iris halus, secukupnya


Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Saus Madu:
Resep Ayam Goreng Saus Madu

Langkah Pertama : Bumbui daging paha ayam dengan sedikit garam dan lada.

Langkah Ke-dua : Lalu panaskan penggorengan anti lengket di atas api, beri sedikit minyak (jika ada pakai  olive oil). Goreng ayam hingga kecoklatan. Bolak balik setiap 2 menit.

Langkah ke-tiga : Hasilnya akan kecoklatan seperti di atas pada setiap sisinya. Sisihkan

Langkah Ke-empat : Siapkan saos, campur jadi satu dengan kecap asin, bawang putih cincang, madu, air perasan ½ buah jeruk nipis dan daun cilantro dan tambahkan saos sriracha, aduk hingga tercampur rata.

Langkah Ke-lima : Tuang campuran saos ke dalam gorengan ayam tadi, masak sebentar. Matikan kompor, angkat wajan, pindahkan ke dalam oven lalu panggang dengan suhu 200oC selama 20 menit.

Catataan: Usahakan pan yang bunda pakai itu bisa dimasukkan kedalam oven yaa. Tapi jika tidak bisa, bunda boleh memindahkan ke dalam wadah lain yang tahan panas (oven).

Setelah proses masak memakan waktu sekitar 20 menit, keluarkan ayam dari oven dan beri taburan biji wijen agar tampilan lebih cantik dan rasanya makin gurih. Tinggal sajikan menu makanan lezat ayam goreng mentega saos madu yang barusan dibuat dengan nasi hangat. Dijamin bakal ketagihan deh dengan perpaduan rasa madu dan mentega yang manis gurih nya ayam goreng. 

RESEP SATE LILIT KHAS BALI YANG ENAK NAN GURIH

RESEP SATE LILIT KHAS BALI
RESEP DAN CARA MEMBUAT SATE LILIT KHAS BALI | Pict via Kokiku.tv

RESEP SATE LILIT KHAS BALI. Rasa dan aroma khas sate lilit begitu menggoda selera, dengan memadupadankan antara bumbu rempah Nusantara dan ikan pilihan menjadikan sate ini begitu Istimewa. Itu sebabnya sajian sate lilit yang merupakan kuliner khas Bali ini banyak disukai banyak orang, bahkan wisatawan mancanegara pun dibuat kagum oleh masakan ini.

Mungkin bunda akan kesulitan mencari resep masakan ini di tempat lain, namun disini kami akan berbagi resep spesial sate lilit ala restoran khas Bali. Nah, apabila bunda pengen mencicipi masakan ini, Yuk buat saja sendiri dirumah bund.. Tarraaa.. Ini dia Resep Rahasia Sate Lilit Khas Bali Super Istimewa..

RESEP CARA MEMBUAT SATE LILIT KHAS BALI YANG ENAK DAN MUDAH

Bahan dasar:
  • 150 gram daging ikan kakap giling
  • 100 gram udang giling
  • 50 gram kelapa parut kasar
  • 2 buah cabai rawit hijau, cincang halus
  • 1 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, iris tipis
  • 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 1/4 sendok teh asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 14 batang serai, cuci bersih


Bumbu halus:
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 1 cm jahe
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sendok teh terasi, bakar


Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, cabai rawit hijau, daun salam, daun jeruk, serai, dan asam jawa sampai harum. Angkat. Dinginkan.
  2. Aduk rata menggunakan blender/food processor: daging ikan kakap, udang, kelapa parut, garam, merica hitam kasar, gula merah, dan bumbu tumis.
  3. Ambil sedikit adonan di tangan. Rekatkan pada batang serai. Bentuk seperti pentul.
  4. Bakar menggunakan griller atau oven sampai matang.
  5. Sajikan bersama nasi putih/nasi merah dan sambal matah.

Resep Membuat Pepes Ikan Kakap Yang Lezat

Resep Cara Membuat Pepes Ikan 

Setelah beberapa waktu tidak posting resep masakan untuk pembaca setia semuanya karena kesibukan kuliah dan kerja. Maka kali ini kembali kami membagikan resep masakan khas Indonesia banget untuk pembaca semua, Yaitu resep pepes ikan, Sempat artikel sebelumnya kami juga udah share Resep Cara Membuat Karedok Yang Lezat.

Pepes merupakan salah satu cara untuk mengolah bahan makanan yang biasanya diperuntukkan untuk mengolah ikan dengan bantuan daun pisang sebagai pembungkus ikan dan bumbu yang dibalut didalamnya.
Proses membuat pepes adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai, kemudian dibalutkan bersama ikan kakap putih ( ikan yang lain jg bisa ) yang sudah dibersihkan. Semua bahan lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas bara api dari arang sampai mengering atau juga dengan cara dikukus. Untuk mengetahui resep dan cara membuat pepes ikan, berikut adalah resepnya.

Bahan Pepes Ikan :
  • 1 ekor Ikan kakap putih
  • 6 butir Bawang merah, iris tipis
  • 3 siung Bawang putih, iris tipis
  • 1 sendok makan Air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh Gula pasir
  • 2 batang Serai, potong jadi 2 , memarkan
  • 3 buah Belimbing sayur, iris tipis
  • 10 cm Kunyit, kupas, iris tipis
  • 3 cm Lengkuas, kupas, iris tipis
  • 3 buah Cabai merah, iris kasar
  • 7 buah Cabai rawit
  • 25 lembar Daun kemangi
  • 2 bua Tomat, potong-potong
  • Garam, secukupnya
  • Daun pisang, secukupnya
Cara memasak Pepes Ikan :
1. Langkah pertama lumuri ikan kakap putih dengan daun jeruk nipis dan garam, diamkan selama kurang lebih 30 menit, agar bau amis hilang.
2. Kemudian campur semua bahan lainnya, aduk hingga rata.
3. Ambil selembar daun pisang, letakkan 1/2 bagian campuran bahan-bahan di atasnya. Taruh ikan kakap putih di atas bumbu. Tutup dengan sisa campuran bumbu.
4. Gulung daun pisang tadi dan padatkan, semat kedua ujungnya dengan lidi.
5. Terakhir, Panaskan panci pengukus, kukus selama 10 menit. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat celcius hingga matang.
6. Angkat dan buka kedua sematnya. Sajikan.
Untuk 1 porsi Pepes Ikan

Mudah bukan resep cara membuat pepes ikan yang enak dan mudah di atas? Semoga resep pepes ikan diatas bermanfaat bagi pembaca.

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE SARANG SEMUT

Resep Dan Cara Membuat Kue Sarang Semut Yang Enak - Ada banyak pilihan untuk membuat kue sebagai hidangan untuk menjamu tamu saat acara penting, sebagai pilihan kue apa yang cocok untuk dijadikan hidangan kue bagi tamu atau keluarga anda yaitu Resep Dan Cara Membuat Kue Sarang Semut, Resep Kue Pancake Pandan atau Cara Membuat Kue Pancake Pisang. Nah, artikel resep masakan kali ini akan membahas dan membagikan resep masakan kue sarang semut untuk para pembaca dirumah.
Bahan Untuk Membuat Kue Sarang Semut :
resep cara membuat kue sarang semut yang enak
  • 100 gr tepung terigu
  • 200 gr margarin, lelehkan
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 200 ml susu kental manis
  • 1 sdt soda kue
  • 5 btr telur ayam
Cara membuat kue sarang semut :
1. Panaskan 200 gr gula pasir sampai cair dan menjadi karamel, tambahkan air, aduk sampai gula karamel larut. Dinginkan. 
2. Kocok 5 btr telur hingga berbuih, masukkan 200 ml susu, kocok hingga rata. 
3. Tambahkan 100 gr tepung terigu , 200 gr margarin cair, aduk rata dan tambahkan air karamel dan soda kue. Aduk rata kembali. 
4. Selanjutnya, Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi tepung tipis.  
5. Panggang dalam oven dengan suhu 150 'C kurang lebih selama 45 menit. 
6. Ankat. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

Semoga artikel resep dan cara membuat kue sarang semut diatas bermanfaat dan bisa pembaca praktekkan dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan. Sebagai referensi anda dalam membuat Aneka Kue, anda bisa berkunjung ke blog sahabat kami melalui link Kumpulan Resep Kue Lengkap.
Selamat Mencoba...!!

Resep Kue Muffin Keju Istimewa - Resep Sahabat

Resep dan Cara Membuat Kue Muffin Keju - Sebelum membahas soal resep muffin lebih jauh, alangkah baiknya kita ketahui dulu sejarahnya. Muffin merupakan salah satu kue khas negeri Inggris dan mulai muncul pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. Itulah sejarah kue muffin (wikipedia)

Sekilas tentang Sejarahnya kita sudah tau, sekarang tinggal gimana sih cara membuat kue muffin, dan apa saja bahan-bahanya? Oke bunda, langsung aja kita bahas yah.. 


Resep ini terinpirasi dari dapurnya sahabat kita, bunda cantik dengan nama akun Gplus +cahyani monalista harefa. Berikut adalah resep dan cara membuatnya.  

Bahan Muffin Keju: 

  • 260 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 13 gr (2 sdm) susu bubuk full cream 
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair 
  • 50 gr margarin, dilelehkan
  • 50 ml minyak sayur
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • 100 gr keju cheddar, parut


Bahan taburan Muffin Keju:

  • Sprinkle warna warni


Cara Membuat Muffin Keju:

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, baking powder, gula, susu bubuk,  dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Dalam wadah yang terpisah, telur dikocok lepas menggunakan garpu, tambahkan margarin leleh, susu cair, minyak sayur dan juga vanili bubuk. Aduk hingga rata.
  3. Tuangkan kocokan telur ke dalam wadah berisi campuran tepung terigu, dan bahanbahan lain diatas, aduk rata. ( tidak disarankan mengaduk terlalu lama) 
  4. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk merata.
  5. Tuang hingga penuh ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan kertas roti (paper cup).
  6. Taburkan sprinkle warna-warni.
  7. Panggang dalam oven selama 20 menit dengan api sedang (170°C). Lalukan tes kematangan dengan tusuk sate.
  8. Keluarkan dari oven dan siap dihidangkan.


Nah itu lah langkah mudah membuat kue muffin keju nikmat yang bisa bunda coba, resep ini gratis. Bunda tinggal ngikutin resepnya dan cara membuatnya.. Yuk masak-masak.. :)

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Brudel Cake Rumahan Ala Mbak Dwi Wahyuningsih

Brudel Cake
Resep Aneka Kue - Pas jalan2 ke grup resep masakan, nggak sengaja nemu resep yang membuat jatuh hati pengen mencobanya. Yups,  resep brudel cakenya mbak Dwi Wahyuningsih (Maaf resep mbak Dwi saya publis di blog yah.. hehe). Menurut mbakmimin, resep brudel cake ini layak untuk dicoba. Sekali lagi Thanks ya mbak  Dwi Wahyuningsih.

Berikut adalah resep dan cara membuat Brudel Cake sederhana yang bisa bunda coba, semoga bermanfaat yahh.. :)

Resep Bahan dan Cara Membuat Brudel Cake Rumahan

  • 400gr tpung terigu
  • 225gr gulpas
  • 3btr telur
  • 1sdm susu bubuk
  • 3sdm SKM dilarutkn dgn 1glas air hngat 200ml
  • 1sdm fermipan
  • 150gr margarin
  • taburan atas kue,,keju parut(tp saya ganti meises).
  • Campur semua bhn sampai teraduk rata smua bahan,,
  • siapkan loyang yg sudh diolesi mentega dan sedikit tepung.stlh tercmpur smua bhn,tuangkn ke loyang td kmd diamkn adonan selama 45mnit.stlh itu masukkan dlm oven yg sblmnya sudah dipanaskn dl.panggang 45-50mnit atau tes tusuk utk meliht kmatangannya.
  • Selamat mncoba.

RESEP KUE APEM TEPUNG BERAS KUKUS DAN CARA MEMBUATNYA

GAMBAR KUE APEM BERAS KUKUS
Resep Masakan Harian | Resep Kue Apem Tepung Beras. Kue Apem, selain memiliki tekstur yang lembut kue ini juga terkenal dengan citarasanya yang gurih dan manis legit. Tak heran jika kue yang termasuk dalam kategori jajanan pasar ini memiliki penggemar tersendiri. 

Ada dua jenis kue apem yang biasa dibuat, yaitu kue apem kukus dan kue apem yang dipanggang. Ngomongin masalah cara membuatnya, sebenarnya kue apem ini tidak sulit kok. Bahan baku kue apem juga terbilang sangat sederhana, pas banget sebagai menu olahan rumahan praktis.

Nah, di edisi Selasa kali ini mimin akan membagikan resep apem khusus yang di kukus. Dan bahan yang digunakan menggunakan tepung beras. Untuk Kue Apem yang lain bunda bisa cari di Kategori Aneka Resep Kue. Penasarankan gimana cara membuat kue apem yang enak, empuk dan mekar? Yuk simak resep ini..

RESEP BUMBU, BAHAN KUE APEM TEBUNG BERAS YANG DIKUKUS DAN CARA MEMBUATNYA

Bahan | Ingredients:

  • 250 gram Tepung beras 
  • 50 gram Tepung sagu atau tepung kanji 
  • 140 gram Gula pasir 
  • 200 mili liter Santan kental 
  • 250 mili liter Air hangat 
  • 1 sendok teh Ragi instant 
  • Sejumput garam Halus
  • Pewarna makanan (optional ) 


Cara Membuat Kue ApemKukus | Directions :
  1. Campurkan ragi instant dengan 4 sendok makan air hangat .
  2. Setelah itu didihkan santan kental bersama gula pasir hingga larut . lalu sisihkan dan dinginkan .
  3. Selanjutnya campurkan tepung beras , larutan ragi instant, tepung kanji  dan juga sisa air hangat sambil di uleni hingga adonan menjadi kalis selama kurang lebih 15 menit . kemudian disusul dengan menuangkan santan yang telah di didihkan terlebih dahulu, aduk hingga rata . diamkan selama kurang lebih satu jam .
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan sesuai selera , dari warna merah , hijau , kuning dan lain sebagainya . tapi jika bunda tidak ingin menggunakan pewarna , biarkan saja dengan warna purih adonan alami . jika sudah , tudangkan adonan kedalam cetakan plastik tahan panas .
  5. Kemudian panaskan dandang hingga mendidih dan beruap banyak , masukkan adonan yang telah dimasukkan kedalam cetakan . lalu kukus kurang lebih selama 20 menit hingga matang . angkat .
  6. Kue Apem Tepung Beras Kukus pun siap untuk disajikan .

Resep dan Cara membuat kue Apem tepung beras ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi bunda yang tidak menggunakan oven. Selamat mencoba ya.. Semoga resep jajanan pasar ini bermanfaat buat bunda dan yang lainya.. Yuk masak..! Nyam.. Nyam..

Resep Kue: Cake Karamel Singkong Spesial

Resep Kue Hari Ini - Resep kue kali ini kita akan mencoba kue cake spesial, bahan dasar yang akan kita gunakan adalah singkong. Tenang, rasanya pasti nggak bakal mengecewakan kok bunda. Selain praktis, murah dan mudah, cake karamel singkong ini juga sangat Lezat..


Penasaran kan gimana caranya membuat kue cake karamel singkong ini? Oke deh, langsung aja intip resep dan tutorial cara membuatnya..

Bahan-bahan Kue Cake Karamel Singkong:
  • 150 gram singkong parut, diperas 25 ml airnya dan buang
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram tepung maizena 
  • 2 sendok teh baking powder  
  • 400 gram gula pasir 
  • 400 ml air 
  • 6 butir telur 
  • 1/4 sendok teh garam 
  • 100 gram margarin, dilelehkan
  • 150 gram susu kental manis 


Cara Mudah Membuat Kue Cake Karamel Singkong:
  1. Langkah pertama, gosongkan gula pasir. Tuang air dan aduk hingga gula larut. Dinginkan dan takar 500 ml.
  2. Kocok telur dan juga garam. Kemudian masukkan tepung maizena,  tepung terigu, dan juga baking powder sembari diayak dan diaduk sampai rata bergantian dengan karamel.
  3. Tambahkan margarin leleh dan susu kental manis. Aduk rata. Masukkan singkong parut. Aduk rata.
  4. Tuang di loyang tulban diameter atas 24 cm, bawah 19 cm, dan tinggi 7 cm yang dioles margarin dan ditabur tepung.
  5. Oven 75 menit dengan suhu 160 derajat Celsius sampai matang.


Nah, itulah resepnya dan cara membuatnya bunda.. Bisa diikuti kan resep kue cake karamel singkong diatas? Yuk praktek..! dan jangan lupa Bagikan resep ini ke bunda-bunda yang lain ya... :)

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

RESEP KUE BROWNIES EKONOMIS By Lily Hwang

Resep brownies
Cara Membuat Kue Bronis Praktis dan Irit - Pengen buat kue brownis praktis dan lezat? Coba deh salah satu resep masakan brownies karya sahabat fb kita Lily Hwang berikut ini.

"Iseng2 bikin tart brownies. Dengan resep brownies yg ekonomis. No telur, no mixer tapi rasa tetep enak. Bisa juga buat bakulan bun."

Resep brownies

Bahan Brownies:
  • 3 gelas terigu
  • 2 gelas air
  • 2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas minyak
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 sdt soda kue
  • 40 grm coklat bubuk sekitar 4 sampai 5 sendok makan

Cara Membuat Brownies Praktis: 
  1. Campur semua bahan ke dalam wadah lalu aduk dengan sendok nasi. Sampai adonan rata dan tidak mengumpal. 
  2. Lalu tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dioles minyak dan ditabur tepung. 
  3. Lalu oven selama 45 menit 170 derajat. 
  4. Tes tusuk untuk melihat kematangan. (Loyang yg saya pake uk 20.)

Untuk buttercream

Resep buttercream untuk Brownies:

  • 200 grm mentega putih
  • 1 sachet skm
  • 1 sachet vanili uk kecil
  • 5 sdm gula halus
Cara membuat buttercream untuk Brownies:
  1. Mixer semua bahan sampai halus dan lembut. Dan warna berubah menjadi putih. 
  2. Nb: kalo saya sebelum di pake buttercreamnya saya masukin dulu ke kulkas sekitar 10 menit baru di pake.

RESEP CARA MEMBUAT PUTU AYU PELANGI by Qomariah Sutanto

Gambar Resep Putu Ayu Pelangi
RESEP PUTU AYU PELANGI - Resep ini pertama kali dipublikasikan di grup Resep Dapur oleh bunda Qomariah Sutanto. Beliau banyak banget berbagi tips masakan khususnya kue, semoga resep dari beliau ini bisa dipraktekin dirumah yaa.. :) Recomended untuk dicoba lhoo.. :D

PUTU AYU PELANGI

Bahan ;
  • 2 butir telur
  • 130 gr gula pasir
  • 1/2 sdt SP
  • Sedikit garam
  • 150 gr terigu
  • 1 sdm tapioka
  • 100 ml santan 
  • Pewarna makanan 
  • 1/2 kelapa parut kupas kulitnya
  • Sedikit garam
Baca juga : Resep Kue Bika Ambon With Oven Mudah dan Praktis

Cara membuat ;
  1. Campur kelapa parut dan garam , kukus lalu sisihkan 
  2. Panaskan dandang
  3. Kocok telur , gula , SP , dan sedikit garam sampai kental berjejak , matikan mixer
  4. Masukkan terigu dan tapioka bergantian dengan santan , aduk pelan dengan spatula sampai rata
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian , warnai sesuai selera
  6. Olesi cetakan dengan minyak isi dengan kelapa parut , padatkan
  7. Tuang adonan dan kukus sampai matang
  8. Selamat mencoba 😊
  9. Catatan ;
  10. Tambahkan sedikit tepung tapioka kedalam parutan kelapa supaya kelapa tidak mudah rontok
Biar ilmu dan pahala bunda  Qomariah tidak berhenti disini, yuk bagikan resep bermanfaat ini ke teman yang lain.  Happy cooking bunda.. Nyamm.. Nyamm..

Resep Bolu Pisang Panggang Enak

Resep dan Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Panggang Yang Enak. Setelah kemarin membagikan Resep Sayur Bening Bayam Jagung Muda Super Praktis dan Lezat, sekarang giliran berbagi resep kue yang lezat sebagai selingan. Kue apa ya kira2? Yups, edisi kali ini kami akan membagikan resep kue bolu sederhana dan praktis. Namanya kue Bolu Pisang Panggang.

Resep Kue Bolu Pisang

Kue ini sebenarnya gampang banget untuk membuatnya, bisa dibilang sama seperti kalo kita membuat kue bolu pandan atau kue bolu lainya. Hanya saja kita menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Seperti apa resepnya dan gimana cara membuat kue bolunya? Yuk intip dapur masaknya berikut..

Resep dan Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Panggang Spesial - Praktis -Mudah -Enak

Bahan - bahan

#Basah :

  • 5 buah pisang
  • 175 ml minyak goreng 
  • 3 butir telur (kocok secara manual sampi agak pucat)


#Kering :

  • 200 gr tepung terigu serba guna 
  • 125 gr gula pasir
  • 20 gr gula palm
  • 2 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt kayu manis bubuk


Cara membuat kue bolu pisang:

  1. Panaskan oven suhu 180. Api atas bawah.
  2. Campurkan semua bahan kering sambil diayak
  3. Campur bahan basah
  4. Mix semua bahan kering dan basah jadi satu dengan menggunakan whisk.
  5. Tuang adonan kedalam loyang
  6. Panggang  dalam kondisi suhu stabil 180' selama 30 menit (sampe tes tusuk gigi bersih)
Semoga Tips dan Cara Memasak Kue Bolu Pisang diatas bisa dipahami dan diikuti dengan baik ya bunda,, Jangan lupa dipraktekin resep diatas. Kalau sudah matang dan sukses, mimin juga mau dong nyobain hasil masakan bunda.. hehe.

Resep Kue: Cake Buah Mangga Manis Legit

Cara Membuat Kue Cake Dari Buah Mangga - Mangga nggak cuma bisa diolah menjadi jus aja lho bunda.. Namun, buah mangga ini juga bisa dibuat berbagai panganan yang lezat dan nikmat, salah satunya adalah dibuat kue cake yang nikmat. Pengen tau gimana cara membuat kue cake mangga yang enak? Yuk ikuti turorial dan resep cara masaknya kiriman dari bunda +Diah Aristi  berikut ini..

Resep Cara Membuat Kue Cake Dari Buah Mangga


Bahan Cake Buah Mangga:
  • 230 gr tepung terigu
  • 4 buah mangga, kupas dan haluskan
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt baking soda
  • 30 gr gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr margarin, lelehkan


Cara Membuat Kue Cake Buah Mangga:

  1. Siapkan semua bahan. Kocok telur dan gula sampai agak mengembang.
  2. Masukkan buah mangga yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan matikan mixer.
  3. Tambahkan tepung, baking soda, baking powder, vanili, garam dan aduk sampai rata.
  4. Masukkan margarin dan aduk lagi.
  5. Siapkan loyang dan tuangkan adonan.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu sekitar 140'C selama kira-kira 45 menit.
  7. Angkat dan kue siap disajikan.


Gimana bunda? Tertarik untuk mencoba membuat kue cake dari buah mangga? Yuk praktekin resepnya, jangan cuma dibaca ya.. hehe. Selamat masak dan jangan lupa bantu share ya bunda..!

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Roti Bolu Gulung Oreo

Cara Membuat Roti Bolu Gulung Oreo - Setelah beberapa hari yang lalu kita sudah berbagi Resep Membuat Es Cincau Yang Segar Dan Sehat, kini waktunya berbagi Resep Aneka Roti Bolu sebagai selingan resep masakan yang nikmat. Sebagaimana roti-roti yang lain, proses pembuatan Roti Bolu Gulung O'reo tidak jauh berbeda. Namun hanya bahan saja yang membedakannya, jika roti ini memang memanfaatkan biskuit O'reo sebagai bahan olesanya agar menarik, sedangkan untuk roti yang lain tidak.

Recipe cara membuat kue bolu
Resep Dan Cara Membuat Roti Bolu Gulung Oreo

Bahan-bahan
  • 6 btr telur ayam 
  • 125 gr gula pasir 
  • 1/2 sdm emulsifier
  • 70 gr tepung beras 
  • 10 gr susu bubuk 
  • 20 gr tepung maizena 
  • 75 gr margarine, lelehkan
  • 2 butir biskuit O'reo, haluskan
Bahan Olesan:
  • 100 gr butter cream 
  • 10 butir biskuit O'reo, tumbuk kasar
Cara Mudah Membuat Roti Bolu:
  1. Kocok telur terlebih dahulu, kemudian tambahkan gula pasir, dan emulsifier sampai semua bahan mengembang. 
  2. Jangan lupa tambahkan tepung beras, susu bubuk, dan tepung maizena sembari diayak dan diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian masukkan margarine yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan.
  4. Setelah semua bahan roti selesai dibuat, kemudian tuangkan adonan kedalam loyang berukuran 30x30x3 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Taburkan O'reo. Oven dengan suhu kurang lebih 180 'C  selama 20 menit hingga bahan roti matang.
  5. Olesan roti bolu, kocok terlebih dahulu butter cream sampai kalis dan lembut. Dan tambahkan cincangan biskuit O'reo didalamnya. Aduk sampai rata. Oleskan butter cream yang sudah dicampuri biskuit O'reo di atas cake. Gulung dan padatkan.
Untuk @ 12 potong

Cukup mudah bukan Cara Membuat Kue Bolu Gulung O'reonya? Tertarik ingin mencoba? Segera praktekin deh dirumah.. :)

# Resep Bolu # Roti Bolu # Aneka Kue
Sumber : www.sajiansedap.com

Cara Membuat Pizza Mini Sederhana - Resep Masakan Barat

Resep Pizza Mini Sederhana - Cara membuat pizza mini ini masih terbilang mudah, hanya memerlukan sedikit ketelatenan untuk hasil masakan yang baik dan sukses. Sedikit penjelasan tentang pizza, pizza sendiri tergolong dalam Menu Masakan Eropa, tepatnya makanan khas Italia. Cara pengolahan yang khas, yaitu dengan cara di panggang merupakan daya tarik tersendiri.

Nah, jika Anda ingin mencoba resep Pizza Hut Mini yang mudah dan gak ribet seperti cara membuat pizza asli. Cara berikut ini bisa Anda praktekkan sendiri dirumah:

Resep Pizza Mini.PNG

Bahan-bahan Untuk Membuat Pizza Mini Sederhana

Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Dan Enak

Bahan-bahan:
  • 1 kg tepung terigu
  • 20 gram ragi instan
  • 450 ml air
  • 225 gr gula halus
  • 15 gr garam halus
  • 60 gr susu skim
  • 180 gr margarine
  • 3 gr bread improver
  • 4 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  •  

Cara Membuat Pizza Mini :
  1. Langkah pertama campur bahan tepung terigu, ragi instan, gula halus, garam, bread improver dan susu skim jadi satu.
  2. Kemudian masukkan telur dan air kedalam bahan yang sudah dicampur tadi, uleni hingga adonan menyatu.
  3. Tambahkan margarine, kemudian mixer sampai rata dan simpan selama 10 menit
  4. Setelah disimpan, ambil 50 gram adonan lalu bulatkan, diamkan kembali selama 10 menit
  5. Pipihkan adonan yang sudah dibentuk bulat tadi seperti bentuk mini pizza lalu Susun di loyang yang sudah diolesi mentega
  6. Diamkan selama 90 menit sampai adonan mengembang
  7. Selanjutnya di oven dengan suhu 190 C selama 10 menit. Tambahkan topping, oregano, parutan keju, sosis, dan paprica, sesuai selera
  8. Bakar/oven lagi sampai matang selama sekitar 10 menit. selesai

Jika Anda sudah selesai membuatnya, ada baiknya Pizza yang sudah matang segera dihidangkan selagi masih hangat, karena makanan ini Akan nikmat jika dihidangkan dalam kondisi hangat.

Resep Kue Sus Nuttela Sederhana dan Cara Membuatnya

Resep Kue Sus Gambar by @mirantirahayu
Resep Kue Sus Via img @mirantirahayu on instagram
Cara Membuat Kue Sus Nuttela dan Resepnya - Pengen nyobain membuat kue Sus Nuttela yang enak, mudah dan sederhana bunda? Resep masakan kue sus berdasarkan pengalaman dari sahabat kita @Cofa Rey dalam akun Cookpadnya ini mungkin bisa jadi referensi praktis lhoo. Penasaran seperti apa gambaran beliau saat membuat kue ini? Berikut ini adalah resep kue sus nuttela yang bisa bunda coba buat dirumah.

Bahan | Ingredients :
  • 110 gr Tepung terigu
  • sepucuk sdt baking powder
  • 60 gr mentega
  • 125 ml susu cair
  • 30 gr keju parut
  • 4 butir telur
  • vla instan/Nutella 
  • 125 ml air putih
  • garam secukupnya

Petunjuk Cara Membuat | Intruction :

  1. Rebus air, susu cair, mentega, garam hingga mendidih
  2. Kecilkan api, tuang terigu sambil diaduk hingga rata. Diaduk terus hingga kalis.
  3. Diamkan hingga agak dingin/hangat.
  4. Campur keju parut dan baking powder. Mixer dgn kecepatan rendah.
  5. Tambahkan telur satu persatu dan mixer sampai adonan lembut dan tercampur rata.
  6. Spuit adonan diatas loyang yg telah dibubuhi mentega dan terigu supaya adonan tidak lengket diloyang. 
  7. Masukkan adonan ke oven yg telah dipanaskan 10 mnt sebelumnya dgn suhu 200 derajat. 
  8. Keluarkan dari oven setelah 35 menit atau matang. Beri isian nutella atau vla instan (saya pakai myvla) 
  9. Siap dihidangkan untuk teman minum teh atau cemilan anak
Sederhana banget kan bunda? Yuk segera cobain buat sendiri kue Sus Nuttela ini dirumah. Jangan lupa share pengalaman masak bunda disini yaa.. Salam satu dapur untuk bunda Nusantara :*

Resep Kue Butter Cookies dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Harian - Walaupun lebaran masih lama, tapi nggak papa kita buat kue butter cookies ini bun.. Sekalian terus belajar biar ilmu masak memasaknya nggak cepet hilang.. hehe


Lagian kue ini juga bisa buat hidangan di rumahkan? buat temen nonton tv oke.. Buat kalo temen dateng bertamu kerumah juga oke banget.. Nah, cukup deh cuap-cuapnya. Mendingan sekarang kita intip aja apa bahannya dan gimana cara buat kue butter cookies yang enak dan mudah kan bun? Ini nih resep dan langkah membuatnya :

Bahan-bahan:

  • 50 gr butter
  • 50 gr margarin
  • 150 gr tepung terigu 
  • 50 gr gula halus
  • 2-3 sdm susu bubuk
  • 1 btr telur utuh
  • 1/4 sdt vanili bubuk
Resep Kue Butter Cookies

Cara Membuat kue Butter yg Mudah:
  1. Campurkah bahan-bahan seperti butter, gula halus, margarin,  dan juga vanili. Lalu mixer bahan tadi dengan kecepatan sedang sampai lembut.
  2. Masukkan telur dan kocok rata. (usahakan tidakterlalu lama)
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan juga susu bubuk yang sebelumnya udah diayak terlebih dahulu ke dalam adonan (no.1). Aduk menggunakan spatula hingga rata.
  4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam pipping bag yg udah dipasang spuit bintang.
  5. Bentuk dengan loyang yg sebelumnya udah dialasi dengan kertas roti.
  6. Masukkan adonan yng sudah dicetak ke dalam oven dengan api sedang-kecil selama 25 menitan (atau permukaan bawah kue berwarna kecoklatan)
  7. Dinginkan sebentar lalu masukkan kue Butter yang sudah dibuat ke dalam toples agar tetap renyah

Tugas ngebuat kue kue Butter pun udah selesai. Nyam.. Nyam.. Saatnya bunda yg praktekin dirumah yah.. :*

Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang

Gambar Bolu Pandan Tanpa Pengembang
Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang
Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang (Emulsifier) atau Pandan sponge cake ini bisa bunda coba dengan mudah. Bahan-bahan bolu pandan pun bisa dibilang sama, yang beda hanya penggunaan bahan pengembang nya. Berikut ini adalah cara membuat bolu pandan tanpa emulsifier yang bisa bunda coba..

Bahan
  • 4 butir telur
  • 160 gr gula pasir
  • 160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 60 ml minyak sayur
  • 90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) 
  • 3/4 sdt pasta pandan, atau secukupnya
Cara membuat
  1. Panaskan oven dengan suhu 150'C. Alasi loyang bulat yg diameternya 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). (Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan). Sisihkan
  2. Kocok telur menggunakan handmixer dengan kecepatan 3 (sedang). Ketika telur kocok mulai berbuih/berbusa dan putih, lalu tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sembari terus dikocok. Tambahkan garam dan vanila bubuk, kocok rata. 
  3. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak agar halus, 3 tahap. Tiap kali dimasukkan, aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata. (bisa juga memakai mixer dengan kecepatan terendah, sebentar saja)
  4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit. Lalu tambahkan juga pasta pandan , kemudian aduk balik dengan menggunakan spatula (bisa juga memakai mixer dgn kecepatan terendah, sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
  5. Tuangkan adonan tadi ke dalam loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang agar gelembung udara yang tertinggal hilang. 
  6. Panggang adonan selama 30 menit dengan suhu 150'C, Selanjutnya naikkan suhu menjadi 160'C. Panggang lagi selama 25-30 menitan, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
  7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini berguna untuk mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang, dinginkan cake di atas rak kawat.
  8. Potong-potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  

TIPS MASAKAN - Untuk mempercepat hasil telur mengembang dengan baik, rendam terlebih dahulu telur menggunakan air anget (Telur akan mengembang baik di suhu hangat +- 40C)
Ayak tepung terigu untuk hasil yang lebih lembut lagi, bisa gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau bisa juga dengan menambahkan sejumlah maizena (dan mengurangi porsi terigunya)
contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]
Sebaiknya gunakan santan yang tidak di dinginkan dari kulkas, atau jika dingin maka hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. (Kalo santan dingin biasanya susah nyampur sempurna di adonan)

XPRESS Redi Cooker Pembuat Kue Masak Panggang Goreng Bakar
alat membuat kue elektrik merupakan sebuah oven mini yang bisa digunakan untuk memanggang aneka macam kue seperti kue nastar, kue kering, pizza, martabak, burger, brownies, dan masih banyak lagi kue panggang lainnya bisa dibuat menggunakan oven mini praktis ini.
  • Alat masak serbaguna
  • Lapisan teflon anti lengket
  • Dilengkapi timer
  • Penggunaan daya 750W
Original Price:
RP 493.830
Discount: 26% by UOB
Rp 365.800
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn