Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Padang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Padang. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial

Resep Masakan Harian | Cara Membuat Ayam Saus Padang - Masakan ini begitu nikmat dan lezat saat disantap, bumbu rempah-rempah khas nusantara yang komplit mampu menyatu kedalam celah daging ayam yang empuk. Ditambah kombinasi bumbu masakan asli yang pas dapat menciptakan rasa nikmat tiada tara. Ayam Saus Padang menjadi salah satu kuliner favorit yang layak dan wajib dicoba dirumah.

Resep dan Bumbu Ayam Saus Padang Spesial
Berikut ini adalah Artikel berisi resep ayam saus padang, resep ayam saus padang asli, resep ayam saus asam manis, cara membuat saus padang, resep saus padang asli, resep ayam saus pedas, resep masakan saus, resep ayam saus kecap, resep ayam bumbu saos padang.

Untuk membuat masakan Ayam Saus Padang yang enak dan lezat ini sebenarnya tidak susah, hanya saja diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk hasil masakan yang sempurna. Soal apa saja resep bumbu Ayam Saus Padang ini, bunda tak perlu lagi bingung, masakan Ayam Saus Padang sebenarnya resepnya sangan mudah dan sederhana lhoo. Bunda pasti langsung bisa praktek membuat sendiri dirumah. Seperti ini resep dan cara membuat Ayam Saus Padang Spesial Enak dan Lezat..

Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Saus Padang:

  • 250 gram dada ayam
  • Iris tipis atau potong dadu.


Bahan Pelapis Ayam Saus Padang:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tapioka
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 30ml air matang


Bahan saus Ayam Saus Padang:

  • 1/2 buah bawang bombay, iris kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 sdm sambal balado siap pakai
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • (Garam, gula pasir, kaldu bubuk secukupnya *optional)


Cara Membuat Ayam Saus Padang :

  1. Campur bahan pelapis menjadi satu aduk rata. Masukkan potongan dada ayam aduk rata. *jika ternyata tepung tidak menempel sempurna pada permukaan ayam, boleh ditambah air sedikit demi sedikit dengan cara dipercikkan keatas campuran ayam lalu aduk sambil ditekan2 agar tepung menempel pada ayam. 
  2. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya, setelah minyak benar2 panas masukkan potong ayam berbalut tepung 


Cara Membuat saus Ayam Saus Padang:

  1. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga wangi dan matang. 
  2. Masukkan sambal balado, saus tomat, saus sambal, saus tiram, 1/4 sdt lada bubuk kemudian aduk rata (boleh ditambahkan garam, gula dan kaldu bubuk jika suka). 
  3. Masak hingga saus mengental (boleh ditambah sedikit air jika suka) kalau saya g ditambah air lagi. Setelah saus mengental matikan api masukkan ayam goreng aduk hingga rata.
  4. Dan ayam goreng saus padangpun siap disantap dengan ditemani salad sayur mayyonaise.


Nah seperti seperti itulah Resep rahasia Bumbu Ayam Saus Padang yang enak, lezat, dan nikmat. Sangat mudah dan sederhana bukan? Semoga bunda bisa membuat sendiri Ayam Saus Padang dirumah yaa. Jika bunda sukses membuat masakan ini, jangan sungkan untuk membagikan resep ini ke teman dan kerabat terdekatmu yaa.. Selamat Masak.. 

RESEP MASAKAN PADANG - DENDENG BALADO

Kumpulan Resep Masakan Nusantara - Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kulinernya, maka tidak heran jika negara indonesia banyak dikenal karena kekhasan masakanya. Disetiap daerah memiliki ciri khas masakan tersendiri, resepnya pun satu sama lain mempunyai perbedaan. Seperti halnya Resep Masakan Padang Dendeng Balado, resep masakan dari daerah Padang ini memiliki ciri khas masakan yang unik dengan citarasa balado yang nikmat.

Jika anda ingin mencoba bagaimana cara pembuatan Dendeng Balado Khas Masakan Padang, Silahkan ikuti Resepnya berikut ini.

Bahan Membuat Dendeng Balado :
    Dendeng Balado
  • 1/2 kg daging sapi, rebus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 8 sdm minyak goreng
  • 10 buah cabai merah
  • 12 btr bawang merah
Cara Membuat Dendeng Balado :
  1. Buang urat-urat daging sapi.
  2. Kemudian iris tipis daging tersebut mengikuti arah serat dagingnya.
  3. Remas-remas daging yang sudah di iris dengan air jeruk nipis, dan garam.
  4. Langkah selanjutnya, Jemur potongan daging di panas matahari hingga kering.
  5. Setelah kering, goreng daging sampai renyah di atas api kecil, sisihkan.
  6. Untuk bumbu : Cabai merah, bawang merah ditumbuk kasar. Tumis dalam minyak panas,
  7. bumbui garam, dan air jeruk nipis. Aduk sampai layu.
  8. Masukkan potongan daging, aduk rata lalu angkat dan hidangkan.


Source : Dari Berbagai Sumber

Resep Masakan Padang Ayam Pop

Resep Ayam Pop Khas Masakan Padang - Konon kabarnya ayam pop merupakan resep warisan masakan ayam khas Sumatera Barat. Benar saja, tercatat hingga saat ini ayam pop masih sangat populer dan sering dijumpai di Rumah Makan Padang dan Minang.

Soal resep dan bumbu yang digunakan untuk memasak ayam pop khas Padang ini sebenarnya ada beragam. Namun ada cara sederhana dan bumbu sederhana untuk membuat masakan ayam pop yang enak dan lezat. Berikut adalah resep yang bisa bunda coba dirumah..

Resep Ayam Pop
Masakan Ayam Pop by Tumblrcom


Bahan Baku:


  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai
  • 2 buah asam kandis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 cm jahe digeprek
  • 4 cm lengkuas digeprek
  • 700 ml air kelapa
  • 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
  • minyak untuk menggoreng secukupnya


Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • garam secukupnya

CARA MEMBUAT AYAM POP :

  1. Potong-potong daging ayam kampung menjadi beberapa bagian sesuai dgn selera dan cuci sampe bersih, atau lepas kulitnya lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Cuci bersih lagi baru kemudian lumuri dengan bumbu yang sudh dihaluskan, diamkan  selama 60 menit supaya bumbu meresap.
  2. Tuang air kelapa kedalam panci atau wajan lalu masukkan daun salam, daun jeruk, serai, asam kandis, jahe, lengkuas dan kaldu bubuk serta masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi. Masak dengan diungkep (tutup) hingga kuah atau rebusan air kelapa hampir habis serta bumbu menyerap. Matikan api, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian goreng ayam sebentar saja hanya dicelupkan ke minyak yang sudah benar-benar panas. Celupkan bolak-balik lalu angkat dan tiriskan serta siap untuk disajikan bersama sambalnya.

Resep dan Cara Membuat Bumbu Sambal Yang Pas Untuk Masakan Ayam Pop

Bahan & Bumbu sambal Ayam Pop:


  • 8 buah cabe keriting merah
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • air untuk merebus secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuat Sambal Untuk Ayam Pop

  1. Rebus bahan-bahan sambal dengan air secukupnya hingga matang atau layu, kecuali garam, gula dan kaldu bubuk. 
  2. Angkat dan ulek hingga halus kemudian tumis dengan sedikit minyak panas hingga harum. 
  3. Tuang 50 ml air, garam, gula dan kaldu bubuk lalu aduk rata dan masak hingga mengental.

Resep Cara Membuat Gulai Nangka Khas Masakan Padang

Resep Gulai Nangka - Jika bunda punya nangka muda atau gori (jawa) dirumah, boleh juga nih dibuat masakan gulai. Walaupun sebenarnya bunda juga bisa membuat menu masakan yang lain, tapi menurut saya ini yang paling mudah untuk dibuat. Resepnya sangat simpel dan praktis, tinggal ulek bumbu dan masak, jadi deh gulai nangka yang super enak.. Seperi ini nih resep dan cara membuatnya..

Resep Cara Membuat Gulai Nangka

Atau bunda pengen nyoba aneka resep gulai lainya? Coba deh baca resep ini:

Panduan Cara Membuat Gulai Nangka  Khas Masakan Padang Yang Enak dan Lezat


Bahan :

  • sekitar 800 gram nangka muda, bersihkan potong2, rebus di air mendidih sampai empuk, tiriskan buang airnya 
  • Kacang panjang secukupnya potong2
  • 500 gram ceker ayam/daging tetelan
  • Secukupnya air untuk merebus ceker
  • 800 ml santan cair
  • 300 ml santan kental dari perasan pertama
  • Cabe rawit utuh sesuai selera
  • Garam, kaldu jamur, merica dan gula secukupnya.


Bumbu Tambahan :

  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk sobek2
  • 1 batang sereh memarkan
  • 3 cm kayu manis
  • 3 buah kapulaga
  • 1 buah bunga lawang/pekak .


Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • 1/4 sdt jinten bubuk .


Cara Membuat :

1. Rebus ceker dengan secukupnya air dulu sampai empuk.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan semua bumbu tambahan tumis lagi sampai bumbu benar2 matang dan mengeluarkan minyak.

3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, tambahkan santan cair didihkan.

4. Masukkan nangka dan kacang panjang serta cabe rawit utuh, bumbui garam, kaldu jamur, merica dan gula secukupnya, didihkan dan masak sampai bumbu meresap dengan api sedang sambil diaduk sesekali.

5. Terakhir tambahkan santan kental, masak dan didihkan sekali lagi, jangan lupa cek rasa, siap disajikan.

Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Khas Dendeng Balado | Dendeng Balado adalah salah satu masakan pedas khas masakan Padang. Rasanya nikmat, pedas dan pasti sangat menggugah selera.

Resep masakan ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis dalam hal cara membuatnya. Bunda tinggal duplikasi resep dan cara membuat dendeng balado kering, basah dan pedas dibawah ini..

Resep Dendeng Balado Pedas

Bahan untuk membuat dendeng balado:


  • 400 gram daging gandik
  • 8 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng


Bahan Bumbu dendeng balado di tumbuk kasar:


  • 7 butir bawang merah
  • 9 buah cabe merah besar


Cara Membuat Dendeng Balado yang Enak:

Tutorial, tips dan cara mudah membuat dendeng balado yang enak dan mudah, bisa bunda simak seperti pada langkah memasak berikut..

  1. Daging di iris tipis searah dengan seratnya.
  2. Taruhlah irisan daging di loyang tanpa minyak. Masukkan ke oven dan panaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau hingga kering. Dinginkan
  3. Goreng irisan daging yang sudah di oven menggunakan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar, beserta daun jeruk, daun salam, dan juga serai hingga harum.
  5. Terakhir, masukkan daging dendeng, garam, dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok air asam, aduk sampai rata. 
  6. Angkat dan sajikan dendeng balado pedas yang baru dibuat.

Resep Masakan Ikan Mujahir Kuah Kuning Spesial

Resep Mujair Kuah Kuning Spesial

Resep Ikan Mujair Kuah Kuning Istimewa - Ikan mujahir sebenarnya dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya adalah dengan dimasak Kuah Kuning. Kamu hanya memerlukan sedikit kreasi untuk mendapatkan hasil masakan yang spesial.

Bahan dan bumbu yang harus kamu persiapkan untuk membuat Resep Ikan Mujair Kuah Kuning bisa dilihat di bagian bawah. Tenang, disini sudah dilengkapi langkah demi langkah cara memasak masakan yang enak kok. So, simak resep cara membuatnya berikut ya..

Bahan-bahan:
  • 6 ekor ikan  mujair, bersihkan 
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • merica bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
  • air secukupnya


Bahan Bumbu halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri yang sudah disangrai


Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Ikan Pindang Spesial Khas Padang

Cara membuat:
  1. Bumbui ikan mujair terlebih dahulu dengan bumbu bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan juga ketumbar. Rendam ikan mujair kedalam bumbu sebentar, lalu goreng hingga matang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai wangi. Setelah itu masukkan batang serai yang sudah digeprek, cabai rawit utuh dan juga daun salam. Tumis semua bahan hingga harum.
  3. Tuangi sedikit air. Tambahkan gula,  garam, dan merica secukupnya saja. Aduk hingga mendidih. 
  4. Terakhir, Masukkan ikan dan irisan tomat, masak sampai kuah berkurang dan meresap kedalam daging ikan.


Resep Ikan Mujair Kuah Kuning diatas bisa kamu coba sendiri dirumah, dijamin mantap deh..! Yuk, kreasikan masakan kamu. Kamu boleh mengirimkan resep hasil masakan kamu apa saja di blog ini dan resep kamu akan kami publise.  

Resep Masakan Kentang Bumbu Kari Super Lezat

Resep Hari Ini | Cara Memasak Kentang Bumbu Kari - Kentang masak kari ternyata enak juga lho bund.. Nggak kalah rasa sama masakan kari ayam atau kari-kari yang lain. Kari memang sangat familiar dan sering disajikan pada menu masakan padang, tapi disini kita bisa membuatnya dengan bahan dan bumbu sederhana. 
Resep Kentang Bumbu Kari
Resep Masakan Kentang Bumbu Kari Yang Enak

Nah, kalau Bunda pengen coba, bisa pakai kentang untuk dimasak kari. Seperti ini nih resep dan bumbu rahasia kari kentang yang bisa bunda coba..

Bahan dan Bumbu Kentang Kari:

  • 600 g kentang ukuran sedang, kupas, potong 4
  • 2 sdm minyak sayur
  • 100 g bawang Bombay, iris kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 100 g daging sapi, iris tipis
  • 100 ml kecap Jepang
  • 1 sdt bumbu kari bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 750 ml air
  • 50 g kapri muda, bersihkan

Cara membuat Kentang Kari Spesial Enak:

  1. Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  2. Masukkan daging sapi, aduk hingga kaku.
  3. Tambahkan bumbu dan air. Didihkan.
  4. Masukkan kentang, masak dengan api kecil hingga kentang lunak dan kuah hampir habis.
  5. Masukkan kapri, aduk hingga layu. Angkat.

Resep Sate Kakul Nikmat Khas Bali

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali - Hai bunda, kemarin mimin sempet share resep masakan tradisional Plecing Kangkung Bumbu Kacang yang lezat. Edisi hari ini mimin akan berbagi resep sate unik, yaitu Sate Kakul. Apa itu sate kakul? Mungkin sebagian dari bunda-bunda disini udah pada tau apa itu sate kukul, yang belum tau simak ya penjelasanya..

Gambar Sate kakul

'Sate kakul merupakan jenis kuliner lezat khas pulau bali. Terbuat dari bahan utamanya kerang darah dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara. Bukan hanya terkenal dibali di beberapa daerah seperti Jawa dan Medan juga sebagian sudah populer dengan jenis masakan ini '.

Nah, sekarang sudah tau kan sate kukul itu apa? Tinggal bagaimana cara membuatnya dan resep bumbu-bumbunya apa saja. Yuk simak resepnya berikut ini:

Bahan Utama Sate Kakul :

  • 350 gram Kerang darah 
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 1 sendok makan Air asam jawa
  • 1 sendok teh Garam 
  • Tusuk sate secukupnya


Bumbu halus Sate Kakul :

  • 5 butir Bawang merah 
  • 2 siung Bawang putih 
  • 2 cm Jahe 
  •  2 cm Kencur
  • 3 butir Kemiri disangrai 
  • 1 sendok teh Terasi goreng 
  • 1 sendok teh Garam 


Langkah Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali :

  1. Rebus kerang bersama serai, air asam jawa, dan juga garam sampai mendidih, angkat lalu tiriskan.
  2. Campurkan bumbu halus dan kerang rebus, aduk  rata.
  3. Tusuk-tusuk kerang dengan menggunakan tusukan sate sampai habis. Lalu bakar di atas bara api hingga matang.
  4. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bersama saus / sambal kacang pedasnya.
Seperti itulah bunda resep dan cara membuat sate kukul / sate kerang, mudah dan praktis banget kan? Selain resep diatas, bunda juga bisa nyoba Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang yang tentunya lebih makyus lagi. Selamat masak..! 
------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Gulai Ikan kakap Ala Masakan Padang

Cara membuat Resep Gulai Ikan Kakap Padang ternyata tidak sulit, hanya membutuhkan sedikit bumbu, menu pun siap untuk diracik menjadi hidangan yang sangat Lezat.

Berikut adalah cara Membuat Gulai ikan kakap ala masakan Padang :

Bahan :
  • 1 ekor ikan kakap yang sudah dibersihkan
  • 300 cc santan
  • 1 tangkai serai, tumbuk
  • 1 ruas laos, Tumbuk
  • 2 lbr daun jeruk
Bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 4 biji kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe. 
Cara membuatnya :
    Resep gulai ikan Kakap Ala Masakan Padang
  1. Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, dan daun jeruk. Setelah harum tambahkan santan. 
  2. Tunggu sampai mendidih kemudian masukkan ikan biarkan hingga kuah agak mengental. 
  3. Angkat dan sajikan.


Selamat Mencoba.... !!

Resep Cara Membuat Ikan Asam Padeh Khas Masakan Padang Super Lezat

Selain masakan rendang dan dendeng balado yang bisa bunda cicipi, makan lain yang wajib bunda coba adalah Ikan Asam Padeh khas masakan Padang ini. Nyam Nyam. Bikin lidah bergoyang nih.

Untk menikmati masakan Ikan Asam Padeh yang enak dan nikmat, bunda tidak perlu ngeluarin kocek yang dalam buat beli di rumah makan Padang. Bunda bisa mencoba memasaknya sendiri dirumah.

Resep Resep Ikan Asam Padeh

Makanya, disini kami bagikan resep rahasianya secara gratis. Simak baik2 yah cara mudah  dan gampang membuatnya berikut ini..

Bahan-bahan:


  • 300 gr ikan tongkol, potong-potong
  • garam secukupnya
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bumbu tumis:


  • 4 buah belimbing sayur
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 butir kapulaga
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit, potong-potong
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus:


  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • garam secukupnya
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas jahe


Cara memasak Ikan Asam Padeh yg Enak:


  1. Bersihkan ikan tongkol hingga bersih. 
  2. Rendam ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan juga garam.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus sampai wangi. 
  4. Masukkan lagi semua bumbu tumis. Tambahkan 1 gelas kecil air agar bumbu tidak gosong dan terlalu kental. 
  5. Tumis lagi hingga kuahnya menjadi berkurang dan agak mengental.
  6. Masukkan ikan tongkol dan belimbing sayur.
  7. Lalu tambahkan air sedikit lagi hingga ikan terendam dengan bumbu. 
  8. Masak sampai bumbu meresap kedalam ikan tongkol. Cicipi
  9. Angkat dan sajikan 

Ikan Asam Padeh Paling enak disajikan dengan nasi yang tidak terlalu akas, dan dinikmati pas musim seperti sekarang ini. Yuk segera di praktekin bun..! Nyam nyam..

Resep Ayam Bumbu Serai Khas Thailand, Resepnya Ternyata Gampang!

Masakan Khas Thailand - Pernah coba masakan khas thailand yang satu ini bunda? Yups Ayam Bumbu Serai, masakan ini sangat populer di negara asalnya. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan menu masakan ini melekat di lidah para penikmatnya.. 
Sebagai gambaran saja, masakan Ayam Bumbu Serai ini diolah kering atau goreng dengan kombinasi bumbu rempah yang khas. Tapi sebenarnya, untuk resep Ayam Bumbu Serai khas Thailand juga tak beda jauh dengan menu ayam goreng yang lain, hanya saja ada beberapa proses dan bumbu yang ditambahkan untuk memperkuat rasa gurihnya. Penasaran bagaimana cara membuat Ayam Bumbu Serai ini? Yuk ikuti step by step tutorial memasak berikut ini:

Bahan dan Bumbu Ayam Bumbu Serai :

  • 500 gr daging ayam, potong-potong
  • 10 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
  • 3 batang serai, potong-potong
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada hitam

Cara membuat Ayam Bumbu Serai :

  1. Ulek serai, garam dan lada hitam hingga halus dan serai hancur.
  2. Campur bumbu ulek dengan saus tiram, kecap asin, gula, daun jeruk dan tepung. Masukkan daging ayam dan biarkan terendam bumbu kurang lebih selama 30 menit.
  3. Goreng ayam dan bumbunya hingga matang. Angkat  dan tiriskan dari minyak (Biasanya bumbu lebih cepat matang)
Selesai sudah cara membuat masakan khas thailand-Ayam Bumbu Serai yang renyah dan garing. Tingga menikmati hasil masakan yang sudah kita buat tadi.. Nyam..Nyam.

Link Selanjutnya: Spesial Resep Praktis Kari Kambing Pedas Gurih Sederhana dan Resep Gulai Ikan kakap Ala Masakan Padang

Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Enak dan Praktis

Ayam Goreng Penyet Sambal IjoPilihan lain untuk resep penyetan adalah Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo, cara membuatnya pun umumnya sama seperti pada Resep Membuat Ayam Penyet Krispy pada ulasan sebelumnya. Yang membedakan disini adalah menggunakan cabai hijau untuk sambalnya. Yups, sekilas lebih mirip Sambal lado Hijau Khas masakan Padang.

Resep Praktis Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Khas Banyuwangi
Resep Praktis Cara Membuat Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo
via img.google.com

Nah, mungkin resep ini bisa bunda coba untuk selingan dan kreasi masakan yang lain. Okey.., kira-kira seperti ini resepnya..

Bahan Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo :

  • 1 ekor ayam (potong menjadi 6 atau 8 sesuai selera)
  • 5 siung bawang putih (haluskan) 
  • 2 batang serai geprek
  • 4 lembar daun jeruk 
  • Kunyit 5 cm (haluskan) 
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya) 
  • 5 buah kemiri (haluskan) 
  • 1/2 sdt lada halus 
  • Garam (secukupnya) 
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)


Bahan Sambal Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah 
  • 10 cabe rawit hijau 
  • Garam (secukupnya)


Cara Membuat Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo :
  1. Masak ayam daging bersama batang serai,bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan juga  daun jeruk. Rebus sampai bumbu meresap dengan baik yaa. Kalau sudah, angkat dan dinginkan baru kemudian digoreng dengan minyak panas.
  2. Goreng ayam yang sudah dingin tadi hingga berwarna kuning kecokelatan.
  3. Sambil nunggu menggoreng ayamnya matang, buatlah sambal ijonya. 
  4. Caranya dengan menghaluskan sambal memakai cobek dan ulekan. Jika sambal sudah halus, siram sambal dengan sedikit minyak panas agar rasanya lebih nikmat. 
  5. Saat ayam matang, angkat dan tiriskan. 
  6. Penyet ayam goreng menggunakan sambal ijo. 
  7. Ayam goreng penyet sambal ijo yang barusan dibuat pun siap untuk disajikan. Yummy.. Nyam.. Nyam..

Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang

Resep Cara Memasak Seafood Kerang Saus Padang Yang Enak Dan Lezat

Cara Memasak Seafood Kerang Saus Padang Yang Enak

  1. Haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan jahe.
  2. Rebuslah kerang dengan air mendidih hingga cangkang terbuka, angkat dan tiriskan. Lepaskan daging kerang dari cangkangnya menggunakan tusuk gigi, kemudian cuci bersih.
  3. Selanjutnya masuk dalam tahap masakan. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan daging kerang, aduk rata.
  4. Tambahkan sedikit air masak hingga mendidih. Jangan lupa masukkan saus tomat, saus tiram, saus cabai, kaldu ayam bubuk, gula pasir , merica bubuk dan garam. Masak lagi hingga matang dan bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan Masakan Kerang Saus Padang selagi hangat.

Bahan Pudding Pandan
Quantity

- Kerang Hijau     
- Jahe      
- Air         
- Minyak Goreng
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Saus Tomat        
- Saus Tiram         
- Saus Cabai          
- Kaldu Ayam Bubuk         
- Gula Pasir           
- Merica Lada Bubuk   
- Garam    


1 kg
2 cm
Secukupnya
2 sendok makan
4 buah
2 siung
5 sendok makan
4 sendok makan
1 sendok teh
1 sendok teh
1 sendok makan
1 sendok teh
Secukupnya

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Pizza Tahu Enak Sederhana