Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Rica Rica. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Rica Rica. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Aneka Masakan Ayam Yang Enak - Waduh! Kalo membahas soal masakan rica-rica, pasti bikin perut keroncongan ya bund... Apalagi rica-ricanya dimasak pedes sedikit berkuah, hemm.. makin bikin nggak nahan deh. 
Resep Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat
Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Ngomongin soal masakan rica-rica nih, kalau bunda punya sayap ayam didapur dan bingung mau dimasak apa yang enak dan lezat, mending dibikin rica-rica sayap ayam aja. Dijamin maknyuss deh! Jelas masakan ini sangat sederhana banget, resep dan bumbunya juga simple kok. Yuk coba resep sayap ayam yang disajikan dengan bumbu rica-rica ini bunda.. 

Bahan Sayap Ayam Rica-rica:

  • 500 gram sayap ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam dan gula secukupnya

Bumbu Rica-rica Halus:

  • 10 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt merica
  • 1 butir kemiri
  • 2 cm jahe

Cara Memasak Sayap Ayam Rica-rica Super Lezat:

  1. Potong sayap jadi dua dan bersihkan.
  2. Rendam sayap ayam dalam air panas selama kurang lebih 3 menit.
  3. Buang airnya dan tiriskan sayap ayam.
  4. Marinasi sayap ayam dengan jeruk nipis dan garam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Tumis semua bumbu halus dan tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai.
  6. Masak sampai harum lalu masukkan sayap ayam.
  7. Aduk rata dan beri sedikit air.
  8. Masak sampai air menyusut.
  9. Matikan api, sayap ayam siap disajikan.

7 Resep Ayam Rica Rica Spesial Pilihan Bunda

Kumpulan Resep Pilihan Rica-rica Ayam Istimewa - Resep ini adalah resep ayam masak rica-rica pilihan. Buat bunda yang pengen memasak ayam dengan menu yang berbeda, bisa deh ini dijadikan bahan pertimbangan yang tepat. Berikut adalah kumpulan resep ayam rica pilihan yang bisa dicoba..


1. Rica Rica Ayam potong




Resep ini adalah kreasi dari dapurnya bunda Ana Rahma asal kota semarang, Bunda bisa ikuti resep beliau seperti ini:

Bahan dan Bumbu:

  • 500 gr ayam potong
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 1/2 ruas jarijahe
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jarilengkuas (memarkan)
  • 2 buah   sereh ( memarkan )
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 6 sdm kecap
  • 500 ml air kelapa
  • 600 ml air
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • minyak goreng untuk menggoreng ayam


Langkah Cara Membuatnya:

  1. Daging ayam dipotong kecil - kecil lalu beri perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit. Biar daging ayam tidk hancur ketika di masak, goreng dulu setengah matang daging ayam yg telah di potong kecil2.
  2. Haluskan bumbu2 ayam rica-rica dengan cara diulek menggunakan cobek. 
  3. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan daun salam, lengkuas yg telah di memarkan, cabe rawit, dan juga daun jeruk hingga tercium bau dan bumbu berwarna kecoklatan.
  4. Masukkan ayam yang sudah di goreng setengah matang kedalam bumbu sambil di aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Masukkan air kelapa aduk, masukkan garam, merica bubuk dan kecap aduk hingga medidih.  
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih


2. Rica Rica Ayam Kampung


Resep rica rica ayam kampung dibawah ini merupakan resep kiriman dari mbak Puspa Ayu Mulatsih, Bunda bisa ngikutin resep beliau dibawah ini..

Bahan-bahan:

  • 1 kg Ayam Kampung (potong kecil-kecil)
  • 1200 ml air
  • 11 bh bawang putih
  • 11 bh bawang merah
  • 3 btr kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 btg sere (memarkan)
  • 3 ruas jari laos ( memarkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • gula dan garam secukupnya
  • 10 sdm Kecap manis
  • 19 bh cabai rawit orange
  • minyak goreng secukupnya


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Haluskan sumua bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan jahe.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama laos, sere, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging ayam, gula dan garam, aduk-aduk.
  4. Tambahkan air, merica bubuk, dan juga kecap manis. Masak sampai daging ayam empuk dan bumbu meresap. 
  5. Bila sudah masak dan kuah mulai sedikit berkurang, angkat dan hidangkan.


3. Dada Ayam Masak Rica-Rica

Resep Rica dada ayam ini berasal dari bunda Devyna asal Samarinda, Kaltim. Seperti ini resep cara membuatnya:

Bahan-bahan dan bumbu:

  • 1 ekor Ayam Ambil Bagian Dada
  • 6 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 10 buah cabe
  • 1 cm Kunyit
  • 2 cm Lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • Lada Bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • 1 batang Sereh (digeprek)
  • 2 lembar Daun Jeruk
  • Daun Kemangi
  • 1 bungkus royco ayam
  • Gula dan garam 


Langkah dan Cara Mebuatnya:

  1. Potong dan Cuci bersih dada ayam, beri garam lalu sisihkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe, jahe, kunyit, lengkuas jadi satu sampai halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukan sereh dan daun jeruk beri air sedikit lalu masukan dada ayam yg sudah diberi garam.
  4. Terakhir masukan lada, ketumbar, gula dan royco lalu aduk sebentar tutup selama 10menit sampai airnya mengental.
  5. Cicipi rasanya setelah itu masukan daun kemangi, angkat dan sajikan.


4. Ayam Rica bumbu kuning



Resep Ayam Rica Bumbu kuning ini adalah kiriman dari bunda Fithriana Nur asal Sampit, Kalteng. Seperti ini resep masakanya..

Bahan dan bumbu masakan:

  • 1/2 kg ayam (ambil dagingnya saja)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas/laos
  • 8 buah cabe
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdm lada bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdm gula
  • 1/4 sdm bumbu penyedap (saya pakai masako rasa ayam)
  • 1 batang serai (digeprek)
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 3 sdm minyak untuk menumis 


Langkah Cara Memasaknya:

  1. Potong dadu daging ayam yang sudah dibersihkan. bumbui dengan garam dan gula, diamkan dan sisihkan
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas/laos dan cabe. (saya blender dengan sedikit air biar gak macet saat di blender)
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, masukan serai dan daun jeruk. tumis sampai harum (dengan api kecil ya)
  4. Masukan ayam yang sudah dipotong dadu kedalam tumisan bumbu, aduk2 sebentar, masukan lada bubuk, ketumbar dan bumbu penyedap lalu tutup wajan penggorengan kira2 10 menit sampai bumbu dan ayam meresap.
  5. Cek apakah sudah matang, wajan yang ditutup akan berair. aduk2 sebentar untuk mengurangi air. 
  6. Jika air sudah berkurang, ayam siap disajikan


5. Resep Rica-rica Tulang Ayam Spesial


Bahan dan Bumbu:

  • 1 kg tulang ayam
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Kunyit + Merica bubuk+jahe secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 batang sereh
  • Lengkuas secukupnya


Tutorial Cara Memasaknya:

  1. Rebus air sampai mendidih kemudian masukan 1 kg tulang ayam, rebus sampai 5 menit, buang air dan tiriskan tulang ayamnya.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, jahe kemiri kemudian tumis sampai baunya harum kemudian masukan sereh, daun salam dan daun jeruk. setelah itu tambahkan sedikit air.
  3. Setelah bumbu halus tercampur, masukan tulang ayam, kemudian tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. ungkep sampai bumbu meresap. angkat dan siap disajikan


6. Resep Rica-Rica Ceker Ayam


Bahan-bahan dan Bumbu:

  • 10 pasangceker ayam
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir cabe rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada butiran
  • 2 batangserai, ambil putihnya, iris tipis agar mudah dihaluskan


Bahan lainnya:

  • 4 lbr daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lbr serai, geprek
  • Garam, gula, dan penyedap
  • 1 butirtomat, iris
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis 


Cara Mudah Membuatnya:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai hingga wangi bumbu tercium.
  2. Tambahkan garam, gula, penyedap dan tomat, aduk rata
  3. Masukkan ceker, tambahkan air hingga ceker terendam, masak hingga air menyusut dan ceker empuk. Angkat dan sajkikan.


7. Resep Rica Ayam Belimbing Wuluh Enak dan Sedap

Resephariini.blogspot.com
Bahan-bahan:

  • 6 potong Ayam, bagi 2
  • 8 buah Belimbing Wuluh, belah tengah
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, ambil putihnya
  • Garam Secukupnya


Bumbu  Halus:

  • 8 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas 


Cara Memasak Mudah:

  1. Tumis Bumbu Halus hingga harum, masukkan sereh, daun salam & daun jeruk. Aduk rata.
  2. Tambahkan sedikit air Dan masukkan Ayam beserta Belimbing Wuluh. Masak hingga matang Dan kuah agak menyurut.
  3. Tambahkan Garam Dan matikan api, sajikan dengan nasi hangat


Itulah ke 7 kumpulan resep masakan ayam rica-rica pilihan yang bisa bunda coba dirumah.. Selamat memasak..

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru

Aneka Masakan Ayam | Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica - Pengen bikin ayam bakar super lezat bunda? Salah satu ayam bakar yang paling saya suka adalah ayam bakar bumbu rica-rica. Selain karena alasan bumbu ayam bakarnya simple dan gampang, rasa daging ayam yang dibakar juga nikmat abis karena bumbunya bisa meresap ke celah-celah dagingnya.. Hemm, Pokoknya MANTAP deh..!
Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru
Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru

Nah, kalau bunda pengen tau resep apa saja yang saya pakai dan bumbu-bumbunya apa saja, Yuk simak dan praktekin resep yang ada dibawah ini.. Semoga bunda setuju yaa dengan resepnya.. hehe

Bahan - Bahan Ayam Bakar:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air

Bumbu Halus Untuk Ayam Bakar:

  • 6 buah cabai merah
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rica-rica yang Enak:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam, diamkan selama 1 jam
  2. Panaskan minyak, masukkan gula pasir. Masak sampai gula larut
  3. Masukkan bumbu halus, aduk sampai harum
  4. Masukkan ayam
  5. Setelah berubah warna, tuangkan air. Biarkan sampai bumbu meresap dan kuah mengental
  6. Bakar ayam di atas bara api sampai harum
  7. Sajikan dengan sisa bumbu

Yummi.. Nikmati ayam bakar buatan buda sambil bercengkerama bersama keluarga dan kerabat terdekat bunda.. Selamat masak dan bahagia bersama keluarga yaa..!

Resep Cara Memasak Ayam Rica-Rica

Resep Cara Memasak Ayam Rica-rica - Pada postingan sebelumnya Resephariini telah memberikan Resep Cara Membuat Udang Pedas Tabur Cabai Hijau yang super pedas, maka pada postingan kali ini Resephariini masih membahas seputar menu masakan yang pedas-pedas juga yaitu Resep Memasak Ayam Rica - Rica.  Nah, bagaimana cara memasaknya dan apa saja  bumbu rica-rica itu? Ikuti resep berikut ..!



Bahan-bahan Yang dibutuhkan:

  • Ayam ukuran sedang, 1 ekor
  • Minyak goreng, 1 cangkir
  • Air, 300 cc

Bahan Bumbu Halus:

    Resep Ayam Rica-rica
  • Bawang merah, 6 butir 
  • bawang putih, 4 siung   
  • Cabe merah, 100 gr 
  • Tomat,  2 buah 
  • Jahe, 1 cm 
  • Gula pasir, 1 sdt 
  • garam secukupnya

Cara memasak Ayam Masak Rica-rica :

  1. Langkah pertama, Ayam di potong-potong menjadi 4 bagian
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu sampai beraroma harum
  3. Kemudian masukkan ayam kedalam tumisan bumbu tadi dan masak sampai bumbu tercampur merata
  4. Tambahkan air sedikit dan masak ayam hingga 1/2 matang, angkat
  5. Panggang ayam diatas api sedang sambil di lumuri dengan bumbu yang telah disediakan.


Resep Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning

Resep Masakan Lauk Pauk Harian | Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning - Untuk melengkapi gizi harian keluarga, salah satu menu lauk-pauk yang pas disajikan sebagai hidangan adalah Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning. Dimana kandungan gizi dan protein ikan mujahir sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh.

Gambar Resep Masakan Ikan Mujahir
Resep Masakan Ikan Mujahir

Adapun resep dan cara membuat masakan Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning yang lezat dan nikmat, ada beberapa bahan bumbu rahasia yang harus digunakan seperti lengkuas, serai, belimbing sayur dan masih banyak lagi. 

Rekomendasi resep lainya:

Bahan dan Bumbu:
  • 500 gr ikan mujair
  • 1 butir jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ikat daun kemangi, petik daunnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 350 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 buah belimbing sayur, potong bulat

Bumbu yg dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • ¼ sdt merica butir
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Memasak Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit. Bilas.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas dan serai hingga harum dan matang. Tuang air, masak hingga mendidih. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.
  3. Masukkan ikan, belimbing sayur dan cabai rawit. Masak hingga ikan matang. Matikan api. Masukkan daun kemangi aduk rata. Angkat.
  4. Sajian dengan nasi putih hangat sangat cocok untuk Ikan Kuah Acar Kuning ini, semoga resep di atas bisa menjadi pilihan saat memasak. Selamat mencoba :)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *