Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Sunda. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Sunda. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Dan Cara Membuat Karedok Khas Sunda

Resep Masakan Sunda | Resep Cara Membuat Karedok

 Kemarin resep Hariini sudah membagikan resep aneka kue yang lengkap di postingan sebelumnya. Nah, pada postingan kali ini kembali resephariini bagikan resep masakan daerah sebagai wujud cinta akan kuliner nusantara.

Artikel berikut akan mengulas resep masakan sunda cara membuat karedok yang enak, berikut adalah resep rahasianya :
Bahan: 
    Resep Cara Membuat karedok
  • 100 gr taoge segar
  • 100 gr kacang panjang potong kecil
  • Daun kol iris halus
  • 100 gr terong
  • 100 gr bengkoang, potong 1/2 cm
  • 100 gr mentimun, belah, potong 1/2 cm
  • 25 gr daun kemangi
Bumbu kacang : 
  • 200 gr kacang tanah, goreng
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 sdt kencur cincang
  • 1/2 sdt terasi
  • 1-2 sdm cuka
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 150 ml air matang
Cara Membuat Karedok: 
1. Ulek semua bahan-bahan bumbu kacang hingga halus.
2. Campurkan semua bahan sayur-sayuran mentah dengan bumbu kacang, aduk rata.
3. Karedok siap untuk dihidangkan
Demikianlah resep lengkap cara membuat karedok khas sunda yang bisa anda coba dirumah, Semoga Menu Masakan Nusantara akan semakin mendunia dengan kita selalu melestarikanya.

Resep Karedok Khas Asli Sunda Yummi Banget

Resep dan Cara Membuata Karedok Khas Sunda Yang Enak dan Mudah - Karedok akan lebih nikmat jika disantap pas musim hujan seperti sekarang ini. Yups, apalagi kalo dibuat pedas.. Yummi! Makin bikin tambah laper aja nih..

Nah, kalo bunda lagi pengen makan karedok tapi males beli diluar, lebih baik buat sendiri aja deh.. Cara membuatnya gampang kok, nggak pake ribet dan nggak pake lama, alias praktis banget. Seperti resep masakanya bunda cantik +Nuur Hayati berikut ini.. Dicoba Yukk..!


Bahan dan bumbu Karedok Sunda

  • Kacang panjang, potong kecil secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Cabe rawit secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Garam secukupnya


Bahan dan Bumbu Saus Kacang Karedok

  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • Cabe merah secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Jeruk limau secukupnya
  • Terasi bakar secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air asam secukupnya


Bahan Pelengkap Karedok

  • Tauge segar secukupnya
  • Kacang panjang, iris-iris kecil
  • Sayuran kol, iris-iris secukupnya
  • Terong bulat, iris-iris secukupnya
  • Daun kemangi, haluskan secukupnya
  • Mentimun, iris-iris secukupnya


 Cara Mudah Membuat Karedok Khas Sunda Yang Enak

  1. Haluskan semua bumbu saus kacang untuk karedok dengan cara diulek/digiling halus. 
  2. Lalu masukan sayuran segar yang sudah diiris dan direbus ke dalam ulekan berisi bumbu halus tersebut bersama dengan bahan pelengkap lainnya, aduk merata.
  3. Karedok pun siap disantap. Yummi


------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep dan Cara Membuat Sayur Oyong Bumbu Manis


Resep dan Cara Memasak Sayur Oyong - Sayur gambas atau dalam bahasa sunda di kenal dengan sebutan sayur oyong ini biasanya sering dimasak untuk campuran sayur sop. Kesegaran dan kenikmatan sayur oyong ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh loh bunda. 

Ternyata, sayur gambas (Oyong) memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya, seperti vitamin A, B dan C. Selain itu, gambas atau oyong juga sangat rendah kadar gulanya, sehingga  cocok untuk yang diabetes.

Nah.. Bagi bunda yang sedang menyusui, sayur gambas ini juga sangat baik untuk membantu meningkatkan air susu ibu (ASI) lhoo.. Jadi, tunggu apa lagi.! Yuk segera memasak sayur oyong menjadi masakan yang lezat seperti Sayur Oyong Bumbu Manis berikut ini;

Bahan-Bahan Sayur Oyong:

  • 3 buah oyong muda, kupas, potong-potong
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 buah cabai merah besar, iris tebal
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gr udang, kupas
  • 1 liter air kaldu daging
  • 50 gr jamur merang, iris
  • 50 gr melinjo
  • 50 gr kapri
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula merah, serut
  • 3 sdm kecap manis
  • 100 ml santan kental
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu Sayur Oyong yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • ½ sdt terasi
  • ½ sdt biji ketumbar

Cara Memasak Sayur Oyong Menjadi Olahan yang Lezat dan Sehat:

  1. Kupas oyong, potong-potong. Sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabai merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan udang, masak sebentar hingga udang berubah warna. Angkat dan sisihkan.
  3. Didihkan air kaldu daging, masukkan tumisan, oyong, kapri. Tambahkan garam, gula merah, kecap dan santan, aduk rata hingga semua bahan matang.
  4. Matikan api, beri air asam jawa, aduk. Angkat.