Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Tradisional. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Tradisional. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Sate Kakul Nikmat Khas Bali

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali - Hai bunda, kemarin mimin sempet share resep masakan tradisional Plecing Kangkung Bumbu Kacang yang lezat. Edisi hari ini mimin akan berbagi resep sate unik, yaitu Sate Kakul. Apa itu sate kakul? Mungkin sebagian dari bunda-bunda disini udah pada tau apa itu sate kukul, yang belum tau simak ya penjelasanya..

Gambar Sate kakul

'Sate kakul merupakan jenis kuliner lezat khas pulau bali. Terbuat dari bahan utamanya kerang darah dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara. Bukan hanya terkenal dibali di beberapa daerah seperti Jawa dan Medan juga sebagian sudah populer dengan jenis masakan ini '.

Nah, sekarang sudah tau kan sate kukul itu apa? Tinggal bagaimana cara membuatnya dan resep bumbu-bumbunya apa saja. Yuk simak resepnya berikut ini:

Bahan Utama Sate Kakul :

  • 350 gram Kerang darah 
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 1 sendok makan Air asam jawa
  • 1 sendok teh Garam 
  • Tusuk sate secukupnya


Bumbu halus Sate Kakul :

  • 5 butir Bawang merah 
  • 2 siung Bawang putih 
  • 2 cm Jahe 
  •  2 cm Kencur
  • 3 butir Kemiri disangrai 
  • 1 sendok teh Terasi goreng 
  • 1 sendok teh Garam 


Langkah Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali :

  1. Rebus kerang bersama serai, air asam jawa, dan juga garam sampai mendidih, angkat lalu tiriskan.
  2. Campurkan bumbu halus dan kerang rebus, aduk  rata.
  3. Tusuk-tusuk kerang dengan menggunakan tusukan sate sampai habis. Lalu bakar di atas bara api hingga matang.
  4. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bersama saus / sambal kacang pedasnya.
Seperti itulah bunda resep dan cara membuat sate kukul / sate kerang, mudah dan praktis banget kan? Selain resep diatas, bunda juga bisa nyoba Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang yang tentunya lebih makyus lagi. Selamat masak..! 
------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep dan Cara Membuat Kue Pastel Goreng Kering dan Renyah

Gambar dan resep Kue Pastel Goreng Kering
Resep pastel adalh salah satu kue atau jajanan tradisional yang cukup banyak peminatnya, resep kue pastel ini cukup mudah ditemui mulai dari pedagang kali lima hingga restoran, dan juga jajanan pasar ini banyak digunakan sebagai suguhan diberbagai macam acara, baik itu acara formal maupun acara non formal.

Kalau ngomongin kue pastel ada beberapa varian seperti resep pastel tutup, resep pastel basah, dan resep pastel goreng. Dari ketiga resep pastel tersebut yang paling populer di masayarakat adalah resep pastel goreng. Maka dari itu pada kali ini Resep Masakan Bagus akan berbagi salah satu varian resep pastel yang gurih yaitu Resep Pastel Goreng kepada anda. 

Jika anda sudah mengetahui cara membuat pastel dan sering membuatnya tetapi kulit dari resep pastel renyah menjadi lembek atau tidak renyah. Dulu waktu saya pertama kali belajar membuat pastel goreng juga agak bingung mencari cara supaya resep pastel ini bisa jadi renyah. Tapi sekarang jangan khawatir karena kami akan berbagi rahasia supaya pastel ini jadi enak dan tentunya sangat renyah.


Bahan untuk Isi Pastel Goreng
  • 1 buah Kentang yang besar di Potong dadu kecil
  • 2 buah wortel ukuran sedang di Potong kecil
  • 1 papan bihun, guyur air panas hingga empuk lalu tiriskan, kalau sudah kering kasih kecap 3 sendok makan
  • 2 butir telor ayam, direbus dan dipotong kecil-kecil
  • 2 helai daun bawang
  • Garam yang secukupnya
  • 20 butir lada biji
  • 2 siung bawang putih 3 siung bawang merah
  • 1/2 gelas air matang
  • Minyak goreng secukupnya 
Cara Membuat Isian Resep Pastel Goreng
  1. Pertama ulek bawang merah, bawang putih, lada, dan garam hingga halus.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya, brsama dengan daun bawang yang sudah di iris-iris tipis, aduk aduk rata hingga wangi, setelah itu masukkan wortel, kentang, dan air matang, aduk aduk kembali hingga airnya kering, kemudian masukkan bihun, aduk hingga sampai merata dan matang, kemudian angkat.
  3. Diamkan bahan isi pastel beberapa saat hingga dingin.

Bahan untuk Kulit Resep Pastel Goreng:
  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telor ayam
  • 4 sendok makan margarin
  • 60 mili liter air dingin
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Kulit Resep Pastel Goreng
  1. Pertama kocok telor lalu masukkan tepung terigu, mentega, garam, dan air dingin, kemudian uleni adonan hingga kalis.
  2. Kemudian pipihkan adonan dengan menggunakan sebuah gilingan kayu hingga tipis. kemudian cetak dengan bentuk lingkaran.
  3. Slanjutnya masukkan bahan isi juga telor rebus ke bahan kulit pastel. Kemudian tutup dan rapihkan pingiran-pinggirannya.
  4. Langkah terakhir goreng pastel hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat, selesai
Sangat menarik bukan pembahasan tentang resep pastel goreng kali ini. Terima kasih anda telah berkunjung di Resep Masakan Hari Ini  dan tunggu resep masakan enak lainnya dari kami seperti Resep Pantel Goreng Renyah ini.

Resep Bumbu Urap Awet Tanpa Bahan Pengawet

Resep Bumbu Urap - Kelezatan rasa urap tergantung dari bumbu yang dipakai, itulah kenapa urap menjadi menu masakan tradisional khas Nusantara yang banyak digemari. 

Ngomongin masalah bumbu urap yang enak, kebetulan mimin barusan ngubek2 isi grup resep masakan gratis di fb yang mimin kelola. Dan disana banyak sekali member yang menanyakan gimana sih cara membuat bumbu urap yang enak dan nggak mudah apek? Lalu bumbu apa yang di pake? 

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini maka mimin menuliskan resep di blog resep masakan harian ini.. Yuk simak..

Resep Bumbu Urap Yang Enak
Resep Bumbu Urap Yang Enak dan Awet

BAHAN:

  • Kelapa muda, parut


BUMBU HALUS:

  • kencur
  • gula
  • bawang putih
  • daun jeruk purut
  • garam 
  • terasi
  • cabe merah / keriting
  • bumbu penyedap rasa


CARA MEMBUAT BUMBU URAP ENAK DAN NGGAK GAMPANG APEK : 
  1. Parut kelapa muda, lalu sisihkan
  2. Haluskan semua bahan bumbu urap, lalu kemudian campur dengan parutan kelapa.
  3. Cicipi (kalo dirasa udah enak) lalu di gongseng atau bisa juga dikukus biar awet.
Bagaimana menurut bundtik? Mudah apa susah resep bumbu urap ala resep hari ini..? Yuk langsung praktek biar tau rasanya gimana.. hehe. Oya, jangan lupa dishare biar banyak bunda yang ikut mencoba juga.. :) Happy Masak-masak bunda.. Nyam.. Nyam..

Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Bawang yang Enak

Masakan Harian Aneka Resep Penyetan - Hai bunda.. Pernah nyoba bikin ayam penyet kalasan? Kalau belum pernah, bunda bisa coba resep cara membuat ayam penyet kalasan disini.  Ayam penyet kalasan umumnya memakai bumbu sambal limau untuk mengangkat citarasanya, sedikit beda dengan resep Ayam Penyet Sambal bawang. Ayam penyet ini lebih ke menonjolkan sambal bawang sebagai bumbu kudapanya, terkesan natural dan tradisional namun tetap menampilkan rasa yang lezat dan nikmat. Yuk coba resep Ayam Penyet Sambal bawang yang enak dan lezat berikut ini.
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial

Bahan - Bahan Ayam Penyet:

  • 1 kg daging ayam 
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdm ketumbar  
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 cm jahe memarkan
  • 5 cm lengkuas memarkan
  • 5 cm kunyit
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan Sambal Bawang Ayam Penyet:

  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • 4 siung bawang putih goreng hingga layu
  • 15 buah cabai rawit goreng hingga layu
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya, sedikit saja

Bahan Pelengkap

  • 1 buah mentimun buang kulitnya, iris tipis sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bunga kol secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya

Cara Membuat Ayam Peyet Sambal Bawang Yang Enak:

  1. Haluskan garam, ketumbar, bawang putih dan kunyit lalu tambahkan sedikit air.
  2. Masukkan gula dan kaldu ayam bubuk lalu masak bumbu ini bersama daging ayam. 
  3. Tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan. 
  4. Masak kira-kira selama 30 menit sampai daging ayam matang. Usahakan untuk menutup wajan saat memasak ayam ini agar air di wajan tidak asat dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. 
  5. Jika sudah matang, angkat daging ayam lalu goreng dengan minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. 
  6. Sisihkan sebentar dan buat sambal.

Cara Membuat Sambal Bawang

  1. Siapkan cobek lalu masukkan cabai rawit dan bawang putih yang telah digoreng.
  2. Tambahkan garam, gula dan sedikit kaldu ayam lalu ulek sampai halus. 
  3. Jika sambal bawang sudah halus, penyet-penyet daging ayam di atas sambal. 
  4. Sajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan pelengkap. 
  5. Ayam penyet sambal bawang pun siap untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

RESEP RAHASIA CARA MEMBUAT CUKA KUAH PEMPEK PALEMBANG

Resep Hari Ini - Menikmati Empek- Empek asli dari Palembang tidak lengkap dan nikmat jika dihidangkan tanpa Saus Cuka Empek-empek, Saus ini merupakan syarat utama yang menentukan kenikmatan dari menu masakan tradisional dari Palembang ini.

Jika anda penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut ini akan saya bagikan Resep Rahasia Membuat Saus Cuka Empek-empek Asli dari Palembang untuk anda.

Bahan :
Saos Cuka Pempek Palembang
  • 350 gram gula merah 
  • 2 sendok makan wortel parut 
  • 3 sendok makan asam kawak 
  • 650 ml air 

Bumbu Halus: 
  • 3 sendok makan ebi, seduh dengan air panas 
  • 1 sendok makan tongcai 
  • 7 siung bawang putih 
  • 15 buah cabai rawit merah 
Cara Membuat Cuka Kuah Pempek: 
  1. Masak gula merah dengan air dan asam kawak hingga mendidih dan asam kawak hancur. angkat kemudian saring. Didihkan kembali dengan api kecil 
  2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan  tadi ke dalam rebusan gula asam. masak sampai harum.
  3. Tambahkan wortel parut. didihkan sekali lagi, lalu angkat dan dinginkan.
Demikian Resep Rahasia Saus Cuka empek-empek Khas Palembang, Mudah bukan?? Untuk Resep Cara Membuat Empek-Empek Asli Palembang, Silahkan baca artikel Resep Masakan kami sebelumnya DISINI.

Selamat Mencoba...!!


Tips dan Cara Membuat Kue Lemet Singkong Super Gurih

Gambar Kue Lemet Singkong
Masakan Tradisional Kue Lemet Singkong
Resep dan Cara Membuat Kue Lemet dari Singkong sederhana - Masakan khas Jawa ini sebenarnya bahan dasarnya hampir sama seperti pada Resep Getuk Singkong, keduanya memang memiliki kesamaan sebagai menu Jajanan pasar. Soal rasa, Lemet ini bercitarasa gurih dan manis lho, sepertinya nggak ada masakan orang bule yang seenak lemet ini deh.. hehe

Nah, mengingat bahan baku singkong ini hampir selalu ada di setiap musimnya, kue lemet ini menjadi lebih mudah untuk dibuat. Kue tradisional ini juga sangat lues untuk disajikan sebagai menu jamuan acara seperti acara arisan, acara arisan, atau bisa juga untuk jamuan tamu istimewa..Hemm

Oke deh, biar nggak kelamaan ngobrol sana-sininya dan makin ngelantur ngomongin apa, mending langsung eksekusi resepnya aja yuukk..


Masakan Kue Lemet Singkong Khas Masakan Tradisional


Bahan | Ingredients

  • singkong
  • daun pisang

Cara Membuat | INSTRUCTIONS:

  1. Kupas singkong lalu parut. Jangan lupa untuk membuang bagian serat tebal yang ada di tengah batang. 
  2. Singkong yang sudah diparut bisa dilembutkan lagi dengan cara menekan-nekannya menggunakan garpu atau ulekan. 
  3. Ambil sekitar 1 sdm parutan singkong lalu bungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang.


Tips Membuat Lemet singkong  Yang Enak: Lemet ini bisa dinikmati dengan parutan kelapa. Bunda juga bisa menambahkan gula merah di dalam lemet untuk memperoleh rasa yang lebih manis dan legit. Nyam.. Nyam.. Selamat Masak..!

Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Aneka Masakan Sayur Sehat | Resep Tumis Daun Pakis - Salah satu jenis sayur yang mudah didapat adalah sayuran daun pakis. Selain gampang ditemukan, daun pakis juga enak jika dimasak tumis pedas. Untuk membuat tumis pakis yang enak dan lezat pun sangat sederhana, bumbu dan bahan yang digunakan juga simpel.
Resep Tumis Daun Pakis Sederhana.jpg
Resep Cara Membuat Tumis Daun Pakis Ebi Super Lezaaat, Coba Yuk Bunda!

Nah, jika bunda tertarik ingin memasak tumis pakis ebi seperti dibawah, buruan deh belanja bahan-bahanya dipasar tradisional terdekat. Kalau dirumah sudah punya daun pakis, bisa langsung eksekusi masak dengan resep masakan tumis enak seperti ini..

Bahan-Bahan dan Bumbu Masakan: 

  • 2 ikat sayur pakis
  • 1 sdm ebi
  • 1 siung bawang putih, dicincang
  • 2 buah cabai
  • 1/2 sdt garam
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Tumis Daun Pakis Super Enak :

  1. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan pakis, ebi dan cabai.
  3. Tambahkan sedikit air jika perlu.
  4. Masukkan garam.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Yummi, resep tumis pakis ebi pun selesai dibuat.. Praktis, sederhana, murah dan sehat pastinya.. Nyam.. Nyam..!

Resep Sambal Matah Khas Masakan Bali - Resep Masakan Tradisional

Sambal Matah, sambal khas Bali ini pada dasarnya hampir sama dengan Resep sambal Dabu Dabu Khas Manado Sulawesi Utara. Sama-sama menggunakan bahan dasar bumbu seperti potongan bawang, cabai, terasi dan juga siraman air jeruk nipis.

Jika bunda pengen mencobanya, membuat sambal yang ini bisa dibilang sangat praktis dan mudah. Rasa sambal Matah ini juga bercitarasa pedas yang khas. Yuk langsung aja praktek.. ;) 

Resep Sambal Matah Khas Bali
Source Img via vemale.com

Bahan Sambal Matah:


  • 8 butir bawang merah, diiris halus
  • 2 siung bawang putih, diiris halus
  • 10 buah cabai rawit merah, diiris halus
  • 1/4 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh gula pasir 
  • 1/2 sendok makan air jeruk nipis 
  • 1/2 sendok teh terasi bakar 
  • 2 lembar daun jeruk, diiris halus
  • 2 batang serai, bagian putihnya saja, diiris halus
  • 3 sendok makan minyak goreng, dipanaskan


Cara Mudah Membuat Sambal Matah Khas Bali Yang Enak:

  1. Campurkan dan aduk sampai rata semua bahan seperti bawang merah iris, bawang putih iris, cabai rawit iris, terasi, garam, gula pasir, daun jeruk, serai, dan potongan jeruk nipis sambil diremas-remas.
  2. Tambahkan sebanyak 3 sendok makan minyak yang sudah dipanaskan. Aduk sampai rata.
  3. Sajikan sambal Matah Khas Bali yang barusan Anda buat bersama lauk pauk.. Yummi.. Nyam.. Nyam..

Resep Kue Putu Enak, Gurih Super Legit

Resep Kue Hari Ini - Suka sama kue tradisional ini bunda? Yups, yang ngaku suka, wajib deh melestarikan warisan kuliner nusantara ini. Jangan sampe jajanan lezat seperti kue putu ini kalah sama makanan-makanan ala barat sana.

Resep Kue Putu

Buat generasi muda, jangan salah loh.. Kue putu ini memiliki rasa yang lezat, enak, legit dan juga rasanya gurih. Sebab rasanya yang super enak, kue putu menjadi salah satu jajanan favorit. 

Akan terasa lebih nikmat jika kue putu ini disantap saat-saat hujan sore hari, ditemani secangkir kopi panas atau teh panas. Yummi..

Hemm, gimana sih cara membuat kue putu ini di rumah? Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue putu? Dari pada terus-terusan tanya gimana caranya, yuk ikuti resepnya bunda...


Bahan - Bahan Kue Putu:

  • 400 gr tepung beras
  • 150 gr kelapa parut (kelapa yang tdk terlalu muda/tua) 
  • 150 gr gula merah, sisir halus 
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya / 1 sdt 
  • 1 lembar daun pandan 
  • Cetakan bambu (diameternya 3 sampai 5 cm) 
  • Daun pisang secukupnya


Cara Membuat Kue Putu:

  1. Didihkan air ke dalam panci, kemudian beri garam dan masukkan daun pandan, aduk sebentar hingga garam larut dan aroma daun pandan wangi. 
  2. Sementara itu, Tuangkan tepung beras kedalam baskom. Tuang air hangat (No.1) sedikit demi sedikit sambil aduk adonan hingga tepung membentuk butiran-butiran halus. 
  3. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam cetakan bambu yang sudah disiapkan (Isi setengah). 
  4. Masukkan gula merah yang telah disisir halus, tutup bagian atasnya dengan sedikit adonan.
  5. Jika sudah, siapkan dandang untuk mengukus kue putu. Kukus selama 10 menit. Sembari menunggu kue putu matang, siapkan loyang atau piring yang telah dilapisi dengan daun pisang. 
  6. Angkat kue putu yang sudah matang, lalu sajikan. ( Jangan lupa taburi kue putu dengan parutan kelapa).


------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Cara Membuat Bakpia Patok - Makanan Khas Yogyakarta

Resep Masakan Tradisional - Pernahkah Anda mencicipi Kue Bakpia Pathok yang menjadi Kue khas dari kota Yogyakarta? Jika Anda pernah mengunjung kota yang dijuluki sebagai Kota Gudeg ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakpia patok. Ya, kue ini merupakan oleh-oleh paling banyak dicari yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Yogyakarta.

Bakpia pathok merupakan jenis kue pia yang dibuat dengan bahan dasar adonan tepung terigu dan kacang hijau sebagai bahan isinya. Selain bakpia pathok memiliki citarasa yang gurih dan enak, pia ini juga mengandung gizi dan protein yang bagus untuk kesehatan lho..

Bagi Anda yang belum sempat untuk berkunjung kembali ke Yogyakarta dan rindu ingin mencicipi kue bakpia patok, mungkin Anda bisa mencoba sendiri resep dan cara membuat bakpia pathok dirumah.

Berikut adalah Cara Membuat Bakpia Pathok Yogyakarta yang bisa Adna coba dirumah :

Resep bakpia pathok

Bahan-Bahan Bakpia Pathok
Cara Membuat Bakpia Pathok

Bahan Kulit Bakpia:

  • 100 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt garam
  • 25 ml air
  • 25 ml minyak sayur

Bahan isi:

  • 125 gram kacang hijau kupas, rendam selama 3 jam, kukus hingga lunak
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 100 g gula halus
  • 1/4 sdt garam

Membuat Isi:

  1. Langkah pertama rendam kacang hijau menggunakan air selama 3 jam.
  2. Selanjutnya kacang hijau di kukus hingga lunak, lalu haluskan.
  3. Tambahkan gula halus, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga rata.
  4. Ambil satu sendok teh kacang hijau yang sudah dihaluskan tadi dan bentuk menjadi bulat.
  5. Lakukan terus sampai habis, sisihkan.
Membuat Kulit Luar Bakpia :

  1. Campur 100 gr tepung terigu, garam, air, dan minyak sayur. Uleni semua bahan hingga kalis dan dapat bentuk.
  2. Ambil sejimpit adonan bakpia dan bentuk menjadi bulat sebesar kelereng. Lakukan cara diatas sampai adonan bakpia habis.
  3. Ambil sebuah adonan kulit yang sudah dibulatkan tadi, lebarkan (pipihkan) adonan.
  4. Taruhlah bulatan isi dari kacang hijau bakpia di tengahnya, tutup lagi adonan kulitnya dan bentuk menjadi bulat pipih.
  5. Ulangi cara membuat bakpia diatas sampai semua adonan isi dan adonan kulit habis.
  6. Jika semua sudah selesai, panggang bulatan bakpi yang sudah jadi kurang lebih  10 menit sambil sesekali dibalik atau hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  7. Angkat, dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara.

Resep Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional Warisan Kuliner Nusantara

Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sawut Singkong - Negara kita tercinta INDONESIA ternyata serba "Kaya" ya bund, nggak ada negara manapun yang bisa nyamain negeri Nusantara tercinta ini. Mulai dari sumber daya alamnya kita kaya, jumlah kepulauannya kita kaya, Jumlah propinsinya juga kaya, budayanya pun kita kaya, apalagi jenis kulinernya.. Wuuuiihhh Kaya banget! 
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional [foto IG: @hanhanny]

Nusantara nan indah ini punya seabrek jenis kuliner khasnya yang berbeda-beda (Istilahnya ke-BHINEKAAN dalam kuliner), kalo dibahas satu-persatu kuliner khas Indonesia pasti banyak banget, bayangin deh dari Sabang sampai Meuroke ada berapa banyak masakan khasnya? Duhh!. 

Contohnya saja kalau di daerah Jawa Tengah dan Jogja ada kuliner khas namanya Sawut Singkong, Jajanan pasar ini merupakan kuliner Tradisional yang saat ini mulai tersingkirkan oleh makanan-makanan modern. Bicara soal Sawut Singkong, yuk kita buat dan lestarikan jajanan pasar tradisional ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap warisan kuliner leluhur kita. Seperti ini resepnya..

Bahan-bahan Sawut Singkong:

  • 500 gr singkong, cuci bersih serut kasar
  • 150 gr gula merah/jawa, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • kelapa parut secukupnya

Cara membuat Sawut Singkong:

  1. Singkong serut dicampur dengan garam, aduk rata.
  2. Siapkan panci pengukus. Susun singkong, tabur gula merah dan pandan di atas singkong. Kukus hingga matang, atau kurang lebih selam 15 menit.
  3. Kukus juga kelapa parut kurang lebih 10 menit.
  4. Siap deh, sajikan sawut singkong yang manis dan hangat dengan taburan parutan kelapa. 

Nah, dengan cara inilah kita bisa ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia agar tidak tergerus oleh arus kemajuan jaman, dan sebagai wujud cinta kita terhadap kuliner Nusantara. 

Video Tutorial Cara Membuat Kue Cubit KitKat

Video Cara Membuat Kue Cubit Kitkat - Hai bunda.. Seperti yang kita tau, kue cubit saat ini makin populer aja ya? Jajanan pasar tradisional ini banyak banget penggemarnya. Yang menjadi daya tarik, bahan-bahan untuk membuat kue cubit saat ini sangat berfariasi, nggak monoton itu-itu aja.

Seperti pada resep kue cubit kitkat buatan chef PUTRI MIRANTI ini misalnya, sang chef menggunakan toping oreo dan kitkat untuk memberikan rasa yang lebih modern nan lezat.

Penasaran kan gimana cara membuat kue cubit kitkat yang enak dan mudah? Yuk simak tutorial masakan berupa video resep berikut ini:

source: kokiku tv

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *