Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Unik. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Unik. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Bumbu Ikan Bakar Taliwang dan Cara Membuatnya

Resep Ikan Bakar Taliwang - Kekayaan budaya Indonesia melahirkan beragam kuliner unik nan lezat, salah satunya adalah menu masakan khas Taliwang. Resep Khas Taliwang ini berasal dari Nusa Tenggara Barat, tepatnya dari kampung Karang Taliwang.

Salah satu menu andalan yang paling populer di daerah ini adalah Ayam Taliwang. Namun seiring berjalanya waktu dan kreatifitas bunda-bunda disana, resep Taliwang diolah menjadi sangat beragam, salah satunya adalah Resep Ikan Bakar Taliwang yang memiliki rasa yang sangat lezat.

Resep Ikan Bakar Taliwang
Resep Ikan Bakar Taliwang - Masakan Khas Nusa Tenggara Barat

Berbicara mengenai Resep Ikan Bakar Taliwang, masakan ini patut bunda coba sebagai menu masakan rumahan yang pas untuk keluarga tercinta. Meskipun resep ini sangat sederhana, namun ikan bakar taliwang ini memiliki rasa yang enak dan lezat layaknya menu masakan restoran berbintang..Hemm

Penasaran kan..? Lalu, apa saja resep bahan bumbu ikan bakar Taliwang dan bagaimana cara membuatnya? Untuk mempelajari cara memasak masakan khas Nusantara, yuk coba resep masakan Ikan Bakar Taliwang Khas NTB berikut ini:

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Taliwang Yang Enak dan Mudah - Masakan Khas NTB


BAHAN IKAN BAKAR TALIWANG:
  • 3 ekor ikan kembung, bersihkan
  • 2 sendok teh air asam jawa (1 sendok teh asam jawa + 3 sendok makan air)
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng


BUMBU IKAN BAKAR TALIWANG YG DIHALUSKAN:
  • 4 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 4 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 4 butir kemiri

CARA MEMBUAT IKAN BAKAR TALIWANG
  1. Lumuri ikan dengan air asam dan garam, diamkan 15 menit hingga bumbu meresap.
  2. Bakar ikan hingga berubah warna. Angkat.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan air, garam dan gula pasir. Masak hingga matang, angkat.
  4. Lumuri ikan dengan tumisan bumbu. Diamkan 20 menit hingga bumbu meresap.
  5. Bakar ikan sampai kedua sisinya matang. Angkat.
  6. Sajikan hangat.
Hasil: 3 porsi

RESEP MASAKAN PADANG - DENDENG BALADO

Kumpulan Resep Masakan Nusantara - Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kulinernya, maka tidak heran jika negara indonesia banyak dikenal karena kekhasan masakanya. Disetiap daerah memiliki ciri khas masakan tersendiri, resepnya pun satu sama lain mempunyai perbedaan. Seperti halnya Resep Masakan Padang Dendeng Balado, resep masakan dari daerah Padang ini memiliki ciri khas masakan yang unik dengan citarasa balado yang nikmat.

Jika anda ingin mencoba bagaimana cara pembuatan Dendeng Balado Khas Masakan Padang, Silahkan ikuti Resepnya berikut ini.

Bahan Membuat Dendeng Balado :
    Dendeng Balado
  • 1/2 kg daging sapi, rebus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 8 sdm minyak goreng
  • 10 buah cabai merah
  • 12 btr bawang merah
Cara Membuat Dendeng Balado :
  1. Buang urat-urat daging sapi.
  2. Kemudian iris tipis daging tersebut mengikuti arah serat dagingnya.
  3. Remas-remas daging yang sudah di iris dengan air jeruk nipis, dan garam.
  4. Langkah selanjutnya, Jemur potongan daging di panas matahari hingga kering.
  5. Setelah kering, goreng daging sampai renyah di atas api kecil, sisihkan.
  6. Untuk bumbu : Cabai merah, bawang merah ditumbuk kasar. Tumis dalam minyak panas,
  7. bumbui garam, dan air jeruk nipis. Aduk sampai layu.
  8. Masukkan potongan daging, aduk rata lalu angkat dan hidangkan.


Source : Dari Berbagai Sumber

Resep Pepes Telur Ikan - Menu Masakan Unik dan Lezat

Resep Hari Ini: Resep Bumbu dan Cara Membuat Pepes Telur Ikan - Pengen nyoba masakan yang unik bunda? Hemm, nih ada satu resep unik tapi lezat menggoda, Pepes Telur Ikan. Namanya juga pepes telur ikan, pastinya bahan yang dipake juga telur ikan dong..  


Memang bahan dasar pepes telur ikan ini sulit ditemukan, tapi terkadang kalo bunda beli ikan dipasar dan nemu ikan yang ada telurnya jangan dibuang ya, karna telurnya ini masih bisa diolah. Gimana cara membuat pepes telur ikan dan apa aja bumbunya? Berikut resep rahasianya dari dapur masak kepunyaan Mba Estie

Bahan Pepes Telur Ikan: 
  • 250 gr telur ikan
  • 1 mangkuk nasi
  • 1 ikat kemangi
  • 1 sdm cuka
  • Garam secukupnya
  • Sereh secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Sejumput gula pasir
  • Penyedap jika suka
  • Daun pisang
  • Lidi/tusuk gigi utk menyemat


Bumbu Pepes Telur Ikan yang Dihaluskan: 
  • Sepotong kunyit
  • Sepotong kecil jahe
  • Bawang putih


Bumbu Pepes Telur Ikan yang Diiris: 
  • 10 btr bawang merah
  • 5 bh cabe merah
  • 1 bh tomat
  • 3 btg daun bawang


Cara Membuat Pepes Telur Ikan yang Enak:
  1. Campurkan telur ikan dan nasi aduk sampai rata.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus, bumbu iris dan juga bumbu2 lainnya, aduk kembali sampai rata dan bumbu meresap. 
  3. Bungkus seperti membungkus gado2 lalu kunci dengan lidi/tusuk gigi, kukus kira-kira 20 menit.
  4. Angkat dan sajikan. Yummi.


Selain telur ikan, telur ayam, telur puyuh dan telur-telur yang lain bisa juga dijadikan pepes lho.. Tinggal kreasikan masakan bunda di rumah. Selamat masak..!

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Sate Kakul Nikmat Khas Bali

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali - Hai bunda, kemarin mimin sempet share resep masakan tradisional Plecing Kangkung Bumbu Kacang yang lezat. Edisi hari ini mimin akan berbagi resep sate unik, yaitu Sate Kakul. Apa itu sate kakul? Mungkin sebagian dari bunda-bunda disini udah pada tau apa itu sate kukul, yang belum tau simak ya penjelasanya..

Gambar Sate kakul

'Sate kakul merupakan jenis kuliner lezat khas pulau bali. Terbuat dari bahan utamanya kerang darah dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara. Bukan hanya terkenal dibali di beberapa daerah seperti Jawa dan Medan juga sebagian sudah populer dengan jenis masakan ini '.

Nah, sekarang sudah tau kan sate kukul itu apa? Tinggal bagaimana cara membuatnya dan resep bumbu-bumbunya apa saja. Yuk simak resepnya berikut ini:

Bahan Utama Sate Kakul :

  • 350 gram Kerang darah 
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 1 sendok makan Air asam jawa
  • 1 sendok teh Garam 
  • Tusuk sate secukupnya


Bumbu halus Sate Kakul :

  • 5 butir Bawang merah 
  • 2 siung Bawang putih 
  • 2 cm Jahe 
  •  2 cm Kencur
  • 3 butir Kemiri disangrai 
  • 1 sendok teh Terasi goreng 
  • 1 sendok teh Garam 


Langkah Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali :

  1. Rebus kerang bersama serai, air asam jawa, dan juga garam sampai mendidih, angkat lalu tiriskan.
  2. Campurkan bumbu halus dan kerang rebus, aduk  rata.
  3. Tusuk-tusuk kerang dengan menggunakan tusukan sate sampai habis. Lalu bakar di atas bara api hingga matang.
  4. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bersama saus / sambal kacang pedasnya.
Seperti itulah bunda resep dan cara membuat sate kukul / sate kerang, mudah dan praktis banget kan? Selain resep diatas, bunda juga bisa nyoba Resep Masakan Seafood Kerang Saus Padang yang tentunya lebih makyus lagi. Selamat masak..! 
------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Cara Mudah Membuat Roti Donat Paha Ayam Yang Enak

Resep Cara Membuat Kue Donat Tusuk Paha Ayam

Kumpulan Resep Masakan Kue - Setelah beberapa waktu yang lalu ResepHariIni berbagi  Resep Kue Lumpur Kentang, kini giliran membahas tentang Resep Cara Membuat Kue Donat Paha Ayam Yang Mudah. Tema resep kue ini merupakan tanggapan respon atas permintaan dari pembaca setia kami yang dikirimkan melalui email.

Kue dengan bentuk yang unik, dan rasa yang gurih nikmat membuat mata dan lidah tergoda, kue ini menjadi jajanan yang juga disukai oleh anak-anak. Jika Anda ingin mengetahui proses dan cara membuat kue paha ayam yang simple, silahkan simak resep berikut ini :


Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Roti Donat Paha Ayam
Cara Mudah Dan Simpel Membuat Roti Paha Ayam Yang Enak

Bahan-bahan Donat Tusuk Paha Ayam
  • ·         500 gr tepung berprotein tinggi
  • ·         100 gram gula pasir
  • ·         3 sdm susu bubuk
  • ·         bks yeast
  • ·         225 ml air es
  • ·         butr kuning telur
  • ·         1 sdt vanilli
  • ·         100 gr margarin atau butter
  •  

Cara Membuat Roti Paha Ayam:

1. Campurkan semua bahan kering diatas sampai  tercampur rata

2. Tambahkan kuning telur dan uleni, beri air sedikit sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan rata dan kalis biasanya memerlukan waktu 18 - 20 menit

3. Diamkan sejenak adonan tadi selama 30 menit agar mengembang, lalu  bentik adonan seperti bola-bola kecil. Tarik dan bentuk memanjang lalu pipihkan.

Cara Membentuk Donat Paha Ayam

1. Lilitkan pipihan adonan pada langkah no 3 diatas ke tusuk sate, hingga adonan berbentuk seperti paha ayam.

2. Letakkan lilitan donat yang sudah jadi diatas wadah yg sudah diberi tepung dan biarkan selama 20 menit.

3. Selanjutnya, gorenglah kue donat paha Ayam dengan menggunakan api kecil, balok-balikan adonan sampai matang.

4. Angkat, dan diamkan donat goreng sampai dingin. Olesi donat dengan margarin atau butter lalu taburi dengan coklat meses.


Simple dan mudah bukan Resep Cara Membuat Kue Donat Tusuk diatas? Semoga bisa diikuti dengan mudah ya? Jangan lupa langsung dicoba.. :D

Artikel Resep Lainya :
1. Resep Kue Kering Lidah Kucing
2. Resep Kue Nastar Keju Manis
3. Resep Kue Bola-Bola Cokelat
4. Resep Roti Bolu Gulung Oreo

Resep Sempol Ayam Wortel, Kreasi Resep Masakan Hari Ini

Resep Cara Membuat Sempol Ayam Wortel - Sempol adalah cemilan yang lagi ngehits beberapa waktu belakangan ini. Sebagai bahan pengetahuan buat kamu, Jajanan pasar ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur.  Sempol memang mempunyai rasa yang unik, enak dan sangat gurih, tak heran jika makanan ringan ini banyak digemari masyarakat. 


Untuk membuat cemilan Sempol yang enak sebenarnya tak terlalu rumit, cara membuatnya hampir mirip-mirip seperti membuat cimol, bakso, atau yang lainya, hanya saja bumbu yang dipakai sedikit berbeda. 

Nah, buat kamu yang pengen mencoba resep membuat Sempol yang enak dan lezat bisa ikuti resep berikut ini. Disini, Resep Masakan Hari Ini mengkreasikan dengan resep sempol ayam wortel yang super lezat untuk kamu coba sendiri di rumah, Selamat Mencoba ya..!

Bahan Baku Sempol:


  • 9 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gram daging ayam fillet
  • 1 butir telur
  • 1/2 batang wortel, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • tusuk sate
  • minyak untuk menggoreng


Bumbu halus Untuk Membuat Sempol:


  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng


Bahan Pelapis Sempol:


  • 1 butir telur kocok lepas


Cara Membuat Sempol Yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis.
  2. Haluskan daging ayam dan wortel serta bumbu halus dengan food processor. Jika tak ada bisa pakai blender.
  3. Campurkan sisa adonan lain dengan adonan ayam yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Lilitkan adonan pada tusuk sate.
  6. Rebus sempol selama 5-8 menit sampai matang dan tiriskan.
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Celupkan sempol dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Angkat dan sempol siap disajikan.


Makanan ringan khas Malang ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sore hari sambil menonton TV atau kumpul dan bincang santai bersama keluarga. Yuk masak..!

RESEP KUE: Cara Membuat Kue Donat Berkarakter Lucu

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Berkarakter Lucu. Pengen buat kue donat berkarakter lucu dan unyu bunda? Yuk coba resep dan cara membuat ala sajiansedap.com dibawah ini. 

Seperti yang kita tahu, donat menjadi kue yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Dan umumnya, kue donat dibuat dengan bentuk yang itu-itu saja (Bolong di bagian tengah). Tapi kalo bunda pengen bentuk yang unik, kue donat ini bisa dikreasikan ke berbagai bentuk dan karakter kok. 


Kue donat ini sangat ocok buat bunda yang pengen memulai usaha kue donat sebagai peluang usaha rumahan. Kreasi dan kualitas rasa kue donat sangat berpengaruh bagi kemajuan usaha yang bunda jalani. Yuk, langsung praktek bunda.. :) 

Bahan Roti Donat:


  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 kuning telur 
  • 1 putih telur 
  • 1/2 sdt baking powder 
  • 2 sdt ragi instan 
  • 25 gr susu bubuk 
  • 60 gr gula pasir 
  • 135 ml air es 
  • 65 gram margarin 
  • 1/2 sdt garam 
  • Minyak goreng 


Bahan Toping Donat:


  • 50 gr choco chips putih 
  • 300 gr cokelat masak warna hijau, lelehkan
  • 150 gr cokelat masak pekat, lelehkan
  • 300 gr cokelat masak warna kuning
  • 25 gr potongan almond


Cara Membuat Donat Unik Berkarakter:


  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu,  gula pasir, susu bubuk,baking powder, dan juga ragi instan, lalu aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan juga air sedikit - sedikit sembari adonan diuleni sampai menjadi kalis.
  3. Beri margarin dan garam secukupnya, uleni lagi adonan hingga elastis. Diamkan sejenak hingga 30 menit. 
  4. Kempiskan bahan adonan kue donat. Bagi dan timbang adonan masing-masing dgn berat 40 gr lalu bentuk menjadi bulat. Diamkan lagi selama 10 menit. 
  5. Pipihkan adonan tadi. Bentuklah bulatan yang sudah dipipihkan, lalu lubangi bagian tengahnya.
  6. Letakkan adonan di loyang roti yang sudah ditaburi dengan tepung. Diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
  7. Gorenglah kue donat dengan minyak yang sudah dipanaskan dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan dan kue donat matang. Angkat dan tiriskan.
  8. Untuk topingnya, bagilah cokelat putih menjadi 3 bagian. Tambahkan pewarna lain pada 2 bagian dan aduk rata.  (Satu bagian dibiarkan putih saja).
  9. Celup donat ke dalam cokelat berwarna, lalu hias dengan choco chips, almond, dan cokelat masak pekat dalam bentuk katak, lebah, atau ayam.


Nah itu dia tips dan cara membuat kue donat lucu berkarakter unik yang bisa bunda coba, sekarang lebih tau lagi kan? Share ya agar usaha bunda makin lancar.. :)

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Nasi Gurih Pandan Wangi Spesial

Resep Nasi Gurih Pandan Untuk Tasyakuran. Negara tercinta kita ini memiliki banyak budaya yang unik dan menarik, salah satunya adalah dalam hal nasi bancakan, nasi yang gurih dan wangi ini biasanya disajikan saat acara tasyakuran.


Nah, buat bunda yang pengen membuat nasi bancakan dengan rasa yang nikmat dan tak ada waktu membuat nasi kuning tetapi ingin menyuguhkan nasi putih yang berbeda? Bunda bisa mencoba resep ini nih, Namanya nasi gurih pandan. Seperti ini resep dan cara membuatnya..

Baca Juga: Resep Gado-Gado Pengantin Enak dan Mudah


Bahan Nasi Gurih Pandan:


  • 500 gr   beras 
  • 15 Helai daun pandan
  • 100 ml  santan kental
  • 500 ml  air
  • 1 sdm   garam


Cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi:


  1. Daun pandan di blander dengan dicampurkan setengah air dari 500ml, saring, lalu peras airnya. Aduk air perasan pandan bersama dengan santan, dan sisa air.
  2. Selanjutnya, kukus beras sampai panas dan juga masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Setelah itu, Campurkan beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat.


Nah itulah resep dan cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi yang cocok untuk acara syukuran keluarga.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Gado-Gado Pengantin Enak dan Mudah

Resep Hari Ini, Resep dan Cara Membuat Gado-gado Pengantin - Hai bunda apa kabar..? Emm, di episode kali ini saya akan full membagikan tips, trik dan cara mudah membuat gado-gado nih buat bunda semua. Ini bukan gado-gado biasanya lho, diliat dari namanya aja udah unik banget "Gado-gado Pengantin". hehe

Resep membuat gado-gado pengantin ini mimin peroleh dari komunitas masak yang sedang populer saat ini, Yups Cookped. Thanks ya mbak Giacinta sudah berbagi.. Berikut adalah resepnya..

Gado-gado Pengantin by Giacinta
IMG: Giacinta

Tutorial Resep Memasak dan Bahan Bumbu Gado-Gado Pengantin Yang Enak

Bahan :
  • 1 ikat selada kriting, iris 2 cm
  • 1 buah nanas, kupas, potong kecil
  • 5 buah jambu air, potong kecil
  • 2 buah timun, iris bulat
  • 50 gram kol, iris halus
  • 4 buah Tahu, goreng, potong-potong


Bumbu gado-gado :
  • 250 gram Kacang tanah kupas, sangrai, haluskan
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabe merah, iris serong, buang bijinya
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa


Bahan Pelengkap :
  • kerupuk/emping
  • bawang goreng 


Langkah dan Cara Membuat 

  1. Siapkan sayuran dan buah-buahan seperti nanas, jambu dan mentimun, cuci bersih, iris dan potong-potong kecil. Simpan dikulkas sampai akan dihidangkan.
  2. Bumbu gado-gado : Haluskan bawang, cabe dan juga garam. Tumis dengan 2 sdm minyak sayur hingga harum.
  3. Masukkan daun jeruk, kacang tanah dan santan, aduk. Masak sampai mendidih.
  4. Tambahkan gula merah dan air asam. Aduk hingga tercampur rata dan kuah mengental. Angkat.
  5. Tata di piring saji, selada, kol, timun, jambu air, nanas dan tahu lalu siram dengan bumbu gado-gado. Tambahkan kerupuk atau emping. Jika suka tabur dengan bawang merah.
  6. Sajikan.


Nah itulah resep dan cara membuat Gado-gado Pengantin bunda, Tertarik pengen mencobanya? Yuk, tunggu apa lagi.. Langsung aja ambil perlengkapan dapurnya... Hehe.
 =====================================================
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

RESEP CARA MEMBUAT TAPE KETAN

Resep Hari Ini - Manis dan segar adalah gambaran dari makanan tape yang terbuat dari ketan putih ini. Mungkin di wilayah sekitar anda menu makanan ini banyak dijumpai saat ada acara hajatan ataupun arisan ibu-ibu. Dengan rasanya yang manis asem, tape menjadi hidangan unik, menyegarkan dan menyehatkan.
Jika anda tertarik ingin mencoba resep cara membuat tape dirumah, silahkan ikuti resep masakan berikut ini :

Bahan Untuk Membuat Tape Ketan: 
  • 1 kg ketan putih
  • 1 butir ragi 
  • Gula
  • Daun Pisang, untuk membungkus tape
Resep membuat tape ketanCara Membuat Tape Ketan:
  1. Ketan putih dicuci hingga bersih, rendam kurang lebih selama 2 jam, tiriskan.
  2. Lalu kukus hingga ketan putih benar-benar matang. Angkat. 
  3. Setelah ketan kukus dingin, taburi ragi yang sudah di hancurkan dan di ayak halus hingga merata.
  4. Cairkan gula dengan sedikit air.
  5. Bungkus ketan putih yang sudah diberi ragi tadi dengan daun pisang, jangan lupa setiap bungkus diberi gula cair  sekitar 1 sendok.
  6. Taruh di wadah, dan tutup rapat untuk melakukan fermentasi.
  7. Diamkan selama 2 malam.
  8. Setelah tercium bau wangi, Tape Ketan siap untuk di hidangkan.

Demikianlah Proses pembuatan tape ketan manis, semoga resep ini membantu. Selamat Mencoba...!!!

Baca Juga :

Resep Cireng Keripik Pedas Yang Renyah

Resep Masakan Sehari-hari - Keripik menjadi cemilan paling digemari keluarga, rasa gurih dan renyah menjadikan makanan ringan ini sangat cocok disajikan sebagai teman santai dan teman menonton Anda.


Ada banyak jenis olahan keripik, seperti misalnya Keripik Singkong Balado, Keripik Jagung, Keripik Kentang Renyah dan Keripik Tempe Yang Gurih. Namun ada keripik yang unik juga, apa itu? Ya, keripik Cireng. Mungkin dari Anda masih penasaran bagaimana cara membuat kripik cireng yang enak dan renyah bukan? Berikut akan kami bagikan resep cireng yang dibuat keripik dengan mudah untuk anda.

Resep Cara Membuat Kripik Cireng Balado Enak Dan Renyah



BAHAN dan Bumbu Cireng:
  • Tepung kanji
  • Bawang putih, haluskan
  • Cabai rawit merah, haluskan
  • Air hangat
  • Garam
  • Minyak goreng, digunakan untuk menggoreng

CARA MEMBUAT KRIPIK CIRENG PEDAS YANG RENYAH:

1. Siapkan wadah panci. Masukkan tepung kanji serta garam. Tidak lupa, bawang putih dan cabai rawit merah halus dimasukkan, aduk sampai tercampur rata . Setelah itu tambahkan air hangat lalu aduk sampai menjadi adonan yang kalis.

2. Adonan cireng digulung sampai padat, dan gulungan di iris tipis. Tata dengan rapi iriasan adonan di atas loyang. Jemur bahan cireng iris di bawah terik sinar matahari panas hingga benar2 kering, biasanya selama 1-2 hari.

3. Jika bahan keripik cireng sudah benarbenar kering, selanjutnya goreng bahan adonan kering berwarna kekuningan dan terlihat renyah. angkat dan tiriskan agar minyak hilang. Sajikan.

Tips dan Resep Membuat Getuk Singkong Tabur Kelapa Parut Legit nan Gurih

Gambar Getuk Singkong Tabur Kelapa Parut Legit nan Gurih
Resep Getuk Singkong Tabur Kelapa Parut
Resep Getuk Singkong adalah salah satu menu jajanan pasar khas masakan Jawa asli, mungkin banyak dari bunda sudah tidak asing lagi dengan jenis cemilan yang satu ini kan? Getuk ternyata menjadi salah satu makanan yang mampu mempertahankan peminatnya di tengah makin maraknya masakan modern yang ada saat ini. Terbukti, getuk tetap eksis dan mendunia berkat kreasi menarik dan unik dari olahan singkong ini. Salah satu yang mampu menggaet konsumen dan peminat getuk secara luas adalah getuk Trio dari Magelang, Jawa Tengah.

Nah, agar kita tetap bisa ikut andil dalam pelestarian kuliner khas Nusantara. Yuk kita coba membuat menu cemilan Getuk Singkong Tabur Kelapa Parut Legit Gurih ini untuk keluarga tercinta bunda.. Tenang, resep dan cara membuatnya kami pandu kok.. Simak resepnya dibawah ini yaa..


Getuk Singkong Tabur Kelapa Parut Legit Gurih


Bahan:


  • 3 buah singkong segar (kupas kulitnya, cuci bersih, potong kecil-kecil)
  • Air (secukupnya) 
  • Gula pasir (secukupnya, kira-kira 3 sdm) 
  • Gula merah (secukupnya, kira-kira 1 ons, sisir halus) 
  • Vanili bubuk (secukupnya, jika suka) 
  • Kelapa parut (yang tidak terlalu tua, secukupnya)


Cara Membuat Getuk Singkong Enak:


  1. Kukus singkong yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil bersama kelapa parut secukupnya.
  2. Kukus sampai singkong empuk dan matang. 
  3. Sementara nunggu singkong empuk dan matang, larutkan gula pasir dan gula merah. 
  4. Rebus sedikit air lalu masukkan gula pasir dan gula merah dan aduk sampai larut hingga mendidih. Sisihkan sebentar. 
  5. Angkat singkong dan tempatkan di sebuah wadah. Tambahkan gula yang sudah dilarutkan, garam dan vanili. Aduk rata lalu tumbuk atau haluskan singkong selagi masih panas. 
  6. Agar getuk halus dan lembut merata, uleni juga getuk ini dengan tangan. 
  7. Jika sudah halus dan lembut, tempatkan getuk di loyang lalu ratakan dan iris sesuai selera sebelum disajikan. 
  8. Taruh irisan getuk di piring saji lalu taburkan kepala parut di atasnya. Getuk siap disajikan dan dinikmati.
Sedikit kita berbagi cemilan Getuk Singkong, secara tidak langsung kita sudah ikut berperan dalam melestarikan Kuliner Khas Jawa, dan pada umumnya ikut mempertahankan masakan Nusantara. Sipp dehh. 

Sumber: vemale.com | (foto: lucindafamilykitchen.blogspot.com)

Resep Membuat Kerupuk Banjur Spesial

Resep Kerupuk Banjur

MEMBUAT KERUPUK BANJUR - Masakan ini terbilang sangat unik, sajian kuliner khas Nusantara yang nyentrik. Ya, kerupuk banjur ini disantap dengan sayur. Dulu mungkin kita pernah jajan makanan seperti ini ketika kecil, itu pun kalau kita masih ingat.. hehe.

Nah, agar kekayaan kuliner Nusantara yang unik ini tidak punah, yuk kita lestarikan resep ini untuk generasi mendatang. Agar lebih modern, kamu bisa mengolahnya sesuai dengan kreasi kamu sendiri. 

Bahah dan Bumbu: 
  • 10 buah kerupuk apa saja, sesuai selera.
  • 1 papan oncom, bakar, ulek kasar
  • 5 btg daun bawang, iris halus
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya


Bumbu yang di Iris Halus:
  • 5 btr bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai hijau keriting
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1 ruas jari rimpang kencur


Cara Membuatnya:
  1. Tumis semua bahan bumbu yang di iris sampai layu dan harum.
  2. Masukkan oncom kacang tanah, dan oseng sampai tercampur rata dengan bumbu.
  3. Tambahkan sedikit air, aduk sampai rata. Tambahkan gula dan garam. Jangan lupa taburi dengan irisan daun bawang. Angkat.
  4. Siram di atas kerupuk. Sajikan.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *