Harga Terbaru 2016

Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Yang Praktis. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan
Menampilkan postingan yang diurutkan menurut relevansi untuk kueri Resep Masakan Yang Praktis. Urutkan menurut tanggal Tampilkan semua postingan

Resep Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap Pedas Pilihan

Resep Masakan Harian | Resep Masakan Ayam Kecap Bumbu Sederhana - Siapa sih yang nggak suka sama yang namanya masakan olahan daging ayam? Bisa dipastikan hampir semua orang suka dengan masakan daging ayam yaa... 

Bukan hanya daging ayamnya saja yang lembut dan gurih untuk dimasak menjadi lauk yang lezat, sayap ayam pun ternyata enak banget kalau dimasak kecap. Gurihnya sayap ayam ini menjadi masakan kesukaan setiap orang.

Oh iya, ngomongin soal masakan daging ayam dan khususnya sayap ayam, kali ini Resep Masakan Harian punya resep sayap ayam bumbu kecap yang pedas super lezat yang bisa kamu coba. Masakan lauk pauk dengan rasa manis kecap yang kuat, ditambah lagi dengan kombinasi bumbu rempah sederhana yang komplit membuat masakan ini menjadi lebih istimewa.
Resep Cara Membuat Sayap Ayam Bumbu Kecap
Aneka Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap
Untuk membuat masakan lauk pauk sederhana ini bahan dan bumbu yang digunakan juga sangat simple. Proses dan cara membuatnya juga sangat praktis, nggak ribet dan cukup hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Selengkapnya mengenai resep dan cara membuat masakan sayap ayam bumbu kecap yang enak dan lezat bisa kamu lihat pada resep berikut ini..

Jika kamu pengen membuat lauk pauk sayap ayam yang enak dan lezat, Cara Membuatnya cukup mudah kamu hanya perlu melakukan langkah seperti ini:
  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum (kecuali, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan kecap).
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, jahe dan lengkuas. 
  3. Masukkan sayap ayam ke dalam bumbu lalu aduk rata. 
  4. Tambahkan sedikit air dan masukkan garam, gula, kaldu ayam bubuk serta kecap secukupnya. 
  5. Masak hingga daging sayap ayam benar-benar matang dan bumbu meresap ke dalamnya. 
  6. Angkat sayap ayam bumbu kecap dan segera sajikan di piring saji setelah matang. Taburkan irisan daun bawang di atasnya agar sajiannya semakin menarik.


Selengkapnya untuk bahan baku yang dipakai adalah sebagai berikut:
  • 10 buah sayap ayam (cuci bersih, goreng setengah matang)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 4 cm jahe (memarkan)
  • 4 cm lengkuas (memarkan)
  • 1 buah bawang bombay (iris halus tipis)
  • Air (secukupnya)


Sedangkan Bumbu Halus yang dipakai untuk masakan sayam ayam bumbu kecap lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 3 buah kemiri 
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Kecap manis (secukupnya)
  • 20 buah cabai rawit 
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi)

Nah, itulah resep membuat sayap ayam bumbu kecap pedas dan nikmat yang menggugah selera. Resepnya yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka.

Resep Tumis Daging Sapi Saus Tiram Enak dan Lezat

Resep Masakan Harian | Resep Tumis Daging Saus Tiram - Beberapa hari terakhir ini banyak sekali pertanyaan yang masuk di Inbox Page Masakan Harian, resep masakan lauk apa yang enak dan lezat untuk dihidangkan pada saat buka puasa dan sahur? Oke, Untuk menjawab pertanyaan dari temen-temen, kami merekomendasikan untuk mencoba membuat Tumis Daging Saus Tiram. Resep Masakan Lauk ini kami pilih karena cara membuatnya sangat mudah dan praktis, selain itu resep dan bumbunya juga sangat sederhana.

Resep Tumis Daging Sapi Saus Tiram
Resep Tumis Daging Sapi Saus Tiram
Disini kita akan menggunakan daging sapi bagian punggung tengah sampai bagian bawah atau banyak disebut sebagai daging sirloin, daging sapi bagian ini terkenal sangat lezat dan juga gurih. Untuk bumbu tumis daging saus tiram sendiri kita menggunakan beberapa bahan seperti saus tiram, kecap asin, jahe, bawang merah, bawang putih, lada hitam, cabai dan bumbu lainya.

Nah, buat kamu yang mau coba bikin menu yang praktis dan lezat dari daging sapi? Coba deh bikin tumis daging saus tiram ini.

Cara Mudah Membuat Masakan Lauk Pauk Enak Tumis Daging Sapi Saus Tiram Pedas Lezat adalah sebagai berikut:

  1. Campur daging dengan saus tiram, kecap asin, garam, dan lada hitam. Diamkan 30 menit.
  2. Panaskan minyak di wajan.
  3. Tumis bawang putih, jahe, dan cabai rawit. Masukkan bayam, tumis sampai layu. Angkat lalu sajikan di mangkuk.
  4. Tumis daging hingga warnanya jadi kecokelatan.
  5. Hidangkan daging di atas tumisan sayur bayam. Nikmati selagi hangat.


Sedangkan untuk bahan-Bahan dan juga bumbu-bumbu masakan yang dipakai untuk membuat tumis daging saus tiram yang lezat kita memakai resep ini:

  • 450 gram daging sirloin, iris tipis
  • 2 genggam sayur bayam segar
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm jahe parut
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • 2 sdt cabai rawit cincang
  • 3 sdm minyak sayur


Nah, Resep lauk pauk dari daging ini bisa kamu coba sendiri dirumah. Jika dirasa masih banyak kesulitan silahkan kirim pertanyaan di Halaman Facebook Resep Masakan Harian ya..

Resep Hari Ini: Tumis Ikan Teri Sambal Pedas Mantap

Resep Hari Ini: Cara Memasak Tumis Ikan Teri Sambal Pedas. Bingung mau masak apa hari ini bunda? Tenang aja, bunda nggak perlu bingung-bingung lagi soal ide memasak untuk menu masakan harian keluarga, di blog ini sudah banyak kok resep masakan sederhana hingga yang paling modern yang bisa bunda coba..


Resep sederhana yang bisa bunda coba seperti Masakan Tumis Teri Sambal Pedas ini misalnya, Ikan teri bisa diolah menjadi menu masakan lezat nan nikmat yang bisa menggugah selera makan lho.. Bahkan, hanya dengan menggunakan bahan-bahan dan bumbu masakan sederhana kita sudah bisa mendapatkan menu hidangan spesial super nikmat. Yummi, seperti apa langkah cara membuat tumis ikan teri sambal pedas yang mudah dan nikmat? Yuk simak baik-baik resepnya berikut ini:

Bahan-Bahan

  • 100 gram teri kering, cuci bersih
  • 75 gram tomat, cuci bersih dan potong-potong
  • 1/2 sdt gula merah
  • 250 cc air
  • minyak goreng


Bahan Sambal

  • 10 gram cabai rawit
  • 1 siung bawang putih
  • 25 gram bawang merah
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1/4 sdt garam


Cara Membuat:

  1. Ulek sampai halus semua bahan sambal diatas.
  2. Selanjutnya, goreng ikan teri sampai setengah matang, sisihkan.
  3. Setelah itu, tumis bahan sambal yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan potongan buah tomat. Tumis hingga layu.
  4. Tambahkan air dan gula merah.
  5. Terakhir, masukkan teri yang sudah digoreng setengah matang, masak sampai bumbu meresap.


Sederhana dan praktis kan resep masakan diatas bunda? Segera dicoba ya resepnya...! Oya, Untuk jenis ikan teri yang paling pas dibuat sebagai hidangan ini adalah teri nasi yang memiliki tekstur lembut. Tapi kalo tidak ada, jenis ikan teri apapun tetep bisa dan nikmat untuk digunakan kok. Selamat memasak bunda cantik..

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap

Ayam Bakar Wong Solo Asli dan Khas

Resep Masakan Nusantara - Siapa yang tak kenal dengan Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia karena citarasa yang khas Solo banget. Tak heran jika menu ayam bakar ini banyak diburu oleh kalangan pecinta kuliner. 

Jika dilihat dari bahan dan bumbunya, proses dan cara untuk membuat ayam bakar wong solo ini tidaklah terlalu sulit,  Anda pun bisa mencobanya sendiri dirumah. Yang jelas memasak itu memerlukan ketelatenan dan kesabaran, serta dilakukan dengan hati yang penuh cinta.. :D

Untuk mengetahui apa saja bahan dan bumbu ayam bakar wong Solo yang enak dan praktis? Mari simak resep rahasia dan cara membuatnya berikut ini..! :

Resep Bumbu Rahasia dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Wong Solo Asli 

Alat dan Perlengkapan Dapur

Panci Oxone 23Pcs Travel Cookware Set - Hijau


  • Full Stainless Steel Body
  • Aluminium Capsuled Bottom
  • Tutup gelas kaca dengan handle stainless steel
  • 23Pcs Panci Set
  • Mirror polish interior & exterior

Original Price:
RP 1.290.000
Discount: 44% by UOB
Rp 725.000
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn


Bahan Baku Ayam Bakar Khas Wong Solo:
  • 1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 menjadi 6 bagian
  • 500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa tua
  • 2 btg sereh, dimemarkan
  • 10 sendk mkn kecap manis
  • 4 cm lengkuas, gemperek memar
  • 1 sendk mkn air asam jawa
  • 4 lembr daun salam
  • 35 g gula merah

Bumbu Rahasia Ayam Bakar Wong Solo :

  • 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  • 12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
  • 6 butr kemiri
  • 1/4 sendk teh jinten
  • 1 sendk teh ketumbar
  • 4 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1/2 sendk mkn garam

Langkah-langkah cara membuat ayam bakar khas Solo asli yang praktis dan spesial:

1. Tumislah semua bumbu halus khas ayam bakar wong solo. Jgn lupan masukkan juga batang  sereh, lengkuas dan daun salam sampai bahan bumbu rahasia memunculkan aroma sedap.

2. Jika tumisan bumbu sudah siap , selanjutnya masukkanlah potongan-potongan ayam tadi sembari diaduk agar bumbu tercampur. Tambahkan air asam jawa, kecap dan juga gula merah, aduk2.  Jangan sampai ketinggalan, air kelapa dimasukkan juga ya? Masak terus potongan-potongan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, pisahkan potongan ayamnya dari kuahnya. Nantinya kuah ayam tadi bisa digunakan sebagai bahan bumbu bakar.

3. Langkah paling akhir adalah bakar ayam yang sudah dimasak tadi menggunakan bara api sampai daging ayam menjadi berubah warna cokelat. Angkat dan baluri potongan ayam dengan kuah yang sudah dipisahkan tadi. Bakar kembali matang dan bumbu meresap. 

4. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat.

Seperti itulah Resep Rahasia Ayam Bakar Khas Wong Solo Yang Enak Dan Lezat. Sangat mudah untuk diikutikan resep masakan diatas? Baca juga : Kategori Resep Masakan Daerah dan Resep Aneka Kue Lengkap. Atau baca juga Resep Sahabat kami DISINI.

Resep Ikan Sarden Saus Tomat Pedas Spesial


Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas - Sahabat ResepHariIni, setelah kemarin saya membagikan Tips dan Resep Cara Membuat Pudding Pisang. Maka kali ini saya akan membagikan resep sehari-hari yang tentunya lebih mantap dari resep masakan yang lain. Apa itu? Ya, Resep Ikan Sarden Saus Tomat Pedas Spesial. Dalam praktiknya memasak sarden saos tomat pedas sangat simple dan cukup memerlukan waktu yang singkat. Jadi menu masakan ini sangat praktis bagi Anda yang memiliki sedikit waktu untuk masak.

Cara Membuat Ikan Sarden Saus Tomat Pedas Yang Praktis

  1. Haluskan bumbu sarden seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah
  2. Kemudian, panaskan wajan dan tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Tambahkan gula & garam secukupnya kedalam tumisan bumbu, tambahkan sedikit air. Jangan lupa masukan saos tomat dan saos sambal, tunggu hingga mendidih.
  4. Terakhir, masukkan ikan sarden dan masak sebentar saja kira-kira sampai bumbu sedikit meresap. Jangan terlalu sering di aduk agar ikan sarden tidak hancur.
  5. Angkat, Ikan sarden saus tomat pedas pun siap untuk disantap.

Resep Dan Bahan Bumbu

Bahan-Bahan
Takaran Masak
- Ikan Sarden
500 gram
- Bawang Merah
7 siung
- Bawang Putih
3 siung
- Cabai Merah Keriting / Rawit
8 buah / Sesuai selera
- Garam
Secukupnya
- Jeruk Nipis
1 buah
- Saus Tomat
2 sendok makan
- Saus Sambal
1 sendok makan
- Air
500 cc
- Gula Pasir / Gula jawa
secukupnya
Sangat praktis dan mudah bukan? Semoga Resep Dan Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat ini dapat membantu Anda dalam mencari pilihan menu yang tepat untuk sarapan, makan siang dan bahkan makan malam Anda. Jangan lupa baca Resep Hari Ini terus ya?

Resep Cara Membuat Kue Kastengel Keju Praktis Spesial

Resep Aneka Kue Lebaran | Cara Membuat Kastengel Keju - Nggak terasa ya sudah setengah bulan kita menjalankan ibadah puasa bunda. Nah, itu artinya kira-kira masih dua minggu lagi kita akan sampai kepada hari kemenangan yaitu Hari Raya Umat Islam yakni Idul Fitri Mubarok. Ketika merayakan momen Idul Fitri, sangat kurang lengkap rasanya kalau tidak ada hidangan kue lebaran atau sajian makanan ringan di meja rumah ya bunda.. 

Nah, untuk momen Hari Raya tahun ini yang bakal segera tiba, bunda kira2 sudah menyiapkan kue apa saja yaa? Kalau belum, Resep Masakan Harian punya resep kue lebaran yang enak nih bund, rasanya gurih dan pastinya sangat menggugah selera, Yaitu Kue kastengel keju. Cara membuat Kue kastengel keju itu sangat mudah kok, Bunda bisa  buat kapan saja dirumah... Yuk coba resep ini..!

Bahan Dasar Untuk Membuat Kue kastengel keju Renyah dan Enak Resep Masakan Harian menggunakan bahan seperti Berikut:
  • 200 gram terigu
  • 150 gram margarin (cairkan)
  • 150 gram keju parut
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur


Cara Membuat Kue kastengel keju Yang Enak Adalah Seperti Berikut Ini:
  1. Campur kuning telur bersama margarin yang telah dicairkan kemudian kocok lepas hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan keju parut. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang cukup kalis. 
  3. Cetak di loyang sesuai keinginan. 
  4. Panggang kastengel yang sudah dicetak hingga setengah matang kurang lebih selama 20 menit. Keluarkan kastengel setengah matang dari oven, oleskan bahan olesan di atasnya kemudian taburkan keju parut sesuai selera. 
  5. Panggang kembali kastengel kurang lebih selama 10 menit hingga matang. 
  6. Angkat kastengel yang telah matang dan siap untuk dihidangkan.


Sedangkan Sebagai Bahan Pelengkap dan hiasanya Disini menggunakan bahan seperti ini:
  • Olesan kastengel (dari satu butir telur, kocok lepas)
  • Keju parut (secukupnya, untuk taburan)


Seperti itulah resep dan cara membuat kue lebaran kering berupa kastengel dari Blog Resep Masakan Harian. Resepnya sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini ya bunda dan semoga keluarga serta sanak saudara yang berkunjung ke rumah kamu saat Idul Fitri suka dengan sajian kue yang barusan kita buat yaa...

Resep Pecak Ikan Goreng Pedas Lezat Nikmat

Resep Masakan Hari Ini. Cara Membuat Pecak Ikan Lezat Nikmat – Jika bunda dan keluarga penggemar masakan ikan, Resep masakan ikan pecak ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dicoba. 
Cara Resep Pecak Ikan Goreng Pedas Lezat Nikmat

Pecak sendiri merupakan bumbu masakan yang terdiri dari bahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang, jahe, kemiri, dll. Tapi kali ini  Bahan bumbunya kita buat sederhana saja. Seperti berikut tutorial masakan resep cara membuat pecak ikan goreng pedas praktis nan lezat.

Bahan-bahan:
  • 5 ekor ikan (bisa menggunakan ikan mujair atau yang lain), bersihkan dan kerat-kerat badannya
  • garam dan gula secukupnya
  • penyedap rasa (optional)


Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 2 cm kencur
  • perasan air jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat Pecak Ikan Goreng Pedas:
  1. Lumuri ikan dengan garam dan jeruk nipis. Rendam kurang lebih 10 menit. Goreng hingga matang dan krispi.
  2. Ulek bumbu hingga hancur, namun jangan sampai benar-benar halus. Tumis dengan minyak secukupnya hingga harum. Masukkan garam dan gula secukupnya. Jika ingin lebih segar, bisa juga ditambahkan potongan tomat.
  3. Setelah bumbu matang, siramkan di atas ikan. 
  4. Sajikan Menu Masakan Pecak Ikan Goreng Pedas selagi hangat. Nyammm.. Nyammm..
Resepnya sederhana banget kan bunda? Semoga resep cara membuat pecak ikan goreng pedas ini bisa bunda ikutin yah.. Selamat mencoba..!

Peralatan Masak

Panci Presto Trisonic Preasure Cooker - 8 L

Panci Presto Trisonic Preasure Cooker ini berguna bagi Anda yang ingin membuat ikan presto (bandeng presto, ayam tulang lunak, daging, bebek presto, dll). Dengan alat presto ini, Anda bisa memproduksi sendiri aneka makanan presto. Panci Presto, sangat cocok untuk usaha presto, restoran, rumah makan, hotel, katering dll

  • Kapasitas 8L
  • Anti Karat
  • Mudah Digunakan
  • Mudah Dibersihkan
Original Price:
RP 450.000
Discount: 63% by UOB
Product by:
 
Rp 165.000
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn

Resep Bakwan Jagung Rasa Ebi Enak Dan Mudah - Resep Hari Ini

Resep Bakwan Jagung

Resep Bakwan Jagung Yang Enak - Bingung bagaimana cara membuat bakwan yang enak? Nggak usah bingung, disini Anda akan menemukan berbagai resep masakan menarik secara lengkap.

Terutama Resep Bakwan Jagung Rasa Ebi yang bisa Anda jadikan sebagai menu gorengan yang pas untuk menemani waktu santai Anda.

Berikut ini adalah resep mudah, praktis dan simpel Bakwan jagung rasa ebi enak yang bisa Anda coba dirumah.

Bahan dan Bumbu-bumbu:
  • 75 gram tepung terigu 
  • 1 sendok makan tepung sagu 
  • 100 gram jagung manis serut 
  • 1 butir telur 
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 buah cabai rawit hijau iris 
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:
  • 1 siung bawang putih 
  • 2 butir bawang merah 
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk 
  • 2 sendok teh ebi disangrai 

Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi Yang Mudah:
  1. Campurkan semua bahan seperti: Jagung manis yang sudah diserut, telur ayam, tepung sagu, tepung terigu,  merica bubuk, garam,cabai rawit hijau, daun bawang, dan bumbu halus.
  2. Ambil adonan bakwan satu sendok sayur. Lalu tuang kedalam wajan datar yang berisi minyak panas dengan temperatur api sedang. Lakukan hingga wajan sedikit penuh. Goreng sampai bakwan jagung matang.

Baca Aneka Resep Masakan Lainya:



RESEP KUE APEM TEPUNG BERAS KUKUS DAN CARA MEMBUATNYA

GAMBAR KUE APEM BERAS KUKUS
Resep Masakan Harian | Resep Kue Apem Tepung Beras. Kue Apem, selain memiliki tekstur yang lembut kue ini juga terkenal dengan citarasanya yang gurih dan manis legit. Tak heran jika kue yang termasuk dalam kategori jajanan pasar ini memiliki penggemar tersendiri. 

Ada dua jenis kue apem yang biasa dibuat, yaitu kue apem kukus dan kue apem yang dipanggang. Ngomongin masalah cara membuatnya, sebenarnya kue apem ini tidak sulit kok. Bahan baku kue apem juga terbilang sangat sederhana, pas banget sebagai menu olahan rumahan praktis.

Nah, di edisi Selasa kali ini mimin akan membagikan resep apem khusus yang di kukus. Dan bahan yang digunakan menggunakan tepung beras. Untuk Kue Apem yang lain bunda bisa cari di Kategori Aneka Resep Kue. Penasarankan gimana cara membuat kue apem yang enak, empuk dan mekar? Yuk simak resep ini..

RESEP BUMBU, BAHAN KUE APEM TEBUNG BERAS YANG DIKUKUS DAN CARA MEMBUATNYA

Bahan | Ingredients:

  • 250 gram Tepung beras 
  • 50 gram Tepung sagu atau tepung kanji 
  • 140 gram Gula pasir 
  • 200 mili liter Santan kental 
  • 250 mili liter Air hangat 
  • 1 sendok teh Ragi instant 
  • Sejumput garam Halus
  • Pewarna makanan (optional ) 


Cara Membuat Kue ApemKukus | Directions :
  1. Campurkan ragi instant dengan 4 sendok makan air hangat .
  2. Setelah itu didihkan santan kental bersama gula pasir hingga larut . lalu sisihkan dan dinginkan .
  3. Selanjutnya campurkan tepung beras , larutan ragi instant, tepung kanji  dan juga sisa air hangat sambil di uleni hingga adonan menjadi kalis selama kurang lebih 15 menit . kemudian disusul dengan menuangkan santan yang telah di didihkan terlebih dahulu, aduk hingga rata . diamkan selama kurang lebih satu jam .
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan sesuai selera , dari warna merah , hijau , kuning dan lain sebagainya . tapi jika bunda tidak ingin menggunakan pewarna , biarkan saja dengan warna purih adonan alami . jika sudah , tudangkan adonan kedalam cetakan plastik tahan panas .
  5. Kemudian panaskan dandang hingga mendidih dan beruap banyak , masukkan adonan yang telah dimasukkan kedalam cetakan . lalu kukus kurang lebih selama 20 menit hingga matang . angkat .
  6. Kue Apem Tepung Beras Kukus pun siap untuk disajikan .

Resep dan Cara membuat kue Apem tepung beras ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi bunda yang tidak menggunakan oven. Selamat mencoba ya.. Semoga resep jajanan pasar ini bermanfaat buat bunda dan yang lainya.. Yuk masak..! Nyam.. Nyam..

Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Khas Dendeng Balado | Dendeng Balado adalah salah satu masakan pedas khas masakan Padang. Rasanya nikmat, pedas dan pasti sangat menggugah selera.

Resep masakan ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis dalam hal cara membuatnya. Bunda tinggal duplikasi resep dan cara membuat dendeng balado kering, basah dan pedas dibawah ini..

Resep Dendeng Balado Pedas

Bahan untuk membuat dendeng balado:


  • 400 gram daging gandik
  • 8 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng


Bahan Bumbu dendeng balado di tumbuk kasar:


  • 7 butir bawang merah
  • 9 buah cabe merah besar


Cara Membuat Dendeng Balado yang Enak:

Tutorial, tips dan cara mudah membuat dendeng balado yang enak dan mudah, bisa bunda simak seperti pada langkah memasak berikut..

  1. Daging di iris tipis searah dengan seratnya.
  2. Taruhlah irisan daging di loyang tanpa minyak. Masukkan ke oven dan panaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau hingga kering. Dinginkan
  3. Goreng irisan daging yang sudah di oven menggunakan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar, beserta daun jeruk, daun salam, dan juga serai hingga harum.
  5. Terakhir, masukkan daging dendeng, garam, dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok air asam, aduk sampai rata. 
  6. Angkat dan sajikan dendeng balado pedas yang baru dibuat.

Resep Bumbu dan Cara Membuat Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat
Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat: Telur Balado Sambal Tomat Spesial
Resep Hari Ini: Pilihan Praktis Masakan Untuk Sahur - Hai buntik... Pasti bunda sering merasa bingung mau menyajikan menu masakan apa untuk santap sahur nanti. Hemm, nggah usah bingung sih bun.. Bikin menu sahur yang sederhana saja tapi haruslah yang menggugah selera sekaligus super praktis dan nggak ribet. Seperti misalnya menu masakan untuk sahur yang praktis, mudah dan nggak ribet adalah Telur Balado Sambal, resep ini gampang banget bikinnya.. Berikut resep yang bisa bunda coba..


Bahan dan Bumbu Telur Balado Sambal Tomat:
  • 6 butir telur rebus
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdm gula pasir
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara Membuat Telur Balado Sambal Tomat:
  1. Goreng telur rebus (ini sesuai selera, jika tak suka digoreng bisa dimasak langsung)
  2. Blender semua bahan bumbu halus kecuali garam, gula, dan penyedap rasa.
  3. Tumis bumbu halus dan masukkan garam, gula, dan penyedap rasa.
  4. Masak sampai harum.
  5. Masukkan telur rebus dan tumis sampai matang dan bumbu meresap.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Murah dan Praktis

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Tahu Isi Telur  | Sebagai selingan lauk pauk, menu masakan tahu isi telur ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas buat keluarga bunda.. Selain itu, bunda juga bisa mencoba Resep Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT sebagai menu spesial.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Yang Enak

Nah.. Untuk resep dan cara mudah membuat tahu isi telur ini, bunda dapat mencobanya sendiri dirumah dengan mengikuti tutorial masakan langkah demi langkah memasak yang mudah berikut ini:

Bahan-bahan :


  • 1 buah tahu putih
  • 100 gram udang, cincang
  • 20 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 2 batang daun seledri, iris
  • 12 butir telur puyuh rebus matang, kupas
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng


Bumbu Halus:


  • 2 siung bawang putih, iris, goreng
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sdt garam


Saus cocolan :


  • 50 ml kecap manis
  • 1 sdm petis udang


Cara membuat :


  1. Tahu dihaluskan terlebih dahulu, lalu campur dengan udang, telur, tepung sagu, bawang merah halus, daun bawang, garam, merica, dan seledri, aduk merata. Buat jadi adonan.
  2. Sementara itu, ambil adonan sesendok demi sesendok. Lalu bentuk bulat menyerupai  bola, isi telur puyuh didalamnya, bulatkan lagi. Lalukan cara ini sampai habis..
  3. Panaskan minyak goreng, dan goreng hingga matang, angkat.
  4. Buat saus cocolan enak:  campur semua bumbu halus dengan petis udang, aduk rata, tambahkan kecap manis, lalu aduk rata.


Resep Lauk pauk selingan yang enak pun sudah selesai dibuat. Pilihan resep lain yang enak dan bisa bunda coba adalah : #Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Gurih - #Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap - #Resep Ayam Goreng Spesial Gaya Korea Super Murah

Resep Praktis Telur Orak-Arik Sawi Putih Spesial

Resep Masakan Sayur Hari Ini | Orak-Arik Sawi Putih Istimewa - Masakan apa yang paling gampang dan simpel? Kalau dibilang paling gampang sih ya masakan orak-arik. Resepnya gampang, bikinya juga mudah dan cepet. Hemm.. Ngomongin soal Orak-arik nih, ada resep masakan orak-arik istimewa nih yang bisa bunda coba dirumah. 
Resep Telur Orak-Arik Spesial
Resep Telur Orak-Arik Spesial
Bunda cukup menyediakan bahan sederhana yang biasa tersedia di dapur seperti telur , tahu dan sawi putih masakan Orak-arik spesial ini pun sudah bisa bunda buat. Untuk tutorial masakanya bisa bunda simak berikut ini..

Bahan-Bahan Orak-arik:

  • 3 btr telur, masak orak-arik
  • 150 gr tahu putih, potong dadu, goreng sebentar
  • 1 bonggol sawi putih, potong-potong
  • 2 bh cabe merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 1 siung bawang bombay, iris
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Minyak, secukupnya
  • Gula, secukupnya
  • Garam, secukupnya


Cara Membuat Masakan Orak-Arik yang Enak:

  1. Panaskan minyak diatas wajan kemudian masukkan bawang bombay, bawang putih dan irisan cabe merah tumis hingga harum.
  2. Masukkan sawi putih, aduk sebentar. Masak hingga agar layu.
  3. Masukkan tahu goreng dan telur orak-arik.
  4. Kemudian tambahkan merica bubuk, garam dan gula.
  5. Aduk rata semua bahan hingga bumbu meresap. Koreksi rasa.
  6. Setelah pas Anda bisa menyajikannya.

Yups, Resepnya hanya sesederhana itu sih.. Selain itu, bunda masih bisa berkreasi dengan model masakan sayur apa saja sesuai yang bunda suka. Intinya, tetep masak! Yess!

Resep Cah Brokoli Bakso Untuk Menu Makan Sahur

Resep Masakan Harian | Resep Cah Brokoli Bakso - Buat bunda yang pengen menyiapkan menu sahur yang praktis, enak dan juga sehat buat keluarga tercinta.. Coba deh masak menu yang ringan-ringan saja seperti cah brokoli bakso berikut ini. 
Resep Cah Brokoli Bakso
Resep Cah Brokoli Bakso
Resep masakan sahur ini dijamin praktis dan mudah, cara membuatnya juga sangat cepat. Tak perlu membutuhkan waktu lama untuk memasak sayur ini. Tinggal tumis langsung jadi, seperti ini resepnya..

Bahan-bahan:

  • 1 bonggol brokoli, potong-potong
  • 10 buah bakso sapi
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, potong-potong
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 cm jahe, iris tipis/memarkan
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt kaldu bubuk 
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara Memasak Cah Brokoli Bakso:

  1. Rendam brokoli dalam air garam agar kotorannya luruh.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabai dan jahe. Tumis lagi hingga harum.
  3. Masukkan bakso dan tumis lagi sebentar. Masukkan brokoli, saus tiram, garam, merica dan kaldu bubuk. Tang sedikit air dan masak hingga sedap.
  4. Terakhir tuang maizena dan aduk rata hingga mengental.
  5. Cah brokoli bakso siap sajikan untuk menu sahur yang sedap dan praktis.


Praktis dan mudah kan? Menu masakan ini sangat cocok untuk sajian makan sahur bersama keluarga.. Selamat Memasak dan selamat menunaukan ibadah puasa..

Resep Ayam Bumbu Serai Khas Thailand, Resepnya Ternyata Gampang!

Masakan Khas Thailand - Pernah coba masakan khas thailand yang satu ini bunda? Yups Ayam Bumbu Serai, masakan ini sangat populer di negara asalnya. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan menu masakan ini melekat di lidah para penikmatnya.. 
Sebagai gambaran saja, masakan Ayam Bumbu Serai ini diolah kering atau goreng dengan kombinasi bumbu rempah yang khas. Tapi sebenarnya, untuk resep Ayam Bumbu Serai khas Thailand juga tak beda jauh dengan menu ayam goreng yang lain, hanya saja ada beberapa proses dan bumbu yang ditambahkan untuk memperkuat rasa gurihnya. Penasaran bagaimana cara membuat Ayam Bumbu Serai ini? Yuk ikuti step by step tutorial memasak berikut ini:

Bahan dan Bumbu Ayam Bumbu Serai :

  • 500 gr daging ayam, potong-potong
  • 10 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
  • 3 batang serai, potong-potong
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada hitam

Cara membuat Ayam Bumbu Serai :

  1. Ulek serai, garam dan lada hitam hingga halus dan serai hancur.
  2. Campur bumbu ulek dengan saus tiram, kecap asin, gula, daun jeruk dan tepung. Masukkan daging ayam dan biarkan terendam bumbu kurang lebih selama 30 menit.
  3. Goreng ayam dan bumbunya hingga matang. Angkat  dan tiriskan dari minyak (Biasanya bumbu lebih cepat matang)
Selesai sudah cara membuat masakan khas thailand-Ayam Bumbu Serai yang renyah dan garing. Tingga menikmati hasil masakan yang sudah kita buat tadi.. Nyam..Nyam.

Link Selanjutnya: Spesial Resep Praktis Kari Kambing Pedas Gurih Sederhana dan Resep Gulai Ikan kakap Ala Masakan Padang

Resep Nasi Goreng Seafood Enak Dan Lezat

Resep Nasi Goreng Seafood

Resep Bumbu Dan Cara Membuat Nasi Goreng Seafood - Bosan masak nasi goreng yang itu-itu saja? Mungkin nasi goreng berikut ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengganti menu nasi goreng anda yang biasa saja. Nasi goreng ini menggunakan tambahan seafood sebagai bahan campuranya. Tentunya hasil masakan dan rasanya sangat lezat dan nikmat.

Bahan-bahan dan Bumbu :
  • 500 gr nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 6 buah udang yang sudah dikupas kulitnya
  • 1 potong cumi yang sudah dibersihkan, potong potong
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Penyedap rasa Royco Nasi Goreng 1 bks
  • 1 sdt margarin
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Masak :
  1. Panaskan minyak dan margarin kedalam wajan. Masukkan udang bersama cumi, masak sampai keduanya berubah warnanya. Tambahkan telur ayam serta irisan daun bawang, masak hingga bahan matang.
  2. Selanjutnya, tambahkan nasi putih dan aduk hingga masakan nasi goreng tercampur dengan baik. Jangan lupa tambahkan penyedap Rasa royco rasa nasi goreng. Campur rata.
  3. Jika dirasa sudah cukup, cicipi. Lalu angkat.
  4. Sajikan Masakan Nasi Goreng Spesial buatan anda selagi hangat bersama kerupuk dan acar, Yummi..!
Praktis dan Mudahkan Resep Bumbu dan Cara Membuat Nasi Goreng seafood diatas. Resep Nasi Goreng ini bisa dijadikan untuk 3 porsi.  Selamat mencoba..!

Baca Juga Resep Masakan Yang Lain :

- Resep Orak Arik Telur Asin Enak
- Resep Tongseng Kambing Pedas Spesial
- Resep dan Bumbu Semur Ayam
- Resep Nasi Liwet Enak Nan Gurih

Resep Bumbu Orek Tempe Teri Masakan Rumahan Praktis dan Sederhana

Gambar, Foto, dan Resep Bumbu Orek Tempe Teri
Resep Bumbu Orek Tempe Teri Sederhana - Masakan Rumahan
Resep dan Bumbu Masakan Orek Tempe Teri - Salah satu masakan rumahan praktis dan sederhana, gampang dibuat dan menjadi menu masakan vaforit keluarga, Orek Tempe Teri Kering..

Lalu apa saja resep orek tempe teri yang enak dan bagaimana cara membuatnya? Oke deh bund, simak resep dan tutorial cara memasaknya berikut ini ya.. Resep by fitri haf

Bahan | Ingredients :

  • 1 papan tempe potong selera
  • 1 0ns teri jengki belah 2 rendam air anget lalu cuci bersih tiriskan
  • Semua bahan digoreng menurut selera bisa kering bisa setengah kering


Bahan iris

  • 1 buah tomat
  • Cabe merah rawit
  • Cabe rawit hijau
  • Baawang merah
  • Bawang putih


Bumbu tambahan | Flavour :

  • Salam laos keprek gulmer
  • Kecap bango
  • Saos tiram
  • Bumbu penyedap
  • Garam
  • Sedikit air


Cara Memasak | Cooking Tips :

  1. Tumis baawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Lalu masukan bahan iris dan bumbu tambahan.
  3. Masak sampai bumbu mengental.
  4. Setelah itu masukan tempe dan teri 
  5. Masak hingga semua tercampur rata dengan bumbu.
  6. Cicipi, Angkat dan Sajikan.


Untuk pilihan menu masakan rumahan paraktis lainya, bunda bisa intip resep sayur yang kami rekomendasikan, salah satu yang jadi favorit saya adalah Resep Tumis Bunga Pepaya Enak dan Tidak Pahit, masakan ini mungkin dapat menjadi referensi buat bunda yang bingung mau masak apa hari ini. Happy Cooking Bunda..

Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap

Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial - Biasanya kalo memilih resep menu makanan buka puasa, lebih suka yang praktis, simpel dan menu yang bisa menggugah selera kan gaes..? Nah, salah satu menu masakan yang bisa kamu coba adalah tumis ayam saus jeruk. Selain resepnya mudah dibuat, menu ini juga memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan dan pasti bisa menggugah selera deh...! Lebih lengkapnya, yuk lihat resep dan cara membuatmnya di bawah ini.

Bahan-Bahan
  • 700 g daging ayam, potong dadu
  • 1 1/2 sdm minyak canola
  • 70 cc + 2 sdm kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 3/4 sdt bubuk bawang bombay
  • 2 sdt zest jeruk (atau irisan kulit jeruk)
  • 100 cc air perasan jeruk
  • lada hitam bubuk
  • 1/4 sdt jahe parut kering
  • 2 sdm cuka
  • 3 sdm kecap
  • 3 sdm madu
  • 2 1/2 gula 
  • 2 sdm tepung maizena
  • daun bawang dan biji wijen sebagai taburan


Cara Membuat

1. Tumis daging ayam menggunakan minyak canola, tambahkan garam dan lada bubuk. Masak sampai daging ayam matang, sisihkan.

2. Untuk membuat sausnya, tumis terlebih dahulu bawang putih, matikan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis, zest jeruk, 70 cc kaldu ayam,  bubuk bawang bombay, madu, kecap, gula,jahe, dan juga cuka. Tambahkan sedikit garam dan lada. Nyalakan api sedang. Selanjutnya, campurkan tepung maizena dengan 2 sdm kaldu ayam, lalu masukkan dalam campuran saus. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. 

3. Masukkan potongan daging ayam yang sudah matang diatas, campurkan hingga rata dengan saus.

4. Menu Masakan Tumis ayam saus jeruk bisa dihidangkan dengan potongan daun bawang dan taburan biji wijen diatasnya. Yummi..!

Kalau kamu pengen rasa yang lebih pedas untuk resep menu buka puasa hari ini, kamu juga bisa kok menambahkan sendiri saus sambal atau cabai di masakan kamu. Selamat memasak, Ladies!

RESEP KUE APEM TANPA SANTAN YANG ENAK - TREND JAJANAN PASAR 2016

Gambar Resep Kue Apem Tanpa Santan
Aneka Resep Jajanan Pasar | Resep Kue Apem Tepung Beras Tanpa Santan. Meskipun tanpa menggunakan santan dalam membuat kue Apem, tapi hasilnya juga tak kalah dengan yang pake santan lho.. Sama-sama hasil masakan apemnya memiliki tekstur yang lembut dan tetap gurih enak. 

Nah, kali ini mbakmimin akan membagikan resep apem yang sedikit beda. Kemarin sempet berbagi Resep Jajanan Pasar Kue Apem Tepung Beras Yang Dikukus, dan sekarang gantian versi yang lain, yaitu Resep Kue Apem Tanpa Santan

Penasarankan gimana cara membuat kue apem yang enak, empuk dan mekar? Yuk simak resep ini..

RESEP BUMBU, BAHAN KUE APEM TANPA SANTAN DAN CARA MEMBUATNYA

Bahan | Ingredients:
  • 2 gelas tepung terigu
  • 2 gelas tepung beras
  • 1 gelas gula pasir
  • 2 sdt fermipan
  • 3 gelas air matang
  • pasta pandan dan stowberry secukupnya 


Cara Membuat | Directions :
  1. Campurkan tepung beras,  tepung terigu,fermipan, dan gula pasir. Aduk rata. Setalah itu, bagi adonan menjadi 2 bagian, dikasih perisa pasta pandan dan stowberry, lalu diamkan selama 1 jam.
  2. Masukkan adonan sebagian2 kedalam cetakan yg sudah diolesi dengan minyak goreng, kukus sebagian adonan selama 5 menit, kemudian ditambah adonan smp penuh dan dikukus lagi smp matang / selama 30 menit. Tutup panci dibungkkus dengan serbet supaya airnya tidak membasahi kuenya.
  3. Angkat dan sajikan.

Resep dan Cara membuat kue Apem Tanpa Santan sangat mudah dan praktis kan? Nah.. tentu ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi bunda yang nggak suka santan kan,. hehe.. 

Selamat mencoba ya.. Semoga resep jajanan pasar ini bermanfaat buat bunda dan yang lainya.. Yuk masak..! Nyam.. Nyam..

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak

Resep Kue: Tips Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak


Resep Kue Menu Masakan Hari Ini - Pengen membuat menu apa yang cocok untuk hidangan arisan atau acara-acara tertentu? Tidak usah bingung-bingung bunda, buat kue pukis saja. Selain mudah dan praktis, resep ini juga sudah luwes utuk disajikan di acara2 penting. 


Bahan baku untuk membuat kue pukis juga tidak ribet, bahkan alat masaknyapun cukup sederhana. Maka kue ini sangat cocok dijadikan pilihan yang tepat. Seperti apa dan bagaimana resep cara membuatnya? Intip resepnya berikut ini..

Bahan-bahan Kue Pukis:
  • 125 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 2 butir telur
  • 150 ml santan dari 65 ml santan kara dididihkan dahulu
  • 35 gram keju cheddar diparut
  • margarin untuk mengoles cetakan
  • coklat meses untuk topping
  • 125 gr gula pasir
  • pasta pandan untuk kue pukis pandan


Cara Membuat Kue Pukis :
  1. Pertama, Kocok telur dan juga gula pasir (bisa pakai mixer / kocok manual) sampai adonan mengambang.
  2. Kemudian campurkan tepung terigu beserta ragi instan aduk merata. Masukkan tepung ke dalam panci berisi kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. 
  3. Tuang santan kelapa yang sudah dididihkan dan aduk sampai rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Selanjutnya, masukkan parutan keju serta pasta pandan kedalam adonan, aduk rata.
  5. Tuang adonan kue pukis ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan dan olesi margarin (Isi adonan jangan sampai penuh karena nanti akan mengembang). 
  6. Tutup dan masak hingga setengah matang, kemudian taburi dengan coklat meses atau topping yang lain, tutup kembali. 
  7. Masak hingga matang dan bagian bawah berwarna kecoklatan. Angkat.


Resep Kue Pukis ini selain untuk menu suguhan acara, bunda juga bisa memanfaatkanya sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan lho.. Tinggal kreasikan sesuai keinginan bunda. Yukk dicoba..!
------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *