Harga Terbaru 2016

Tampilkan postingan dengan label Tips Sehat. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tips Sehat. Tampilkan semua postingan

3 Cara Mudah Memilih Buah Melon Yang Bagus dan Matang

Tips Memilih Buah Melon
Tips Cara Memilih Buah Melon - Suka banget dengan yang namanya buah melon bunda? Selain digunakan untuk jus, buah kaya air ini juga sering dipakai sebagai buah pencuci mulut.. Lebih lagi cuaca yang terik seperti sekarang ini tentu akan jadi sedikit lebih segar jika makan buah-buahan yang segar. Rasa masis dan legit dari buah ini yang menjadi salah satu alasan buah ini banyak digemari.. 

Lalu bagaimana dengan cara memilih buah melon yang bagus, matang dan manis? Tentu ini jadi dilema dong jika melon yang kamu pilih dan kamu beli belum matang. Rasa melon yang kamu beli bakal hambar rasanya dan daging bagian bawahnya lebih keras. Dessert yang diharapkan jadi kurang nikmat deh.. Hemm

Oke, kamu tak perlu galau-galauan lagi karena masalah salah pilih buah, karena kali ini mbakmin akan membagikan tips dan trik cara mudah pilih melon yang bagus dan sudah matang. Yukk Simak!

Cara Memilih Buah Melon Yang Matang Dan Manis

1. Jika diangkat dan diukur, buah melon yang matang akan cenderung terasa lebih berat dibanding dengan buah melon yang berukuran sama, begitu pula sebaliknya. Jadi, saat kamu akan membeli buah melon, sebaiknya bandingkan beberapa buah melon yang memiliki ukuran sama dan pilih yang paling berat yaa.

2. Kalo dilihat dari aromanya, buah melon yang sudah benar-benar matang sudah bisa dicium dari bagian pangkal batangnya. Coba deh cium di bagian pangkalnya saat memilih, jika aroma melon sudah terasa di sana berarti buah itu sudah matang.

3. Terakhir, jika diketok-ketok pada buah melon terdengar dalam dan bergema karena adanya ruangan kosong yang sudah cukup besar di dalamnya itu tandanya kalau melon yang kamu pilih sudah matang.

Nah, itulah langkah-langkah sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk memilih melon yang matang. Semoga tips dapur ini bermanfaat yaa...

TIPS DAPUR: Cara Membedakan Telur yang Masih Baru dan Sudah Lama

Cara Memilih Telur yang Masih Baru dan Sudah Lama. Pernah tidak kamu teliti terlebih dahulu telur yang mau kamu beli? apakah telur itu masih bagus atau tidak? Mungkin bagi sebagian orang masih bingung untuk membedakan kondisi telur yang masih bagus (Baru) dan sudah lama, iya kan.? 


Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dan sangat mudah diolah jadi apa saja. Namun kadang sulit untuk menebak-nebak kesegaran isinya. Bahkan telur yang masih baru ataupun yang sudah busuk sepintas penampilan luar sama. Kadang ini membuat banyak orang bingung membedakan mana telur yang masih bagus, dan mana telur yang sudah tidak layak lagi untuk dimasak.

Sebenarnya cara memilih dan membedakanya itu cukup gampang kok. Cukup dengan menyediakan baskom yang diisi air cukup sampai semua bagian telur bisa terendam saat dimasukkan. Agar lebih jelas tentang cara memilih dan membedakan telur yang masih baru, simak infonya berikut ini:

Cara mudah untuk mengetahuinya yaitu masukkan telur ke dalam baskom yang sudah diisi air, perhatikan posisi telurnya. Kalo telur dalam posisi tidur, berarti telur itu masih seger. Kalo posisi telur agak miring berarti usianya sekitar 4 sampai 9 harian. Tapi, kalo telur yang direndam dalam baskom posisinya tegak, maka telur itu sudah disimpan lama, sekitar lebih dari 10 hari. 

Selain itu, cara yang bisa kamu lakukan saat memilih telur yang masih bagus adalah dengan cara meneropongnya menggunakan lampu (cahaya). Jika telur itu masih bagus, maka akan kelihatan bening. Sedangkan telur yang sudah lama dan bahkan busuk cenderung lebih gelap.

Nah, itu lah cara membedakan telur yang masih baru atau sudah lama yang bisa kamu lakuin. Semoga Tips Dapur Resep Hari Ini bermanfaat ya..

------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

4 Tips Cara Memasak Tanpa MSG Tetap Enak dan Lezat

Tips Dapur Sehat. Hai bunda cantik, Kalo dipikir-pikir memasak itu nggak mudah ya? Banyak temen-temen yang punya hobi memasak, tapi ada juga yang nggak suka masak-memasak karena hasil masakanya kurang enak. Banyak dari mereka akhirnya memutuskan untuk menggunakan jalan pintas agar hasil masakanya tetap sedap, yaitu dengan menggunakan bahan MSG atau penyedap rasa pada masakan yang mereka buat. 

Masak Tanpa MSG

Padahal seperti yang kita tahu, bahan MSG ini mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Lalu, bagaimanakah tips agar masakanya tetap enak tanpa memakai penyedap rasa? Yuk bund simak Tips memasaknya berikut ini seperti yang dilansir dari vemale.com beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: 10 Tips Tepat Memilih Makanan Sehat

- Pertama yang harus bunda lakukan yaitu memilah dan memilih bahan-bahan makanan yang segar dan pastikan memiliki kualitas baik. Walaupun bumbu masakan yang bunda pakai lengkap dan enak, tapi kalo bahan yang akan diolah tidak segar hasil masakannya pun jadi kurang enak.

- Yang Kedua yaitu takaran bumbu masakan. Bumbu masakan yang akan dipakai harus benar-benar pas bund. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sembarangan menambahkan garam pada masakan bunda. Alangkah lebih tepat jika pemberian garam pada masakan sebaiknya sedikit saja di awal saat masak. Jika masakan dirasan kurang pas, bisa bunda tambahi sedikit demi sedikit sampai rasanya pas.

- Tips masak yang ketiga adalah dengan menambahkan sedikit gula dalam masakan yang bunda masak. Penambahan sedikit gula ini berfungsi untuk menambah cita rasa dan lebih menonjolkan citarasa masakan yang bunda olah.

- Tips Keempat. Jangan lupa ya bunda untuk mencicipi masakannya, apakah sudah pas atau belum. Kalau masakanya ada yang kurang pas, maka bunda bisa menambahkan bumbu sedikit demi sedikit sampai masakan bunda benar-benar sempurna. 

Ingat bunda, memasak tanpa menggunakan MSG dan penyedap rasa itu hasilnya akan lebih sehat lho. Semoga Tips sehat ini berguna bagi orang banyak  ya bunda.. Yuk Share ke temen-temen yang lain..!

Manfaat Pare Sebagi Pembunuh Sel Kanker

Pare adalah jenis tanaman sayuran yang merambat, bentuk buah yang memanjang dan kulit luar memiliki bentuk yang tidak rata, serta rasa buah yang pahit. Namun tahukah anda? Ternyata pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lho..! Diantaranya sebagi obat pembasmi kanker dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang lain.

Di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Cina, pere dimanfaatkan untuk pengobatan, antara lain sebagai obat gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah, bahkan telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal/jamu.

Buah pare mengandung albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Daun pare mengandung momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak. Sementara itu, akar pare juga mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.
Manfaat sayuran pare bagi kesehatan tubuh
Pare adalah jenis sayuran yang kaya manfaat

Pare juga dapat merangsang nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning, memperlancar pencernaan, dan sebagai obat malaria.  Selain itu, pare juga mengandung beta-karotena dua kali lebih besar daripada brokoli sehingga berpotensi mampu mencegah timbulnya penyakit kanker dan mengurangi risiko terkena serangan jantung ataupun infeksi virus.

Daun pare juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru saja melahirkan, menurunkan demam, mengeluarkan cacing kremi, serta dapat menyembuhkan batuk. Buahnya yang memiliki rasa pahit ini biasanya oleh masyarakat diolah sebagai sayur, misalnya Diolah menjadi oseng pare teri pedas, pecel campur pare, rendang pare, atau Pare gulai pedas.

Di Cina pare biasa diolah dengan tausi, tauco, daging sapi, dan cabai sehingga pare yang memiliki citarasa pahit ini menjadi nikmat dan tidak terasa pahit, namun tidak mengurangi segi kualitas dan manfaat pare itu sendiri. Sedangkan di Jepang pare menjadi primadona masyarakat sebagai makanan sehat karena diolah menjadi sup, tempura, atau asinan sayuran.
Ekstrak dari biji pare selain digunakan sebagai bahan obat-obatan, ternyata dapat digunakan sebagai pembasmi larva alami yang merugikan seperti larva Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit DBD ( Demam Berdarah Dengue ).

Nah, sudah taukan manfaat dari buah pare? Bagi anda yang awalnya gak suka dengan sayur pare, mulai sekarang biasain deh untuk makan pare, agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari namanya gangguan penyakit yang berbahaya.

Jadi, mulai hidup sehatmu dengan mengonsumsi makanan-makanan alami dan sehat.

Salam...!!
10 Tips Tepat Memilih Makanan Sehat

10 Tips Tepat Memilih Makanan Sehat

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli, kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya, kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut 10 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak di lidah.

1. Konsumsi Makanan Yang Kaya Nutrisi.Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.

2. Makan Secara Teratur. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Menyantap camilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan camilan berlebihan.

3. Konsumsi Padi-Padian Penuh, Buah dan Sayuran. Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Apakah Anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal, apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya.


4. Atur Berat Badan Seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan.

5. Buat Perubahan Secara Bertahap.Tak pernah ada 'makanan super' atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam. Mulai lah melakukan perubahan setahap demi setahap hingga mencapai hasil positif, dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. Untuk lebih mudahnya, jika Anda tak menyukai susu tanpa lemak, coba susu redah lemak. Pada akhirnya mungkin Anda juga akan menyukai susu tanpa lemak.

6. Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan. Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan pilihan makanan.

7. Makan Dalam Ukuran Yang Layak. Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.

8. Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat. Tak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

9. Mengetahui Kesulitan Program Diet Anda. Perbaiki kebiasaan makan Anda, pertama kenali apa yang salah dengan pola makan Anda. Tuliskan apapun yang Anda makan dalam tiga hari, lalu periksa daftar tersebut dan cocokkan dengan tips ini. Apa Anda terlalu banyak menyantap mentega, saus, krim atau salad? Dari pada menghilangkannya sama sekali, lebih baik kurangi porsi Anda. Apa Anda merasa tak puas dengan menyantap buah dan sayuran? Jika tidak, Anda mungkin melewatkan nutrisi vital dalam makanan.

10. Ingat, Makanan Bukan Sebuah Kebiasaan Buruk. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan 'baik' atau 'buruk.' Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda.

 Source : kapanlagi.com

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *