Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang

Gambar Bolu Pandan Tanpa Pengembang
Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang
Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang (Emulsifier) atau Pandan sponge cake ini bisa bunda coba dengan mudah. Bahan-bahan bolu pandan pun bisa dibilang sama, yang beda hanya penggunaan bahan pengembang nya. Berikut ini adalah cara membuat bolu pandan tanpa emulsifier yang bisa bunda coba..

Bahan
  • 4 butir telur
  • 160 gr gula pasir
  • 160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 60 ml minyak sayur
  • 90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) 
  • 3/4 sdt pasta pandan, atau secukupnya
Cara membuat
  1. Panaskan oven dengan suhu 150'C. Alasi loyang bulat yg diameternya 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). (Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan). Sisihkan
  2. Kocok telur menggunakan handmixer dengan kecepatan 3 (sedang). Ketika telur kocok mulai berbuih/berbusa dan putih, lalu tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sembari terus dikocok. Tambahkan garam dan vanila bubuk, kocok rata. 
  3. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak agar halus, 3 tahap. Tiap kali dimasukkan, aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata. (bisa juga memakai mixer dengan kecepatan terendah, sebentar saja)
  4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit. Lalu tambahkan juga pasta pandan , kemudian aduk balik dengan menggunakan spatula (bisa juga memakai mixer dgn kecepatan terendah, sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
  5. Tuangkan adonan tadi ke dalam loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang agar gelembung udara yang tertinggal hilang. 
  6. Panggang adonan selama 30 menit dengan suhu 150'C, Selanjutnya naikkan suhu menjadi 160'C. Panggang lagi selama 25-30 menitan, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
  7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini berguna untuk mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang, dinginkan cake di atas rak kawat.
  8. Potong-potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  

TIPS MASAKAN - Untuk mempercepat hasil telur mengembang dengan baik, rendam terlebih dahulu telur menggunakan air anget (Telur akan mengembang baik di suhu hangat +- 40C)
Ayak tepung terigu untuk hasil yang lebih lembut lagi, bisa gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau bisa juga dengan menambahkan sejumlah maizena (dan mengurangi porsi terigunya)
contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]
Sebaiknya gunakan santan yang tidak di dinginkan dari kulkas, atau jika dingin maka hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. (Kalo santan dingin biasanya susah nyampur sempurna di adonan)

XPRESS Redi Cooker Pembuat Kue Masak Panggang Goreng Bakar
alat membuat kue elektrik merupakan sebuah oven mini yang bisa digunakan untuk memanggang aneka macam kue seperti kue nastar, kue kering, pizza, martabak, burger, brownies, dan masih banyak lagi kue panggang lainnya bisa dibuat menggunakan oven mini praktis ini.
  • Alat masak serbaguna
  • Lapisan teflon anti lengket
  • Dilengkapi timer
  • Penggunaan daya 750W
Original Price:
RP 493.830
Discount: 26% by UOB
Rp 365.800
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...