Harga Terbaru 2016

Resep Cara Membuat Telur Goreng Korea Yang Lezat

Resep Telur Goreng Korea - Bosen bikin telur dadar yang itu-itu aja bunda? Coba yuk bikin Telur Goreng Korea yang lezat seperti ini dirumah bunda! Cara membuat Telur Goreng Korea ini gampang banget kok, sama seperti kita bikin telur dadar biasa.
Resep Cara Membuat Telur Goreng Korea

Bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat Telur Goreng Korea adalah telur, susu cair, brokoli, wortel, gula pasir dan mentega. Nah biar lebih jelasnya lagi, yuk coba ikuti resep dan cara membuatnya dibawah ini..

Resep dan Cara Membuat Telur Goreng Korea Yang Enak dan Sederhana
Resep Telur Gulung ala Korea

Bahan: 
  • 5 butir telur 
  • 2 sdm susu cair 
  • 20 gr brokoli 
  • 20 gr wortel 
  • 1 sdt gula pasir 
  • ½ sdt garam 
  • Mentega 

Panduan Cara Membuat Telur Goreng Korea :
  1. Masukkan telur, susu cair, brokoli, wortel, garam, dan gula pasir 
  2. Aduk campuran telur hingga merata. 
  3. Siapkan wajan dan panaskan. 
  4. Oleskan mentega pada wajan. 
  5. Tuangkan sebagian campuran telur ke dalam wajan. 
  6. Tunggu selama kurang-lebih 2 menit. 
  7. Gulung telur secara perlahan. 
  8. Potong telur-telur yang sudah matang. 
  9. Telur goreng siap disajikan.
Video Panduan Cara Membuat Telur Goreng Korea

Resep Sambal Matah Asli Khas Bali Enak dan Menggugah Selera

Sambal Matah Khas Bali - Kita sebagai orang Indonesia kadang lidah kita terasa hambar ketika makan tanpa sambal. Bener nggak? Sambal sudah jadi hal wajib ada untuk menambah nafsu makan. Nah, tapi tahukah kamu kalau ternyata masing-masing daerah itu punya sambal yang khas? Seperti Sambal Matah ini contohnya, sambal matah merupakan sambal khas dari Bali. Sambal ini sudah sangat terkenal baik di Indonesia bahkan sampai keluar negeri lhoo...
Resep Sambal Matah Asli Bali

Kalau kamu pengen menikmati sambal matah bali ini tak perlu jauh-jauh harus ke Bali lho, untuk menikmati sensasi pedasnya Sambal Matah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahanya sangat sederhana dan cara membuatnya pun sangat mudah danpraktis. Pengen coba? Yuk simak resep sambal matah asli dibawah ini.

BAHAN-BAHAN SAMBAL MATAH:
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 batang serai (ambil bagian putihnya saja, iris tipis lalu cincang halus)
  • 7 buah cabai rawit (iris tipis)
  • 3 buah cabai hijau (iris tipis)
  • 5 buah cabai keriting (iris tipis)
  • Terasi bakar (haluskan, secukupnya)
  • 1 buah tomat (potong dadu kecil-kecil)
  • 1 buah jeruk nipis (peras airnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Minyak panas secukupnya


CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH ASLI BALI:

  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali minyak kelapa.
  2. Jika semua bahan sudah tercampur rata dan rasa garam maupun gula sudah pas, selanjutnya panaskan minyak kelapa lalu siramkan kedalam sambal.
  3. Tambahkan air perasan jeruk nipis agar rasa sambal lebih segar dan nikmat.
  4. Aduk rata kembali lalu sajikan.

Bagaimana, mudah gampang banget kan cara membuat sambal matah bali seperti diatas? Selamat mencoba dan semoga berhasil yaa.

Resep Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Kunyit Yang Enak dan Menggugah Selera

Nasi Goreng - Nasi goreng sangat nikmat disantap saat malam hari dengan ditemani kerupuk dan acar. Nasi goreng pada umumnya dibuat biasa-biasa saja dengan racikan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan juga saus. Namun pernahkah kalian coba nasi goreng yang hampir mirip nasi kuning? Ya, Nasi goreng bumbu kunyit
Resep Nasi Goreng Bumbu Kunyit

Nasi goreng ini sangat kental dengan rasa rempahnya, nikmat dilidah dan juga bikin ketagihan. Nah, buat kalian yang belum pernah coba nasi goreng kunyit seperti ini. Resep nasi goreng bumbu kunyit ini bisa kalian coba sendiri dirumah. Cara membuatnya pun sangat mudah, sama seperti membuat nasi goreng biasa, yang berbeda adalah terletak pada bumbunya saja. Yuk simak resep dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 2 porsi nasi putih yang sudah dingin
  • 2 buah cabai merah, iri tipis
  • kacang polong secukupnya
  • ikan teri goreng
  • Bumbu halus:
  • 1 cm kunyit, kupas dan haluskan
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdt bumbu kari
  • garam, gula dan merica bubuk secukupnya


Cara membuat:

  1. Langkah pertama, Tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga harum. Lalu masukkan kacang polong dan ikan teri, tumis lagi hingga kacangnya matang.
  2. Setelah itu, masukkan nasi putih dan aduk-aduk sampai rata dengan bumbu. 
  3. Masak sampai tanak dan matang
  4. Cek rasa, jika dirasa sudah pas dan matang, lalu angkat.
  5. Sajikan nasi goreng kunyit selagi masing hangat dengan telur goreng mata sapi.

Resep Lobster Goreng Kering Lezat

Resep Lobster Goreng Kering - Bagi pecinta olahan seafood, tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan makanan yang diolah dari lobster. Loster memang tergolong makanan seafood yang lezat dan biasanya lobster sering di sajikan di restoran-restoran mahal atau di hotel-hotel berbintang sebab lobster termasuk makanan yang tergolong mahal. 

Selain itu, lobster juga enak di masak menjadi berbagai hidangan makanan lezat seperti lobster saus padang, lobster asam pedas, lobster bumbu balado, lobster asam manis, lobster asam pedas dan lobster goreng kering seperti yang akan kami bagikan resep nya untuk kamu. Masakan lobster goreng kering  ini cocok sekali di hidangkan sebagai menu makan malam kamu bersama keluarga tercinta dirumah. Nikmati lobster goreng kering tiram ini dengan sepiring nasi hangat. 
Resep Lobster Goreng Kering Lezat

Dari pada kamu penasaran dengan resep lobster goreng kering yang sedap dan bagaimana cara memasak lobster goreng kering ini. Coba deh membuat masakan ini dirumah. bagi para ibu-ibu yang suka sekali memanjakan suami dan anak-anak tercintanya dengan masakan yang enak. Gak ada salahnya dong kalau kali ini kamu menyajikan lobster goreng kering spesial seperti ini. Bagi kamu yang belum tahu cara membuatnya. Berikut ini resep dan cara memasak lobster goreng kering spesial yang sedap yang bisa bunda coba.

Bahan-bahan:
  • 1 kg lobster
  • 1 siung bawang putih
  • Air jeruk lemon dari 1 buah jeruk 
  • Garam secukupnya
  • 10 butir lada (merica)
  • 7 1/2 gram kaldu ayam bubuk
  • 6 sdm minyak untuk menggoreng

Cara Memasak:
  1. Bersihkan lobster.
  2. Haluskan lada, bawang putih, jahe, beri garam, kaldu ayam bubuk, peras jeruk lemon.
  3. Lumuri lobster dengan bumbu, diamkan 30 menit.
  4. Panaskan wajan, masukan minyak goreng, setelah minyak goreng panas, masukan lobster semuanya, goreng sampai kering. Angkat, sajikan.
Selain Resep Resep Lobster Goreng Kering Lezat, Anda juga bisa mencoba Resep Seafod dibawah ini sebagai menu pilihan:

Daftar Resep Masakan Seafood Enak dan Sederhana

Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon Enak dan Lezat

Resep Ayam Bakar Mercon - Ayam bakar adalah salah satu menu masakan yang nikmat disajikan untuk menikmati suasana malam tahun baru. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2017. Hemm.. Momennya pas banget kalo kita ngadain ritual bakar-bakar ayam bareng temen-temen dan keluarga tercinta sembari menunggu pesta kembang api. Semoga saja pas malam tahun baru nanti tidak hujan yaa..? Hehe
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon - Spesial Menu Masakan Tahun Baru 2017

Ngomongin soal bakar-bakar ayam, sudah punya resep ayam bakar andalan kamu yang enak dan lezat belum? Kalau belum, ada saran dari Resep Hariini yang wajib kamu coba. Coba deh buat masakan ayam bakar kamu lebih spesial dengan Resep Ayam Bakar Mercon Bumbu Sederhana berikut ini. Dijamin Enak deh..!

Bahan-Bahan Ayam Bakar Bumbu Mercon :

  • 500 gr daging ayam (bisa bagian sayap atau paha)
  • 8 btr bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ons cabai rawit (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 1 btg serai, digeprek
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm margarin
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 buah gula jawa, diserut
  • 5 sdm minyak goreng
  • 2 liter air

Cara Membuat Ayam Bakar Mercon yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih daging ayam, tiriskan lalu rebus dengan 2 liter air sampai airnya menyusut. Air hasil rebusan bisa untuk air kaldu, jadi jangan dibuang.
  2. Ulek/haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tambahkan sedikit minyak goreng biar cepat halus.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan 2 sdm margarin. Masukkan serai, daging ayam, dan tuang air kaldu. 
  4. Masak dengan api sedang hingga air mendidih.
  5. Masukkan garam, gula, lada hitam, kaldu ayam, gula jawa, dan kecap asin.
  6. Masak sampai air menyusut. Angkat, dinginkan sejenak.
  7. Siapkan alat panggang, bakar hingga agak kecokelatan.


Akhirnya resep cara membuat ayam bakar mercon dengan bumbu sederhana diatas sudah selesai yaa.. Semoga malam tahun baru nanti lebih happy, dan Planning GOAL Tahun depan dapat terwujud yaa..! Happy Masak-Masak and Happy New Year..!

Resep Sempol Ayam Wortel - Resep Masakan Hari Ini

Resep Cara Membuat Sempol Ayam Wortel - Sempol adalah cemilan yang lagi ngehits beberapa waktu belakangan ini. Sebagai bahan pengetahuan buat kamu, Jajanan pasar ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur.  Sempol memang mempunyai rasa yang unik, enak dan sangat gurih, tak heran jika makanan ringan ini banyak digemari masyarakat. 


Untuk membuat cemilan Sempol yang enak sebenarnya tak terlalu rumit, cara membuatnya hampir mirip-mirip seperti membuat cimol, bakso, atau yang lainya, hanya saja bumbu yang dipakai sedikit berbeda. 

Nah, buat kamu yang pengen mencoba resep membuat Sempol yang enak dan lezat bisa ikuti resep berikut ini. Disini, Resep Masakan Hari Ini mengkreasikan dengan resep sempol ayam wortel yang super lezat untuk kamu coba sendiri di rumah, Selamat Mencoba ya..!

Bahan Baku Sempol:

  • 9 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gram daging ayam fillet
  • 1 butir telur
  • 1/2 batang wortel, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • tusuk sate
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu halus Untuk Membuat Sempol:

  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng

Bahan Pelapis Sempol:

  • 1 butir telur kocok lepas

Cara Membuat Sempol Yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis.
  2. Haluskan daging ayam dan wortel serta bumbu halus dengan food processor. Jika tak ada bisa pakai blender.
  3. Campurkan sisa adonan lain dengan adonan ayam yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Lilitkan adonan pada tusuk sate.
  6. Rebus sempol selama 5-8 menit sampai matang dan tiriskan.
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Celupkan sempol dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Angkat dan sempol siap disajikan.
Makanan ringan khas Malang ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sore hari sambil menonton TV atau kumpul dan bincang santai bersama keluarga. Yuk masak..!

Resep Sayur Buncis Saus Teriyaki Spesial Pedas

Aneka Masakan Sayur Hariini | Resep Buncis Saus Teriyaki Spesial Pedass!- Sayur adalah salah satu elemen penting pelengkap menu hidangan keluarga. Karena didalam sayuranlah tersimpan banyak sekali gizi yang sangat diperlukan tubuh. Oh karena itu, yuk banyakin makan sayur!
Resep Sayur Buncis Saos Teriyaki Yang Enak dan Lezat
Resep Sayur Buncis Saos Teriyaki Yang Enak dan Lezat
Nah, menu masakan yang akan dibagikan kali ini adalah menu resep sayur sederhana yang biasa kita masak sehari-hari. Tapi disini kita buat sedikit beda dengan nuansa masakan istimewa, Sayur Buncis Masak Pakai Saus Teriyaki. Sedikit manis, pedas dan pastinya nendang banget dilidah.. Cobain yukk!

Bahan dan Bumbu Tumis Buncis:

  • 200 gr buncis, pilih yang muda
  • 5 butir bakso sapi, iris
  • 50 gr jagung manis pipil
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya potong 1 cm
  • ½ buah bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 3 sdm saus teriyaki
  • 1 sdm Tusi (bumbu masak yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai hitam)
  • ½ sdt gula pasir
  • ¼ sdt bubuk merica
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • ½ sdm tepung maizeina, larutkan dengan 100 ml
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sayur Buncis Saus Teriyaki:

  1. Bersihkan buncis, buang kedua ujungnya, iris serong, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan bakso sapi, aduk. Dan masukkan cabai merah. Tambahkan saus teriyaki, tausi, garam, gula pasir, bubuk merica, aduk rata.
  4. Masak hingga buncis empuk dan matang
  5. Tuang larutan maizena, aduk sebentar hingga mengental. Angkat.
Yummi..! Resep Sayur Buncis Saus Teriyaki diatas bisa bunda kreasikan juga dengan bumbu favorit bunda yang lain kok.. Tinggal disesuaikan aja.

Resep Ayam Goreng Sederhana

Resep Ayam Goreng Sederhana - Banyak sekali olahan ayam yang bisa kita buat, mulai dari dimasak opor sampai dibuat menjadi ayam goreng. Ayam goreng pun ada banyak sekali jenisnya, ada yang digoreng menggunakan tepung dan ada juga yang hanya digoreng tanpa tepung. Nah, disini kita akan berbagi resep cara membuat ayam goreng sederhana dengan bahan dan bumbu seadanya. Cara membuatnya sangat praktis, kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah.

BAHAN:
  • 250 gram dada ayam fillet, potong sesuai selera, bumbuin, Kaldu bubuk, bawang putih bubuk, merica bubuk, garam, cabe bubuk, semua secukupnya di kirakira aja ya nda, semua aduk rata biarkan 1 jam..
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1 sdk mkn tepung maizena
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
BAHAN KERING:
  • 150 gram tepung terigu atau secukupnya
  • 2 sdk makan tepung maizena
  • 1 sdk teh cabe bubuk
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • Garam+kaldu bubuk secukupnya
  • Sedikit baking powder
  • Campur semua bahan aduk hingga tercampur rata.
CARA MEMBUAT:
  1. Campurkan ayam, telur dan tepung maizena aduk rata, gulingkan ayam ke bahan kering hingga ayam terselimuti 
  2. Goreng ayam hingga kering/matang, angkat dan tiriskan lalu sajikan

Selain Resep Ayam Goreng Sederhana ini masih banyak pilihan resep menu olahan Ayam yang bisa kamu coba, Berikut Ini daftar Resep Menu Olahan Ayam Lengkap yang wajib dicoba.

Resep Tumis Kangkung Praktis Dengan Bumbu Sederhana

Resep Tumis Kangkung - Kangkung adalah jenis sayuran yang paling sering dimasak menjadi tumisan yang lezat. Kandungan gizi yang melimpah menjadikan sayuran ini banyak digemari. Memasak tumis kangkung tidak memerlukan proses yang lama, bahan serta bumbu untuk memasaknya juga sangat sederhana. Nah, berikut adalah resep lain dari Tumis kangkung yang bisa anda coba untuk hidangan keluarga hari ini. Silahkan dicoba..
Tumis Kangkung

Bahan dan Bumbu:

  • 1 ikat kangkung (siangi, buang batang kangkung yang keras)
  • 4 siung bawang putih (iris tipis)
  • 2 siung bawang merah (iris tipis)
  • 5 buah cabai rawit (iris serong)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan cabai ke tumisan bawang, aduk rata. 
  3. Masukkan sayurt kangkung, aduk rata hingga kangkung layu. 
  4. Tambahkan sedikit air, garam, gula dan kaldu ayam bubuk secukupnya. 
  5. Masak kangkung sambil diaduk agar bumbu rata kurang lebih selama 5 menit. 
  6. Koreksi rasa, jika sudah angkat tumis kangkung kemudian sajikan selagi masih hangat.

Resep dan Cara Membuat Nasi Kebuli Khas Betawi

Nasi kebuli adalah salah satu hidangan khas Timur Tengah dengan yaitu olahan nasi berbumbu dengan citarasa gurih, hidangan ini bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Hidangan lezat nasi kebuli ini sangat populer bagi masyarakat Betawi dan warga keturunan Arab yang ada di Indonesia. Nasi ini mirip dengan hidangan nasi Biryani.

Bagi masyarakat Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam acara perayaan hari besar Islam, seperti sebagai hidangan saat lebaran, hari raya kurban, atau maulid nabi. Nasi kebuli juga banyak kita temukan di kota-kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti daerah Surabaya dan juga Gresik.
Resep dan Cara Membuat Nasi Kebuli Khas Betawi

Nasi kebuli biasanya dimasak dengan menggunakan bahan-bahan seperti kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin untuk memberikan cita rasa gurih pada nasi. Sedangkan dalam penyajianya biasanya nasi kebuli dihidangkan bersama daging kambing goreng dan sebagai penghiasnya biasanya ditaburi dengan irisan buah kurma atau kismis. 

Proses Cara Memasak Nasi Kebuli

Nasi kebuli umumnya dibuat dengan cara nasi ditanak terlebih dahulu bersama kaldu kambing atau susu kambing (bisa juga diganti santan). Kemudian untuk daging kambingnya ditumis terlebih dahulu dan dicampurkan ke dalam nasi yang baru saja ditanak, dan juga minyak samin untuk memberikan aroma kebuli yang khas. 

Sedangkan bumbu-bumbu untuk nasi kebuli yang harus dihaluskan dan ditumis adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, lada hitam, cengkeh, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati. 

Nah, untuk lebih jelasnya lagi bagaimana cara membuat nasi kebuli berikut ini adalah resep cara membuat nasi kebuli yang bisa dicoba.

RESEP NASI KEBULI

BAHAN:
  • 5 cup beras (cup bawaan magicom)
  • 500g daging kambing
  • 1 sct santan instan 65ml
  • 4 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga
  • 3 cm kayumanis
  • 2 buah pekak
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 batang sereh geprek
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk
  • Secukupnya air
Bumbu halus:
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada butiran
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/4 buah pala
CARA MEMASAK NASI KEBULI:
  1. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum, masukan bahan rempah lainnya termasuk sereh, masukan jg kunyit bubuk, tumis hingga bumbu matang
  2. Masukan daging yg sdh di cuci bersih lalu timis sbntr, tuang santan instan lalu air secukupnya, bubuhi gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata lalu tutup wajannya, masak hingga daging empuk
  3. Setelah daging empuk,angkat dan goreng, sisa air ungkepan daging lgsg buat masak beras yah..jika krg byk bs di tambah sesuai selera,koreksi rasanya,jika ada yg krg boleh di tambah
  4. Masak beras hingga jd aron lalu pindahkan ke kukusan,kukus hingga matang, jika pakai magicom beras dan air sisa ungkepan bs lgsg buat masak nasi di magicom yah.. takaran air sesuai selera aja
  5. Jika nasi telah matang angkat lalu dinginkan sambil di kipasi supaya uap panas hilang, sajikan dgn taburan bawang goreng.

RESEP TONGSENG AYAM RICE COOKER ENAK & MUDAH

RESEP TONGSENG AYAM RICE COOKER ENAK & MUDAH

BAHAN:

  • - 500gr ayam, potong kecil2
  • - 3 bh tomat, potong2
  • - 400 gr kol, sobek2
  • - 4 btg daun bawang, rajang
  • - 2 lbr daun salam
  • - 3 cm lengkuas, geprek
  • - 2 btg serai, geprek
  • - 65 ml santan kental
  • - Kecap manis
  • - Garam
  • - Gula

Bumbu halus:

  • - 7 siung bawang merah
  • - 4 siung bawang putih
  • - 1/2 sdt merica
  • - 1 cm kunyit

CARA MASAK:

  1. Tumis bumbu halus dgn sedikit minyak sampai wangi, masukan daun salam, lengkuas dan serai dgn menggunakan mode GORENG.
  2. Masukkan ayam yg sdh dipotong2, aduk rata. Tambahkan air secukupnya. Dari menumis hingga memasukkan air kira-kira 10 menit menggunakan mode GORENG, lalu pencet tombol BATAL dan ubah lagi tombolnya menjadi mode REBUS.
  3. Tutup dan masak dengan sampai ayam matang & empuk. (Kira-kira sekitar 30 menitan)
  4. Tuang santan kental, aduk terus agar santan tdk pecah. Tambahkan garam, gula dan kecap manis.
  5. Masukkan kol, tomat, dan daun bawang. Aduk rata kurleb 3 menit. Angkat dan sajikan.
By: @reystafauzia -- https://resephariini.blogspot.com

Resep Cara Membuat Nasi Uduk / Nasi Kuning Ricecooker Dan Pelengkapnya

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Rasa gurih, asin yang pas, dan lezat akan membuat siapa pun yang menikmatinya langsung ketagihan jika menyantap makanan asli Indonesia ini. Nasi kuning ini wajib menggunakan santan untuk menciptakan rasa yang lezat karena rasa gurih benar-benar harus mendominasi pada makanan ini. Nasi kuning memiliki nilai yang sangat kental dengan adat dan istiadat masyarakat Jawa, seperti nasi kebuli  yang menggambarkan kebudayaan warga Timur Tengah.

Nah buat kalian yang pengen mencoba membuat nasi kuning yang enak, resep dan bumbu yang digunakan cukup mudah, bumbu yang digunakan mulai dari, santan kental, bawang merah dan bawang putih, kunyit dan berbagai macam bumbu rempah lainnya. Seperti ini cara membuatnya.
Resep Cara Membuat Nasi Kuning Dan Pelengkapnya

BAHAN :
  • 1 liter beras, cuci bersih
  • Secukupnya air
  • 1 bungkus santan kara
  • Secukupnya minyak goreng
  • 3 tangkai serei, geprek
  • 3 lembar daun salam
BUMBU YANG DIHALUSKAN:
  • 3 bh bawang putih
  • 4 bh bawang merah
  • 1 ruas jahe kecil
  • 3 ruas kunyit
  • Secukupnya garam

LANGKAH CARA MEMASAK :
  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dgn minyak goreng secukupnya
  2. Tambahkan serei, daun salam aduk2 beserta bumbu halus sampai harum
  3. Tambahkan sedikit air & santan kara, aduk2 sbentar
  4. Cicipi rasa & matikan kompor
  5. Masukan bumbu ke dalam wadah yg berisi beras(wadah penanak ricecooker)
  6. Tambahkan air seperti menanak nasi biasa, aduk rata
  7. Kurang lebih 45 menit nasi kuning ricecooker siap dihidangkan,. Tambah pelengkap sesuai selera 

Resep Cara Membuat Sate Bakso Bakar 2 Bahan Bumbu Sederhana

Resep Sate Bakso Bakar Yang Enak - Untuk membuat sate bakso bakar ini saya cuma memakai 2 bumbu saja, sangat sederhana banget dan lebih ekonomis hemat bahan. Bikinnya juga cepet, gampang, praktis no ribet, tapi rasanya enak dan endeessssss banget. Aroma asap bakarnya juga uenakeee poll. Yang pengen nyoba buat sate bakso bakar sendiri dirumah, yuk coba resep ini.
Cara Membuat Sate Bakso Bakar 2 Bahan Bumbu Sederhana

Resep Sate Bakso Bakar 2 bumbu
By : Musthika Dwitiya Ika Faza
Untuk : 12 porsi

Bahan :
  • Bakso sapi/ayam 24 buah ( diusahakan jangan terlalu besar )
  • Sawi putih 6 lembar ( diambil daunnya saja, bagi dua masing-masing lembar )
  • Terong ungu 2 batang ( dipotong dadu atau sesuai selera mengikuti bentuk bakso )
  • Bawang merah 12 butir ( bisa juga pakai bawang bombay yang dipotong ukuran dadu )
  • Tusuk sate 12 batang
Bumbu :

Untuk lumuran bakso, bawang, dan terong :
  • Margarin 2 sdm ( atau sesuai selera )
  • Saus Tiram 2 sdm ( atau sesuai selera )
Untuk lumuran sawi:
  • Margarin 1 sdm ( atau sesuai selera )
  • Saus Tiram 1 sdm ( atau sesuai selera )
Cara buat : 
  1. Bakso, sawi, dan terong ditaruh diwadah besar dan campur dengan margarin serta saus tiram lalu aduk rata pakai tangan yang sudah dicuci bersih. Aduk rata hingga saus tiram dan margarin rata melumuri bakso, bawang, dan terong.
  2. Campur juga sawi dengan margarin dan saus tiram.
  3. Bakar di pan yang ditutup ( pan diolesi mentega dahulu ) bakar dengan durasi waktu sesuai selera. Kalau saya 3-5 menit masing-masing sisi.
  4. Sate bakso bakar siap disajikan dengan kecap, sambal dan nasi hangat ;) 
Cara membuat bakso bakar sih sebenarnya sesederhana itu sih bun, dengan resep bakso bakar diatas yang belum pernah bikin pun pasti bisa membuatnya. Selamat mencoba ya..

Singkong Thailand, Resep Menu Takjil Manis yang Menggugah Selera



Resep Menu Takjil - Singkong bisa diolah menjadi bahan menu olahan untuk hidangan takjil yang lezat dan menggugah selera lho. Di hari pertama puasa ini tentu kita pengen menyajikan menu santapan yang spesial untuk berbuka bukan? Nah, coba bikin Singkong Thailand yuk. Resep membuatnya gampang banget kok. rasanya bakal nagih..
Singkong Thailand, Resep Menu Takjil Manis yang Menggugah Selera

Bahan:

  • 500 gram singkong
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 sdt garam
  • 1,5 liter air putih
Cara Membuat Singkong Thailand yang Enak:

  1. Kupas dan potong singkong. Bersihkan.
  2. Panaskan air dan masukkan singkong.
  3. Tambahkan daun pandan dan vanili.
  4. Rebus sampai air menyusut.
  5. Masukan gula dan garam. Rebus hingga singkong matang dan air habis, sisihkan.
  6. Siapkan wajan baru dan masukkan santan, garam, dan aduk sampai matang.
  7. Sajikan singkong dengan siraman saus yang lezat.

Resep Menu Sahur Simpel Orak Arik Telur Tahu Sawi Enak

Resep Menu Sahur - Menu untuk makan sahur sebenarnya nggak perlu yang ribet-ribet kok. Menu yang sederhana namun mengandung nutrisi cukup untuk tubuh seperti halnya tumis orak-arik telur, tahu dan sawi ini. Mau coba Resep Menu Sahur Simpel Orak Arik Telur Tahu Sawi Enak? Simak yang berikut ini.
Orak Arik Telur Tahu Sawi


Bahan :

  • 2 butir telur (masak orak-arik)
  • 100 gram tahu (potong dadu, goreng setengah matang)
  • 1 bonggol sawi putih (cuci, iris sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya)
Bumbu:
  • 1 bawang bombay (iris tipis)
  • 5 siung bawang putih (memarkan, cincang halus)
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • 3 siung bawang merah (iris tipis)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Cara Memasak Sayur Orak Arik Telur Tahu Sawi Enak:
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang bombay, bawang putih, cabai merah dan bawang merah hingga harum.
  2. Tambahkan sawi putih ke dalamnya. Aduk rata. 
  3. Masukkan telur orak-arik dan tahu. 
  4. Tambahkan garam, gula, lada bubuk dan kaldu ayam secukupnya. 
  5. Aduk rata dan masak hingga mendidih serta matang. 
  6. Tumis orak-arik telur, tahu dan sawi sudah matang, siap disajikan.
Itulah resep menu sahur simpel orak-arik telur tahu dan sawi yang enak. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga keluarga di rumah suka.

Resep Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih

Resep dan Cara Memuat Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih - Menikmati menu makan malam bersama lauk udang goreng tepung pasti enak banget yaa, perpaduan antara daging udang yang lembut serta gurih dan renyahnya balutan tepung yang menyelimuti udang membuat siapa saja yang menikmati bakal ketagihan.
Cara Membuat Udang Goreng Tepung Krispi

Jika bunda berminat, proses cara membuat udang goreng tepung ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti saat kita membuat ayam goreng tepung atau tempe goreng tepung biasa, yang membedakan hanya pada bahan utamanya saja. Makanan Lauk Udang goreng tepung ini bisa menjadi variasi menu yang sangat fleksibel, baik untuk lauk saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Sehingga variasi menu lauk pauk harian tidak hanya sebatas pada olahan daging ayam atau daging sapi dan ikan saja, tapi ada menu lain sebagai pengganti. Untuk membuat udang goreng tepung sebenarnya sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama saat eksekusi, waktu yang dibutuhkan buat masak kurang lebih hanya sepuluh menit saja.

Nah, prosesnya bunda cukup hanya dengan menyiapkan beberapa bahan seperti udang segar, menyiapkan bumbu balutan (boleh tepung bumbu instan atau racikan sendiri) dan menggoreng udang. Biar makin mudah saat bunda praktek masak dan membuat udang goreng tepung yang lebih enak, berikut ini resep udang goreng tepung ala restoran Jepang yang bisa bunda coba.

Bahan :
  • 500 gr udang besar buang kulit sisakan ekornya
  • 1 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Tepung Kering :
  • 500 gr Tepung Terigu Serbaguna ( Segitiga Biru )
  • 100 gr Maizena 
  • 1Sdm Lada Bubuk (Kalau kurang suka pedas dr lada bisa dikurangi)
  • 1/2sdt Bubuk Cabe (Bisa diskip)
  • 11/2 Sdm Garam (Jangan Munjung)
  • 1 Sdm Kaldu Jamur (Bisa Skip)
  • 1 Sdm Bubuk Bawang Putih
  • 1/2 sdt Baking Powder

Tepung Basah :
  • 150 gr Tepung Kering (resep diatas)
  • 1 butir putih telur
  • 100 ml Air
  • Minyak grg untuk deep frying


Cara Membuat Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih :
  1. Belah bagian punggung udang untuk membersihkan kotorannya. Kerat2 bagian perut udang agar bisa lurus. Luruskan udang lalu beri perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air.
  2. Selanjutnya, Lumuri udang dengan bawang putih halus, garam (kecap asin), dan merica bubuk. Simpan kedalam kulkas selama 15 menit agar bumbu meresap kedalam daging udang.
  3. Campur rata semua bahan pencelup/basah.
  4. Ambil udang, celup kebahan pencelup/basah. Celupkan ke bahan kering sambil sedikit diremas remas agar menempel/keriting. Lakukan sampai udang habis.
  5. Goreng kedalam minyak penuh dengan api sedang sampai warna berubah keemasan atau sampai matang.

Resep Masakan Sayur Buncis Telur Asin

Resep Sayur Harian - Saya paling nggak bisa makan buncis "gitu doang" makanya kombinasi resep buncis saya banyak banget. Dan kebetulan memang ada telur asin dirumah, tapi aku belum pernah bikin yang kayak gini, jd perlu guidance. Nih resep dari hasil masakanku, cukup untuk 2 porsi mangkok.
Resep dan Cara Memasak Sayur Buncis Telur Asin

Bahan-bahan dan Bumbu Masakan:
  • 1 bungkus buncis, iris serong
  • 2 buah kuning telur asin matang, hancurkan
  • 2-3 siung bawang putih, cincang halus
  • minyak Secukupnya untuk menumis
  • 1-2 sdm air matang
  • Sedikit merica

Cara Memasak Sayur Buncis Telur Asin:
  1. Siapkan bahan seperti penjelasan langkah.
  2. Beri minyak, tumis sebentar buncis nya lalu sisihkan.
  3. Tumis bawang putih lalu masukkan kuning telur dan beri sedikit air lalu ratakan dan aduk hingga berbusa.
  4. Masukkan buncis lalu aduk rata beri sedikit merica.
  5. Cicipi rasa dan sajikan. (Bisa kasih putih telur asin kalau mau di atasnya, opsional)

Resep Martabak Tahu Telur dengan Kulit Lumpia Praktis dan Enak

Martabak Tahu Telur Spesial - Ini gorengan favorit dirumah.. crunchy, bisa buat cemilan, bisa jg buat lauk.. buat untuk yg keto juga bisa. selamat mencoba buibu.. dijamin Martabak Tahu Telur dengan Kulit Lumpia nya enak, murah dan gampang bikinnya..
Resep Martabak Tahu Telur dengan Kulit Lumpia

Resep dan Cara Membuat Martabak Tahu Telur dengan Kulit Lumpia Praktis dan Enak

Bahan-bahan Martabak:
  • 16 potong
  • 2 bks kulit lumpia (isi 16 lbr)
  • 5 bh tahu kuning/1 bh tahu cina besar
  • 2 bh telur ayam
  • 2 btg daun bawang (iris tipis)
Bumbu halus (diulek):
  • 5 bh bawang merah
  • 4 bh bawang putih
  • 2 bh cabe merah keriting
  • 3 bh cabe rawit setan (blh skip)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada
  • Perekat kulit
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2 sdm air
  • Minyak untuk menggoreng yg banyak (biar kerendam)
Langkah Langkah Membuat Martabak Tahu Telur dengan Kulit Lumpia:
  1. Tahu dicuci, kemudian dibecek/diulek sampai halus.
  2. Cuci bersih bumbu yg akan dihaluskan, diulek ya jgn diblender,nanti adonannya byk air.
  3. Kocok telur ayam diwadah, kemudian masukkan tahu yg sudah halus, dan bumbu halus, kemudian daun bawang, garam,lada. Aduk2 rata semuanya.
  4. Kemudian siapkan tatakan untuk membentuk martabak. Gelar kulit lumpianya, ambil adonan untuk isiannya 1 sdm.
  5. Ditata adonannya jd persegi ditengah2 kulit, kemudian lipat seperti bentuk amplop.
  6. Pastikan semua adonan habis untuk isian kulit lumpia, nanti kalo mau disimpan bisa dibungkus plastik trus taro kulkas, pas mau dimkn, digoreng deh anget2 kriuk.
  7. Setelah semuanya terbentuk cetakan amplop, siap digoreng diatas penggorengan dengan minyak yg banyak dan dengan api yg kecil. Goreng sampe kuning kecoklatan.
  8. Taraaaaa.. Martabak Tahu Telur nya pun siap dihap, martabak jadinya kriuukk.. karena cengek (cabe rawit hijau) dikulkas kehabisan, jadi pake saus sambal jg sedap.

Resep Cara Membuat Sayur Asem dan Pepes Ikan Kembung Mangga Muda

Resep Sayur dan Lauk - Klentang di malaysia tuh panjang banget jadi masak 3/ 4 biji pun dah banyak ya. Lama banget nggak masak sayur klentang, dan dalam sekelip mata pun dah masakan ini habis bersih karena sueger kuah nya. Sayang banget di tempat ku nggak ada orang yang jual ikan bakar asap, kalau ada lagi mantap tu sayur. Buat yang mau coba silahkan..
Sayur Asem  dan Pepes Ikan Kembung Mangga Muda enak.jpg
Resep Cara Membuat  Sayur Asem  dan Pepes Ikan Kembung Mangga Muda

Bahan-bahan:
  • 3 biji sayur klentang kupas potong cuci bersih
  • 3 biji asam keping
  • 600 ml air / ikut selera
Bumbu halus 1:
  • 5 biji cabe rawit
  • 2 baput + bamer
  • Sedikit lengkuas
  • Sedikit terasi bakar
  • Garam dan gula
  • pepes ikan
  • 2 ikan kembung cuci dan potong
  • Daun pisang
  • 1 biji manga + 1sdm garam
Bumbu halus 2:
  • 2 biji cabe merah besar
  • 6 biji cabe rawit
  • 3 baput + 3bamer
  • 3 biji kemiri
  • 1/2 sdt tumbar bubuk
  • Sedikit jahe
  • Sedikit lengkuas
  • Sedikit kunyit
  • Garam dan gula
Cara Membuat  Sayur asem kayu & pepes ikan kembung mangga muda :
  1. Kita masak sayur kayu : rebus air sampai mendidih masukan klentang masak hinga empuk masukan bumbu halus dan asam masak sampai bumbu tanak dan koreksi rasa ikut selera matikan api.
  2. Bahan yang kita pakai.serut mangga dan remas dengan garam sampai lembut cuci bersih tiriskan.
  3. Satukan mangga dan bumbu halus aduk rata koreksi rasa ikut selera masukan ikan dengan bumbu sekali aduk rata.
  4. Bungkus dengan daun pisang dan kukus selama 20 menit sampai matang biarkan dingin.
  5. Bakar pepes di pan / teflon sesekali di balik.
  6. Sajikan dengan nasi tempe goreng sayur asem dan pepes ikan.
Banyak banget jenis dan aneka resep sayur asem yang ada di Indonesia seperti, resep sayur asem sunda, sayur asem rebus, resep sayur asem bening, resep sayur asem jakarta, resep sayur asem betawi, resep sayur asem jawa tengah, cara membuat sayur asem sederhana, resep sayur asem jawa timur.

Resep Spaghetti Napolitan Enak Khas Masakan Jepang

Spaghetti Napolitan - Resep pasta yang sangat populer dan terkenal di Jepang, cara membuatnya juga gampang banget. Modal bumbunya cuma saus tomat, gula & garam. Pasti enak soalnya pake saos tomat! Yuk cobain sendiri Spaghetti Napolitan.
Spaghetti Napolitan

Bahan-bahan dan Bumbu :
  • 250 gr Spaghetti
  • 2 pcs Sosis sapi Bratwurst/ham/smoked beef
  • 1 Paprika Hijau, iris tipis2
  • Jamur Champignon/Portobello
  • 1 siung Bawang putih, cincang halus
  • 1 Bawang bombay, iris tipis2
  • Saos Tomat botolan
  • Kecap Inggris (Worchester Sauce) - ini optional ya
  • Gula
  • Garam
  • Lada Hitam
  • Olive oil untuk menumis

Cara Membuat Spaghetti Napolitan Super Enak :
  1. Rebus spaghetti hingga empuk/al dente dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit garam. Tiriskan
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukan jamur dan sosis sapi, tumis sebentar. Kemudian baru masukkan paprika hijau. Aduk merata, tidak perlu terlalu lama agar paprika tidak layu dan berubah warna.
  4. Bumbui dengan garam, gula dan lada hitam. Tuang sedikit saus Inggris.
  5. Tambahkan saus tomat. Adjust the taste according to your liking. Jika suka manis, bisa tambahkan lebih banyak gula.
  6. Masukkan spaghetti ke dalam saus dan aduk hingga tercampur rata. Sajikan dengan parutan keju parmesan dan daun parsley (optional)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *