Harga Terbaru 2016

Resep Menu Makan Siang 1 Paket

Resep Menu Makan Siang 1 Paket - Menu Masakan Harian | Makan buah dan sayur yg banyak itu harus, ya,,?, apalagi jika kita sering mengkonsumsi santan, minyak terlalu sering.
Resep Menu Makan Siang 1 Paket

Siang ini saya bikin menu komplit berupa lalapan, kangkung, labu kuning dan kacang panjang yg direbus ditambah irisan timun, pake sambal terasi.

Ada juga gulai telur basantan, sy masak pake campuran terong ungu, tahu dan ikan kakap goreng, buahnya pepaya maniezz aja.

Nah, sebagai menu paket untuk makan siang hari ini saya sengaja bikin yang lengkap. Baik untuk sayurnya, lauknya, sampai dengan lalapanya. Berikut ini resep yang saya pakai untuk menu makan siang ini.

Resep dan Cara Membuat Sambal Terasi :
Terasi bakar, cabe merah, cabe ijo, rawit dan tomat digoreng, lalu ulek kasi garam, gula dan perasan jeruk nipis.

Resep dan Cara Membuat Gulai Telur :
Cabe merah, rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, 2 sdm kelapa parut (boleh ganti kemiri), semuanya di blender, masukkan ke dalam kulali, tambah santan, tetong, serai, daun jeruk, irisan belimbing dan garam, lalu masak sambil diaduk, bgt santan panas, ceplokkan telur ayam satu persatu secara perlahan, jgn diaduk dulu, lalu santan bagian atasnya ditimba timba biar santannya gak pecah, masak sampe terongnya empuk dan telurnya matang.

Resep dan Cara Membuat Tahu Goreng :
Ungkep tahu dgn bumbu : bawang merah, bawang putih, jahe ketumbar, merica dan kunyit, kasih garam, gula sedikit aja air asam jawa, kasi air, ungkep sampai bumbu meresap dan air mengering, biar dingin, lalu lumuri tahu dgn tepung bumbu serba guna, goreng sampe kuning.

Resep diatas adalah resep dari bunda @yendaniels. Dan sempat menjadi tranding topik di Instagram.

Semoga artikel ini bermanfaat yaa, Jika tertarik dengan resep menu makan siang 1 paket diatas boleh juga kok dicoba. Happy Cooking!

Resep Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih

Resep dan Cara Memuat Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih - Menikmati menu makan malam bersama lauk udang goreng tepung pasti enak banget yaa, perpaduan antara daging udang yang lembut serta gurih dan renyahnya balutan tepung yang menyelimuti udang membuat siapa saja yang menikmati bakal ketagihan.
Cara Membuat Udang Goreng Tepung Krispi

Jika bunda berminat, proses cara membuat udang goreng tepung ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti saat kita membuat ayam goreng tepung atau tempe goreng tepung biasa, yang membedakan hanya pada bahan utamanya saja. Makanan Lauk Udang goreng tepung ini bisa menjadi variasi menu yang sangat fleksibel, baik untuk lauk saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Sehingga variasi menu lauk pauk harian tidak hanya sebatas pada olahan daging ayam atau daging sapi dan ikan saja, tapi ada menu lain sebagai pengganti. Untuk membuat udang goreng tepung sebenarnya sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama saat eksekusi, waktu yang dibutuhkan buat masak kurang lebih hanya sepuluh menit saja.

Nah, prosesnya bunda cukup hanya dengan menyiapkan beberapa bahan seperti udang segar, menyiapkan bumbu balutan (boleh tepung bumbu instan atau racikan sendiri) dan menggoreng udang. Biar makin mudah saat bunda praktek masak dan membuat udang goreng tepung yang lebih enak, berikut ini resep udang goreng tepung ala restoran Jepang yang bisa bunda coba.

Bahan :
  • 500 gr udang besar buang kulit sisakan ekornya
  • 1 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Tepung Kering :
  • 500 gr Tepung Terigu Serbaguna ( Segitiga Biru )
  • 100 gr Maizena 
  • 1Sdm Lada Bubuk (Kalau kurang suka pedas dr lada bisa dikurangi)
  • 1/2sdt Bubuk Cabe (Bisa diskip)
  • 11/2 Sdm Garam (Jangan Munjung)
  • 1 Sdm Kaldu Jamur (Bisa Skip)
  • 1 Sdm Bubuk Bawang Putih
  • 1/2 sdt Baking Powder

Tepung Basah :
  • 150 gr Tepung Kering (resep diatas)
  • 1 butir putih telur
  • 100 ml Air
  • Minyak grg untuk deep frying


Cara Membuat Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih :
  1. Belah bagian punggung udang untuk membersihkan kotorannya. Kerat2 bagian perut udang agar bisa lurus. Luruskan udang lalu beri perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air.
  2. Selanjutnya, Lumuri udang dengan bawang putih halus, garam (kecap asin), dan merica bubuk. Simpan kedalam kulkas selama 15 menit agar bumbu meresap kedalam daging udang.
  3. Campur rata semua bahan pencelup/basah.
  4. Ambil udang, celup kebahan pencelup/basah. Celupkan ke bahan kering sambil sedikit diremas remas agar menempel/keriting. Lakukan sampai udang habis.
  5. Goreng kedalam minyak penuh dengan api sedang sampai warna berubah keemasan atau sampai matang.

Resep Balado Ayam Crispy Hot Fire Chicken

Resep Ayam Balado Crispy Hot Fire Chicken - Tadinya sih ceritanya mau bikin ayam geprek, tapi bosen.. Pas lagi ngulek sambel tiba tiba kepikiran " apa di balado aja ya, karena belum pernah nyobain ayam crispy tapi pake bumbu sambel balado, ya niru niruin hot fire chickennya rechees" pake bumbu tradisional hehe.. Alhamdulillah finally hasilnya enakkkkkkk , suamiku dan anak anak pada suka. Cuma ini resep ayam crispynya kalau menurut aku crispynya lebih mekar merekah kalau pake adonan tepung basah + tepung kering, sedangkan aku pakenya telur + tepung kering, menurut aku crispynya kurang kriting, kurang mekar ,kurang merekah, tapi so far rasanya enakkkk, Yuk coba... :)
Balado Ayam Crispy Hot Fire Chicken.jpg

Cara Membuat Ayam Balado Crispy Hot Fire Chicken

Bahan-bahan Bumbu Balado Ayam Crispy Hot Fire Chicken :

  • 1/2 kg daging ayam yang sudah dipotong potong (cucu bersih)
  • 1 sachet bumbu racik ayam (bisa pake bumbu racikan sendiri)
  • 1 butir telur
  • 250 gr tepung terigu (aku pake segitiga biru)
  • Minyak untuk menggoreng/ menumis

Bahan sambal balado:

  • 10 buah cabe kriting (boleh ditambah cabe rawit)
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 3 cm lengkuas
  • Air setengah gelas -/+
  • secukupnya Garam,gula, kaldu bubuk


Cara Memasak Balado Ayam Crispy Hot Fire Chicken Yang Enak:

  1. Bumbui daging ayam dengan 1/2 bungkus sachet bumbu racik ayam instan. (aku pake 1/4 bungkus)
  2. Diamkan selama 30 menit atau sampe bumbunya meresap (aku simpan di lemari pendingin)
  3. Setelah 30 menit/ bumbu sudah meresap, masukan 1 butir telur,lalu aduk sampai tercampur rata.
  4. Gulingkan ayam ke tepung terigu,(note: tepung terigu tidak perlu dibumbui lagi) cubit cubit,agar crispynya mekar saat digoreng
  5. Lalu goreng ayam yang sudah dibaluri tepung, goreng dengan minyak panas,dengan api yang kecillll agar daging ayam matang sampai kedalam
  6. Sambil menunggu ayam matang, haluskan bawang merah,bawang pitih,cabe kriting,dan tomat
  7. Setelah ayam matang,angkat dan sisihkan
  8. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan,tambahkan lengkuas yang sudah digeprek, tambahkan air, bisa ditambahin daun jeruk biar harum). tambahkan garam,gula, kaldu bubuk secukupnya, cicipi rasanya apakah sudah pas atau belum. kalau sudah pas,matikan api, lalu masukan ayam crispy tadi, aduk pelan, sampai tercampur rata daging dan sambal baladonya.
  9. Tata di piring saji,dan sajikannn. Balado ayam crispy siap disantap...

Resep Cara Membuat Risoles Sosis Keju Dibalut Tepung Panir

Cara Membuat Risoles Digulung Tepung Panir - Assallammualaikum semuanya.. Para buntar, buntik, n bunsay yg rajin memasak kali ini saya setor resep risolers sosis, keju dan mayonies yg kriuk yummy dan mois ya moga" tidak bosan sama resep ku ini yg mau coba bikin seperti ini silahkan dicoba sendiri yaa.... Lumayan dari pada beli di luaran sana lumayan mahal ya mending kita bikin sendiri aja di rumah. Cukup dengan bahan tepung terigu 1/4 kg aja bisa di bikin kulit risoles sampai 25pcs bunsay.
Resep Risoles


Resep dan Cara Membuat Isi Risoles Tepung Panir Yang Enak

Bahan" kulit risol
  • Tepung terigu segi 3 biru 1/4kg
  • Susu bubuk Dancaw 2 sachet
  • Blue band 2 sdm munjung
  • Telur 1 butir
  • Garam sejumput
  • Penyedap rasa sasa se jumput
  • Air secukupnya

Cara  Membuat Kulit Risol Agar Tidak Mudah Sobek:
1. Adonin semua bahan seperti adonan peyek.
2. Panaskan teflon olesi dengan blueban ambil satu sendok sayur teflon ukuran 20cm lalu larutkan melebar ke semua bagian teflon agar permukaan kulit tipis dan merata jgn sampai mlembung ya bun nanti kering angkat terus menerus cetak seperti itu hingga adonan habis ( tadi saya buat dengan bahan segitu jdi 25 lembar kulit bunsay isian bebas ya trgantung slera bunda" semua.... 

Banyak juga yang tanya2 Seperti Ini :
  • Bun,,, isian resolesnya pakai apa bun? Untuk isian risolesnya bebas sih bunsay, kebetulan kalau saya pake isian sosis bakar, mayo dan keju.Rasanya Lumayan Enak kok.

  • Masih diolesi telor gak bun dan gak usah pake tepung panirnya bun? Iya bun, kalau risolesnya sudah di gulung rapih lalu celupkan ke dalam telur yang sudah di kocok lepas, baru  gulingkan ke dalam tepung panir dan goreng deh bunsay.

  • Cara mencelupkan risoles ketepung panir itu gimna ya, apa pake putih telur juga apa langsung dicelupkan ke tepung panir trus digoreng? Caranya sih gampang banget bun, Celupin dulu gulungan risoles ke telur yang sudah di kocok lepas terlebih dulu bun, putih kuningnya di pake kok telurnya ga cm putihnya aja bun lalu gulingkan ke tepung panir lalu goreng. Begitu caranya bunda...

Selamat mencoba yaa.. semoga sukses eksekusinya....

Resep Cara Membuat Sate Bakso Bakar 2 Bahan Bumbu Sederhana

Resep Sate Bakso Bakar Yang Enak - Untuk membuat sate bakso bakar ini saya cuma memakai 2 bumbu saja, sangat sederhana banget dan lebih ekonomis hemat bahan. Bikinnya juga cepet, gampang, praktis no ribet, tapi rasanya enak dan endeessssss banget. Aroma asap bakarnya juga uenakeee poll. Yang pengen nyoba buat sate bakso bakar sendiri dirumah, yuk coba resep ini.
Sate Bakso Bakar

Resep Sate Bakso Bakar 2 bumbu
By : Musthika Dwitiya Ika Faza
Untuk : 12 porsi

Bahan :

  • Bakso sapi/ayam 24 buah ( diusahakan jangan terlalu besar )
  • Sawi putih 6 lembar ( diambil daunnya saja, bagi dua masing-masing lembar )
  • Terong ungu 2 batang ( dipotong dadu atau sesuai selera mengikuti bentuk bakso )
  • Bawang merah 12 butir ( bisa juga pakai bawang bombay yang dipotong ukuran dadu )
  • Tusuk sate 12 batang


Bumbu :


Untuk lumuran bakso, bawang, dan terong :
  • Margarin 2 sdm ( atau sesuai selera )
  • Saus Tiram 2 sdm ( atau sesuai selera )


Untuk lumuran sawi:

  • Margarin 1 sdm ( atau sesuai selera )
  • Saus Tiram 1 sdm ( atau sesuai selera )


Cara buat : 

  1. Bakso, sawi, dan terong ditaruh diwadah besar dan campur dengan margarin serta saus tiram lalu aduk rata pakai tangan yang sudah dicuci bersih. Aduk rata hingga saus tiram dan margarin rata melumuri bakso, bawang, dan terong.
  2. Campur juga sawi dengan margarin dan saus tiram.
  3. Bakar di pan yang ditutup ( pan diolesi mentega dahulu ) bakar dengan durasi waktu sesuai selera. Kalau saya 3-5 menit masing-masing sisi.
  4. Sate bakso bakar siap disajikan dengan kecap, sambal dan nasi hangat ;) 

Cara membuat bakso bakar sih sebenarnya sesederhana itu sih bun, dengan resep bakso bakar diatas yang belum pernah bikin pun pasti bisa membuatnya. Selamat mencoba ya..

Resep Cara Membuat Sambai Udeung Boh Limeng (Sambal Udang Buah Belimbing) Khas Aceh

Resep Sambai Udeung Boh Limeng. Jika Bunda berkunjung ke daerah Aceh, pastikan juga bunda menikmati salah satu kuliner khas Aceh yaitu Sambai Udeung Boh Limeng (Sambal Udah Buah Belimbing) yaaa.

Sambal khas Aceh ini terdiri dari bahan-bahan seperti Udang (bisa juga diganti dengan ebi), cabe rawit, bawang merah, serai, daun jeruk, garam, dan buah belimbing sayur.

Semua bahan tersebut diulek menjadi satu. Rasanya luar biasa jika disantap disiang hari. Tapi bukan berarti pagi dan malam tidak bisa disantap yaa bun... hehe. Nah, yang penasaran sama resepnya berikut ini kami sertakan resep bumbu dan cara membuat Sambai Udeung Boh Limeung (Sambal Udang Buah Belimbing) Khas Aceh.
Cara Membuat Sambai Udeung Boh Limeng

SAMBAL UDEUNG BOH LIMEUNG
(SAMBAL UDANG BUAH BELIMBING)
By: @reystafauzia

Bahan:
  • 7 ekor udang ukuran sedang
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 5 siung bawang merah
  • 1 btg serai
  • 2 lbr daun jeruk
  • 4 biji cabe rawit
  • Garam


Caranya:
  1. Rebus udang terlebih dahulu, lalu angkat
  2. Iris tipis serai, daun jeruk dan bawang merah, sisihkan.
  3. Uleg cabe rawit, garam dan bawang merah.
  4. Masukkan daun jeruk dan serai, uleg sampai halus. Kemudian tambahkan belimbing dan udang, uleg semua sampai rata. Koreksi rasa, lalu sajikan.

Resep Cara Membuat Sambal Telur Bumbu Bali


Telur bumbu bali source resep sedikit dimodifikasi dari dapurnya bunda didi. 
Kalau ga mau telur bisa diganti pake ayam, tempe, tahu enaak jugaa👌👌 -
-
Resep Masakan Sambal Telur Bumbu Bali
By @dellasuzura
===========================

Bahan dan Bumbu 
  • 8 butir telur rebus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang sere geprek
  • 2cm lengkuas geprek
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Air matang 50ml


Bumbu yang dihaluskan
  • 2cm jahe
  • 13 buah cabe merah keriting
  • 8 buah rawit merah
  • 7 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdt terasi

Cara Memasak : 

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang
  2. Masukkan daun salam,daun jeruk,sere,lengkuas, garam,gula merah, kaldu bubuk dan air asam jawa aduk rata.
  3. Masukkan telur tambahkan air matang lalu masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental dengan api kecil.
  4. Terakhir masukkan kecap manis masak sebentar koreksi rasa dan sajikan.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *