Resep dan Bumbu Rahasia Steak Ayam Panggang Spesial

Resep Masakan Hari Ini | Resep Cara Membuat Steak AyamPanggang - Hai bunda, pernah ngerasain steak daging sapi? Jawabanya pasti sudah pernah dong yaa.. Lalu bagai mana kalu steak daging ayam, sudah pernah nyobain juga atau bahkan pernah membuatnya? Nah, kalau bunda belum pernah coba membuat steak ayam panggang maka artikel masakan ini pas banget untuk media belajar memasak bunda. Karena disini kami akan membahas secara tuntas, jelas dan transparan perihal resep rahasia steak ayam panggang spesial alarestoran ternama, sebut saja Restoran XYZ. hehe.

Setiap restoran tentu memiliki resep rahasia masakan masing-masing, beruntung banget di blog Resep hari ini akan membongkar resep bumbu rahasianya. Jadi jangan sia-siakan artikel masakan istimewa ini yaa.
Aneka Resep Steak Daging Ayam Panggang
Aneka Steak Daging Ayam Panggang

Untuk membuat Resep steak ayam panggang spesial ini kita memerlukan bahan-bahan dan bumbu steak sebagai persiapan pertama memasak. Adapun bumbu rahasia yang harus disiapkan adalah merica atau lada bubuk, saus tiram, saus steak, kaldu ayam dan lain-lain. Lebih jelasnya lihat resep berikut ini yaa..

Bahan Utama Steak :
  • Daging ayam fillet 250 gram, agar steak lebih lezat gunakan bagian dada
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu Steak Ayam:
  • Merica atau lada bubuk kurleb ½ sendok teh
  • Saus tiram kurleb 2 sendok makan
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan dan bumbu saus Steak Ayam Panggang:
  • Bawang putih 3 siung ukuran besar
  • Tepung jagung / maizena kurleb 2 sendok makan
  • Saus steak kira kira 3 sendok makan
  • Kaldu ayam sekitar 250 ml
  • Merica bubuk kurleb ½ sendok teh
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis dan menggoreng

Bahan pelengkap Steak :
  • Wortel 1 buah, iris 
  • Buncis kurleb 100 gram
  • Kentang 2 buah ukuran sedang, rebus

Panduang dan Langkah Cara Membuat Steak Ayam Panggang Spesial:
  1. Langkah pertama cuci terlebih dahulu daging ayam untuk membuang kotoran yang masih menempel pada daging, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan beri garam secukupnya, diamkan selama 20 menit agar meresap dalam celah-celah daging.
  2. Selanjutnya cuci daging fillet hingga bersih dan rendam lagi menggunakan air panas selama kurleb 15 menit. Cara ini berguna untuk menghilangkan bau amis / anyir padadaging ayam. Tiriskan.
  3. Lumuri daging ayam fillet tadi dengan saus tiram, merica bubuk, gula pasir dan juga garam secukupnya. Uleni daging tersebut supaya bumbunya meresap sempurna kedalam daging. Diamkan selama kurleb 15 menit.


* Proses pertama dalam membuat steak ayam panggang sudah selesai. Tinggal prosesselanjutnya yang perlu kita kerjakan. Sambil menunggu bumbu merasuk kedalam daging fillet, sekarang kita membuat sausnya terlebih dahulu.

Cara membuat Saus Steak Ayam Panggang Lezat:
  1. Pertama-tama cincang bawang putih kecil kecil sampai lembut.
  2. Selanjutnya siapkan alat masak seperti wajan, Lalu tumis bawang putih tersebut hingga harum.
  3. Jika sudah, tambahkan air kaldu secukupnya lalu aduk. Tambahkan tepung maizena dan saus steak masak sampai menjadi adonan kental ( Jika dirasa masih terlalu encer, bunda bisa menambahkan tepung maizena sedikit hingga mencapai kekentalan secukupnya).
  4. Sambil di aduk aduk tambahkan merica bubuk, gula pasir, dan garam secukupnya, aduk aduk secara perlahan ( Sampai di sini, cicipi dahulu). 

Menyiapkan bahan pelengkap steak ayam panggang UntukMempercantik penampilan:
  1. Kupas kentang yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu potong potong kecil memanjang seperti sajian kentang goreng di KFC. Selanjutnya goreng sampai garing dan krispi.
  2. Potong-potong buncis dengan panjang antara 2 cm dan kupas wortel, potong dadu.
  3. Selanjutnya kukus buncis dan wortel setengah matang.
  4. Langkah membuat steak ayam panggang berikutnya adalah meyiapkan alat khusus pemanggangan. Panggang daging ayam fillet yang sudah dibumbui hingga matang, jangan lupa daging dibolak balik dan usahakan jangan sampai gosong.

Tahapan Cara Penyajian Masakan Steak Ayam Panggang yang Cantik dan Menarik :
  1. Siapkan piring khusus steak yang berbahan dasar baja.
  2. Letakkan daging ayam fillet panggang ukuran besar, kemudian lumuri daging bakar tersebut dengan saus steak yang tadi telah dibuat.
  3. Kemudian panaskan piring baja tadi hingga saus steak mendidih.
  4. Beri hiasan wartel, kentang goreng steak, dan buncis diatasnya.
  5. Sajikan Steak Ayam Panggang saat masih panas panas.

Bagaimana bunda, ternyata Resep dan bumbu Rahasia Steak Ayam Panggang cukup mudah juga ya. Cara membuat Steaknya juga tak sesulit yang kita bayangkan sebelumnya. Semoga resep ini bisa menginspirasi dan bisa diikuti ya bunda..

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...