Resep Kue Bika Ambon With Oven | Praktis, Enak, Mudah dan GRATIS!!

Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Oven yang Mudah dan Praktis - Suka sama Bika Ambon? Penasaran gimana cara membuat bika ambon yang enak dan mudah? Biar bunda nggak banyak penasaranya, langsung aja yuk simak tutorial resep langkah demi langkah cara membuat kue bika dibawah ini.. Cekidot masak-masak.. hehe

BAHAN :

  • 1 1/2 gelas tepung terigu
  • 1 1/2 gelas tepung tapioka(sagu)
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • 2 gelas santan 
  • 2 gelas gula pasir
  • 50 grm mentega
  • 1 1/5 sdm fermipan
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 btg sereh
  • 10 lbr daun jeruk
  • 2-3 tetes Pewarna makanan kuning tua.

Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon

CARA MEMBUAT BIKA AMBON YG ENAK
  1. Masak santan, sereh, daun jeruk dan juga garam sambil diaduk2 (biar santan tdk pecah)hingga mendidih... dan biarkan hangat.
  2. Campur bahan bika seperti tepung sagu, vanili, tepung terigu, dan fermipan sambil aduk rata.. Disusul dengan memasukkan santan hangat aduk menggunakan whisk sampai lumer halus. Diamkan selama 20 mnt.
  3. Kocuk gula dan telur sampai gula larut dan membusa.. Tambahkan margarin leleh dan aduk lagi sampai rata.
  4. Masukkan kocokan telur dan gula kedalam campuran tepung santan. aduk rata. Tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan kuning tua kedalam adonan. Dan diamkan sekitar 1 jam-an.
  5. Masukkan adonan kedalam loyang cetakan ukuran 20 cm yangg sdh dioles dengan margarin sebelumnya.
  6. Kemudian panggang dgn api 180'C. 

RESEP ROTI SOBEK & CARA MUDAH MEMBUATNYA

Nah, buat Bunda Cantik yang pengen bikin roti sobek sendiri "Wajib" baca resep dan cara membuatnya berikut ini nih. Ngak perlu susah-susah dan ribet. Resepnya komplit dan maknyus.. Yuk mari praktek masak di dapur masing-masing.. hehe

BAHAN :

  • 150 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt fermipan / pengembang
  • Air hangat secukupnya
  • 2 sdm Susu bubuk 
  • Garam secukupnya

RESEP CARA MEMBUAT ROTI SOBEK

CARA MEMBUAT :
  1. Campurkan dan rendam fermipan dengan air hangat.
  2. Lalu tuangkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan juga garam kedalam wadah.
  3. Uleni bahan diatas sampai menjadi adonan roti yang kalis.
  4. Diamkan adonan sekitar 1 jam-an, tutup dengan kain lap yang bersih.
  5. Kalau adonan sudah mengembang, kempiskan kembali adonanya, lalu isi dengan bahan isian sesuai selera. Mau diisi kelapa, coklat, atau bahan lain.
  6. Jika sudah selesai semua, panggang adonan roti sobek menggunakan oven dgn suhu 150°c selama 30 menit. Jika sudah matang olesi margarin.
  7. Angkat.

RESEP PUDING TAPE SINGKONG NYAM.. NYAM..!

Aneka Resep Puding Lengkap. Kreasi masakan mudah dan sederhana, gampang banget dipraktekkan bunda. Yups, Resep Puding Tape Singkong. Langsung saja simak langkah cara mudah membuatnya berikut ini bunda.. No ribet.. No susah.. Nyam..Nyamm

Bahan :

  • 250 gr tape singkong, buang seratnya
  • 2 bks agar-agar warna putih
  • 3 sachet susu kental manis putih
  • 2 bks kecil santan instan
  • Gula putih sesuai selera
  • 6 gelas air
  • Pewarna makanan

Resep Puding Tape Singkong Enak

Cara Membuat:
  1. Masukkan kedalam gelas blender semua bahan-bahan seperti tape, susu, santan dan 2 gelas air. Kemudian blander hingga halus. 
  2. Masak agar-agar dengan 4 gelas air dan gula sambil diaduk sampe mendidih.
  3. Selanjutnya, masukkan tape yg sudah di blender ke dalam adonan agar-agar dan aduk kembali sampe bahan mendidih.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna masing2 sesuai selera. Adonan yang satu biarkan putih.
  5. Tuang adonan satu persatu kedalam loyang yang sudah di basahi dengan air.
  6. Terkahir, masukkan adonan kedalam kulkas biar puding mengeras dan kaku.
  7. Nyam..nyam.. Puding pun siap di santap.

Resep Kue Butter Cookies dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Harian - Walaupun lebaran masih lama, tapi nggak papa kita buat kue butter cookies ini bun.. Sekalian terus belajar biar ilmu masak memasaknya nggak cepet hilang.. hehe


Lagian kue ini juga bisa buat hidangan di rumahkan? buat temen nonton tv oke.. Buat kalo temen dateng bertamu kerumah juga oke banget.. Nah, cukup deh cuap-cuapnya. Mendingan sekarang kita intip aja apa bahannya dan gimana cara buat kue butter cookies yang enak dan mudah kan bun? Ini nih resep dan langkah membuatnya :

Bahan-bahan:

  • 50 gr butter
  • 50 gr margarin
  • 150 gr tepung terigu 
  • 50 gr gula halus
  • 2-3 sdm susu bubuk
  • 1 btr telur utuh
  • 1/4 sdt vanili bubuk
Resep Kue Butter Cookies

Cara Membuat kue Butter yg Mudah:
  1. Campurkah bahan-bahan seperti butter, gula halus, margarin,  dan juga vanili. Lalu mixer bahan tadi dengan kecepatan sedang sampai lembut.
  2. Masukkan telur dan kocok rata. (usahakan tidakterlalu lama)
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan juga susu bubuk yang sebelumnya udah diayak terlebih dahulu ke dalam adonan (no.1). Aduk menggunakan spatula hingga rata.
  4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam pipping bag yg udah dipasang spuit bintang.
  5. Bentuk dengan loyang yg sebelumnya udah dialasi dengan kertas roti.
  6. Masukkan adonan yng sudah dicetak ke dalam oven dengan api sedang-kecil selama 25 menitan (atau permukaan bawah kue berwarna kecoklatan)
  7. Dinginkan sebentar lalu masukkan kue Butter yang sudah dibuat ke dalam toples agar tetap renyah

Tugas ngebuat kue kue Butter pun udah selesai. Nyam.. Nyam.. Saatnya bunda yg praktekin dirumah yah.. :*

Resep Cara Membuat Ikan Asam Padeh Khas Masakan Padang Super Lezat

Selain masakan rendang dan dendeng balado yang bisa bunda cicipi, makan lain yang wajib bunda coba adalah Ikan Asam Padeh khas masakan Padang ini. Nyam Nyam. Bikin lidah bergoyang nih.

Untk menikmati masakan Ikan Asam Padeh yang enak dan nikmat, bunda tidak perlu ngeluarin kocek yang dalam buat beli di rumah makan Padang. Bunda bisa mencoba memasaknya sendiri dirumah.

Resep Resep Ikan Asam Padeh

Makanya, disini kami bagikan resep rahasianya secara gratis. Simak baik2 yah cara mudah  dan gampang membuatnya berikut ini..

Bahan-bahan:


  • 300 gr ikan tongkol, potong-potong
  • garam secukupnya
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bumbu tumis:


  • 4 buah belimbing sayur
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 butir kapulaga
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit, potong-potong
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus:


  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • garam secukupnya
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas jahe


Cara memasak Ikan Asam Padeh yg Enak:


  1. Bersihkan ikan tongkol hingga bersih. 
  2. Rendam ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan juga garam.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus sampai wangi. 
  4. Masukkan lagi semua bumbu tumis. Tambahkan 1 gelas kecil air agar bumbu tidak gosong dan terlalu kental. 
  5. Tumis lagi hingga kuahnya menjadi berkurang dan agak mengental.
  6. Masukkan ikan tongkol dan belimbing sayur.
  7. Lalu tambahkan air sedikit lagi hingga ikan terendam dengan bumbu. 
  8. Masak sampai bumbu meresap kedalam ikan tongkol. Cicipi
  9. Angkat dan sajikan 

Ikan Asam Padeh Paling enak disajikan dengan nasi yang tidak terlalu akas, dan dinikmati pas musim seperti sekarang ini. Yuk segera di praktekin bun..! Nyam nyam..

Resep Sayur: Plecing Kangkung Bumbu Kacang

Resep Masakan Sederhana - Sayur plecing kangkung, masakan ini hampir mirip-mirip seperti pecel, kebanyakan menggunakan sambal kacang sebagai bahan bumbunya. Disini bunda sudah ada yang pernah buat plecing kangkung ini belum? Kalo belum pernah, boleh deh resep ini dicoba dirumah. Berikut resepnya:


Bahan-bahan

  • 1 ikat kangkung
  • 1 gengam taoge
  • 5 butir cabe rawit
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1 sdm air jeruk limau
  • terasi secukupnya 
  • kacang goreng sedikit saja
  • garam secukupnya 
  • gula merah secukupnya 
  • MSG sesuai selera

Langkah cara membuat:

  1. Bersihkan kangkung dan juga taoge. Cuci sampai bersih.
  2. Rebus kangkung sampai matang lalu tiriskan. Tata di atas piring.
  3. Masak taoge kedalam air mendidih sebentar saja. kemudian tiriskan. Letakkan di piring berisi kangkung diatas.
  4. Haluskan : cabe rawit, tomat, terasi, sedikit kacang goreng. Boleh juga ditambah kulit jeruk limau, jika kamu suka. Tambahkan air perasan jeruk limau sesuai selera.
  5. Tuangkan sambal di atas piring yang berisi kangkung dan taoge. Taburi kacang goreng diatasnya.
  6. Selesai dan sajikan.

Resep Cara Mudah Membuat Kue Putu Bihun Sagu Mutiara yang Enak

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Putu Bihun Sagu Mutiara | Kue putu bihun ini sangat pas dan nikmat jika disajikan dengan saus nangka. Nah, buat bunda semua yang pengen mencoba membuatnya dirumah. Berikut ini kami akan membagikan resep spesialnya, simak yah.. :)

Kue Putu Bihun Sagu Mutiara

Bahan :

  • 60 gr tepung sagu
  • 30 gr sagu mutiara rebus
  • 100 gr bihun kering
  • 3 lb daun pandan
  • 750 ml air
  • 1 st garam


Bahan saus :


  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 150 gr gula merah sisir atau bisa diganti gula pasir 100 gr
  • 3 lembar daun pandan
  • 5 biji nangka
  • garam seccukupnya


Cara Membuat Putu Bihun Sagu Mutiara:


  1. Langkah pertama, rebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Masukkan bihun dan aduk sebentar, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, campur bihun dengan bahan2 lain seperti tepung sagu, sagu mutiara dan juga garam. aduk agar tercampur.
  3. Kemudian tuangkan adonan diatas ke dalam cetakan kue mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak goreng. Lalu kukus selama 15 menit atau hingga matang.
  4. langkah kedua, buat sausnya: rebus jadi satu semua bahan saus sampai mendidih sambil di aduk. Masukkan nangka, kemudian matikan api.
  5. Ambil kue putu bihun yang sudah dikukus dan sajikan dengan saus nangka selagi panas.


Yummi.. Resep Putu Bihun Sagu Mutiara pun selesai juga dibuat. Jika bunda pengen kreasi resep masakan yang lain, bunda bisa coba juga yang ini: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Cara Membuat Telor Gabus Keju Enak dan Mudah#Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak atau #Resep Kue Apem Khas Nusantara, Dijamin Maknyuus..!

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Murah dan Praktis

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Tahu Isi Telur  | Sebagai selingan lauk pauk, menu masakan tahu isi telur ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas buat keluarga bunda.. Selain itu, bunda juga bisa mencoba Resep Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT sebagai menu spesial.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Yang Enak

Nah.. Untuk resep dan cara mudah membuat tahu isi telur ini, bunda dapat mencobanya sendiri dirumah dengan mengikuti tutorial masakan langkah demi langkah memasak yang mudah berikut ini:

Bahan-bahan :


  • 1 buah tahu putih
  • 100 gram udang, cincang
  • 20 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 2 batang daun seledri, iris
  • 12 butir telur puyuh rebus matang, kupas
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng


Bumbu Halus:


  • 2 siung bawang putih, iris, goreng
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sdt garam


Saus cocolan :


  • 50 ml kecap manis
  • 1 sdm petis udang


Cara membuat :


  1. Tahu dihaluskan terlebih dahulu, lalu campur dengan udang, telur, tepung sagu, bawang merah halus, daun bawang, garam, merica, dan seledri, aduk merata. Buat jadi adonan.
  2. Sementara itu, ambil adonan sesendok demi sesendok. Lalu bentuk bulat menyerupai  bola, isi telur puyuh didalamnya, bulatkan lagi. Lalukan cara ini sampai habis..
  3. Panaskan minyak goreng, dan goreng hingga matang, angkat.
  4. Buat saus cocolan enak:  campur semua bumbu halus dengan petis udang, aduk rata, tambahkan kecap manis, lalu aduk rata.


Resep Lauk pauk selingan yang enak pun sudah selesai dibuat. Pilihan resep lain yang enak dan bisa bunda coba adalah : #Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Gurih - #Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap - #Resep Ayam Goreng Spesial Gaya Korea Super Murah

Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT

Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak - Pengen tau resep rahasia pepes ikan mas seperti yang ada di restoran2 bunda? Bunda nggak harus bingung2 lagi sekarang, karena disini akan kami bagikan resepnya secara gratis. Plus, bunda juga dengan mudah mengikuti tutorial membuat pepes ikan dengan mudah dan praktis.

Cara membuat Pepes Ikan Mas yang Enak

Apa saja resep dan bumbunya? yuk kita simak resepnya berikut ini..

Bahan Pepes Ikan Mas:


  • 1 kg ikan mas
  • daun pisang untuk membungkus


Bumbu Pepes Ikan:


  • 2 buah tomat
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun serai
  • 5 lembar daun salam
  • 50 gram daun kemangi
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng


Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 50 gram cabai merah
  • 5 butir kemiri
  • 5 gram asam jawa
  • ½ sdt. garam
  • 25 cc air


Cara Memasak Pepes Ikan Mas yang Enak:

  1. Bersihkan sisik dan isi perut ikan mas sampai bersih.
  2. Buat tiga irisan diagonal pada setiap sisi ikan, ini bertujuan agar bumbu lebih meresap
  3. Rendam ikan kedalam larutan garam dan asam jawa minimal selama 15 menit, lalu cuci dengan semangkuk air untuk membuang kelebihan garam
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng ke bumbu yg sudah dihaluskan, aduk. Lalu Lumuri ikan mas dengan bumbu tersebut
  5. Tambahkan irisan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil, daun salam, daun kemangi, dan potongan daun serai
  6. Bungkus dengan daun pisang atau aluminum foil.
  7. Kukus dengan api sedang selama 30 menit atau gunakan panci bertekanan (presto) agar lebih cepat matang dan rasa yang lebih enak
  8. Dinginkan sebentar dan panggang di atas api, kalau bisa panggang di atas api arang supaya harum.

Resep Risoles Goreng Isi Sayur, Enak, Mudah dan Murah

Resep Mudah Cara Membuat Risol isi Sayur Yang Enak | Resep gorengan ini terinspirasi dari dapurnya Bunda cantik @Yuni Kitchen. Setelah resep ini dicoba, ternyata hasilnya luar biasa mantap. Lumayan, bisa nambah2 pengalaman masak dan nambahin koleksi resep dapurnya di blog Resep Hari Ini. Buat bunda yang lain, wajib coba juga resep Risoles dengan bahan isi Sayuran ini yah...


Inspirasi Resep dan gambar, By: @Yuni Kitchen

Bahan Baku untuk Kulit Risoles:

Bahan baku yang perlu bunda siapkan untuk membuat gorengan Risoles/Risol isi Sayur yang enak adalah seperti dibawah ini. Caranya, campur semua bahan dibawah menjadi satu. Aduk sampe encer dan licin, lalu saring. Selanjutnya panaskan teflon, buat dadar sebagai kulit reseoles tipis2.. sisihkan.


  • 250 gr Tepung Terigu
  • 1 sdm Susu bubuk
  • 2 sdm Tepung kanji/sagu
  • 2 sdm Margarin cair/minyak
  • 1 telur
  • 600 ml Air/susu cair
  • garam secukupnya



Bahan Baku Isian Risol:

Bahan isian Risol sebenarnya bisa bunda kembangin sesuai minat. Namun disini kami merekomendasikan untuk memakai bahan isian seperti yang ada dalam daftar bahan dibawah ini. Caranya, Tumis bahan yang ada di daftar seperti: bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan tumis bentar, masukan wortel dan kentang aduk rata. Masukan air aduk rata, lalu tutup sebentar dan beri bumbu. Cicipi rasanya apakah sudah enak apa belum, terakhir masukan daun bawang dan juga larutan maizena. Aduk rata dan angkat.

  • 1 wortel potong dadu kecil
  • 1 kentang potong dadu kecil
  • 100 gr daging ayam potong dadu kecil
  • 2 daun bawang potong2
  • 1 bawang putih cincang
  • Garam, gula, merica bubuk, royco secukupnya
  • Sedikit air
  • 1 sdt maizena dilarutkan


Cara Membuatnya:

Langkah dan cara membuat Risoles goreng yang memiliki citarasa yang nikmat dan renyah sebenarnya tidak sulit, bisa dibilang mudah banget bun. Seperti ini cara membuatnya..

  1. Ambil selembar kulit risoles yang sudah dibuat pada poin pertama.
  2. Isi bahan kulit tersebut dengan bahan isian yang sudah dibuat pada poin kedua.
  3. Proses selanjutnya, lipat kulit risoles yang sudah diisi menyerupai lipatan amplop. 
  4. Lalu celupkan ke dalam kocokan putih telur. 
  5. Baluri dengan tepung panir/roti
  6. Terakhir, goreng Risoles tadi sampai matang. 
  7. Angkat dan siap dihidangkan.. Yummi


Selain resep diatas, resep masakan ini juga sangat kami rekomendasikan untuk dicoba bunda..: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Kres-Kres Super Renyah - #Resep Tahu Isi (Isi Touge dan Wortel Spesial) dan Juga #Resep Membuat Lumpia Goreng Isi Daging Ayam 

Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya

Resep dan Cara Membuat Roti Cane yang Enak. Setelah kesana kesini nyari resep roti mungil ini, akhirnya dapet juga resep roti cane yang lumayan gampang. Selesai dicoba dirumah, dari 1/4 tepung terigu jadi 6 buah roti cane yang enak Yummi, makin semangat masak...

Resep Membuat Roti Cane yang Enak

Pikiran saya sih daripada beli roti cane seporsinya bisa nyampe 10rb, mending coba bikin sendiri. Ternyata gampang mudah baanget cara bikinnya, pilihan lain bisa dikombinasikan dengan coklat dan keju biar lebih kekinian...

Bahan Roti Cane:


  • 1/4 terigu
  • 1 telur
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm mentega
  • Air secukupnya (dikira kira aja sampai kalis)
  • -Sedikit minyak untuk merendam


Caranya Membuat:

Cara membuat Roti cane ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah seperti ini agar hasil masakan sempurna..

  • Campur semua bahan kecuali air
  • Tambahkan air sedikit dikit sampai kalis
  • Bagi menjadi 6 buletan
  • Diamkan selama 1 jam direndam dalam minyak sayur
  • Bentuk adonan & goreng
  • Topingnya skm,mesis & keju


Cara Membentuknya:

Agar tampilan roti cane lebih cantik dan menarik, bentuk roti juga harus di perhatiin. Bentuklah roti cane dengan cara seperti ini..

  1. Ambil adonan dan pipihkan sampai tipis
  2. Beri mentega sampai rata dan gulung (jadi nanti bentuknya dibuat memanjang gitu bun)
  3. Lalu gulung melingkar kaya obat nyamuk tapi 1sisi kekanan sisi lain ke Kiri (jadi kaya huruf S)
  4. Tumpuk kedua bulatan dan pipihkan lagi sampai tipis
  5. Lalu goreng dengan sedikit mentega