.
Artikel Resep Hari Ini

Cara Cepat Hamil

Resep Garang Asam Daging Ayam Spesial

Resep Cara Membuat Garang Asam Yang Enak - Masakan garang asam asal Jawa Tengah, biasanya dalam pembuatanya dengan cara daging dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dikukus sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan natural. Namun, bisa juga tidak dikukus dan di bungkus. Berikut adalah Resep Garang Asam Daging Ayam Tanpa Dibungkus bagi anda yang tidak mau ribet.

Resep Praktis Cara Membuat Garang Asem Ayam Yang Enak

Resep Cara Membuat Garang Asem daging Ayam Spesial
Menu Masakan Garang Asem Spesial

 

Bahan-Bahan Dan Bumbu Masak

  • Ayam potong 1ekor
  • Bawang Merah
  • Bawang putih
  • Cabai Merah
  • Cabai Rawit
  • Belimbing wuluh
  • Tomat hijau

  • daun salam
  • lengkuas
  • jahe
  • gula jawa
  • garam
  • santan kelapa
  • air secukupnya

Cara Membuat Garang Asam Daging Ayam


  1. Rebus air terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih
  2. Bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, tomat, belimbing wuluh dan  cabai merah, diiris.
  3. Masukkan semua bahan seperti daging ayam, daun salam, garam, gula dan irisan bumbu kecuali santan kelapa
  4. Jika bahan2 garang asam sudah matang, terakhir masukkanlah santan kelapa sambil terus diaduk2 agar santan tidak pecah. Masak kembali hingga mendidih, icip-icip apakah masakan garang asam sudah enak atau belum.
  5. Angkat dan sajikan

Itulah Resep Membuat Masakan Garang Asem Praktis yang bisa anda coba sendiri dirumah, Semoga dengan adanya resep masakan dari ResepHariIni dapat menambah wawasan tentang masak-memasak Anda. Happy cooking!

Ini Dia, Tips Rahasia Agar Kentang Goreng Jadi Renyah!

Tips Memasak - Suka dengan kentang goreng? Terlebih lagi jika dibuat stik kentang, Hemm.. Yummi! Kentang goreng cocoknya disantap selagi hangat menggunakan cocolan saus sebagai sambalnya. Nah, terkadang saat kita membuat  kentang goreng banyak sekali kendala yang dihadapi, mulai hasil gorengan tidak renyah alias "mlempem" sampai kentang tidak matang merata. Terus bagaimana cara mensiasati agar hasil gorengan kentang menjadi renyah? Berikut ini akan kami share tips dan trik agar kentang goreng menjadi renyah seperti yang kami kutip dari vemale.com.

Tips Rahasia Cara Membuat Kentang Goreng Menjadi Renyah


1. Kupas kulit kentang terlebih dahulu baru kemudian potong-potong kicil memanjang. Atau potong dengan ketebalan 0,5 cm dan panjng 8 cm. Usahakan hasil potongan seragam, ini bertujuan agar hasil penggorengan nantinya bisa matang kering secara merata

2. Jika bahan kentang sudah selesai di potong, cuci bersih dan masukkan potongan kentang kedalam wadah panci atau ember yang diisi air dingin/air es. Diamkan sejenak agar kentang sedikit mengeras. Jika dirasa sudah cukup maka tiriskan potongan kentang tadi sampai benar2 kering.

3. Gorenglah kentang dengan banyak minyak, usahakan nantinya potongan dapat terbenam semua. Goreng potongan kentang secukupnya saja ke dalam wajan berisi minyak panas. Sebisa mungkin usahakan suhu dalam minyak goreng mencapai 128'C. Ketika kentang sudah matang namun belum berubah warna, langsung saja di angkat dan tiriskan untuk digoreng kembali yang kedua kalinya.

4. Lakukan penggorengan tahap kedua dengan tingkat panas minyak goreng mencapai 176'C. Lalu goreng lagi kentang yang sudah ditiriskan pada tahap nomer 3 diatas hingga berwarna coklat keemasan selama 2-4 menit atau terlihat renyah dan krispy.

Semoga Tips Masakan Agar Kentang Goreng Renyah diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan umum yang sering dihadapi saat memasak kentang yah? :D

Resep Ayam : Cara Membuat Ayam Kremes Super Renyah

Resep Ayam Kremes Masakan asli Indonesia ini tak kalah gurihnya dengan olahan ayam krispy asal negeri paman sam. Ya, walaupun terkesan sama namun jelas beda, ayam kremes memiliki ciri khas dari kremes dan renyah tepung diluarnya. Sedangkan ayam krispy atau ayam kentucky menyatu dengan daging.

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Ayam Kremes Enak

Bahan Baku:
  • 1 ekor ayam kampung
  • Air 500 ml
  • Tepung tapioka 3 sendok makan
  • Tepung beras 2 sendok Makan
  • Telur ayam 1 butir
  • 1 batang serai
  • Daun salam 1 lembar
  • Minyak goreng

Bumbu halus:
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 4 biji
  • Jahe satu ruas
  • Sedikit kunyit
  • Ketumbar 2 sdt

Cara membuat Ayam Kremes Yang Renyah


1. Siapkan panci deep-fry untuk memasak, dan masukkan air, daging ayam, bumbu halus, daun salam dan serai. daging ayam diungkep dalam panci deep-fry tertutup sampai ayam lunak dan empuk. Tiriskan ayam. ( Note : kaldu bumbu sisa rebusan ayam jangan dibuang ).

2. Panaskan minyak goreng kedalam wajan anti lengket, gorenglah ayam yang sudah diungkep tadi sampai berwarna kuning keemasan. 

3. Sembari menunggu ayam matang, buatlah adonan dengan memasukkan tepung tapioka, tepung beras dan telur ke dalam sisa kaldu bumbu dan goreng hingga kering dan renyah krispi. 

4. Anda juga bisa membaluri ayam dengan adonan tadi sebelum digoreng. 

5. Jika dirasa sudah matang dan krenyes, hidangkan ayam goreng beserta kremes dan sambal.


Resep Ayam Kremes Renyah ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menu bekal bagi anak dan suami, silahkan coba sendiri dirumah. Karena ayam krenyes ini sangat mudah kok pembuatanya nggak pake ribet deh..! Happy cooking bunda.. :D

Resep Oseng Kangkung Bumbu Terasi Pedas Enak

Resep Masakah Praktis - Saat membuat Oseng Kangkung biasanya kebanyakan ibu menggunakan kecap sebagai tambahan peyedap rasa. Sebenarnya masih ada banyak sekali kreasi yang bisa dilakukan untuk memasak kangkung, seperti misalnya dengan menggunakan terasi. Justru dengan menggunakan terasi warna hijau dari kangkung tetap terjaga, dan lebih lagi hasil masakanpun akan lebih enak.

Nah, berikut ini akan kami bagikan resep oseng kangkung yang enak untuk Anda. Simak dan ikuti langkah demi langkah berikut ini yah? :D

Resep Cara Membuat Ca Kangkung Spesial


BAHAN - BAHAN
  • Sayur Kangkung
  • Tomat
  • Cabe rawit secukupnya
  • Lengkuas
  • Terasi
  • Bawang merah

  • Bawang putih   
  • Nisin secukupnya
  • Masako secukupnya
  • Merica bubuk
  • Gula dan garam Secukupnya


Cara Membuat Oseng Kangkung Enak

  1. Potong-potong kangkung dan cuci bersih kemudian tiriskan
  2. Semua bumbu tumis Ca kangkung dipotong semua kecuali lengkuas
  3. Tumislah bumbu tumis hingga harum, kemudian masukkan irisan tomat tunggu sejenak sampai tomat agak layu. Disusul dengan memasukkan potongan kangkung dan jangan lupa tambahkan penyedaprasa dan terasi. Aduk dan masak hingga matang.
  4. Angkat dan sajikan sayur ca kangkung bersamaan dengan nasi liwet.. Yummi.!


Resep Kue Klepon Legit, Kenyal Dan Gurih

Tips Cara Membuat Kue Klepon Praktis Dan Simpel

Kalau mau pengen cepet saat membuat kue klepon, pakailah food processor aja. Caranya yaitu dengan memasukkan semua bahan untuk membuat klepon ke dalam food processor kecuali gula merah dan parutan kelapa. Pulse selama kurang lebih 3-5 menit. Adonan kue klepon cepat jadi.

Agar lebih jelasnya simak ulasan resep masakan berikut ini :

Bahan-bahan

  • Tepung ketan
  • Garam halus
  • Pasta pandan
  • Santan   
  • Gula merah / coklat jika suka   
  • Kelapa parut

Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah

  1. Tuangkan tepung ketan dalam wadah panci, campurkan dengan garam dan pasta pandan, cairkan menggunakan santan sedikit sedikit sampai adona klepon kalis
  2. Jika adonan benar-benar kalis, ambilah sejumput adonan, buat bulatan, cekungkan dengan jari, isi didalamnya dengan gula merah/ cokelat. Tutup cekungan tadi dan bulatkan
  3. Klepon yang sudah diisi dan dibentuk direbus dalam air mendidih sampai bulatan mengembang
  4. Jika sudah, angkat lalu guling-gulingkan bulatan klepon diatas kelapa parut
  5. Kue Klepon Manis Gurih Udah jadi dan siap disantap

Resep Bumbu Pindang Ikan Spesial


Resep Masakan Praktis - Masakan Pindang  menjadi menu khas masyarakat Palembang, dimana bahan baku pindang biasanya menggunakan ikan sebagai bahan wajibnya. Dilengkapi dengan bumbu rempah yang mantap menjadikan masakan ini begiti nikmat dan segar.

Berikut adalah Resep Cara Membuat Ikan Pindang Enak yang bisa Anda coba dirumah..

Resep Dan Bumbu Ikan Pindang Serta Cara Membuat Pindang Yang Paktis dan Simpel 


Bahan-bahan Masakan Pindang:
  • Ikan patin
  • Air bersih
  • Buah nanas
  • Lengkuas, digeprek
  • Serai, digeprek
  • Daun kemang
  • Daun bawang
  • Daun salam
  • Daun kunyit
  • Air asam jawa
  • Garam secukupnya
Bumbu Halus Ikan Pindang:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Tomat cherry
  • Cabai merah
  • cabai rawit
  • Terasi bakar


Bumbu Ikan Pindang Lengkap

Cara membuat Pindang Ikan Pedas


  1. Rebus air kedalam panci dan masukkan semua bahan bumbu halus untuk pindang.
  2. Selanjutnya masukkan bahan2 penyedap seperti serai, lengkuas, daun kunyit, daun salam serta air asam jawa. Masak hingga air mendidih.
  3. Tuangkan potongan-potongan ikan patin dan potongan2 buah nanas. Rebus kembali sampai ikan menjadi matang dan empuk.
  4. Langkah terakhir, Potongan daun bawang dan daun kemangi dimasukkan kedalam rebusan ikan tadi, masak kembali sampai pindang ikan dirasa sudah pas dan enak.
  5. Angkat dan Sajikan


Resep Cireng Keripik Pedas Yang Renyah

Resep Masakan Sehari-hari - Keripik menjadi cemilan paling digemari keluarga, rasa gurih dan renyah menjadikan makanan ringan ini sangat cocok disajikan sebagai teman santai dan teman menonton Anda.

Ada banyak jenis olahan keripik, seperti misalnya Keripik Singkong Balado, Keripik Jagung, Keripik Kentang Renyah dan Keripik Tempe Yang Gurih. Namun ada keripik yang unik juga, apa itu? Ya, keripik Cireng. Mungkin dari Anda masih penasaran bagaimana cara membuat kripik cireng yang enak dan renyah bukan? Berikut akan kami bagikan resep cireng yang dibuat keripik dengan mudah untuk anda.

Resep Cara Membuat Kripik Cireng Balado Enak Dan Renyah


BAHAN:
  • Tepung kanji
  • Bawang putih, haluskan
  • Cabai rawit merah, haluskan
  • Air hangat
  • Garam
  • Minyak goreng, digunakan untuk menggoreng

CARA MEMBUAT KRIPIK CIRENG PEDAS YANG RENYAH:

1. Siapkan wadah panci. Masukkan tepung kanji serta garam. Tidak lupa, bawang putih dan cabai rawit merah halus dimasukkan, aduk sampai tercampur rata . Setelah itu tambahkan air hangat lalu aduk sampai menjadi adonan yang kalis.

2. Adonan cireng digulung sampai padat, dan gulungan di iris tipis. Tata dengan rapi iriasan adonan di atas loyang. Jemur bahan cireng iris di bawah terik sinar matahari panas hingga benar2 kering, biasanya selama 1-2 hari.

3. Jika bahan keripik cireng sudah benarbenar kering, selanjutnya goreng bahan adonan kering berwarna kekuningan dan terlihat renyah. angkat dan tiriskan agar minyak hilang. Sajikan.

Resep Membuat Sambal Roa Spesial Pedas

Resep Sambal Roa Spesial - Sambal Roa merupakan menu sajian kuliner khas asal Manado yang memiliki citarasa yang mantap, Anda pasti akan ketagihan jika mencobanya.! Mungkin bagi anda yang penasaran dan ingin mencobanya sendiri dirumah, resep masakan khas manado ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bahan-bahan dan Bumbu Sambal Roa Khas Manado

Sambal Roa Spesial
Sambal Roa ( photo sumber : Mss Ley's )

Bahan :

  • Ikan Roa asap kering 
  • Bawang merah 
  • Bawang putih 
  • Cabai merah besar 
  • Cabai merah rawit 
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya


Cara Membuat Sambal Roa Yang Enak Dan Mantap


  1. Bersihkan ikan Roa terlebih dahulu dan ambil dagingnya, suwir-suwir daging ikan roa, kemudian haluskan dengan blender. Selanjutnya sangrailah daging halus tadi hingga matang dan harum, diangkat dan sisihkan.
  2. Semua bahan bumbu sambal roa dihaluskan. Setelah selesai,tumislah bumbu menggunakan minyak goreng sampai harum. Jangan lupa masukan ikan roa sangrai tadi kedalam tumisan bumbu, tambahkan sedikit garam dan gula, aduk2 sampai rata. Tambahkan sedikit air, aduk2 agar tercampur rata, masak sampai matang.
  3. Jika sudah dirasa matang dan bumbu meresap, angkatlah,  dan sajikan Sambal Roa Pedas Mantap dengan nasi lemas yang masih hangat..

Resep Membuat Kue Cake Cokelat Yang Di Kukus

Resep Kue Cake Cokelat Kukus - Empuk, manis, gurih dan nikmat menjadi satu paduan rasa istimewa dari kue cake coklat kukus ini.  Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Kue Cake bukan? Yups, aneka kue seperti ini sering kita jumpai saat menghadiri acara jamuan-jamuan pesta dan lain sebagainya. Nah, sebenarnya apa dan bagaimana cara membuat kue cake cokelat kukus yang mudah dan enak itu? Berikut akan kami bagikan resep aneka kue cake dari sahabat kami Kreasi Resep Bunda Azmi 

Cara Membuat Cake Cokelat Untuk Acara
Cake Cokelat (Foto:Reseppopuler)

Bahan-bahan Roti dan Kue Cake Cokelat

  •     Telur ayam 3 butir 
  •     75 gr gula pasir yang halus
  •     1/2 sendt garam
  •     1 sendth emulsifer
  •     75 gr tepung terigu berprotein sedang
  •     15 gr susu coklat bubuk 
  •     1/4 sendth baking powder    
  •     25 gr margarin yang dilelehkan
  •     1/4 sendth coklat pasta
  •     20 gr coklat dark
  •     25 gr kacang almond yang disangrai
  •     100 gr buter cream
  •     25 gr dark coklat
  •     Roti biiskuit coklat bulat, secukupnya


Proses Cara Membuat Kue Cake Kukus Rasa Cokelat :

  1. Langkah awal, kocoklah telur, soda kue, gula pasir dan garam sampai semua bahan mengembang dan rata.
  2. Beri/tambahkan margarin yang dilelehkan dan coklat cair/encer, aduk sampai tercampur dengan rata.
  3. Tuangkan tepung terigu berprotein sedeng,  baking powder dan susu cokelat bubuk, aduk hinga merata.
  4. Tuangi adonan cair kedalam loyang cetak bulat anti lengket, kemudian kukus hingga 30 menitan atau cake benar-benar matang.
  5. Nah, Roti atau Kue Cake Kukus Cokelat Lezat siap untuk dihidangkan dan disantap.


Happy cooking...!!

Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap

Resep Masakan Nusantara - Siapa yang tak kenal dengan Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia karena citarasa yang khas Solo banget. Tak heran jika menu ayam bakar ini banyak diburu oleh kalangan pecinta kuliner. 

Jika dilihat dari bahan dan bumbunya, proses dan cara untuk membuat ayam bakar wong solo ini tidaklah terlalu sulit,  Anda pun bisa mencobanya sendiri dirumah. Yang jelas memasak itu memerlukan ketelatenan dan kesabaran, serta dilakukan dengan hati yang penuh cinta.. :D

Untuk mengetahui apa saja bahan dan bumbu ayam bakar wong Solo yang enak dan praktis? Mari simak resep rahasia dan cara membuatnya berikut ini..! :

Ayam Bakar Wong Solo Asli dan Khas

Resep Bumbu Rahasia dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Wong Solo Asli 

Bahan Baku Ayam Bakar Khas Wong Solo:
  • 1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 menjadi 6 bagian
  • 500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa tua
  • 2 btg sereh, dimemarkan
  • 10 sendk mkn kecap manis
  • 4 cm lengkuas, gemperek memar
  • 1 sendk mkn air asam jawa
  • 4 lembr daun salam
  • 35 g gula merah

Bumbu Rahasia Ayam Bakar Wong Solo :
  • 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  • 12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
  • 6 butr kemiri
  • 1/4 sendk teh jinten
  • 1 sendk teh ketumbar
  • 4 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1/2 sendk mkn garam

Langkah-langkah cara membuat ayam bakar khas Solo asli yang praktis dan spesial:

1. Tumislah semua bumbu halus khas ayam bakar wong solo. Jgn lupan masukkan juga batang  sereh, lengkuas dan daun salam sampai bahan bumbu rahasia memunculkan aroma sedap.
2. Jika tumisan bumbu sudah siap , selanjutnya masukkanlah potongan-potongan ayam tadi sembari diaduk agar bumbu tercampur. Tambahkan air asam jawa, kecap dan juga gula merah, aduk2.  Jangan sampai ketinggalan, air kelapa dimasukkan juga ya? Masak terus potongan-potongan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, pisahkan potongan ayamnya dari kuahnya. Nantinya kuah ayam tadi bisa digunakan sebagai bahan bumbu bakar.

3. Langkah paling akhir adalah bakar ayam yang sudah dimasak tadi menggunakan bara api sampai daging ayam menjadi berubah warna cokelat. Angkat dan baluri potongan ayam dengan kuah yang sudah dipisahkan tadi. Bakar kembali matang dan bumbu meresap. 

4. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat.

Seperti itulah Resep Rahasia Ayam Bakar Khas Wong Solo Yang Enak Dan Lezat. Sangat mudah untuk diikutikan resep masakan diatas? Baca juga : Kategori Resep Masakan Daerah dan Resep Aneka Kue Lengkap. Atau baca juga Resep Sahabat kami DISINI.
 
Sponsor : Toko Grosir Sepatu Murah | Butik Online Indonesia
Copyright © 2011. Kumpulan Resep Masakan Nusantara | Masakan Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Mas Cholis Modivication by Tri Basuki
Proudly powered by Blogger