Artikel Resep Hari Ini

Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap

Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial - Biasanya kalo memilih resep menu makanan buka puasa, lebih suka yang praktis, simpel dan menu yang bisa menggugah selera kan gaes..? Nah, salah satu menu masakan yang bisa kamu coba adalah tumis ayam saus jeruk. Selain resepnya mudah dibuat, menu ini juga memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan dan pasti bisa menggugah selera deh...! Lebih lengkapnya, yuk lihat resep dan cara membuatmnya di bawah ini.

Bahan-Bahan
  • 700 g daging ayam, potong dadu
  • 1 1/2 sdm minyak canola
  • 70 cc + 2 sdm kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 3/4 sdt bubuk bawang bombay
  • 2 sdt zest jeruk (atau irisan kulit jeruk)
  • 100 cc air perasan jeruk
  • lada hitam bubuk
  • 1/4 sdt jahe parut kering
  • 2 sdm cuka
  • 3 sdm kecap
  • 3 sdm madu
  • 2 1/2 gula 
  • 2 sdm tepung maizena
  • daun bawang dan biji wijen sebagai taburan


Cara Membuat

1. Tumis daging ayam menggunakan minyak canola, tambahkan garam dan lada bubuk. Masak sampai daging ayam matang, sisihkan.

2. Untuk membuat sausnya, tumis terlebih dahulu bawang putih, matikan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis, zest jeruk, 70 cc kaldu ayam,  bubuk bawang bombay, madu, kecap, gula,jahe, dan juga cuka. Tambahkan sedikit garam dan lada. Nyalakan api sedang. Selanjutnya, campurkan tepung maizena dengan 2 sdm kaldu ayam, lalu masukkan dalam campuran saus. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. 

3. Masukkan potongan daging ayam yang sudah matang diatas, campurkan hingga rata dengan saus.

4. Menu Masakan Tumis ayam saus jeruk bisa dihidangkan dengan potongan daun bawang dan taburan biji wijen diatasnya. Yummi..!

Kalau kamu pengen rasa yang lebih pedas untuk resep menu buka puasa hari ini, kamu juga bisa kok menambahkan sendiri saus sambal atau cabai di masakan kamu. Selamat memasak, Ladies!

Resep Ayam Istimewa : Ayam Goreng Spesial Ala Korea

Resep Ayam Goreng Korea
Ayam Goreng Korea
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Korea Yang Enak - Kamu suka makan ayam goreng gaes? Atau kamu pengen membuat sendiri menu masakan ayam goreng yang lebih istimewa dari biasanya? Yuk, coba bikin sendiri menu spesial ayam goreng saus pedas ala Korea atau dalam bahasa aslinya sering disebut yangnyeom super lezat ini. 

Dari segi tampilannya aja udah menggoda selera, hmm... membayangkan rasanya pun sudah bikin perut lapar gaes. Apalagi saat menyantapnya ya gaes? bikin merem melek pastinya, Hehe.. Udah deh, langsung aja praktek.. 


Bahan Bumbu Ayam Goreng Korea
  • 900 gram daging ayam 
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 140 gram tepung kentang atau tepung maizena
  • minyak untuk menggoreng


Resep Bahan Saus Ayam Goreng Korea
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdm kecap manis
  • 2-3 sdm saus sambal super pedas
  • 4 sdm saus sambal biasa
  • 2 sdm gochujang (pasta cabai ala Korea)
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm minyak sayur
  • Bahan Garnish
  • 1/2 sdt biji wijen


Cara Membuat Ayam Gereng Korea

1. Cuci daging ayam sampe bersih lalu dicampur dengan garam, lada bubuk, serta jahe parut. Rendam ayam dan diamkan selama 20 hingga 30 menitan atau sampai bumbu meresap.

2. Nah, untuk cara membuat saus, panaskan saucepan memnggunakan api sedang. Masukkan minyak sayur diatas sucepan, tumis bawang bombay cincang, bawang putih cincang, dan juga jahe parut. Tumis semua bumbu hingga mengeluarkan bau harum. Tambahkan semua bahan untuk saus. Aduk perlahan hingga mengental sekitar 4-5 menit. Matikan api.

3. Baluti daging ayam menggunakan tepung kentang atau bisa juga tepung maizena. dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan.

4. Agar ayam korea lebih krispy, goreng lagi daging ayam sampai benar2 matang sempurna. Setelah itu, panaskan lagi saus dengan api sedang. Masukkan ayam goreng dan aduk rata. Taburi biji wijen diatasnya dan ayam goreng siap dihidangkan.

Yummi, Sedapnya Resep Istimewa Ayam Goreng Korea siap untuk disantap saat perut lapar seperti ini..  

Resep dan Cara Membuat Sup Ayam Makaroni Spesial

Resep Sup ayam makaroni
Resep Sup ayam makaroni
Resep Cara Membuat Sup Ayam Makaroni Spesial - Resep masakan ini sangat mudah disajikan  dan pengolahanya pun cukup simple. Kamu cukup menyediakan bahan baku seperti daging ayam, makaroni, serta bahan -bahan bumbu sup yang lain. Agar hasil masakan kamu rasanya enak, maka simak cara membuat sup ayam makaroni berikut ini..


Bahan-bahan Sup
  • 1 ekor ayam, rebus dengan 1 liter air
  • 12 butir telur puyuh, rebus
  • 2 batang wortel, potong sesuai selera
  • 100 gr makaroni
  • 100 gr buncis, iris
  • 5 sdm kacang polong beku
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 1 sdm margarin
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 1 liter air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala, bakar
  • 3 buah sosis sapi


Taburan:
  • Irisan seledri secukupnya


Cara Membuat Sup Ayam Enak dan Segar:

1.Rebus ayam terlebih dahulu bersama daun bawang, wortel, dan juga daun seledri sampe lunak, angkat dan tiriskan kemudian potong dadu.

2. Panaskan margarin kedalam wajan dan tumis irisn bawang bombay sampe harum, masukkan ke dalam air kaldu pada no 1 dan tambahkan sedikit air, didihkan lagi.

3. Tambahkan garam, merica, serta pala setelah air mendidih. Kemudian masukkan wortel, buncis, makaroni, sosis sapi,  telur puyuh, dan kacang polong, masak sebentar saja lalu angkat.

4. Siapkan mangkuk, tuangkan supnya dan beri taburan seledri diatasnya. Yummi

Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Enak Dan Mudah

Resep Martabak Telur Mini
Resep Martabak Telur Mini
Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Yang Enak - Martabak Telur tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Menu makanan ini sangat nikmat jika disantap selagi hangat dan memakai lalapan cabai rawit. 

Martabak Telur Mini dibuat dari bahan dan bumbu yang komplit, sehingga menghasilkan citarasa yang lezat. Untuk Resep dan cara membuatnya secara rinci bisa kamu simak resepnya berikut ini.


Bahan dan Bumbu Martabak Telur :
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 125 gr bawang bombay, cincang
  • 400 gr daging cincang
  • 1 sdt bubuk kari
  • ¼ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 6 butir telur bebek
  • 6 batang daun bawang, iris halus
  • 20 lembar kulit lumpia
  • 4 sdm margarin untuk menggoreng
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Martabak Telur:

1. Panaskan margarin kedalam wajan, tumislah irisan bawang bombay sampai keluar aroma harum dan layu. Selanjutnya masukkan daging cincang dan aduk sampai daging berubah warna.

2. Tambahkan bumbu-bumbu seperti lada bubuk, bumbu kari dan juga garam, aduk hingga daging matang dan mengering. Angkat, sisihkan.

3. Kocok lepas telur bebek dan masukkan tumisan daging dan irisan daun bawang, aduk sampai tercampur rata.

4. Ambil selembar kulit lumpia, beri 2 sdm kocokan telur dan campuranya, lipat kulit lumpia sampai adonan isi terletak di tengah bagian kulit.

5. Terakhir, panaskan margarin dan minyak goreng kedalam wajan datar, goreng sampai kering dan berwarna kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan. 

6. Resep Martabak Telur Mini pun siap untuk dihidangkan dengan acar mentimun dan cabai rawit.

Yuummi.. Lezatnya Martabak Telur karya masakan sendiri siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Martabak ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan lho.. Asal fokus dan konsisten. Selamat mencoba ya gaes..!

Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Untuk Menu Makan Sahur

Resep Nugget Tempe
Resep Nugget Tempe 
Resep Nugget Tempe Lezat Bergizi Tinggi - Menu makanan sahur wajib yang sehat-sehat. Nah, agar lebih praktis dan sehat sebaiknya pilih menu makanan sahur yang awet disimpan dalam jangka waktu cukup lama. Seperti Nugget tempe misalnya, selain praktis, tempe juga memiliki gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kamu saat berpuasa. 



Bahan:
  • 300 gr tempe, haluskan
  • 200 gr ayam cincang
  • 100 gr tepung roti
  • 2 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdm mentega
  • 500 ml minyak goreng

Bumbu Rempah:
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak ikan
  • ¾ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir


Bahan Pelapis:
  • 2 butir putih telur, kocok lepas
  • 250 gr tepung roti


Cara membuat:

1. Campurkan tepung roti, tempe, ayam, telur, susu dan semua bahan bumbu rempah, lalu aduk rata

2. Siapkan loyang, olesi mentega. Tuangkan adonan nomer 1 diatas lalu kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan

3. Keluarkan adonan dari loyang dan iris adonan nugget ukuran 1x1x10 cm, gulingkan potongan nugget kedalam putih telur lalu guling-gulingkan ke tepung roti.

4. Simpanlah adonan nugget dalam kulkas terlebih dahulu selama 25 menit, atau sampai tepung roti menempel sempurna.

5. Setelah itu goreng nugget tempe kedalam minyak panas dn api sedang hingga berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Resep Kue Molen Pisang Coklat Spesial Super Women

Resep Molen Pisang Mudah Dan Enak
Resep Molen Pisang
Resep Cara Membuat Molen Pisang Coklat Spesial satu ini mungkin sering kita jumpai. Ya molen pisang memang sangat populer bagi masyarakat kita. Dengan bentuk yang unik, memiliki citarasa manis dan gurih menjadikan kue molen ini menjadi tambatan hati penikmatnya.

Bahan baku membuat molen. Sejatinya, proses membuat molen pisang itu tidak terlalu sulit kok, bahan baku dan bumbu yang digunakan juga gampang. Hal yang umum digunakan adalah tepung terigu dan pisang tentunya. Nah, biar kamu nggak terlalu bingung dengan pertanyaan "Apa saja ya resep cara membuat molen yang enak dan renyah itu?" mending yuk perhatikan dan praktekkan resep cara membuatnya berikut ini.


Resep Cara Membuat Molen Pisang Coklat Spesial Mudah, Praktis Dan Enak


Bahan Kue Molen Pisang:
  • 75 gram margarin
  • 1 butr telur
  • 75 gr gula tepung
  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • 15 gr maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 ml air
  • 20 buah pisang uli, potong dua miring
  • 200 gram dark cooking chocolate, potong panjang
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat kue molen pisang:
  1. Telur, margarin, dan gula tepung dikocok kurang lebih 30 detik.
  2. Dan masukkan tepung maizena, tepung terigu, baking powder, susu bubuk, dan garam sammbil diayak dan diaduk merata. Tuangkan air. Aduk kembali hingga menjadi adonan kalis.
  3. Giling tipis adonan molen dengan digilingan mi, pilih ketebalan no. 6 (ukuran paling tebal no.1). Giling sebanyak 2 hingga 3 kali. Pindahkan ke no.2. Giling sebanyak 2 hingga 3 kali. Lakukan hal yang sama sampai ke nomer berikutnya.
  4. Potong memanjang 40 cm dan lebar 1 cm.
  5. Belah lah pisangnya menjadi dua. Selipkan cokelat di antaranya.
  6. Lilitkan adonan molen pada pisang sambil direkatkan dengan air.
  7. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.
  8. Untuk 52 buah


Selesai sudah Resep dan Cara Membuat Kue Molen Pisang Coklat Spesial. Jangan ragu untuk mencoba semua resep ini dirumah. Dijamin Mantep deh..

Resep Nagasari Hunkwe Pandan Manis Nan Legit Spesial Buka Puasa

Resep Cara Membuat Nagasari
Kue Nagasari
Resep Menu Takjil Buka Puasa 2015 - Hemm, Pengen buat menu takjil yang istimewa untuk buka puasa hari? udah deh nggak usah bingung, coba masak Nagasari Hungkwe Pandan aja dijamin mantap deh..

Resep Masakan Enak Untuk Takjil Buka Puasa

Bahan-bahan:
  • 10 buah pisang raja yang sudah tmatang, kukus sebentar
  • 125 gr tepung hunkwe
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • Pasta pandan secukupnya
  • 1250 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • Daun pisang untuk membungkus
Cara membuat Nagasari Hunkwe Yang Enak:
  1. Kupas pisang, potong menyerong kira-kira 1 cm
  2. Cairkan tepung hunkwe, pasta pandan dengan sebagian santan, sisihkan
  3. Didihkan sisa santan, vanili, gula, dan garam. Masukkan cairan tepung hungkwe tadi, aduk sampai bahan kental dan matang.
  4. Ambil selembar daun pisang, beri 1 sendok makan adonan Nagasari selagi panas.
  5. Letakkan 1 potong pisang didalamnya, lalu tutup dengan 1 sendok makan adonan lagi. Lipat dan rapikan.
  6. Biarkan Nagasari dingin dan mengeras. Taruh didalam kulkas sebentar, lalu sajikan.

Gampangkan resep dan cara membuat nagasai hungkwe spesail diatas? Oke deh, nggak usah pikir panjang.. Langsung praktek aja gaes.. Selamat mencoba,..

.