Resep Kacang METE Gurih, Renyah, dan Empuk - Resep Cemilan Favorit Lebaran 2016

Resep Sajian Khas Lebaran - Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk. 

Biar nggak kelamaan, langsung simak aja yaa langkah demi langkah tutorial cara bikin cemilan kacang mete gurih renyahnya berikut ini bunda... :) 

Foto, Gambar Kacang Mete Gurih Renyah
Resep Kacang Mete Super Gurih Renyah
Bahan:
  • 1 kg kacang mete yang sudah dikupas
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih, parut/haluskan
  • minyak goreng
  • 50 ml air


Cara Membuat:
  1. Campurkan bawang putih, garam, gula pasir, dan air lalu aduk sampai rata.
  2. Masukkan kacang mete dan aduk rata.
  3. Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap ke dalam kacang.
  4. Tiriskan kacang agar tidak basah.
  5. Panaskan minyak dan masukkan kacang.
  6. Goreng perlahan di atas api sampai kering dan berwarna kecoklatan,
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Tunggu sampai dingin dan simpan.
Gampang banget kan? Tunggu apa lagi, langsung di praktekin yaa.. Atau, di bookmark dulu buat nyimpen resepnya.. :) Happy cooking bunda..!

Resep Kacang Bawang Renyah, Gurih dan Empuk - Edisi Spesial Lebaran 2016

Renyahnya Kacang Bawang Spesial - Nggak terasa sebentar lagi sudah mau lebaran ya bunda... Btw, udah nyiapin segala sesuatunya belum buat menyambut lebaran nanti, termasuk kue dan cemilan-cemilan lebaran lainya..? ^_^

Nah.. Soal cemilan buat sajian lebaran nanti, mbakmin punya saran nih.. Gimana kalo bikin kacang bawang aja.. Tapi kacang bawang yang satu ini beda, rasa gurihnya dan tekstur yang benar-benar renyah dan empuk bener-bener nendang lhoo. 

Gambar dan Foto Kacang Bawang Renyah dan Gurih
Kacang Bawang Renyah dan Gurih | (Foto via: IG @taste_of_cookies)

Caranya bikinya cukup sederhana banget kok, yang dipakai cuma bahan utama kacang tanah dan bumbu sederhana seperti garam dan bawang. Sebenarnya bunda pun bisa membuat kacang bawang sebagai sajian lebaran ini sendiri di rumah lho. Seperti apa cara membuatnya? Simak resepnya berikut ini yuukk.. 

Bahan

  • 1 kg kacang tanah (tanpa kulit)
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm bawang putih halus
  • Santan kelapa (secukupnya)
  • 6 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)


Cara Membuat

  1. Siapkan wadah dan masukkan kacang tanang, garam, bawang putih halus dan santan di dalamnya.
  2. Rendam semua bahan kira-kira selama 3 sampai 4 jam. 
  3. Jika sudah, tiriskan kacang lalu goreng dengan minyak panas.
  4. Goreng sampai warna kacang menjadi kuning keemasan dan teksturnya kering.
  5. Jika kacang tanah sudah digoreng semua, dinginkan di atas wadah. Jika sudah dingin, campur dengan bawang putih yang diiris tipis dan digoreng sebelumnya.
  6. Kacang bawang pun sudah jadi dan siap untuk disimpan sebagai sajian lebaran.


Biar kacang bawang nantinya tetap renyah dan gurih, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan tertutup. Oh iya, biar kacang bawang tak mudah tengik, sebaiknya bunda memilih bahan-bahanya yang baik dan berkualitas yaa.. Selamat masak..!

Resep Takjil Ramadan, Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan

Resep Takjil Ramadan - Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan, Seperti apa kira-kira resepnya es buah ini? Berikut resep dan cara bikinnya. 

Cara Bikin Es Es Buah Segar
Es Buah Segar | (foto by: IG @esteller58)


Bahan

  • 5 buah strawberry (masing-masing potong 2 atau 4 bagian)
  • 1 butir kelapa muda (kerok daging buahnya)
  • 2 buah alpukat (kerok daging buahnya menggunakan sendok)
  • 10 buah nangka (buang isi, potong dadu sesuai selera)
  • Buah melon (potong dadu secukupnya)
  • Buah semangka (potong dadu secukupnya)
  • 2 sdm sagu mutiara merah
  • 500 gram es serut
  • Susu kental manis (secukupnya)
  • Sirup cocopandan (secukupnya, sesuai selera)
  • 5 gelas air
  • 250 gram gula (larutkan bersama 1 batang daun pandan dan 1 gelas air, masak hingga mendidih)
  • 250 ml santan kelapa (pastikan air untuk membuat santan kelapa air matang)


Cara Membuat


  1. Siapkan gelas atau mangkok saji lalu susun buah-buahan juga sagu mutiara di dalam gelas.
  2. Jika sudah tersusun rapi, tambahkan es serut di atasnya.
  3. Tambahkan sedikit air lalu siram dengan air gula, sirup cocopandan, santan kelapa dan susu kental manis.
  4. Es buah siap untuk disajikan dan menjadi takjil puasa.

Resep Kastengel Renyah Tanpa Telur - Resep Favorit Lebaran 2016

Resep Kue Lebaran Hari Ini - Demen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Cocok banget nih buat dijadiin cemilan lebaran nanti... Resepnya gampang banget kok, nggak pake ribet ini itu.. Selengkapnya tentang Resep cara membuat kue Kastengel ini bisa disimak di momylicious.com. Atau, yuk ikuti resepnya di bawah ini.

Gambar, Foto Resep Kastengel Gurih Renyah
Resep Kastengel Gurih Renyah | foto via: IG @echisofwan

Bahan-Bahan
  • 300 gram mentega
  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 200 gram keju cheddar


Bahan Olesan
  • kunung telur, kocok lepas


Taburan
  • keju cheddar parut


Cara Membuat
  1. Ayak terigu, maizena, dan susu bubuk, lalu campurkan.
  2. Kocok mentega hingga lunak.
  3. Masukkan keju cheddar parut dan campuran terigu.
  4. Aduk hingga rata, sampai adonan mudah dibentuk.
  5. Gilas tipis adonan yang sudah jadi lalu cetak sesuai dengan selera.
  6. Tata adonan yang sudah dicetak dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
  7. Olesi permukaan kastengel dengan kuning telur lalu taburi dengan keju cheddar parut.
  8. Panggang dalam oven hingga matang.
  9. Angkat, dinginkan, lalu simpan dalam stoples.

resep kastengel,resep kastengel keju,resep kastengel tanpa telur,kastengel tanpa telur,masak kastengel tanpa telur,kastengel garing,resep,kastengel,renyah,tanpa,telur,kuliner,b,vemale,com,bikin,yuk
Selamat sibuk masak-masak bunda..! 

Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat, Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Resep Hari Ini: Pilihan Praktis Masakan Untuk Sahur - Hai buntik... Pasti bunda sering merasa bingung mau menyajikan menu masakan apa untuk santap sahur nanti. Hemm, nggah usah bingung sih bun.. Bikin menu sahur yang sederhana saja tapi haruslah yang menggugah selera sekaligus super praktis dan nggak ribet. Seperti misalnya menu masakan untuk sahur yang praktis, mudah dan nggak ribet adalah Telur Balado Sambal, resep ini gampang banget bikinnya.. Berikut resep yang bisa bunda coba..

Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat
Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat: Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Bahan dan Bumbu:
  • 6 butir telur rebus
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdm gula pasir
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis


Cara Membuat Telur Balado Sambal Tomat:
  1. Goreng telur rebus (ini sesuai selera, jika tak suka digoreng bisa dimasak langsung)
  2. Blender semua bahan bumbu halus kecuali garam, gula, dan penyedap rasa.
  3. Tumis bumbu halus dan masukkan garam, gula, dan penyedap rasa.
  4. Masak sampai harum.
  5. Masukkan telur rebus dan tumis sampai matang dan bumbu meresap.

Takjil Buka Puasa Segar, Es Mangga Campur Kelapa Muda.. Yummi!

Resep Hari Ini: Sajian Menu Takjil Buka Puasa - Setelah seharian penuh berpuasa menahan haus dan laper, akan terasa sangat nikmat jika saat berbuka puasa nanti dimanjakan dengan sajian menu takjil buka puasa yang segar, manis dan sehat. Apalagi, jika menu takjil ini sangat kaya vitamin dan bisa meningkatkan staminamu dengan baik. Kalau ngomongin soal menu takjil apa yang segar, manis dan sehat, kali ini mbakmin punya resep takjil segar Andalan nihh, Mau??. Takjil spesial ini adalah " Es Mangga Campur Kelapa Muda". Hemmm.. Nyam.. Nyammm..! Penasaran kira-kira seperti apa resepnya? Intip resep yang mbakmin bagiin ini yaaa... 

Gambar, Instagram, Foto Es Mangga Campur Kelapa Muda
Resep Cara Membuat Es Mangga Campur Kelapa Muda Yang Enak dan Segar

Bahan-Bahan:

  • 2 buah mangga (ambil daging buahnya, potong dadu sesuai selera)
  • 1 buah kelapa muda (kerok sesuai selera)
  • 50 gram gula 
  • Sirup rasa jeruk atau mangga (secukupnya)
  • Susu kental manis (secukupnya) 
  • Air (secukupnya) 
  • Es serut (secukupnya)


Cara Membuat:

  1. Panaskan air lalu rebus buah mangga bersama gula pasir hingga gula larut dan air mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, diamkan hingga dingin atau letakkan di dalam lemari pendingin sebentar saja. 
  3. Siapkan gelas lalu susun kelapa muda di dalam gelas. 
  4. Tambahkan buah mangga yang sudah direbus, tambahkan sirup dan susu kental manis. 
  5. Terakhir, masukkan es serut secukupnya (sesuai selera). 
  6. Es mangga campur kelapa muda sudah jadi dan siap dinikmati sebagai menu buka puasa.

Resep Lauk Pauk: Udang Mentega Pedas Spesial

Resep Hari Ini: Edisi Masakan Lauk Pauk - Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih  resepnya.

Gambar, Instagram , Foto Masakan Udang Mentega Pedas
Resep Cara Membuat Masakan Udang Mentega Pedas

Bahan dan Bumbu Udang Mentega Pedas:

  • 500 gram udang
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 30 gram mentega
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt cabai kering bubuk (atau sesuai selera)
  • 2 sdm air perasan jeruk lemon
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • daun parsley cincang (secukupnya)



  1. Kuliti udang, sisihkan.
  2. Panaskan minyak zaitun dan mentega di wajan.
  3. Tumis bawang putih dan cabai kering bubuk.
  4. Masukkan udang dan tumis selama sekitar 3 menit.
  5. Tambahkan air perasan jeruk lemon, garam, dan lada bubuk.
  6. Masukkan daun parsley cincang.
  7. Aduk rata dan masak hingga matang.
Selamat masak ya bunda...! Nyam.. Nyammm